Cara Merapihkan Point Clouds dengan Software Pemetaan PIX4D

Software Pemetaan PIX4D

software-pemetaan-sky-segmentation-pix4dmatic.jpeg
Hasil point clouds yang jernih dengan software PIX4D

Membuat point clouds yang rapih akan memudahkan software pemetaan PIXD bantu pengguna membaca hasil data yang diambil lebih akurat, bagaimana caranya? berikut penjelasannya secara lengkap.

Di PIX4D, kami menghabiskan banyak waktu untuk membahas aplikasi point clouds dan cara kerjanya. Artikel ini berfokus pada alat yang kami gunakan untuk benar-benar menghadirkan point clouds atau 3D modelling yang bersih dan akurat, dan secara khusus membahas alat untuk sky segmentation yang digunakan untuk merapikan titik awan saat langit hadir dalam gambar.

Point clouds yang dapat dihandalkan sangat penting untuk alur kerja profesional saat bekerja dengan versi digital reality dari objek itu sendiri. Karena setiap titik mewakili lokasi yang tepat dari suatu titik dengan koordinat kartesius yang tepat, mereka adalah sumber daya yang berharga untuk perencanaan dan survei. Baik itu untuk peta 3D, digital twin, atau sesuatu yang berbeda sama sekali, point clouds yang bersih dapat membuat pekerjaan tetap akurat dan permodelan objek menjadi lebih realistis.

Bagaimana Pembagian dari Point Clouds?

software-pemetaan-perbedaan-point-clouds-dengan-pix4d.png
Perbedaan tanpa menggunakan sky segmentation (kiri) dan menggunakan sky segmentation

Segmentasi pengolahannya memecahkan masalah peningkatan kualitas point clouds untuk proyek di segala situasi. Ketika orang mengambil gambar dengan drone yang melihat langsung ke bawah, langit biasanya tidak ada di titik cloud. Dalam oblique imagery seperti untuk sisi bangunan, atau proyek menggunakan software pemetaan dari PIX4Dcatch, langit jauh lebih hadir karena kamera menangkap elemen langit di sekitar objek.

Pengolahan dan pengambilan data dari udara menjadi masalah di beberapa point clouds, karena pengambilan data dengan cara seadanya hanya membuat point clouds yang terlihat dari mata kita itu tampak sempurna, padahal sebetulnya tidak demikian, diperlukan sky filter untuk menanggulanginya sehingga point clouds menjadi lebih seragam. Selain itu, dengan hanya memakai metode sederhana dan tidak teliti akan berakibat pada hasil point clouds yang buruk.

Gangguan ini menciptakan kebisingan di perbatasan suatu objek, yang dapat membingungkan dan mempengaruhi seberapa berguna keseluruhan point clouds. Sky segmentation dengan sky filter membuat semuanya lebih rapih. Tim pemodelan dan algoritma dan software pemetaan PIX4D telah bekerja untuk menandai setiap piksel yang ada di langit, yang kemudian dapat diedit dari keseluruhan point clouds.

Sebelumnya mungkin dilakukan secara manual dengan memilih poin individu, tetapi butuh waktu lebih lama dan cukup rumit. Sekarang, alat segmentasi langit dapat menandai elemen sky segmentation secara otomatis. Proses ini terjadi berkat penggunaan gambar dari densifikasi untuk membuat point clouds. Sky segmentation melakukannya menggunakan algoritma mesin dan model segmentasi yang mengenali apa itu sky segmentation, dan apa yang bukan.

Apa itu Sky Segmentation?

Sky segmentation menggunakan model pembelajaran dan algoritma mesin di perangkat untuk membantu pengguna untuk mengaitkan pixel gambar dan video frame dari langit.

Produk PIX4D mana yang memiliki alat Sky Segmentation?

software-pemetaan-point-clouds-pix4d-scaled.jpg
Hasil sky segmentation dengan software PIX4D

Sky segmentation saat ini tersedia untuk software pemetaan PIX4Dmatic dan software pemetaan PIX4Dengine, dua platform pemrosesan data khusus PIX4D. Pengguna software pemetaan PIX4Dcatch yang memproses proyek mereka di PIX4Dcloud akan secara otomatis memiliki segmentasi langit yang terpasang di point cloud mereka pada proyek dari Android dengan jalur pemrosesan default dan dari iOS dengan data LiDAR.

PIX4Dmatic adalah yang pertama menggunakan fotogrametri dan point clouds LiDAR yang diimpor dari PIX4Dcatch. Di PIX4Dengine, sky segmentation dapat dilakukan secara otomatis selama pemrosesan sedangkan di PIX4Dmatic pengguna dapat memilih apakah akan menerapkan alat (disebut topeng langit) berdasarkan proyek mereka dan output yang diinginkan atau tidak.

Jadi, Apa Rahasia Hasilkan Point Clouds yang Bersih?

Pertanyaan yang mungkin Anda miliki adalah apakah itu benar-benar membuat perbedaan. Bekerja dengan pembelajaran mesin berarti bahwa algoritma terus meningkat dan memberikan hasil yang lebih baik.

Algoritma photogrammetry sekarang tahu bagaimana mengabaikan piksel dalam gambar yang ditandai sebagai langit. Anda dapat melihat dampaknya dalam contoh di paragraf sebelumnya, dan buktikan sendiri perbedaan hasil point clouds yang nyata untuk permodelan aset secara digital.

Pelajari lebih lanjut produk PIX4D lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from PIX4D. The original article can be found here: Feature focus: how to tidy point clouds with a sky filter

Update Software Pemetaan PIX4Dsurvey: Pengukuran Volume Lebih Akurat
Cara Aman Menerbangkan Drone DJI di GEO Zone
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories