Cara Kerja dan Kelebihan Aplikasi Survey Mapping Emlid ReachView 3

Apa itu Emlid ReachView 3?

emlid-reachview-2.png
Interface aplikasi pemetaan Emlid

Aplikasi Emlid ReachView 3 memiliki cara kerja unik dengan berbagai keunggulan yang bantu pengguna survey dan mapping mengerjakan proyek lebih mudah.

Seperti apa cara kerja dan keunggulan yang dimilikinya?

Apa itu Emlid ReachView 3?

ReachView 3 adalah versi baru dari aplikasi pendamping untuk receiver Emlid Reach.

Aplikasi ini, sekarang mendukung ribuan sistem koordinat yang dibangun secara detil, menjadikanya sebagai aplikasi mobile untuk survey dan mapping yang bekerja dengan lebih cepat, lebih akurat, lebih mudah digunakan dan dapat diunduh pada gadget dengan OS iOS ataupun Android.

Cara Kerja Emlid ReachView 3

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, aplikasi Emlid ReachView 3 dapat bekerja pada handphone atau gadget dengan OS iOS dan Android. Bahkan, cara kerjanya atau workflow dari Emlid ReachView 3 untuk iOS dan Android pun juga sama.

Cara Kerja pada iOS

Menghubungkan Emlid ReachView 3 ke iOS


Singkatnya, pengguna hanya harus menghubungkan receiver Emlid yang mereka miliki ke aplikasi ReachView 3. Kemudian, pengguna bisa langsung melakukan konfigurasi nya dengan hotspot pada iOS selama proses loading. Pengguna harus memastikan bahwa mereka sudah melakukan download aplikasi ReachView 3, lalu pergi ke menu personal hotspot dan masukan password wifi yang tertera didalam video, namun jangan menghidupkan hotspot terlebih dahulu.

Selanjutnya, pengguna bisa menghubungkan receiver Emlid ke ReachView 3. Hidupkan receiver Emlid. Pergi ke pengaturan wifi pada perangkat iOS anda, lalu hubungkan ke jaringan wifi receiver dan masukkan password emlidreach, dan pilih join. Ketika sudah saling terhubung, buka ReachView 3 dan pilih reach yang anda gunakan. Dalam hal ini, kita akan menggunakan receiver Emlid.

Setelah terhubung, silahkan buka kembali pengaturan dan klik pada bagian wifi. Pilih perintah connect to hidden network, masukan nama jaringan iOS hotspot, pilih security code WPA2-PSK dan masukan password p47ms53n lalu klik connect, secara otomatis akan menghubungkan ke receiver Emlid. Matikan receivernya, buka wifi settings pada device anda, geser kekanan untuk hidupkan wifi, dan pastikan tidak terkoneksi dengan wifi lainnya. Klik forget this wifi network, pergi ke personal hotspot lalu hidupkan, klik maximise compatibility. Jika ingin digunakan bersama maka anda bisa klik perintah allow others to join.

Hidupkan kembali receiver Emlid anda. Biarkan tab personal hotspot terbuka. receiver Emlid harus selalu terhubung dengan ReachView 3. Hasilnya jika sudah berhasil anda bisa melihat pada ujung kiri atas perangkat iOS anda terdapat lambang rantai saling terkait berwarna biru, berarti perangkat dan software anda sudah bisa digunakan. Anda hanya perlu membuka kembali aplikasi ReachView 3 dan memastikan bahwa anda hanya terhubung dengan 1 receiver saja sampai settings menunjukan aplikasinya sudah available untuk digunakan.

Bagaimana Cara Kerjanya pada Perangkat Android?

Cara kerjanya mirip dengan iOS. Anda hanya perlu memerhatikan isi dalam video dibawah ini secara cermat, sehingga proses kerjanya menjadi terkoneksi dengan baik.


Kelebihan Emlid ReachView 3

emlid-reachview-3-aplikasi-survey-mapping.jpeg
Emlid ReachView 3

1. Dukungan Sistem Koordinat

ReachView 3 memungkinkan pengumpulan data tanpa kerumitan di datum lokal anda. Pemilihan didasarkan pada register EPSG dan IGN dan mencakup ribuan sistem koordinat.

Selain itu, kami secara permanen memperluas daftar datum yang tersedia. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah menambahkan dukungan ketinggian, meski saat ini hanya ada di beberapa negara. Akan tetapi, meskipun hanya ada di beberapa negara, tentu kemudahan migrasi data survey dapat dirasakan oleh seluruh pengguna yang menggunakan Emlid ReachView 3.

2. Aplikasi Pengumpulan Data Survey Mapping yang Nyaman Digunakan

Dengan Emlid ReachView 3, jauh lebih mudah untuk mengumpulkan poin-point dalam setiap pengambilan data. Saat ini, pengguna akan segerea dapat mempercepat semua rutinitas dengan fitur kecil baru seperti rata-rata waktu, penamaan otomatis, dan bidang deskripsi.

3. Unit Pengukuran yang Berbeda

emlid-reachview-3-koordinat-sistem-pemetaan.png
Koordinat ReachView 3

Dukungan sistem koordinat di dalam ReachView 3 menyembunyikan satu lagi fitur bermanfaat—unit pengukuran yang berbeda. Anda dapat mengatur ketinggian antena dan mengintai jarak dalam kaki atau meter, tergantung pada datum proyek Anda.

4. Akses ke Proyek tanpa Jangkauan Emlid Reach

Tidak seperti ReachView 2, aplikasi baru menyimpan proyek survei Anda di perangkat seluler Anda. Itu berarti Anda dapat mengaksesnya 24/7 tanpa terhubung ke receiver Anda.

5. Profil NTRIP yang Mudah di Pahami

Bosan menyimpan kredensial Anda untuk layanan NTRIP? Saat ini dengan Emlid ReachView 3, anda tidak perlu lagi takut jika anda lupa untuk menyimpan semua data yang anda butuhkan. Emlid ReachView 3 akan menyimpan datanya. Selain itu, aplikasi ini akan mengeluarkan output koreksi yang sama untuk beberapa alat penerima jangkauan.

Setelah mengetahui banyak data dan seperti apa kredensial data yang harus anda simpan, selanjutnya anda akan ditunjukkan tutorial untuk melakukan impor data atau input data untuk migrasi data proyek yang anda kerjakan di Emlid ReachView 3.

Bagaimana jika kita sedang ada proyek besar, apakah ReachView 3 mampu mengakomodir kebutuhan tersebut?

 emlid-reachview-3-dan-rover-emlid-reach-rs2-scaled.jpg
Reach RS2 bersinergi dengan baik dengan Emlid ReachView 3

Aplikasi Emlid ReachView 3 ini juga cocok untuk digunakan pada pekerjaan proyek yang besar. Selain itu, proses akuisisi datanya juga mudah, semudah anda menggunakan base station Emlid RS+ dan Emlid Reach RS2.

Bagaimana? anda tentu tertarik bukan karena proses pemindahan atau migrasi datanya dapat anda lakukan dengan mudah.

Anda tertarik untuk mencobanya?

Pelajari lebih lanjut mengenai aplikasi Emlid ReachView 3.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: Getting Started with ReachView 3 and It’s Time to Migrate to ReachView 3: Quick Guide

Update Software Photogrammetry PIX4Dmatic: Memproses 10.000 Gambar secara Akurat
Cara Mengatur Program Drone Pertambangan
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories