Software Pemetaan DJI Terra untuk Rekonstruksi Kecelakaan

Software Pemetaan dan Pengolah Data Drone Terbaik DJI Terra

Drone DJI dan software pemetaan DJI Terra dapat digunakan untuk merekonstruksi kecelakaan, bagaimana akurasi dan efektifitasnya?

software pengolah data drone dji terra untuk rekonstruksi kecelakaan
Drone DJI M2EA lakukan rekonstruksi kecelakaan

Setelah kecelakaan lalu lintas, responden pertama dihadapkan pada dua pertanyaan sederhana: apa yang terjadi dan mengapa? Rekonstruksi kecelakaan adalah tentang mengumpulkan bukti dan merekayasa balik mekanisme adegan untuk menemukan jawabannya.

Baru baru ini, drone DJI serta software pemetaan dan pengolah data drone bernama DJI Terra digunakan oleh kepolisian di beberapa negara untuk mengembangkan solusi rekonstruksi kecelakaan lalu lintas menyeluruh untuk kepolisian. Drone DJI sebagai metodologi yang baru digunakan oleh kepolisian untuk memproses penyelidikan dengan kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Namun sebelum itu, memutuskan menggunakan drone dan software pemetaan serta pengolah data drone DJI Terra melalui proses yang panjang. Akan tetapi, banyaknya manfaat yang justru dapat menyelesaikan tantangan dalam rekonstruksi kecelakaan membuat kepolisian memilih dua teknologi tersebut untuk kegiatan operasional kepolisian.


Tantangan yang Berhasil Diselesaikan Drone DJI dan Software Pemetaan DJI Terra


1. Memotong Waktu Pemrosesan untuk Investigasi Separuh Waktu 

rekonstruksi-kecelakaan-dengan-software-pengolah-data-dji-drone-dji-terra

Setelah kecelakaan lalu lintas, petugas di tempat kejadian secara tradisional harus melalui proses yang melelahkan yang mencakup memotret apapun objek yang diitinggalkan pasca kecelakaan terjadi, termasuk diantaranya, melakukan pengukuran manual, menggambar tempat kejadian, dan menulis catatan.

Semua langkah manual ini menguras sumber daya departemen. Untuk setiap kecelakaan, 2-3 petugas harus menghabiskan waktu 30 menit untuk mengerjakan tugas-tugas ini.

Sangat melelahkan bukan?

Dengan drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced pengenalan drone mengatasi kemacetan pengumpulan data ini. Untuk petugas kepolisian dilapangan, hasil pemetaan yang rinci dapat direkam secara Otomatis dengan drone 15 menit setelah mereka tiba di lokasi tempat kecelakaan terjadi.

Selain itu, satu petugas polisi dapat menggunakan hanya 1 drone untuk menyelesaikan semua pekerjaan pemetaan yang diperlukan, memastikna seluruh divisi dapat mengalokasikan sumber daya dengan efisiensi yang lebih besar dan mengurangi waktu respons secara menyeluruh.


2. Pembentukan Alur Kerja yang Cerdas dengan Memanfaatkan Drone

alur kerja software pengolah data drone DJI Terra
Pembentukan alur kerja rekonstruksi dengan DJI Terra


Polisi lalu lintas mengandalkan drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced untuk menyelidiki lokasi kecelakaan da software pengolah data drone DJI Terra.

Drone dan software tersebut dapat digunakan bersama dengan aplikasi DJI Pilot dan DJI Terra, karena misi perencanaan penting untuk mengidentifikasi masalah sederhana yang ada disekitar target area. Rute yang sesuai dibuat secara otomatis sebelum drone menerbangkannya secara mandiri dan menangkap semua foto yang diperlukan.

Karena misi diotomatisasi dan petugas tidak memerlukan pelatihan intensif untuk mengoperasikan drone, solusinya adalah dengan meluncurkan drone dengan cepat di kota-kota untuk patroli di daerah yang raban kecelakaan.

3. Memperoleh Insight Penting Berpresisi Tinggi

insight software pengolah data drone DJI Terra
Proses reka adegan di TKP

Polisi lalu lintas biasanya harus mengandalkan proses manual yang sudah ketinggalan zaman saat merekam detail di sebuah tempat kejadian.

Selain rentan potensi kesalahan manusia, langkah-langkah ini tidak memiliki kecepatan dan ketepatan.


Dengan software pengolah data drone bernama DJI Terra, pengukuran manual yang memakan waktu tidak perlu dilakukan.

Model 2D dan 3D presisi tinggi dapat dibuat dengan cepat berdasarkan foto yang diambil oleh drone. Keunggulan Ini memberikan titik referensi yang andal dan memastikan semua informasi yang dikumpulkan akurat. Berbekal model lokasi kejadian dengan presisi tinggi, sistem Insight kepolisian dapat menampilkan catatan lokasi kecelakaan lalu lintas untuk menyelesaikan proses penanganan kecelakaan di lokasi.

4. Membuat Rekonstruksi Kecelakaan di Lokasi Lebih Aman

Adegan kecelakaan lalu lintas dinamis dan berbahaya untuk bekerja. Untuk polisi lalu lintas yang melakukan investigasi di tempat, melakukan pengukuran manual melibatkan risiko keselamatan. Petugas perlu menghabiskan satu jam atau lebih di area kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas yang diakibatkannya dapat menyebabkan kecelakaan sekunder kapan saja. Hal ini dapat mengancam keselamatan petugas polisi dan pengemudi lainnya.

Drone dan software pengolah data drone seperti DJI Terra memungkinkan alur kerja yang cerdas, otonom, dan metodis yang memungkinkan responden pertama di tempat kejadian untuk memfokuskan energi mereka pada manajemen krisis dan pengalihan lalu lintas.

Itu karena penerbangan otonom dan software pengolah data drone menyederhanakan persamaan di tempat kejadian dan menangani sebagian besar pekerjaan reproduksi kecelakaan. Pengukuran diambil dari gambar, memungkinkan petugas untuk menjalani alur kerja mereka yang biasa tanpa perlu berjalan di sekitar area kecelakaan.

Solusi Drone untuk Rekonstruksi Kecelakaan yang Mudah dan Aman

Secara keseluruhan, integrasi drone dan software pemetaan membebaskan polisi lalu lintas dari pekerjaan manual yang memakan waktu dan berbahaya, menghilangkan kesulitan metode investigasi tradisional, dan secara signifikan meningkatkan efisiensi dan presisi investigasi lokasi kecelakaan.

Kepolisian telah menunjukkan betapa sederhananya mengintegrasikan sistem investigasi drone dan solusi software pengolah data drone untuk kecelakaan lalu lintas ke dalam operasi sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana drone dapat mendukung keselamatan publik dan operasi penegakan hukum, jelajahi solusi drone DJI Enterprise disini

software pengolah data drone DJI Terra workflow

Dari pengumpulan informasi di tempat hingga keluaran laporan adegan akhir, seluruh proses dari drone dan software pengolah data drone DJI Terra pada intinya hanya terdiri dari dua langkah:

1. Pengumpulan dan Pemrosesan Data Otomatis

Tidak diperlukan kontrol manual selama proses pengumpulan data. Drone menangkap foto di sepanjang rute yang direncanakan secara otomatis. Data resolusi tinggi dari area kecelakaan ini memberikan detail yang diperlukan untuk menghasilkan laporan tempat kejadian.

2. Intelligent Report

software pengolah data drone permudah kepolisian untuk tanda tangan laporan
Petugas menandatangani laporan kejadian


Tidak diperlukan kontrol manual selama proses pengumpulan data. Drone menangkap foto di sepanjang rute yang direncanakan secara otomatis.

Data resolusi tinggi dari area kecelakaan ini memberikan detail yang diperlukan untuk menghasilkan laporan akurat di tempat kejadian.

3. Pengaplikasian Model 2D dan 3D secara Otomatis

software pengolah data drone membuat rekonstruksi kecelakan dalam 3d modelling
Investigasi kecelakaan dalam bentuk 3D


Solusi investigasi kecelakaan yang digunakan oleh polisi lalu lintas dapat disesuaikan tergantung pada skenario.Pada Oktober 2019, kecelakaan lalu lintas di jalan yang sibuk, memerlukan penyelidikan cepat dari petugas. Sistem Investigasi drone untuk kecelakaan lalu lintas menghasilkan model 2D yang cepat dari lokasi kecelakaan dan mempersingkat waktu penutupan jalan. Petugas Brigade Polisi Lalu Lintas Expressway Shenzhen Barat membuat model 3D dari lokasi kecelakaan di malam hari dan siang hari menggunakan software pemetaan DJI Terra. Kemudian, mereka melapisi dua gambar 3D secara spasial untuk menghasilkan model panorama 3D lengkap dari titik tabrakan hingga akhir kecelakaan.

Pelajari lebih lengkap software pemetaan DJI Terra dari DJI Enterprise.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Efisensi Drone Inspeksi Powerlines/SUTET DJI M300 RTK dan DJI M600
Drone Pemetaan DJI dan Software DJI Terra untuk Pembuatan Foto Udara
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories