Update Firmware Terbaru Drone DJI M300 RTK untuk Lintas Industri

DJI M300 RTK

Drone DJI M300 RTK mendapatkan peningkatan update dari segi firmware yang bermanfaat untuk berbagai industri, seperti apa updatenya?

Silahkan tonton video dibawah ini jika anda masih belum melakukan update firmware nya!

Tutorial upgrade firmware DJI M300 RTK


Sudah sejak satu setengah tahun dari waktu peluncurannya, drone inspeksi DJI M300 RTK sebagai drone yang tangguh dan dapat diandalkan untuk digunakan pada berbagai industri. Drone ini menawarkan kinerja bahkan dalam kondisi cuaca yang paling menantang, dan dengan fitur safety yang tak tertandingi, seperti three propeller emergency landing, DJI M300 RTK telah memantapkan dirinya sebagai standar industri di berbagai bidang seperti survei, pemetaan, inspeksi, tanggap darurat, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Untuk mengoptimalkan fitur yang dimilikinya, baru-baru ini drone DJI M300 RTK ini sudah mendapatkan pembaharuan firmware v03.00.01.01 untuk platform drone tersebut. Untuk memastikan pengguna dari drone tersebut termasuk didalamnya calon pengguna yang masih menimbang-nimbang dalam memutuskan pembelian DJI M300 RTK, artikel ini akan menjelaskan pembaharuan yang dialami DJI M300 RTK sehingga bagi existing user, mereka akan semakin memiliki drone yang tangguh. Sementara itu, untuk calon pengguna tidak menemui keraguan lagi untuk menggunakan platform tersebut diberbagai industri.

Offline Updates

Langkah pembaharuan firmware lewat DJI Pilot


Setelah pengguna selesai melakukan upgrade ke versi V3, pembaruan firmware dapat diselesaikan sepenuhnya secara offline. Paket firmware offline dapat diunduh dari situs web resmi DJI dan disimpan ke perangkat penyimpanan eksternal, seperti kartu SD. Dari sana, pengguna bisa langsung memasukkan data-data termasuk remote control dronemenggunakan DJI Pilot untuk memperbarui firmware.

Pertama, dari interface DJI Pilot klik “HMS” yang ada di sebelah kanan, lalu pilih “firmware” di sebelah kiri. Klik “offline update” yang ada di sudut kanan atas, dan pilih versi firmware yang sesuai untuk drone DJI M300 RTK, smart controllernya dan juga payload dari drone tersebut. Setelah selesai, silahkan pilih “update all”.

Untuk pengguna yang membutuhkan penggunaanya untuk security, update firmware ini akan membuka kemungkinan untuk anda meninjau dan menginstal updatenya tanpa harus terhubung ke perangkat dengan komunikasi internet langsung.

New Data and Privacy Settings

Pembaruan firmware ke V3 menambahkan sejumlah pengaturan data dan privasi yang sudah ditingkatkan, termasuk Restricted Network Mode, SD card encryption dan kemampuan untuk menghapus data dari perangkat anda, serta banyak keunggulan lainnya.

Network Security Mode

dji-m300-rtk-network-firmware-update.png
Network security mode firmware DJI M300 RTK

Terdapat 3 network security mode pada pembaharuan firmware drone DJI M300 RTK:

  • Standard Mode Standar: Tidak ada batasan untuk menghubungkan ke jaringan
  • Restricted Network Mode: Selain mapping, RTK, live broadcast, dan aplikasi lain yang memerlukan koneksi internet, tidak ada layanan jaringan lain yang terhubung.
  • Local Data Mode: Tidak ada layanan jaringan yang terhubung.

Pengguna dapat memilih sendiri network security mode atau mode keamanan jaringan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dilapangan.

SD Card Encryption

 dji-m300-rtk-enkripsi-kartu-sd.png
Enkripsi kartu SD firmware terbaru DJI M300 RTK

Pengguna memiliki opsi untuk melindungi setiap kartu microSD yang mereka pakai dengan kode keamanan serta enkripsi AES.

Setelah mengatur kode keamanan, Anda harus memasukkannya kembali setiap kali memulai penerbangan dengan drone DJI M300 RTK Anda.

Bagaimana Cara Kerja Enkripsi AES?

Advanced Encryption Standard (“AES”) bekerja dengan mengambil teks biasa dan mengubahnya menjadi teks sandi, yang terdiri dari karakter yang tampaknya acak. Hanya mereka yang memiliki kunci khusus yang dapat mendekripsinya. AES menggunakan enkripsi kunci simetris, yang melibatkan penggunaan hanya satu kunci rahasia untuk menyandikan dan menguraikan informasi.

Apa Bedanya dengan Data Encryption Standard (“DES”)?

dji-m300-rtk-contoh-enkripsi-kartu-SD-firmware-terbaru-dji-matrice-300-rtk.png
Proses masuk menggunakan enskripsi data firmware baru

Karena sistem enskripsi SD card AES ini, pengguna bisa yakin bahwa data yang diambil akan terjaga keamanannya. Selain itu, enkripsi AES ini belum pernah di crack.

Namun, ukuran kunci yang digunakan untuk enkripsi harus selalu cukup besar sehingga tidak dapat dipecahkan oleh komputer modern meskipun mempertimbangkan kemajuan dalam kecepatan prosesor berdasarkan hukum Moore.

Perbedaan mendasar antara DES dan AES adalah blok di DES dibagi menjadi dua bagian sebelum diproses lebih lanjut sedangkan, di AES seluruh blok diproses untuk mendapatkan ciphertext.

Algoritma DES bekerja berdasarkan prinsip Feistel Cipher, dan algoritma AES bekerja berdasarkan prinsip substitusi dan permutasi. Ukuran key DES adalah 56 bit yang relatif lebih kecil dari AES yang memiliki key 128.192, atau 256-bit. Selain itu, DES juga kurang aman dalam prakteknya. Jika anda menggunakan security code pada AES, Anda perlu mengunduh DJI Decrypt Tool untuk melihat file terenkripsi anda di PC Windows.

Using The DJI Decrypt Tool

 dji-m300-rtk-dji-decrypt-tool-interface.png
DJI Decrypt Tool

Saat anda memasukkan SD card yang terenkripsi ke PC Windows, sebagai pengguna, anda tidak akan dapat mengakses file tanpa DJI Decrypt Tool.

Setelah mulai membuka DJI Decrypt Tool, yang anda perlu lakukan hanyalah memilih kartu SD card yang ingin anda akses. Jika sudah menemukan pilihan SD cardnya, anda bisa langsung memasukan kata sandi yang sudah dibuat untuk melihat file tersebut.

Komputer anda tidak perlu terhubung ke internet selama proses ini, sehingga memberikan jaminan ekstra keamanan tingkat tinggi kepada pengguna keamanan, dan datanya akan dilindungi setiap saat.

Delete All Device Data

dji-m300-rtk-cara-membersihkan-cdata-penerbangan.png
Pembersihan DJI Device Log

Setelah memperbarui ke versi firmware V3, penggun dapat menghapus internal log dari aktivitas penerbangan yang sudah dilakukan.

Tidak hanya pada drone, rekaman aktivitas pada smart controller dan payload DJI Zenmuse H20 juga akan dibersihkan.

Proses pembersihan atau penghapusannya dapat anda lakukan kapan saja, ketika anda merasa perlu melakukan hal tersebut. Ketika proses penghapusan mulai dilakukan, berarti data-data anda juga secara otomatis akan terhapus dalam server DJI, sehingga anda tidak perlu khawatir bahwa developer mungkin masih saja menyimpan data penerbangan yang anda lakukan.

One Tap Panorama Mode DJI Zenmuse H20 Series

Mode one tap panorama DJI Zenmuse H20 series


Sekarang, saat menerbangkan drone dengan payload DJI Zenmuse H20 atau Zenmuse H20T, pengguna dapat menangkap panorama pemandangan secara penuh dengan hanya mengklik 1 tombol.

Dibutuhkan sekitar satu menit untuk menghasilkan panorama. Namun, dari hasil capture kurang dari 1 menit itu, pengguna dapat memberi anda gambaran singkat tentang pemandangan. Fitur ini sangat membantu bagi responden yang sedang berada di situasi darurat yang membutuhkan kesadaran situasional yang tinggi terhadap lingkungan mereka.

Introducing Coordinate Turn

 dji-m300-rtk-spesifikasi-dan-harga.jpg
Drone dan baterai DJI M300 RTK

Ini adalah fitur baru, yang bila diaktifkan, membantu pilot drone dalam berbelok secara mulus saat sedang terbang. Dengan adanya penambahan fitur ini, rotasi di sekitar sumbu depan ke belakang dan perputaran pada sumbu vertikal dapat dilakukan secara otomatis saat berputar.

Jika tidak ada fitur ini, pilot yang terampil harus mengoordinasikan kedua kendali untuk memastikan arah drone sejajar dengan bagian depannya. Keadaan ini akan menjadi sulit bagi pilot drone atau orang awam yang baru mengendalikan drone.

Increase Height Limits

Batas ketinggian maksimum untuk drone DJI M300 RTK telah ditingkatkan dari 500m menjadi 1500m. Jika Anda perlu meminta izin untuk terbang di dekat bandara, anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan petunjuk penerbangan secara resmi.

Health Management System

Tonton video singkat dibawah untuk mempelajari dengan cepat manajemen sistem kesehatan drone DJI M300 RTK!

Sistem manajemen kesehatan drone DJI M300 RTK

Kiri ke kanan: DJI Care Enterprise, menu manajemen kesehatan drone, DJI Care Enterprise

Dari Aplikasi DJI Pilot, Anda dapat mengakses catatan kesalahan, mengelola log penerbangan, dan melihat status keseluruhan M300 Anda. Dalam pembaruan ini, kami telah menambahkan akses cepat ke program pemeliharaan dan perawatan drone DJI lewat penawaran after sales resmi kami.

Tampilan all logs dan error pada firmware terbaru

Selain itu, dapat memperlihatkan catatan kesalahan perawatan drone dan manajemen log untuk baterai dan tempat pengisian daya baterainya setelah anda menghubungkan stasiun baterai ke remote kontrol melalui USB type C.

Return to Home Optimizations

Saat menghadapi rintangan Return to Home, tips dari DJI Pilot akan mengingatkan pengguna untuk keluar dari Auto-RTH dan mengontrol drone secara manual untuk mendaratkannya.

Kami juga telah menambahkan kemampuan untuk keluar dari Auto-RTH dengan menggerakkan controller pengendali dari jarak jauh dari arah yang berlawanan selama penerbangan.

Pin Point Optimizations

PinPoint mungkin adalah fitur paling kuat yang tidak terdeteksi oleh DJI M300. Berkat pengintai laser yang terpasang pada payload DJI Zenmuse H20, operator dapat melakukan 1 kali tap pada fitur di layar controller jarak dari jakar jauh agar bisa menentukan jaraknya dari drone, dan koordinat XYZ-nya.

Sekarang dengan pembaruan firmware V3, pengguna dapat mengedit dan mengelola beberapa Pin Point Poin, serta mengatur PinPoint sebagai titik awal. Sekarang home point dapat menjadi lokasi lepas landas pesawat, lokasi real-time pesawat, posisi pilot + remote control, menjadi lokasi Pin Point yang disetel khusus.

Segera upgrade firmware drone DJI Enterprise anda sekarang.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Drone DJI Enterprise M300 RTK dan Zenmuse H20 untuk Survey Tambang
Spesifikasi Lengkap Anti Drone Jammer DroneGun Tactical
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories