Cara Mengatur Program Drone Pertambangan

Program Drone Pertambangan

Membuat program drone pertambangan memiliki tantangan sendiri, diperlukan tips khusus yang harus diperhatikan sebelum bisa mengaplikasikannya.

Apa Saja Tantangannya?

1. Mendefinisikan Rumusan Masalah

Ada banyak drone DJI Enterprise yang tersedia di pasaran. Tidak semua drone cocok untuk semua tugas. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin tidak cocok untuk lingkungan pertambangan sama sekali. Oleh karena itu, menjadi penting bagi anda untuk menuliskan masalah spesifik sebelum menentukan rumusan masalah penyelesaian drone yang digunakan, diantaranya:

  • Kami membutuhkan pengukuran pergerakan material dan volume stockpile yang akurat.
  • Kami ingin menjauhkan sejauh-jauhnya kru kami dilapangan dari area yang berisiko tinggi, seperti saat bekerja di ketinggian dan open pit mining.
  • Kami membutuhkan inspeksi integritas aset yang lebih efisien
  • Operator drone pertambangan bisa mempercepat proses inspeksi di area rawan dengan cepat

Pernyataan masalah yang dipikirkan dengan matang tidak hanya akan mendukung keputusan tentang apa dan mengapa, tetapi juga akan memberi Anda tolok ukur keberhasilan pada saat penyelesaian proyek dilapangan.

2. Memastikan Kepatuhan Peraturan Operasi Tambang

drone-dji-enterprise-software-volume-stockpile-dji-terra.png
Pengecekan drone sebelum terbang

Sangat penting bahwa solusi pengguna agar perencanaan sesuai dengan landscape regulasi yang relevan. Jadi, setelah anda mengetahui pernyataan masalahnya, anda ingin memastikan bahwa Anda akan beroperasi secara legal dan juga aman. Anda juga harus memastikan jika ingin melakukan penerbangan dengan lebih tinggi dan lebih jauh di sebagian besar negara yang melakukan akvitias tambang. Umumnya, anda harus melakukan check dan recheck dengan otoritas lokal untuk memperoleh persetujuan sebelum menerbangkan drone di area tambang.

Selain itu, yang harus anda perhatikan adalah baterai drone DJI Enterprise yang digolongkan sebagai item atau barang berbahaya selama proses pengiriman dan perjalanan. Jika anda berencana untuk memindahkan peralatan dari satu lokasi lain ke lokasi lainnya, anda mungkin bisa memutuskan untuk mengangkutnya lewat udara.

Baterai drone tertentu terlalu besar untuk dikirim melalui udara, sehingga Anda perlu memastikan pasokan baterai yang memadai di setiap lokasi pengoperasian atau memilih drone yang menggunakan baterai berkapasitas lebih kecil. Dengan mengetahui batasan persetujuan pada peraturan tambang, mungkin anda bisa mengetahui batasan mengoperasikan drone di pertambangan, lalu anda bisa memastikan ke langkah selanjutnya.

3.Menentukan Akurasi Data dan Persyaratan Output

Data pemetaan drone harus akurat, untuk itu, data yang diambil harus akurat, sehingga elevasi atau seluruh bagian penting dari objek dapat diidentifikasi secara jelas. Anda perlu memikirkan variabel penentu penggunaan drone DJI Enterprise, diantaranya:

  • Siapa yang akan menggunakan data? Format apa yang dibutuhkan?
  • Apakah mereka membatasi bandwidth atau penyimpanan file?
  • Apakah anda tau bagaimana cara memeriksa keakuratan data pemetaan?

4. Menentukan Seberapa Sering Operasi Penerbangan Dilakukan

dji-enterprise-drone-terbaik-tambang.jpg
Checklist penerbangan drone

Frekuensi operasi drone dapat diatur oleh batasan persetujuan peraturan, ketinggian pengoperasian, dan persyaratan yang telah diidentifikasi saat mendefinisikan pernyataan masalah.

Tahap membangun program drone di sektor pertambangan terkait dengan menentukan jumlah staf yang membutuhkan pelatihan, jumlah unit drone DJI Enterprise yang diinginkan untuk memastikan cakupan area yang di survey atau diinspeksi, persyaratan pemeliharaan yang diharapkan, jumlah baterai yang dibutuhkan, dan perlu atau tidaknya untuk melakukan pengisian daya dilapangan atau dikantor.

5. Penganggaran dan Dukungan Manajemen

Sekarang setelah anda memiliki gagasan yang cukup bagus tentang seberapa sering anda ingin terbang dengan drone DJI Enterprise, menggunakan peralatan apa, dan untuk mendapatkan jenis kiriman apa, saatnya untuk mendapatkan persetujuan dan pendanaan dari atas untuk membangun program drone internal.

Seringkali, lokasi penambangan berada di lokasi terpencil, sehingga , memindahkan berbagai personel dan peralatan ke lokasi ini jika diinginkan mungkin tidak dapat dilakukan. Dengan demikian, saat mempersiapkan kebutuhan anggaran, Anda harus mempertimbangkan ketersediaan dukungan manajemen, peralatan yang andal, persediaan suku cadang yang memadai, dan proses perbaikan dengan waktu yang lebih efisien.

  • Secara umum, biaya implementasi dalam sekali operasi dilapangan terdiri dari:
  • Peralatan drone penambangan
  • Suku cadang peralatan
  • Pelatihan operator
  • Persetujuan manajemen
  • Software dan hardware post-processing

Selain itu, anda perlu memperhitungkan biaya yang berkelanjutan, diantaranya:

  • Paket perbaikan
  • Paket pemeliharaan
  • Biaya lisensi
  • Data cadangan

6. Pengamanan dan Persiapan Operasi

dji-enterprise-dji-matrice-300-rtk-inspeksi-tambang-scaled.jpg
Persiapan penerbangan DJI M300 RTK

Penerbangan drone akan aman hanya jika:

  • Anda memastikan orang-orang yang menerbangkan drone sudah memenuhi semua persyaratan kualifikasi dan pengalaman yang sesuai
  • Peralatan sesuai untuk tugas dan semua dalam keadaan baik
  • Sumber daya memiliki kualitas yang baik dan cukup untuk melakukan tugas tersebut
  • Cuaca dalam keadaaan aman untuk menerbangkan drone dengan iklim dan kelembabapan yang sesuai d
  • Area peluncuran dan pendaratan drone luasnya cukup dan berada di area lapang
  • Anda harus merancang dan menguji daftar checklist pre-flight untuk mencegah terjadinya kesalahan terbang, mewajibkan kepatuhan yang ketat untuk semua operator drone DJI Enterprise sebelum mereka melakukan misi penerbangan. Pastikan drone dan perngkat pendukung yang anda gunakan untuk penerbangan berkualitas original dan dalam kondisi yang baik.

7 Mengembangkan Rencana Penyimpanan, Analisis, dan Pelaporan Data

Jika anda berpikir bahwa drone berukuran besar, perlu memiliki area untuk melakukan penerbangan yang lebih besar. Selain itu, anda juga memerlukan rencana untuk menyimpan dan mengarsipkan data sebelum implementasi. Hal-hal yang harus anda pikirkan diantaranya adalah:

  • Siapa yang akan menggunakan data?
  • Apakah mereka perlu diberi jawaban atau apakah mereka mampu menyimpulkan informasi dari data mentah?
  • Berapa banyak waktu yang Anda ingin mereka habiskan?

8. Membentuk Tim yang Bekerja

Karena lokasi penambangan jauh, tim yang mengoperasikan drone juga akan jauh. Namun dengan pelatihan rutin dan pemeriksaan kecakapan, kepala pilot drone DJI Enterprise bisa meyakinkan bahwa semua operasi dilakukan sesuai standar yang disyaratkan. Jangan berasumsi bahwa pilot yang memiliki pengalaman dalam pemetaan dan survei volume juga akan memiliki kompetensi untuk inspeksi aset jarak dekat. Anda harus memperhitungkan dan mengembangkan manual pelatihan dan daftar periksa untuk setiap tugas unik yang akan dilakukan di lokasi tambang.

9. Menghindari Scope Creep Proyek

dji-enterprise-pre-checklist-drone-halo-robotics.jpg
Method statement penerbangan drone

Scope creep didefnisikan sebagai penambahan fitur dan fungsionalitas scope proyek tanpa berdasarkan pada efek waktu, biaya, sumber daya atau persetujuan klien

Bisnis pertambangan, juga bisa saja mengalami obstacle yang juga ada hubungannya dengan investasi yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Untuk itu, berinvestasi pada drone DJI Enterprise diperlukan agar bisa menyelesakan masalah di lokasi tambang, termasuk berinvestasi pada operator drone yang kompeten dan memahami risiko dan bagaimana mencapai operasi yang efisien. Hanya melalui operasi reguler, perusahaan Anda akan mendapatkan apresiasi atas manfaat risiko/imbalan.

Setting Program Drone DJI Enterprise untuk Tambang

Bagaimana caranya agar pengguna drone DJI Enterprise di sektor tambang bisa menciptakan program drone yang efisien dan efektif serta menciptakan operasional yang lebih aman untuk jangka panjang.

1. Gunakan Alat untuk Manajemen Program Drone

Jika Anda membangun program drone in-house untuk pertama kalinya, Anda akan menyadari bahwa ada banyak langkah yang harus dikelola dan diterapkan. Dan ini biasanya diatur oleh time frame yang sudah ditentukan. Semua ini bisa menjadi masalah, jika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, lebih bijak bagi perusahaan untuk menggunakan alat manajemen program, seperti Gantt Chart untuk melacak kemajuan dan mengidentifikasi tonggak penting. Kenapa chart ini penting? Karena tidak hanya akan membuat tim bertanggung jawab, tetapi juga akan memberikan poin pembicaraan yang berguna saat mengkomunikasikan kemajuan program drone kepada manajemen tingkat atas.

2. Jangan Takut untuk Delegasi

dji-enterprise-drone-program-tambang-e1635946528739.png
Delegasi penerbangan drone

Perusahaan harus mempekerjakan atau menggunakan jasa drone specialist sebelum mencanangkan program drone. Orang ini tidak hanya harus berpengalaman dengan teknologi drone terbaru, tetapi mereka juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang tantangan teknis, ekonomi, dan operasional industri pertambangan. Tugaskan orang ini dengan tanggung jawab untuk menerapkan alur kerja dan prosedur operasi baru, dan mengembangkan program drone dari hari ke hari.

Juga, jika operasi drone penambangan anda direncanakan untuk dilakukan di beberapa lokasi, mungkin berguna untuk merancang paket pelatihan untuk staf berkinerja terbaik, yang kemudian dapat memfasilitasi persyaratan pelatihan untuk pilot lain di masa mendatang.

3. Mulai Langkah Kecil untuk Membuat Program Drone

Kunci untuk mewujudkan ambisi membangun program drone DJI Enterprise untuk internal Anda adalah memulai dari yang kecil, mulai dengan mengembangkan bukti konsep untuk aplikasi tunggal, seperti pengukuran stockpile.

Identifikasi hardware dan software yang anda rencanakan untuk digunakan untuk pengumpulan dan analisis data, termasuk muatan spesialis, dan formalkan SOP. Kemudian, setelah anda menyiapkan data drone, bandingkan hasilnya dengan metode pengukuran stockpile tradisional Anda.

Bekerja samalah dengan pilot Anda, mereka yang bertugas memproses data, serta pemangku kepentingan lainnya untuk menyelesaikan masalah dan membuat alur kerja operasi drone Anda mulus. Setelah Anda memiliki hasil nyata untuk ditunjukkan kepada manajemen di level atas, akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan dukungan manajemen dan mendapatkan persetujuan pendanaan.

Pelajari program drone DJI Enterprise lebih jauh untuk industri.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Cara Kerja dan Kelebihan Aplikasi Survey Mapping Emlid ReachView 3
5 Manfaat Drone Pemetaan DJI untuk Pertambangan
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories