Manfaat Drone Pemetaan DJI Phantom 4 RTK & Software PIX4Dcloud Advanced Untuk Manajemen Konstruksi

Berbeda dengan PIX4Dcloud Advanced, dengan menggunakan metode tradisional, tim mengadakan progress meeting secara berkala, progress meeting digunakan untuk membuat jadwal, membuat anggaran selama setiap periode, membuat laporan mingguan, dan perhitungan kuantitas produksi yang dihasilkan oleh insinyur lapangan. Mengelola data menggunakan metode tradisional dilakukan secara manual yaitu menggunakan sketsa dan perhitungan yang digambar dengan tangan. Proses alur kerja seperti ini lambat dan cukup memakan waktu. Itu sebabnya menggunakan drone untuk melakukan manajemen konstruksi adalah cara yang lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman untuk menangkap data penting dan akurat untuk mengelola dan melacak produksi di lokasi konstruksi.

Kenapa Industri Konstruksi Sekarang Menggunakan Teknologi Drone?

Seperti yang diketahui banyak orang, di industri Kontruksi lebih banyak menggunakan software Computer Aided Design (CAD) untuk menghitung jumlah produksi di lokasi konstruksi. Biasanya di industri konstruksi kontraktor, subkontraktor dan perwakilan pemilik semuanya mengukur lokasi yang sama dan mencatat jumlahnya, ada case dimana subkontraktor, kontraktor, dan perwakilan pemilik mengedit atau menambahkan bentuk-bentuk yang tidak teratur dengan menggunakan metodenya masing-masing, dimana kegiatan tersebut akhirnya mempengaruhi perbedaan ukuran, sehingga pada akhir bulan terjadi perbedaan biaya yang besar,

jadwal pembayaran yang berubah, dan merevisi perencanaan arus kas kembali. Untuk mengatasi masalah ini  kontraktor, subkontraktor, dan perawakilan pemilik harus melakukan pengukuran ulang di akhir bulan dan menghabiskan waktu berjam-jam pengerjaan yang diulang dan tidak perlu. Melihat ini sebagai cara yang tidak efisien bagi para insinyur, tim beralih menggunakan Drone Pemetaan untuk menghemat waktu dan mendapatkan pengukuran lokasi yang akurat. memiliki pengalaman sebelumnya dengan PIX4D, tim memilih menggunakan drone DJI Phantom 4 RTK dan PIX4Dcloud Advanced, PIX4Dcloud Advanced adalah aplikasi untuk menghitung jumlah item kontruksi yang akan didata secara akurat dan konkrit dengan bantuan Teknologi Drone untuk menangkap gambarnya.

Drone & Software Pemetaan Bersama Melacak Progress Konstruksi Secara Akurat

Salah satu perusahaan Konstruksi Parsons Construction, berada di Denver, Colorado menggunakan Drone Phantom 4 Pro V2, sedang menjalankan projek dekat dengan  jalan raya. Pada proyek jalan raya, jumlah produksi dari bahan yang sama, seperti beton diukur dalam berbagai bentuk untuk mencakup berbagai jenis trotoar, jenis selokan, trotoar, jalan masuk, dan jalan raya. Setiap item baris memiliki harga satuan yang berbeda dan kadang-kadang bahkan memiliki metode pengukuran yang berbeda, tergantung pada bagaimana atau di mana ia dipasang.

Dengan menggunkan Teknologi Drone, data yang diambil oleh drone diproses menggunakan Software PIX4D, hasilnya setiap jenis penempatan beton dapat dilihat secara akurat. PIX4D membantu para insinyur lapangan untuk tidak hanya mengingat dengan tepat kapan dan dimana pekerjaan dilakukan, namun PIX4D secara akurat menangkap jumlahnya. Karena kedekatan proyek dengan jalan raya yang aktif dan peralatan kontruksi yang digunakan berat, Parsons menggunakan Visual Observers atau Pengamat Visual untuk memastikan keselamatan operasi penerbangan. Semua insinyur lapangan dan beberapa anggota kru dilatih untuk menjadi pengamat visual dan membantu dalam operasi penerbangan. Setelah foto diambil menggunakan drone, data diunggah ke PIX4Dcloud Advanced untuk diproses.

Software PIX4Dcloud Menampilkan Perbandingan Sebelum & Setelah Progress dengan Tampilan 3D

Pengelolaan data dilakukan di kantor dengan koneksi internet. Ini membantu pilot dari keharusan membawa laptop kemana-mana karena PIX4Dcloud dapat dijalankan sepenuhnya secara online dan pilot dapat mengirimkan notifications kepada pilot lain saat proses scan area selesai. Insinyur Parsons menggunakan orthomosaics 2D untuk mengukur jarak, menganalisa bentuk stockpile, dan menghitung item, menambahkan anotasi/catatan tentang data yang ditunjukkan dari orthomosaics. Meskipun mereka terutama menggunakan orthomosaic 2D untuk pengelolaan proyek ini akan lebih berguna jika memiliki gambar lokasi dengan model 3Dnya yang dapat dibandingkan dari waktu ke waktu.

pix4dcloud advanced - pix4dcloud - software pemetaan - halo robotics

Pada fitur Timeline PIX4Dcloud Advanced anda dapat melihat stok dan memperkirakan penggunaan bahan yang akan dipakai, fitur lainnya seperti overlay sangat berguna untuk melacak atau membandingkan “As-built” dengan “As-designed” yang sudah jadi. Perusahaan konstruksi Parsons semakin yakin bahwa menggunakan output Fotogrametri 2D dan 3D sangat menguntungkan untuk meningkatkan efisiensi operasi.

Kesimpulan: Drone Mapping & Software PIX4Dcloud Advanced: Menghemat Waktu & Biaya

Software pemetaan PIX4Dcloud Advanced dirancang khusus untuk membantu dalam melacak progress pembangunan dan memanajemen dalam konstruksi. Berkat drone dan fotogrametri, Parsons dapat menghemat waktu dan uang dengan cara mengidentifikasi masalah diawal, melacak progress pembangunan dan menghindari pengulangan pekerjaan. Saat memiliki projek online dan memiliki platform yang “shareable” membuat perbedaan besar bagi kontraktor di seluruh dunia, PIX4Dcloud Advanced mengurangi perubahan yang tidak perlu oleh pemangku kepentingan berkat 3D model yang akurat dan selalu terupdate. Parsons sendiri melihat kesuksesan yang berlanjut sebagai hasil penerapan teknologi yang secara efektif seperti ini di lokasi konstruksi.

Pelajari lebih lanjut terkait drone DJI dan software PIX4D

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

For more information, visit our:

Website: https://halorobotics.com/
Online Store: https://halorobotics.com/shop/  
Facebook: www.facebook.com/halorobotics/
Instagram: www.instagram.com/halorobotics/
LinkedIn: www.linkedin.com/company/halo-robotics
Subscribe to our YouTube Channel: www.youtube.com/halorobotics

3 Teknologi Terbaru DJI Enterprise: DJI DOCK Stasiun Penerbangan Drone Otomatis
5 Keunggulan Software Manajemen Operasi Drone DJI FlightHub 2 Untuk Tim Darurat & Inspeksi
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories