RTK Base Station: Cara Kerja RTK dengan Emlid Reach RS2

Definisi RTK Base Station

RTK Base Station Emlid Reach RS2 memiliki cara kerja yang unik dan berbeda untuk membantu survey dan mapping, berikut penjelasan selengkapnya.

rtk-base-station-emlid-reach-rs2
Emlid Reach RS2

Sebelum masuk kedalam cara kerja dari Multiband GNSS RTK Base Station Emlid Reach RS2, kita perlu mengetahui terlebih dahulu definisi dari GNSS Mobile Station atau GNSS Base Station dan RTK itu sendiri.

Apa itu GNSS Mobile Station?

Sistem Satelit Navigasi Global atau GNSS mempengaruhi setiap industri, mulai dari navigasi yang harus dikerjakan di sektor pertanian, konstruksi, dan arkeologi. Pada artikel ini, kita akan menemukan cara kerja GNSS positioning dan teknik Real Time Kinematic (“RTK”) terkait untuk memberikan pengetahuan baru di bidang survey dan pemetaan, terutama dari definisi dan cara kerja RTK bilam menggunakan base station Emlid Reach RS2.

Bagaimana GNSS Positioning Pekerja?

rtk-base-station-cara-kerja-emlid-reach-rs2
Penggunaan Emlid Reach RS2

Sebelum kita melanjutkan dengan RTK base station, penting untuk memahami ide umum di balik metode penentuan posisi. Seluruh sistem GNSS didasarkan pada pengukuran berapa lama waktu yang dibutuhkan sinyal untuk melakukan perjalanan dari satelit ke penerima.

Anda dapat menentukan posisi anda di planet ini, mengetahui orbit yang tepat dari ephemeris dan waktu tempuh dari setidaknya berasal dari empat satelit—untuk pertama kali membentuk area dan kemudian menentukan lokasi yang tepat dengan menemukan titik di mana semua lokasi saling bersilangan.

Ketika Anda menentukan posisi Anda, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa akurat itu. Sebagian besar penerima RTK base station GNSS atau GPS, seperti yang dapat Anda temukan di ponsel cerdas atau di sebagian besar platform robot, menentukan posisi Anda dengan akurasi 2-4 meter. Cukup bagi Anda untuk menemukan toko yang Anda cari di Google Maps. Namun, perkiraannya terlalu kasar untuk, katakanlah, survei tanah. Jadi apa sumber kesalahan seperti itu, dan bagaimana cara menghilangkannya?

Definisi dan Cara Kerja RTK

rtk-base-station-emlid-reach-rs2-phantom-4-rtk
Survey dan mapping dengan Emlid dan drone DJI

Real-Time Kinematic (RTK) adalah teknik yang menghilangkan kesalahan sebanyak mungkin untuk memberi pengguna hasil pemetaan yang akurat dan data posisi yang ditingkatkan hingga ke resolusi di tingkat sentimeter.

Ketika sinyal dari satelit bergerak menuju penerima, ia melewati 20.200 km ionosfer dan atmosfer turun ke Bumi. Efek ionosfer secara signifikan memperlambat sinyal dan juga dapat mengganggunya di jalan. Selain itu, banyak faktor, seperti awan, atau rintangan, dapat mempengaruhi waktu tempuh dan meningkatkan kesalahan posisi.

Untuk mengatasi masalah ini, RTK base station datang untuk membawa solusi dalam menyelesaikan masah tersebut. Untuk RTK GNSS base station Emlid Reach RS2, Anda memerlukan dua penerima GNSS: satu statis dan disebut “base station”, yang bergerak dan disebut “explorer”. Sementara kedua penerima mengamati satelit yang sama secara bersamaan, base station statis ditempatkan pada titik dengan koordinat yang diketahui dan diapatkan sebagai patokan atau titik yang diukur sebelumnya. Dengan mempertimbangkan koordinat yang diketahui dan menerima sinyal satelit, pangkalan mengirimkan koreksi ke penjelajah yang bergerak. Dengan cara ini, rover bisa mendapatkan posisi akurat di bawah sentimeter. Idenya sederhana, tetapi iblis dalam matematika di sini. Cari tahu lebih lanjut tentang Real-Time Kinematic di panduan kami Bagaimana RTK bekerja.

Anda tidak perlu dua unit untuk RTK GNSS base station setiap saat, dengan Emlid Reach RS2 anda juga dapat melakukan RTK hanya dengan satu drone. Dalam hal ini, RTK Base Station anda memerlukan layanan lokal yang berbagi koreksi dasar melalui Internet dan disebut NTRIP. Bertindak sebagai stasiun pangkalan, layanan NTRIP mengirimkan koreksi ke rover Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang bekerja dengan NTRIP, lihat artikel kami Apa itu NTRIP.

Jika Anda perlu melakukan survei di area yang tidak memerlukan jangkauan Internet untuk koreksi NTRIP, ada solusi lain untuk Anda, RTK base station Emlid Reach RS2 siap membantu. Teknik PPK atau Post-Processed Kinematic bekerja hampir seperti RTK, tetapi tanpa koneksi real-time antara pangkalan dan rover. Sebagai gantinya, kedua unit merekam data mentah selama survei, dan kemudian log ini diproses bersama dalam perangkat lunak PPK.

Kenapa harus RTK Base Station Emlid Reach RS2?

rtk-base-station-multiband-gnss-receiver-emlid-reach-rs2
Multiband GNSS receiver Emlid Reach RS2

Penerima RTK mungkin berbeda berdasarkan jumlah pita frekuensi yang digunakannya. Ada receiver single-band dan multi-band untuk RTK. Kedua penerima mampu akurasi hingga ke tingkat sentimeter. Perbedaannya adalah bahwa lebih banyak faktor yang dapat mempengaruhi solusi perbaikan stabil di penerima pita tunggal, seperti garis dasar antara pangkalan dan penjelajah, pemandangan langit, dan lingkungan sekitarnya. Jadi pilihan penerima terutama tergantung pada kondisi kerja anda.

Unit multi-band bekerja dengan beberapa pita frekuensi. Semakin banyak sinyal yang tersedia, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan solusi fix. Jangkauan penerima RTK base station multi-band Emlid Reach RS2 membutuhkan ~5 detik untuk mendapatkan solusi perbaikan. Penerima multi-band juga dapat mempertahankan solusi perbaikan yang andal bahkan dengan pandangan langit yang sebagian terhalang dan bekerja pada baseline yang lebih panjang.

Pelajari lebih lanjut mengenai produk EMLID.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: Introduction to RTK GNSS

5 Perbedaan Drone Terbaik Survey: DJI Phantom 4 DJI Phantom 4 RTK
Drone Semprot Desinfektan COVID-19 DJI Agras T16 Bersama TNI dan FASI
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories