Platform Rekonstruksi TKP dan Kecelakaan PIX4Dmapper

Platform untuk Rekonstruksi TKP PIX4Dmapper

Platform untuk rekonstruksi TKP PIX4D mapper punya keunggulan dalam pembuatan photogrammetry forensic, salah satunya mengolah tkp, bagaimana hasilnya?

platform untuk rekonstruksi tkp dan kecelakaan software pemetaan pix4dmapper


Forensic photogrammetry digunakan oleh sektor security dan public safety untuk membuat reka ulang adegan suatu peristiwa di TKP atau insiden, dimana platform untuk rekonstruksi top sepreti mapping software PIX4Dmapper memberikan efisiensi lebih tinggi bagi petugas untuk mengumpulkan data melihat representasi TKP secara akurat ketika data tersebut dibutuhkan.

platform rekonstruksi tkp
Interpretasi objek dengan software Pix4Dmapper

Visualisasi jernih yang dihasilkan oleh platform untuk rekonstruksi TKP PIX4Dmapper, membantu petugas di sektor public safety untuk mengidentifikasi dampak kerusakan yang ditimbulkan setelah bencana alam terjadi.

Tidak hanya itu, software PIX4Dmapper juga bisa dijadikan acuan untuk rekonstruksi peristiwa dengan lebih cepat daripada harus melibatkan petugas untuk berkeliling area.

Untuk produk lainnya dari PIX4D, klik disini.

Tidak hanya itu, menggunakan mapping software PIX4Dmapper juga akan memberikan keuntungan dalam forensic photogrammetry, diantaranya sebagai berikut:

Photogrammtery Sebagai Bukti Kuat di Pengadlian

platform untuk rekonstruksi tkp
Proses rekonstruksi kecelakaan dengan software Pix4Dmapper


Pengalaman menunjukkan bahwa hakim di pengadilan lebih menghargai gambaran 3D dari TKP atau peristiwa yang sedang dibicarakan di pengadilan. Hal ini dikarenakan, hakim bisa lebih cepat dalam memutuskan apa yang terjadi dilapangan. PIX4Dmapper hasilkan gambaran yang detil dalam bentuk data 3D yang sudah diskalakan dan dibuat dengan benar menggunakan metodologi yang diterima oleh para profesional di bidangnya.

Pengadilan dapat mengonfirmasi yang terjadi dilapangan secara presisi, sehingga pointcloud dan gambar ortografis yang dihasilkan oleh platform untuk rekonstruksi TKP PIX4D dengan software pihak ketiga untuk menambahkan detail berupa pencahayaan, dan elemen lainnya untuk melengkapi pengetahuan lain yang dibutuhkan di ruang sidang.Pengalaman menunjukkan bahwa hakim di pengadilan lebih menghargai gambaran 3D dari TKP atau peristiwa yang sedang dibicarakan di pengadilan. Hal ini dikarenakan, hakim bisa lebih cepat dalam memutuskan apa yang terjadi dilapangan. 

Platform untuk rekonstruksi TKP PIX4Dmapper hasilkan gambaran yang detil dalam bentuk data 3D yang sudah diskalakan dan dibuat dengan benar menggunakan metodologi yang diterima oleh para profesional di bidangnya. Pengadilan dapat mengonfirmasi yang terjadi dilapangan secara presisi, sehingga pointcloud dan gambar ortografis yang dihasilkan Pix4D dengan software pihakketiga untuk menambahkan detail berupa pencahayaan, dan elemen lainnya untuk melengkapi pengetahuan lain yang dibutuhkan di ruang sidang.

platform untuk rekonstruksi tkp pix4dmapper forensic photogrammetry
Rekonstruksi peristiwa kecelakaan dengan Pix4Dmapper dalam bentuk 3D


platform untuk rekonstruksi tkp dan kecelakaan pix4dmapper
Proses rekonstruksi peristiwa dengan Pix4Dmapper

Pada September 2020, seorang analisa forensic kriminal menyatakan bahwa platform untuk rekonstruksi TKP bernama PIX4D mapper memberikan kemudahan untuk pekerjaan reka adegan peristiwa dalam kasus kriminal. Permodelan 3D yang dihasilkan dengan mapping software PIX4Dmapper untuk forensic photogrammetry beresolusi tinggi dan cukup untuk menjatuhkan dakwaan terkait kasus yang saat ini sedang ditangani oleh analisa forensic, bernama Mark terkait kriminal yang menyembunyikan mayat di rumahnya.

Permodelan 3D yang digunakan oleh Mark menjadi representasi yang kuat untuk penuntut menjatuhkan vonis kepada pelaku kriminal, ketika hakim dan jaksa menanyakan jarak pandang saksi sehingga mereka bisa mengetahui jarak bau yang tidak sedap yang membuat hakim mengarah pada jarak tempat persembunyian mayat.

Alur Kerja Forensic Photogrammetry PIX4D

platform untuk rekonstruksi top-pix4dmapper pix4d
Hasil rekonstruksi kecelakaan dengan Pix4Dmapper
  • Petugas pergi ke tempat kejadian
  • Kumpulkan data photogrammetry yang sudah dikumpulkan, berupa gambar
  • Proses di PIX4Dmapper
  • Ekspor ke software pihak ketiga untuk menambahkan kontras pada pencahayaan, cuaca, dll
  • Presentasi hasil model rekonstruksi peristiwa kepada klien atau pengadilan

Seperti yang dijelaskan oleh petugas, objektif dari menggunakan aerial photogrammetry dalam pemodelan 3D dapat membantu mengumpulkan bukti dengan akurasi yang cukup tinggi untuk investigasi TKP. Digital twin yang dihasilkan dari PIX4Dmapper menyajikan detil pekerjaan dilapangan.

Alur kerja platform untuk rekonstruksi TKP PIX4Dmapper pembuatan model ini dimulai dengan menerbangkan drone di sekitar TKP untuk mengumpulkan gambar yang kemudian diproses di komputer desktop di PIX4Dmapper. Petugas lapangan dan timnya dapat memanipulasi model dengan software khusus untuk mencerminkan kondisi pada saat itu, misalnya untuk menghidupkan badai untuk meniru cuaca ketika kejahatan atau peristiwa terjadi.

Untuk info lebih lanjut mengenai produk PIX4D, hubungi kami.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from PIX4D. The original article and source material can be found here: Mapping a Crime: Visual Law talk Forensic Photogrammetry

7 Aplikasi Drone Pemetaan Akurat DJI Phantom 4 RTK di Lintas Industri
Software Photogrammetry Pix4D untuk Deteksi GCP secara Otomatis
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories