Software Photogrammetry Pix4D untuk Deteksi GCP secara Otomatis

Software Photogrammetry Pix4D

Cara deteksi GCP otomatis atau Ground Control Point dengan software photogrammetry Pix4D tidaklah sulit, berikut panduannya.

software photgrammetry pix4d
Contoh orthomosaics

Sebelum melanjutkan tutorialnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu studi kasus yang mampu mencapai GCP secara maksimal dengan menggunakan software photogrammetry Pix4D.

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai definisi ortohomosaics termasuk bagian dasarnya hingga cara kerjanya, anda bisa langsung klik link disini.

cara deteksi gcp otomatis aeropoint diagonal square pix4d

Saat ini, software photogrammetry Pix4Dmapper mendukung:

  • Tiga jenis penargetan: square, diagonal, dan aeropoint.
  • Deteksi otomatis saat ini hanya didukung pada gambar RGB.
  • Baik penerbangan nadir maupun oblique

Algoritma dapat mendeteksi target pada proyek yang agak miring (diperlukan: 0° – 45°; disarankan: 10° – 35°). Target GSD target pada gambar harus mendekati GSD rata-rata proyek (disarankan: perbedaan maksimum 20%, diperlukan: perbedaan maksimum 50%). Kami tidak menyarankan untuk memiringkan kamera terlalu banyak atau menempatkan target di luar misi.

Implementasi Pix4D

Selain itu, terdapat beberapa contoh foto objek yang bisa menimbulkan masalah akurasi jika di foto dan diolah dengan software pemetaan biasa, namun berhasil diselesaikan dengan baik oleh software photogrammetry Pix4D.

cara deteksi gcp otomatis target pix4d

Algoritma AutoGCP kuat untuk variasi dalam skala dan rotasi, dan dapat bekerja pada berbagai jenis ground control point. Hasil optimal diperoleh dengan mengikuti panduan berikut:

  • Target di darat harus ditempatkan cukup jauh satu sama lain. Jarak harus setidaknya lebih besar dari ketidakpastian horizontal georeferensi kamera
  • Gambar tidak boleh buram, dan target harus bersih
  • Target tidak boleh terhalang oleh objek apa pun di atasnya atau bayangan
  • Jika halangan tidak dapat dihindari, lebih banyak target daripada yang diperlukan dapat digunakan, untuk meningkatkan kemungkinan bahwa jumlah target yang cukup tersedia untuk kalibrasi ulang atau optimasi ulang bahkan jika beberapa tidak bisa terdeteksi
  • Target harus cukup besar agar dapat dideteksi, tergantung pada GSD
  • Tumpang tindih gambar yang baik membuat hasil AutoGCP lebih andal, dengan setiap target terlihat dalam beberapa gambar
  • Hanya target CP yang digunakan yang harus terlihat. Jika target yang tidak digunakan terlihat di gambar, AutoGCP yang dikumpulkan bisa jadi tidak akurat
cara deteksi gcp otomatis orthomosaic pix4d.png
Orthomosaics yang dikumpulkan dengan software Pix4D

Sebagai aturan praktis, diagonal target setidaknya harus 20 piksel, tetapi angka ini dapat bervariasi tergantung pada kualitas gambar (mis., buram, pencahayaan, kontras). Misalnya, jika GSD rata-rata proyek adalah 2,5 cm (1 inci), diagonal target yang disarankan adalah 50 cm (20 inci).

AutoGCP pada Produk Pix4D

Algoritma AutoGCP diimplementasikan di:

  • Pix4Dcloud Advanced, platform online untuk pemetaan drone, pelacakan kemajuan, dan dokumentasi objek
  • PIX4Dengine, dapat menyesuaikan rekonstruksi rekonstruksi photogrammetry
  • PIX4Dmatic, perangkat lunak fotogrametri untuk pemetaan koridor dan skala besar

AutoGCP Pix4Dadvanced

Sekarang penguna dapat memproses setiap project yang dikerjakan dengan GCP di platform berbasis browser kami, software photogrammetry Pix4Dcloud Advanced.Untuk ini, Anda memerlukan gambar drone dan informasi dasar tentang GCP Anda, seperti nilai koordinat, sistem koordinat, dan ukuran target.

Unggah informasi ke Pix4Dcloud Advanced, dan algoritme kami akan melakukan sisanya – menandai target GCP dan memberikan hasil georeferensi yang akurat. Pix4D telah menggabungkan pembelajaran mesin dan visi komputer untuk menunjukkan dengan tepat pusat GCP hampir seketika dengan akurasi tingkat piksel.

AutoGCP Pix4Dengine

Pix4Dengine adalah seperangkat modul pemrograman yang dapat diakses melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi (“API”) dan Pengembangan Perangkat Lunak (“SDK”), yang bertujuan untuk menghadirkan photogrammetry dalam skala besar.

AutoGCPs adalah modul baru yang tersedia untuk pelanggan Pix4Dengine SDK, tempat algoritma secara otomatis mendeteksi target GCP dalam gambar Anda.


Pelajari lebih lanjut software photogrammetry PIX4D yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Pix4D. The original article can be found here: The future of accuracy: marking GCPs automatically

Platform Rekonstruksi TKP dan Kecelakaan PIX4Dmapper
8 Kelebihan PIX4D Software dan Drone DJI untuk Public Safety
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories