Software PIX4Dmapper untuk Analisa Kerugian Bencana Tanah Longsor

Aplikasi PIX4Dmapper untuk Analisa Bencana Tanah Longsor

 pix4dmapper-software-pemetaan-untuk-bencana-alam.jpg
Analisa area terdampak bencana tanah longsor dengan PIX4Dmapper

Software PIX4Dmapper saat ini sudah dikembangkan dan digunakan oleh pihak terkait untuk analisa kerugian akibat tanah longsor, bagaimana caranya?

Bahaya geologi seringkali sulit untuk diprediksi. Sebagai manusia tentu kita selalu melakukan yang terbaik agar diri dapat terhindar dari bencana alam.

Namun, nyatanya, keadaan tidak selalu seperti itu. Bahaya geologi bisa tiba-tiba terjadi, sehingga diperlukan tanggapan cepat serta kemampuan beradaptasi oleh pihak berwenang untuk mencegah hilangnya nyawa atau kerusakan infrastruktur, properti, dan lingkungan setempat. Kesadaran situasional sangat penting dan menggunakan drone untuk tanggap darurat dengan software keselamatan publik khusus (seperti PIX4Dreact untuk respons cepat atau PIX4Dmapper untuk proyek jangka panjang).

Software PIX4Dmapper digunakan untuk sektor public safety untuk mengukur retakan serta menilai kemungkinannya untuk bergerak. Mereka membutuhkan pandangan komprehensif yang tidak menimbulkan risiko yang tidak perlu. Badan Lingkungan Nasional menggunakan drone dan PIX4Dmapper, bekerja sama dengan Balai Kota setempat, untuk mengukur area yang terdampak bencana tanah longsor tersebut.

Detail Proyek

Tipe misiManajemen bencana alam
Area yang di survey2 523 km2 / 252 ha
Akurasi yang dihasilkan1.6 cm
Waktu pemrosesan1 jam 5 menit, 2 jam 04 menit , DSM 23 menit, Ortho 1 jam 20 menit
GSD0.67 cm
RTK/PPK?Ya
Total images889
Software untuk pemrosesan gambarPIX4Dmapper
Waktu pemrosesan total4h 30

Secara keseluruhan, dengan menggunakan software pemetaan PIX4Dmapper, pengguna berhasil menurunkan waktu pemrosesan data dan meningkatkan respons terhadap analisa dampak setelah terjadinya bencana, dimana waktu pemrosesan total hanya membutuhkan 4 jam 30 menit.

Hasil yang diperoleh jauh lebih efisien dan minim risiko bagi pekerja saat melakukan maintenance atau pemantauan di area terjadinya bencana tanah longsor, cocok untuk manajemen terhadap bencana alam, karena pekerja hanya tinggal mengambil data menggunakan drone dan melakukan post processing dari jarak jauh.

Manfaat untuk Sektor Terkait

pix4dmapper-software-pemetaan-untuk-tim-sar.jpg
Hasil identifikasi lokasi celah tanah longsor dengan PIX4Dmapper

Drone dan software PIX4Dmapper dapat saling bersinergi untuk keselamatan publikm dalam hal perlindungan dari bencana tanah longsor atau peningkatan respons yang lebih cepat ketika terjadi bencana. Software PIX4Dmapper juga dapat digunakan untuk analisa aliran puing-puing, longsoran, runtuhan batu, dan bahkan peristiwa yang lebih ekstrem. Operator juga telah menggunakan drone untuk memetakan tanah longsor untuk tanggap darurat serta merencanakan tindakan perlindungan yang tepat untuk masyarakat sekitar.

Dalam hal ini, drone digunakan karena dapat mengumpulkan data tentang berbagai parameter tanah longsor. Berkat photogrammetry tim dapat menganalisis temuan mereka dengan akurasi tinggi sebagai hasil dari penggunaan software dan hardware pemetaan seperti drone DJI.

pix4dmapper-ukuran-celah-akibat-tanah-longsor.jpg
Hasil pengukuran retakan dengan PIX4Dmapper

PIX4Dmapper juga dapat saling bekerja sama dengan surveyor untuk melakukan pengukuran celah yang dihasilkan akibat tanah longsor.

Software mencapai akurasi tinggi yang dapat ditingkatkan dengan teknologi seperti RTK atau PPK. Dalam situasi ini, tim membutuhkan pengukuran volume untuk menilai jumlah rekaman , sehingga mereka dapat bersiap untuk pergerakan di dekat daerah perkotaan. Mereka mulai dengan mengukur ukuran celah, hasilnya 14 meter.

Memetakan Area Tanah Longsor dengan PIX4Dmapper

pix4dmapper-untuk-forecasting-landslide-.jpg
Analisa pergerakan tanah longsor untuk minimalisir kerugian

Untuk menilai area tersebut, drone yang digunakan seperti drone DJI yang support RTK untuk memastikan mereka memiliki akurasi geolokasi.

Untuk melakukan pengukuran RTK, tim memiliki 4 pos pemeriksaan yang memiliki kesalahan RMS keseluruhan 1,6 cm (0,5 inci). Totalnya mencapai 500.000 meter kubik dengan luas 2,5 kilometer persegi. Mereka mengumpulkan lebih dari 800 gambar di seluruh penerbangan yang mereka impor ke PIX4Dmapper.

Butuh 2 penerbangan untuk menganalisis pergerakan serta mengukur volume tanah. Menggunakan PIX4Dmapper, medan dianalisis oleh spesialis dari tim. Mereka pertama kali menghasilkan Digital Surface Model (DSM) dari area tersebut untuk memeriksa profil lahan. Mereka tahu bahwa mereka dapat mempercayai hasil mereka berkat spesifikasi drone dan perangkat lunak. DSM memungkinkan evaluasi rinci lereng dan fitur morfologi. Tim mempelajari beberapa faktor, termasuk:

  • Kedalaman
  • Volume
  • Kelengkungan celah
  • Potensi pergerakan tanah longsor
  • Prediksi kecepatan dan akumulasi aliran tanah

Tentang PIX4Dmapper

Analisis terperinci yang diselesaikan oleh tim survey dimungkinkan berkat penggunaan drone untuk mengumpulkan data dan menjaga keamanan staf. Langkah-langkah stabilisasi kemudian dapat dilakukan oleh pemerintah berkat penggunaan DSM sebagai sumber daya yang dapat ditindaklanjuti.

PIX4Dmapper memberi tim alat untuk memecahkan masalah.Langkah-langkah perlindungan yang diambil terhadap lokasi longsor berarti telah stabil. Pelacakan bahaya geospasial adalah tugas yang sulit – tetapi software PIX4Dmapper dapat melakukannya dengan lebih mudah, akurat, dan efektif.

Pelajari lebih lanjut solusi pemetaan PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation with courtesy from PIX4D. Original article can be found on: Accurately mapping a landslide to make the right decisions

Cara Mengurus Izin Terbang Drone DJI di Indonesia
Firmware Update Penting Untuk Drone Pemetaan DJI Phantom RTK
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories