PIX4Dinspect: Software Lengkap untuk Inspeksi Tower Telekomunikasi

Software Inspeksi Tower PIX4Dinspect

Software inspeksi tower PIX4Dinspect menghasilkan digital twin yang penting untuk perusahaan, bagaimana efisiensinya dari inspeksi konvensional?

pix4dinspect-untuk-inspeksi-tower-telekomunikasi.jpg
Inspeksi tower dengan PIX4Dinspect

Menghasilkan digital twin adalah jalan ke depan untuk industri inspeksi. Software PIX4Dinspect memberikan replika realitas yang akurat yang dapat dengan mudah dibagikan di antara para pihak yang membutuhkan data tersebut.

Umumnya, metode konvensional memakan waktu lebih dari 1 hari atau 24 jam untuk melakukan inspeksi tower, terutama tower telekomunikasi. Keuntungan bekerja dengan drone adalah mereka memberikan solusi yang terukur. Ini dapat digunakan di seluruh jaringan infrastruktur aset untuk membantu mengelola dan memelihara catatan akurat setiap aset terutama untuk persyaratan pemeliharaan.

Proses digitalisasi aset di 50 menara seluler atau tower telekomunikasi dengan software PIX4Dinspect ini membuktikan efisiensi teknologi yang dikombinasikan dengan A.I di industri telekomunikasi terutamanya.

Tantangan Inspeksi Tower dan Cara PIX4Dinspect Menyelesaikannya

Proses digitalisasi 50 aset menara telekomunikasi bukanlah hal yang mudah, apalagi dalam membuat digital twin aset tersebut. Apalagi, saat ini pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan berpikir keras menemukan cara yang minim budget namun menghasilkan hasil inspeksi aset yang melampaui ekspektasi mereka, terutama untuk biaya intervensi teknis. Proyek ini juga akan membantu perusahaan mendigitalisasikan aset secepat mungkin dan membantu klien memastikan bahwa aset mereka dalam keadaan baik dan mereka bisa menjaga umur aset lebih panjang.

pix4dinspect-pix4dscan-digitalisasi-inspeksi-tower-telekomunikasi.jpg
Proses digitalisasi aset

Tantangan sebelum perusahaan memutuskan menggunakan drone DJI Mavic Pro atau versi terbarunya adalah membuktikan bahwa penggunaan drone untuk inspeksi dan digitalisasi operasi teknis di telekomunikasi cukup efisien untuk bekerja dalam skala besar.

Kombinasi AI di balik software inspeksi PIX4Dinspect dan kemudahan penggunaan PIX4Dscan, membawa pengalaman yang mengessankan bagi perusahaan.

Tentang Project

Software yang digunakanPIX4Dinspect dan PIX4Dscan
Hardware atau drone yang digunakanDJI Mavic Pro
Lama pengambilan data setiap tower40 menit

PIX4Dinspect dan PIX4Dscan dapat menghemat waktu dengan menggunakan drone untuk mendigitalkan menara seluler. Salah satu tugas proyek ini adalah mendigitalkan menara yang baru dibangun sejak hari pertama, sehingga klien memiliki pengetahuan terkini tentang menara, termasuk apa yang dipasang, dan apakah alat tersebut dipasang dengan benar. Dengan memiliki informasi ini pada kembaran digital akan menyelamatkan klien dari setiap kunjungan teknis berikutnya ke situs dan banyak waktu yang dibutuhkan oleh kunjungan tersebut, sehingga proses digitalisasi aset lain yang ada dengan inventaris lengkap instalasi dan status pemeliharaannya.

Perusahaan menyebutkan bahwa proyek ini menjadi proyek pertama yang membawa hasil luar biasa, dimana dengan jumlah 50 menara tower semua hasilnya dapat terdigitalisasi dalam waktu 30 hari saja, jauh lebih cepat dibandingkan metode konvensional.

Mendapatkan Data yang Tepat dengan PIX4Dscan

Untuk pengambilan data, tim menggunakan PIX4Dscan, aplikasi perencanaan penerbangan yang dirancang untuk inspeksi, karena merupakan alat yang paling cocok untuk menjawab kebutuhan klien. Biasanya, menangkap data capture tower BTS atau tower telekomunikasi ini akan memakan waktu sekitar 40 menit bagi tim mulai dari menyiapkan drone, mengganti baterai hingga menangkap menara.

Menurut CEO sekaligus pendiri perusahaan klien dari proyek tersebut PIX4Dscan adalah produk hebat, terutama dalam hal pengoperasian drone teknis. Penerbangannya mudah dilakukan, tidak memerlukan banyak waktu atau pelatihan khusus, yang menjadikan aplikasi penerbangan ini salah satu yang terbaik di pasar.

Kemudahan Pemrosesan Data dengan PIX4Dinspect

pix4dinspect-inspeksi-tower-otomatis.jpg
Algoritma PIX4Dinspect mendeteksi antena Otomatis

Setelah mengumpulkan data, mereka memeriksa apakah data tampak lengkap sebelum meninggalkan lokasi. Memeriksa data sebelum keberangkatan seseorang harus kembali ke situs jika ada celah dalam pengumpulan gambar.

Pemrosesan data diselesaikan oleh klien menggunakan PIX4Dinspect. “Untuk memproses data setelah penerbangan, mengetahui hal-hal dan menjatuhkan gambar dari kartu SD PIX4D”. Dalam beberapa jam, hasilnya sudah siap dan waktu diberitahu melalui email.

PIX4Dinspect memudahkan pengguna mengelola operasi dengan PIX4Dinspect berkat platform berbasis cloud. Tim dilapangan dapat mengumpulkan data hanya dalam 40 menit, dan segera mengunggahnya. Pemrosesan berlangsung otomatis, sementara tim dapat langsung melakukan perjalanan ke menara berikutnya.

Secara besar-besaran, klien menemukan bahwa ini secara besar-besaran mengurangi jumlah waktu minimum yang diperlukan untuk menganalisis data, yang merupakan komponen utama industri telekomunikasi. Selain itu, berkat cuaca yang baik dan alur kerja yang profesional, waktu tidak menghadapi masalah dalam pengumpulan atau adanya data sehingga mereka bergerak cepat di antara 50 menara.

Mengapa Pembelajaran Mesin dan A.I Membuat Perbedaan yang Nyata untuk Inspeksi Aset?

Salah satu konsep dasar tetapi paling kuat di dunia pembelajaran mesin adalah “siklus A.I yang baik”, di mana proses pengembangan AI adalah bagian dari siklus berulang yang bergerak antara produk, pengguna, dan pengumpulan data.

Hasil Inspeksi dengan PIX4Dinspect

 hasil-inspeksi-menara-telekomunikasi-dengan-PIX4Dinspect.jpg
Hasil inspeksi tower dengan PIX4Dinspect

Tim menemukan bahwa PIX4Dinspect menghemat waktu mereka dan memberikan aliran data yang harmonis dari pengumpulan hingga pengiriman. Ini membuktikan kepada klien bahwa mereka memberikan layanan yang andal dan terukur dengan bukti konsep yang mengesankan. Ini terbukti sebagai pengembalian investasi yang berharga dalam menggunakan drone untuk inspeksi karena tim telah mengkonfirmasi kontrak untuk inspeksi pada tahun 2022 sebagai hasil dari keberhasilan ini. Mereka menghemat waktu dan uang untuk diri mereka sendiri dan klien. Klien yang mengerahkan operator dari pihak mereka pun menikmati kemudahan menggunakan PIX4Dinspect dan PIX4Dscan, dimana dalam penggunaanya menghasilkan beberapa hal diantaranya untuk membuat anotasi di Pix4Dinspect dan memeriksa menara telekomunikasi di PIX4Dinspect

Alur kerja pemeriksaan dari PIX4Dscan dan PIX4Dinspect disederhanakan dan efisien, sehingga memudahkan pemeriksa untuk mengunjungi beberapa situs dalam sehari, mengunggah hasilnya, dan membagikannya. Anotasi dan pengukuran dapat dilakukan langsung pada kembaran digital di PIX4Dinspect dan dibagikan dengan klien dan pemilik menara. Seperti yang telah dibuktikan klien, solusi yang dapat diskalakan memberikan keunggulan dan keunggulan dibandingkan pesaing dalam alur kerja inspeksi telekomunikasi yang efisien.

Pelajari dan coba sendiri software inspeksi PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling out the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation with courtesy from PIX4D. Original article can be found on: Succeeding large-scale in the telecom industry

Anti Drone Untuk Perlindungan OVITNAS: DroneShield Explained
Sniffer4D Multi Gas Detection Sensor untuk Inspeksi Pipa Gas
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories