Software Multispectral Pix4Dfields untuk Precision Farming

Software Multispectral Pix4Dfields

Software multispectral untuk analisa tanaman Pix4Dfields diuji langsung oleh peneliti bersama petani di lahan mereka untuk menguji pertanian presisi, bagaimana hasilnya?

software-pemetaan-tanaman-dji-drone-pix4dfields-map
Kondisi kesehatan tanaman terscan dengan baik Menggunakan Pix4Difields

Pertanian presisi didefinisikan sebagai sistem atau cara bertani yang akan menghemat yang, waktu dan sumber daya yang dimiliki menggunakan teknologi khusus.

Teknologi yang dimaksud disini adalah peningkatan efisiensi dengan drone khusus pertanian dan software multispectral untuk analisa tanaman Pix4Dfields.

Dalam artikel ini, beberapa peneliti menguji cara software multispectral Pix4Dfields untuk meningkatkan pertanian menjadi lebih presisi, untuk memastikan software tersebut dapat digunakan dengan mudah.

Tujuan Riset di Sektor Pertanian

software-pemetaan-tanaman-drone-software-pemetaan-orthomosaic-pix4dfields
Analisa keadaan tanaman diproses dengan Pix4Dfields

Peneliti dan sektor pertanian Terkait akan Menggunakan drone dan software multispectral Pix4Dfields untuk meneliti esek pestisida yang sudah diaplikasikan menggunakan pencitraan RGB dan NIR.

Setelah diperholeh hasilnya, peneliti bersama sektor pertanian terkait melakukan identifikasi hama dan pengobatan yang dilakukan, penyakit bahkan gulma, termasuk menganalisis pakan ternak, mengembangkan metode penilaian baru, menentukan ketahanan pengobatan.

Hasil dan Pembahasan

Area yang di survey dengan drone digunakan 30 percobaan untuk menguji tanaman dengan risiko yang diketahui terkena penyakit tertentu atau terkena hama. Pada musim panen di tahin 2021, lebih dari 150 tes dilakukan oleh peneliti dan sektor pertanian Terkait di lokasi ini, termasuk mendirikan tenda untuk memantau dan mengamati uji coba yang melibatkan lebah.

 software-pemetaan-tanaman-analisa-multispectral-pix4dfields.jpg
Analisa multispectral objek penelitian dengan Pix4Dfields

Satu eksperimen khusus adalah uji coba typical effect untuk menguji cara kerja 15 produk tanaman laya berasal dari komoditas yang berbeda. Perlakuan diterapkan di lapangan secara logaritmik dengan dosis mulai 200% dari takaran yang dianjurkan dan diakhiri dengan 10%.

Percobaan berlangsung selama musim panas 2021, dengan pemetaan drone dikerahkan dua kali setelah perawatan untuk menganalisis hasilnya yang akan terlihat dalam tiga dan enam minggu setelah aplikasi selesai dilakukan.

Untuk percobaan yang khas, biasanya ada dosis tetap yang disemprotkan dalam 4 ulangan/petak. Dalam hal ini, tujuannya adalah untuk menunjukkan bagaimana penyemprotan logaritmik sangat cocok untuk membuat data dosis-respons dan mendapatkan hasil.

Parameter seperti dosis mematikan minimum suatu produk, dosis maksimum yang dapat ditoleransi, dan dosis maksimum yang tidak menimbulkan gejala juga dapat dihitung dari hasil uji coba yang dilkakukan ini.

Parameter Proyek

  • Software yang digunakan: Pix4Dfields
  • Drone yang digunakan: DJI Phantom 4 Pro V2, 
  • Processing hardware CPU: Intel(R) Core i9-10850K
  • RAM: 32 GB
  • Area survey: 500 m2 per trial
  • Gambar yang berhasil dikumpulkan: 30,000 
  • GSD:1.96 cm/px

Benefit Menggunakan Software Pix4Dfields untuk Pertanian Presisi

software-pemetaan-tanaman-pix4dfields-analisa-tanaman-selama-musim-panen.jpg
Gambar hasil panen sepanjang musim diproses dengan Pix4Dfields

Membawa drone dan perangkat lunak analitik seperti software multispectral Pix4Dfields ke lokasi penelitian memiliki beberapa manfaat.

Manfaat tersebut diantaranya membuka kemungkinan bagi pengguna untuk membuat perbandingan dari waktu ke waktu dan melacak pertumbuhan suatu bidang.

Beberapa klien akan meminta gambar drone dari uji coba yang dilakukan untuk lebih memahami hasil dan penelitian.

Menggunakan teknik pemetaan dari udara dengan drone DJI juga membantu pengguna untuk menganalisis situs sebelum percobaan berlangsung untuk memastikan tidak rawan banjir atau kekeringan, yang dapat membuat tanaman stres dan secara tak terduga berdampak pada percobaan.

Uji coba logaritma adalah cara untuk memikirkan kembali efektivitas metode tradisional yang harus kita lakukan untuk menguji suatu produk. Pengujian ini bisa menjadi tantangan bagi tim penyemprotan, karena ini membutuhkan metode baru untuk menerapkan produk ke lapangan. Uji coba harus dilakukan dan diselesaikan dengan akurasi setinggi mungkin, ini berarti metode penyemprotan, pengumpulan data, dan analisis harus dapat diandalkan dan transparan sehingga ketika klien disajikan hasil, mereka tahu persis produk mana yang akan digunakan untuk penelitian lebih lanjut.

Memilih Software Pemetaan Pertanian yang Tepat untuk Mewujudkan Pertanian Presisi

software-pemetaan-tanaman-analisa-ndvi-dengan-software-pix4dfields.jpg
NDVI sebagai indeks yang digunakan oleh peneliti pertanian

Bekerja dengan pertanian dan perangkat lunak presisi berarti memilih solusi yang tepat untuk hasil dan alur kerja yang diinginkan. DJI Phantom 4 Pro V2 adalah drone putar, membuatnya bagus untuk penerbangan pendek dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Sensor dipasang pada DJI Phantom dan digunakan untuk menangkap citra NIR dan RGB. Untuk memproses data, software multispectral Pix4Dfields juga dapat dipilih karena kemampuannya yang komprehensif dalam pertanian presisi dan analisis citra multispektral.

Awalnya, tim menyiapkan alur kerja untuk menghubungkan drone dan sensor tertentu, serta aplikasi perencanaan penerbangan dengan software Pix4Dcapture, namun ternyata terdapat tantangan dalam mengintegrasikan berbagai interface dan cara mengintegrasikanya dengan hardware lain.

Para peneliti menyiapkan sistem yang bekerja dengan sempurna untuk membantu mereka menghindari keharusan menerbangkan ulang drone dan melakukan pemrosesan data secara double dengan software pemetaan tanaman Pix4Dfields karena hasil yang tidak lengkap.

Software multispectral Pix4Dfields adalah alat yang ideal untuk menganalisis plot percobaan, karena dapat menggunakan indeks vegetasi serta membuat plot percobaan, menghitung statistik dengan mudah, dan menganalisis bagaimana proyek pengolahan bekerja dengan membandingkan plot perlakuan dan kontrol.

Selain itu, teknologi software multispectral Pix4Dfields dapat memproses gambar dengan cepat tanpa memerlukan akses internet. Software pemetaan tanaman tersebut dapat menghasilkan analisis tingkat tinggi secara akurat memberikan wawasan tentang plot percobaan. Untuk kasus ini, berarti mereka dapat menyediakan klien dengan gambar drone yang diambil hari itu atau sehari sebelumnya, dengan mudah membagikan kemajuan dari setiap percobaan.

Membangun Alur Kerja yang Lebih Efektif

software-pemetaan-tanaman-pix4dfields-memproses-gambar-dalam-10-menit-setiap-percobaan.jpg
Pix4Dfields memproses gambar 10menit per trial

Pertama, tim memanfaatkan persiapan dan menerbangkan drone untuk menganalisisnya.

Mereka meminta saran kepada petani setempat tentang penyemprotan dan pemanenan di daerah tersebut, serta pemahaman tentang iklim setempat.

Saran yang didapat memberi mereka manfaat menggunakan pengetahuan dan pengalaman lokal untuk mendapatkan hasil terbaik dan membuat prediksi.

Selama hari-hari mereka terbang, tim memantau prakiraan cuaca dengan cermat untuk menghindari hujan atau kecepatan angin yang mencapai 10 meter per detik, yang dapat menghambat penerbangan atau merusak drone.

Setelah alur software pemetaan panaman dan hardware berhasil dikerjakan, tim mulai mengekspor temuan dari hasil menggunakan software pemetaan tanaman dan penerbangan drone mereka. Mereka menciptakan gambar NIR serta RGB, yang diekspor sebagai GeoTIFF. Gambar NDVI diimpor ke software multispectral Pix4D melalui QGIS, setelah itu semua plot percobaan dianalisis. Hasilnya dibagikan dengan klien, yang dapat bertindak berdasarkan temuan dalam pekerjaan dan penelitian mereka sendiri.

Pelajari lebih lanjut tentang software multispectral PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Pix4D. The original article can be found here: In The Fields, Researching Best Practices in Agriculture

Drone Perkebunan DJI Agras T16 untuk Peningkatan Produktivitas Tebu
Drone sebagai Alat Inspeksi SUTET Otomatis DJI M300 RTK dan Zenmuse L1
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories