Update Software Photogrammetry PIX4Dmatic: Memproses 10.000 Gambar secara Akurat

Software Photogrammetry PIX4Dmatic

software-photogrammetry-pix4d-matic-1.19.jpg
Gabungan LIDAR dan photogrammetry PIXDmatic 1.19

Software photogrammetry PIX4Dmatic 1.19 mendapatkan pembaharuan yang menggabungkan LIDAR dan pointcloud photogrammetry, bagaimana fitur terbarunya?

Meskipun keberadaanya masih termasuk kedalam software yang baru, PIX4Dmatic tidak main-main dalam membantu pengguna untuk melakukan survey dan mapping. Bahkan, kemampuanya lebih dari yang dibayangkan.

Di samping memproses kumpulan data dengan lebih dari 10.000 gambar, dengan akurat, software photogrammetry ini telah melihat pembaruan yang signifikan dan kasus penggunaan yang mengesankan banyak pengguna selama 12 bulan terakhir.

PIX4Dmatic baru berusia di bawah satu tahun dan sudah mampu melakukan lebih dari yang kami bayangkan. Di samping memproses kumpulan data dengan lebih dari 10.000 gambar, perangkat lunak ini telah melihat pembaruan yang signifikan dan kasus penggunaan yang mengesankan selama 12 bulan terakhir.

software-photogrammetry-lidar-pix4d-matic.jpg
Interface PIX4Dmatic

Update dari software photogrammetry PIX4Dmatic ini, dirilis dengan mengalami peningkatan fitur baru yang signifikan.

Dari sekian banyak fitur yang dimilikinya, fitur yang paling menarik dari PIX4Dmatic tersebut adalah kemampuanya dalam memproses citra LIDAR dan photogrammetry dalam proyek yang sama sehingga satu output 3D memiliki akses ke data dari pointcloud yang padat, dengan opsi untuk filter. Ini berarti PIX4Dmatic sekarang sepenuhnya kompatibel dengan PIX4Dcatch.

Tapi itu belum semuanya ya. Ada opsi lisensi baru dan penjualan promosi tersendiri yang tersedia untuk PIX4Dmatic dan PIX4Dsurvey. dan bahasa baru yang tersedia untuk pengguna.

Bagaimana cara kerjanya?

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, PIX4Dmatic 1.19 menggabungkan LIDAR dan photogrammetry dalam menghasilkan data pemrosesan gambar secara akurat.

 software-photogrammetry-pix4dmatic-hasil-pointcloud.jpeg
Pointcloud dengan hasil terbaik PIX4DMatic: fused pointcloud (kiri) dan dense pointcloud (kanan) mengisi celah yang kosong sehingga pengguna dapat melihat perbedaanya


Software photogrammetry PIX4Dmatic sekarang dapat menggabungkan pointcloud yang dalam dan padat. Sementara itu, PIX4Dcatch menangkap gambar LIDAR dan RGB dari perangkat seluler (LiDAR tersedia di iPhone dan iPad terbaru). Kedua set data dapat digabungkan dalam PIX4Dmatic untuk mendapatkan hasil yang ditingkatkan oleh kedua input.

Tantangan penting yang berhasil dipecahkan dengan software photogrammetry ini adalah masalah penyimpangan GPS dan IMU pada perangkat seluler. Hal ini disebabkan oleh estimasi posisi/orientasi real-time dari ARKit perangkat seluler, yang tidak selalu sesuai dengan posisi sebenarnya. Ini berarti bahwa pemindaian LiDAR pada perangkat akan tidak selaras dan karenanya menghasilkan data yang tidak akurat.

PIX4Dmatic memecahkan masalah ini dengan menghitung data geolokasi dan orientasi yang lebih akurat dalam pemrosesan fotogrametri. Data akurat ini digunakan untuk menyelaraskan pemindaian LIDAR dan memungkinkan data LiDAR menjadi akurat juga.

Dalam beberapa kasus di mana bahkan pemrosesan photogrammetry memerlukan beberapa perbaikan, PIX4Dmatic memungkinkan penambahan data baru untuk diproses melalui Manual Tie Points (“MTPs”), yang menegakkan keselarasan yang benar antara photogrammetry dan data LIDAR. Setelah pointcloud dan photogrammetry dibuat, PIX4Dmatic menyediakan opsi untuk menggabungkan kedua pointcloud menjadi satu, atau mengekspor masing-masing secara terpisah. Ini memastikan Anda memiliki kendali atas data dari awal hingga akhir proses. 

Cara lain untuk memastikan data posisi dan orientasi yang akurat adalah dengan menggunakan rover viDoc RTK. Kedua opsi ini menjadikan sensor LiDAR ponsel Anda sebagai alat tingkat survei perangkat. PIX4Dmatic menawarkan kombinasi unik dari LiDAR, fotogrametri, dan Manual Tie Points (“MTPs”) untuk memberikan yang terbaik dari LiDAR dan photogrammetry.

Kemampuan ini adalah yang pertama dari jenisnya, yang berarti bahwa pengguna PIX4Dmatic akan memiliki keuntungan bekerja dengan pointcloud yang dalam dan padat yang tidak terpengaruh oleh drift.

 software-photogrammetry-pix4d-matic-1.19-dengan-sky-filter.jpeg
Untuk merapikan pointcloud, pengguna juga dapat memfilter dengan Sky Filter 


Sebagai hasil dari penggabungan titik cloud ini, PIX4Dmatic dapat secara resmi mendukung kumpulan data yang diambil oleh PIX4Dcatch secara keseluruhan. Pengguna dapat mengumpulkan data dengan perangkat seluler mereka dan memprosesnya di PIX4Dmatic.

Untuk analisis lebih lanjut selain menghasilkan model 3D, model ini dapat diimpor dengan mulus ke PIX4Dsurvey yang sekarang menyediakan pengukuran volume dan dapat menangani pointcloud dengan kumpulan data LiDAR dan photogrammetry.

Selain itu, pengguna dapat memilih cara menggunakan pointcloud mereka sesuai dengan apa yang mereka analisis. Jika pointcloud LIDAR belum bisa menyempurnakan model, hanya pointcloud padat yang dapat digunakan. Atau, kedalaman pointcloud dari LiDAR atau PIX4Dcatch dapat dipilih jika memberikan hasil yang lebih baik.

Tentu saja, dengan update terbaru ini, opsi untuk menggabungkan pointcloud ini selalu ada, sehingga memberikan pengguna lebih banyak fleksibilitas dan kegunaan dalam menggunakan data mereka.

Perubahan Lisensi dan Penambahan Bahasa

software-photogrammetry-pix4d-matic-analisa-orthomosaics.jpeg
PIX4Dmatic hasilkan pemrosesan gambar secara akurat

Karena permintaan pelanggan dan banyaknya pembaruan yang dibuat untuk PIX4Dmatic, saat ini, software photogrammetry tersebut sudah tersedia untuk dijual dengan lisensi biaya sekali bayar.

Opsi untuk software photogrammetry ini sangat ideal untuk pengguna yang secara konsisten mengerjakan proyek survey dan membutuhkan produk setiap saat sebagai alternatif dari langganan bulanan atau tahunan.

Bagaimana, menarik bukan?

Software photogrammetry PIX4Dmatic saat ini sudah dapat dibeli sebagai secara sendiri atau di bundle dengan PIX4Dsurvey, dan keduanya memiliki penawaran promosi yang tersedia hingga akhir tahun 2021 ini. Pembaharuan dari segi bahasa, PIX4Dmatic saat ini sudah tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Spanyol.

Pelajari lebih lanjut produk PIX4D lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from PIX4D. The original article can be found here: PIX4Dmatic 1.19: Combined LIDAR and photogrammetry workflow

MicaSense RedEdge-P: Kamera Multispectral Resolusi Tinggi untuk Penelitian Pertanian
Cara Kerja dan Kelebihan Aplikasi Survey Mapping Emlid ReachView 3
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories