PIX4DFields: Software Analisa Kerugian Panen dan Asuransi Tanaman

Aplikasi PIX4Dfields untuk Pertanian

PIX4Dfields, dapat dimaksimalkan untuk pemetaan drone untuk kalkulasi dan estimasi kerugian panen dan claim asuransi pertanian, bagaimana prosesnya?

pix4dfields-kalkulasi-hasil-panen
Analisa kondisi lahan dengan PIX4Dfields

Banjir atau kerusakan hama dapat mengurangi keuntungan musim. Penerbangan drone dapat memberikan penilaian yang cepat dan akurat untuk kompensasi asuransi. Penilaian dan penyesuaian kerusakan tanaman secara tradisional sulit dilakukan dan oleh karena itu seringkali tidak akurat.

Biasanya, setelah kejadian yang dapat diasuransikan seperti banjir, serangan hama atau badai, pengukuran kerusakan untuk tanaman tertentu dilakukan secara manual. Pertama, petugas insurance loss harus mengidentifikasi semua area di lapangan yang rusak. Kemudian, untuk mengukur area tersebut, alat manual seperti roda pengukur atau pita digunakan untuk memperkirakan area yang terkena dampak.

Efektivitas PIX4Dfields

Untuk mencegah ambiguitas saat melakukan assesment atau penilaian kerusakan lahan, PIX4Dfields dilibatkan untuk melihat semua area kerusakan. Sementara itu, tuntutan dilapangan mengharuskan proses assesment dilakukan secepat mungkin. Jika dilakukan secara manual, aktivitasnya menjadi kurang efisien, apalagi lahan pertanian umumnya punya luasan yang tinggi. Perjuangan untuk mendapatkan gambaran umum tentang pertanian dan pengukuran yang maksimal kadang menemui tantangan yang berat, dari segi kondisi cuaca dan ketidakpastian hasil yang diperoleh.

pix4dfields-analisa-prescription zone-tanaman
Analisa prescription map PIX4Dfields

Software pemetaan PIX4Dfields, menghasilkan proses survey dan mapping dan analisa kerugian serta sejauh mana dampak yang ditimbulkan akibat suatu bencana, misal ketika kita mendapati lahan kita banjir, secara realtime kita bisa mengetahui dampak dan luasan area pertanian yang terendam banjir, sehingga saat klaim asuransi petugas sudah bisa melihat kuantifikasi data yang kita kumpulkan.

Apalagi, di negara tropis seperti indonesia, analisa prescription zone atau prescription map. Hal ini diperlukan untuk analisa informasi tingkat target untuk zona pengelolaan dalam suatu bidang. Mereka digunakan oleh layar untuk mengubah tingkat target secara otomatis saat beroperasi di setiap zona manajemen penanaman.

Pencegahan Kerusakan Tanaman saat Cuaca Ekstrim dengan PIX4Dfields

pix4dfields-analisa-tanaman-tanpa-teknologi
Analisa biasa, tanaman seperti baik-baik saja

Proses pencegahan biasanya dilakukan petani dengan melakukan perlindungan ekstra pada tanaman mereka ketika cuaca ekstrim dateang. Misalnya, ketika musim hujan yang bergeser mundur atau maju, dibutuhkan rencana yang adaptif ketika banjir datang.

Dengan menggunakan software PIX4Dfields, pengguna dapat mengestimasikan tingkat tanaman yang terendam banjir dan menyimpan datanya dari waktu ke waktu sebagai perbandingan untuk penyesuaian rencana, sehingga kerugian panen dapat diminimalisir. Kenapa ini penting? karena ketika tanaman terendam banjir, maka jumlah air yang banyak, tanaman pasti akan tenggelam karena kekurangan oksigen ke akar dan sinar matahari ke daunnya.

Assesment Kerusakan Akibat Banjir

software-pemetaan-pix4dfields-analisa-kerusakan-panen.png
Orthomosaic tanaman diproses PIX4Dfields

Biasanya, ketika seorang petani mengalami kerugian akibat gagal panen karena curah hujan dalam waktu singkat dan mengakibatkan banjir, beberapa negara sudah mendukung claim asuransi kerugian hasil panen dengan menugaskan loss adjuster untuk membuat janji kunjungan dilokasi dan akan dilihat berdasarkan data yang diambil tingkat kerusakannya.

Di beberapa negara, biasanya dalam jangka waktu 72 jam petani wajib menginformasikan musibah yang terjadi pada areal panennya.

Kemudian, setelah loss adjuster dan petani berada di lokasi, loss adjuster akan menerbangkan drone ke area yang rusak dan mengumpulkan data lalu memverifikasi kerusakan yang ada. Disinilah software PIX4Dfields menjalankan perannya dan memvisualisasikan data yang ada untuk mengukur kehilangan panen.

Metode pengukuran ini termasuk dalam metode pengukuran yang disetuju. Loss adjuster akan membuat satu set visual berdasarkan mana mereka kemudian dapat menilai kerusakan dan membuat laporan PDF untuk petani dengan temuannya. Dengan fitur batas bidang, loss adjuster dapat memangkas bidang ke ukuran yang tepat, untuk membuat penilaian lebih mudah.

Sebagai contoh, PIX4Dfields berhasil memproses pembuatan orthomosaics pada ladang kedelai. Hasilnya menunjukkan, warna yang lebih gelap menandakan bahwa tanah nya terendam genangan banjir, sementara tanah yang lebih terang menunjukkan bahwa tanaman kekurangan air. Sebagai assesment penilaian, software PIX4Dfields Orthomosaic, secara digital mewakili keadaan pasca banjir dalam bentuk orthomosaic.

Analisa Indeks Khusus

pix4dfields-custom-index-dengan-kalkulator.png
Menghitung indeks khusus tanaman rusak

Tahap selanjutnya adalah memperkirakan tingkat kerusakan dan area. Untuk melakukannya, pengatur kerugian dapat menggunakan kalkulator indeks di Pix4Dfields dan membuat indeks khusus.

Karena NDVI bagus dalam mendeteksi vegetasi, NDVI juga sangat bagus dalam menemukan tanah gundul yang biasanya lebih rendah dari 0,3.

Dengan menggunakan rumus indeks kustom: (nir-merah)/(nir+merah) + 0/menit(0; (nir-merah)/(nir+merah)-0.25), software dapat menutupi semua piksel vegetasi kecuali yang menunjukkan tanah gundul yang dalam hal ini mewakili area yang rusak.

Rumus indeks khusus (“Kent”) untuk hanya menampilkan tanah kosong di Pix4Dfields
(nir-merah)/(nir+merah) + 0/min(0; (nir-merah)/(nir+merah) – 0,25)

Mengukur Tingkat Kerusakan

pix4dfields-manfaat-software-pix4d-untuk-pertanian
Analisa keseluruhan area panen

Kemudian, dengan menggunakan alat zonasi di Pix4Dfields, seorang loss adjuster dapat menghitung hasil menjadi hektar dan tingkat kerusakan.

Setiap zona akan memiliki tingkat kategori kerugian terkait (misalnya, kerusakan 100% untuk zona oranye pada 8,5 hektar dan kerusakan 85% untuk zona oranye terang pada 10,9 hektar), sehingga dapat membantu memberikan lebih banyak konteks dan memvalidasi temuan loss adjuster. Alat ini berguna karena juga dapat mengaktifkan pengatur kerugian untuk membandingkan bidang yang sama sebelum dan sesudah kerusakan.

Langkah terakhir adalah membuat laporan PDF yang merangkum survei ini. Loss adjuster dapat mengirimkannya ke email petani sehingga mereka memiliki catatan kerusakan. Ini juga berfungsi sebagai bukti karena laporan PDF menyertakan waktu dan tanggal pembuatan.

Dengan tanaman, penting untuk memiliki informasi yang tepat pada waktu yang tepat agar dapat bereaksi dengan benar. Drone membantu untuk mencapai itu. Perusahaan dan agen asuransi ingin memastikan bahwa ketika seorang petani membutuhkan, mereka mendapatkan bantuan yang layak mereka dapatkan.

Dengan menggunakan kombinasi drone dan software analisis proses menjadi lebih cepat, efisien dan akurat.
menggunakan drone dan software PIX4Dfields untuk claim asuransi dan menghitung kerusakan panen, petani bisa mendapatkan bukti yang dapat diverifikasi yang dapat mereka gunakan untuk kompensasi mereka. Dan di sisi lain, perusahaan asuransi secara positif membantu petani pulih dan bertahan dalam bisnis setelah bencana.

Pelajari software PIX4D lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, from courtesy PIX4D. Original article can be found: Using drone mapping for crop insurance

Peran Drone Pertanian DJI untuk Mewujudkan Pertanian Presisi
Analisa Kesehatan Tanaman dengan DJI Phantom 4 Multispectral
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories