Cara Inspeksi Tower Telekomunikasi dengan Drone DJI dan Software PIX4D

Integrasi Drone DJI dan Mapping Software PIX4D

drone-dji-untuk-inspeksi-tower-telekomunikasi.jpeg
Inspeksi tower telekomunikasi dengan drone DJI

Pada artikel ini, kita akan membahas cara survey dan inspeksi tower secara lengkap dengan drone DJI dan mapping software PIX4D.

Tujuan kami adalah menjadikan artikel ini sebagai bahan belajar dan pemecah solusi inspeksi yang minim risiko dan aman bagi pengguna.

Drone dan mapping software PIX4D untuk membantu Anda memahami bagaimana orang-orang sebenarnya menggunakan drone di lapangan untuk survey tower.

drone-dji-matrice-300-rtk-paylload-thermal-dji-zenmuse-h20t
Menggunakan drone DJI Matrice 300 untuk inspeksi

Semakin banyak survey yang dilakukan untuk menentukan perawatan apa yang dibutuhkan dilakukan melalui drone.

Dalam hal survey menara, drone DJI terutama didukung dengan mapping software PIX4D dapat membantu mengidentifikasi potensi bahaya yang mengintai pekerja, menemukan kerusakan struktural, dan membantu pengawas menara memahami alat yang mereka butuhkan sebelum memanjat melakukan perbaikan.

Setelah informasi ini dikumpulkan, inspektur menara dapat menindaklanjuti dan mengatasi masalah yang terungkap dalam data, jika ada. Jika melakukan peninjauan untuk survey dan inspeksi dengan drone DJI terlebih dahulu dapat mengurangi jumlah waktu personel berada di menara, meningkatkan efisiensi dan menjaga personel tetap aman.

Keuntungan Drone DJI untuk Survey dan Inspeksi Tower Telekomunikasi

drone-dji-phantom-4-rtk-untuk-inspeksi-tower-telekomunikasi.jpeg
Survey tower dengan DJI Phantom 4 RTK
  • Drone DJI sebagai game changer untuk menara komunikasi dari perspektif keamanan, kualitas dan menjaga umur tower serta efisiensi yang tinggi.
  • Perusahaan dapat mengidentifikasi nilai penggunaan drone dan menemukan solusi yang tepat untuk aplikasi komersial seperti survey dan inspeksi tower.
  • Dari segi perspektif keamanan, akan semakin rendah risiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi pada karyawan ketika melakukan pre-check tower.
  • Dari segi kecepatan, tidak hanya aman, drone DJI juga lebih cepat dalam penerbangan 
  • Dari segi ketelitian, drone DJI dapat mengumpulkan data yang cukup dalam beberapa penerbangan singkat untuk membuat peta 3D menyeluruh dari tower yang sedang diperiksa. 
  • Selain itu, mapping software PIX4D juga seperti PIX4Dmapper, PIX4DInspect, PIX4Dscan juga dapat diintegrasikan dengan drone untuk mengambil peta 3D dan mengidentifikasi perubahan dari peta 3D sebelumnya, untuk memeriksa degradasi tower. 
  • Dari segi biaya, perusahaan dapat mengurangi biaya kecelakaan kerja sehingga drone DJI lebih hemat biaya untuk jangka panjang. 
  • Identifikasi bahaya,dimana seringkali kejadian tak terduga seperti menemukan sarang lebah atau sarang burung di ketinggian ratusan meter yang ada di tower akan berdampak negatif pada keamanan pekerja dan keamanan ekosistem burung atau lebah yang ada, dengan drone kekhawatiran ini bisa dihilangkan.
  • Inspeksi pra-kerja untuk menentukan alat dan suku cadang yang dibutuhkan sebelum pendakian, untuk menghindari waktu terbuang kembali ke tanah untuk menemukan alat yang tepat
  • Dalam kasus darurat struktural, Anda dapat menyelidiki integritas struktur sebelum Anda memanjat, dan mencari tahu apakah aman untuk didaki.
drone-dji-mapping-software-PIX4Dinspect-untuk-inspeksi-tower.jpeg
3D modelling tower dengan mapping software PIX4D

Sebuah studi kasus survey dan inspeksi tower di perusahaan, inging mengumpulkan data visual yang sangat detil mengenai kondisi tower telekomunikasi.

Drone DJI kemudian digunakan bersama dengan PIX4Dmapper untuk menandai POI dari jarak aman kemudian dilakukan post-processing untuk menganalisa kondisi tower telekomunikasi.

Pengguna dapat menggunakan data yang dikumpulkan melalui drone untuk menentukan potensi bahaya biologis atau struktural bahkan vegetasi yang ada disekitar tower, sehingga bahaya yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

Pertimbangan Menerbangkan Drone sebelum Survey dan Inspeksi Tower

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan bahkan menjadi concern utama pilot drone atau pengguna sebelum melakukan survey dan inspeksi tower.

drone-dji-pix4dscan-membuat-digital-twin-tower-telekomunikasi.jpeg
Proses pembuatan 3D modelling dengan PIX4Dmapper

Upaya Kolaborasi

Dalam bentuk upaya kolaborasi antara drone dan mapping software PIX4D, pilot drone mungkin berada di lapangan sendirian atau bersama beberapa orang, dalam banyak skenario survey menara, inspektur menara atau tim inspektur akan berada di lokasi bersama pilot drone.

Inspektur dapat melihat secara langsung hasil survey dan inspeksi dengan drone dan memberikan masukan untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, sehingga pekerjaanya lebih efisien.

Otorisasi Penerbangan

drone-dji-cara-mengurus-izin-terbang.png
Proses survey dan inspeksi drone DJI Matrice 300 RTK

Mengenai seberapa tinggi Anda bisa terbang dan pembatasan Bagian 107 pada penerbangan di atas 400 kaki, dimana menurut FAA, ketinggian maksimum yang diizinkan adalah 400 kaki di atas permukaan tanah, dan lebih tinggi jika drone Anda tetap berada dalam jarak 400 kaki dari struktur. Singkatnya, meskipun aturan Bagian 107 melarang penerbangan lebih dari 400 kaki di udara, pilot drone yang mengamati menara dapat menerbangkan ketinggian penuh serta tambahan 400 kaki asal ada perizinannya.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui wilayah udara Anda. Dalam beberapa kasus, terbang 400 kaki di atas menara dapat menempatkan Anda di wilayah udara yang terkendali meskipun Anda lepas landas di wilayah udara yang tidak terkendali, jadi penting untuk memastikan Anda melakukan penelitian sebelum terbang.

Dan tentu saja, selalu penting untuk menggunakan assesment yang baik. Jika karena alasan tertentu menara yang Anda periksa dekat dengan struktur lain yang dapat menimbulkan bahaya, terbanglah dengan hati-hati, atau jangan terbang sama sekali jika Anda memiliki masalah keamanan yang serius.

Faktor Angin

drone-dji-wind-testing-dji-matrice-300-rtk.gif
Wind testing DJI Matrice 300

Kecepatan angin bisa menjadi faktor besar untuk survei menara, terutama untuk penerbangan yang sangat tinggi. Ingatlah bahwa kondisi di dekat tanah, atau di ketinggian dari 1.200 atau 1.900 kaki.

Jika cuaca berangin, bisa jadi puncak menaranya juga dalam kondisi berangin. Pilot harus berhati-hati dan membatalkan misi jika kondisi tidak aman. Lebih baik kembali lagi di lain hari daripada mengambil risiko kecelakaan yang dapat merusak drone atau melukai orang.

drone-dji-matrice-300-rtk-proses-inspeksi-menara-telekomunikasi.png
Proses mission control dengan drone DJI

Jalur Penerbangan

Saat mengamati menara atau tower, didukung oleh kabel yang mengarah secara diagonal ke tanah), pastikan untuk terbang secara vertikal ke atas satu wajah pada satu waktu, tetap di antara jalur pria. Kabel tower umumnya memanjang hingga 2.000 kaki ke udara, jadi Anda harus memperhatikannya saat mengamati menara pria.

Sebagai alternatif, saat mensurvei jenis tower lainnya, seperti menara monopole—selalu jaga agar drone Anda berada di antara Anda dan menara untuk menjaga jarak pandang yang optimal.

Radiasi Elektromagnetik

Menara AM, antena FM/TV, dan bahkan antena seluler dan gelombang mikro, semuanya dapat memancarkan medan elektromagnetik yang kuat dari jarak dekat. Bidang ini dapat mengganggu sinyal kontrol anda dan dapat menyebabkan drone tidak berfungsi. Pastikan untuk menjaga jarak yang aman dari menara selama penerbangan, dan anda harus melakukannya dengan baik.

drone-dji-pix4dscan.jpeg
PIX4Dscan untuk inspeksi tower telekomunikasi

Daya Tahan Baterai

Banyak menara yang sangat tinggi sehingga membutuhkan waktu terbang dua hingga tiga menit untuk mencapai kapasitas full. Pastikan untuk menggunakan proyeksi waktu yang realistis saat merencanakan penerbangan anda, dan gunakan baterai dengan masa pakai yang cukup lama untuk misi yang anda rencanakan.

Memiliki drone dengan daya tahan atau durasi baterai yang panjang tanpa mengurangi spesifikasi canggihnya adalah impian bagi para pengguna inspeksi, ada drone dari DJI yang bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Gunakan Visual Observer (VO)

Bila memungkinkan, gunakan Pengamat Visual (VO) untuk membantu anda menjaga jarak aman dari menara dan dari orang yang lewat. Meskipun ini tidak selalu memungkinkan, tentu saja merupakan hal yang membantu untuk memiliki mata terlatih kedua di tangan.

Rekomendasi Hardware atau Drone untuk Survey Inspeksi Tower Telekomunikasi

drone-dji-mavic-2-enterprise-advanced-untuk-inspeksi
DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Mavic Enterprise Advanced dari drone DJI untuk survey dan inspeksi profesional. DJI Mavic 2 Enterprise Advanced memiliki daya tahan baterai yang baik, gimbal dan kamera ganda memungkinkan anda untuk beralih antara kamera siang hari dan kamera termal yang kuat.

Dengan harga yang sesuai, drone ini dirancang untuk aplikasi komersial yang serius. Ini mencakup beberapa aksesori modular (lampu sorot, speaker, dan lampu berkedip). Untuk opsi yang lebih terjangkau, lihat Mavic 2 Pro.

drone-dji-matrice-300-rtk-smart-controller
DJI M300 RTK

Drone DJI Matrice 300 RTK dirancang untuk beroperasi dengan aman dalam situasi yang paling menantang.

Beberapa fitur keselamatannya termasuk suar anti-tabrakan, deteksi objek hingga 98 kaki jauhnya, dan AirSense, yang merupakan penerima ADS-B yang mengambil sinyal dari pesawat berawak dan memperingatkan pilot drone tentang lokasi pesawat.

Drone ini juga kompatibel dengan payload DJI Zenmuse L1, payload photogrammetry DJI Zenmuse P1 dan payload thermal DJI Zenmuse H20 series yang memberikan manfaat maksimal untuk aplikasi inspeksi komersial.

Software Survey dan Inspeksi Tower Telekomunikasi

PIX4Dinspect memberikan laporan inspeksi yang dibuat secara otomatis menyederhanakan identifikasi dan menandai kesalahan saat identifikasi objek, mendeteksi antena otomatis dan karakteristiknya dinilai untuk inventaris dan mencapai misi penerbangan dengan laporan inspeksi yang komprehensif.

Output Pix4Dmapper kemudian dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak CAD untuk analisis akhir. Dalam dua hingga tiga hari, perusahaan dapat menerima dan menganalisa hasil analisis akhir dalam CAD.

Pelajari solusi survey dan inspeksi lebih lanjut.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling out the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Multi-Gas Detection Sensor Sniffer4D: Metode Baru Inspeksi Pipa Gas
Q&A: Manfaat Drone untuk Security Berbagai Sektor Bisnis
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories