PIX4D fields: Software Drone untuk Peningkatan Hasil Panen Pisang

PIX4D fields

PIX4D fields sebagai software pemetaan pertanian punya dampak positif untuk analísis tanaman pisang dan peningkatan hasil panen.

software-pemetaan-lahan-pertanian-pix4d
Pix4Dfields software untuk berbagai lahan pertanian dan komoditas tanaman

Pisang adalah buah favorit dunia. Mereka adalah buah yang paling sering diperdagangkan dan produk pertanian kelima yang paling banyak diperdagangkan. Ekspor pisang di seluruh dunia diperkirakan mencapai 190 triliun pada tahun 2018. Di Indonesia, bertani komoditas pisang juga banyak dilakukan. Kali ini, teknologi drone DJI dan software pemetaan pertanian PIX4D fields digunakan untuk menghendaki output maksimal dalam hal peningkatan produktivitas dari hasil panen pisang.

Ada lebih dari seribu varietas pisang yang tumbuh di seluruh dunia, dengan cita rasa manis, seperti pisang Cavendish, yang merupakan varietas yang paling umum dan banyak diekspor, terhitung setengah dari pisang jenis tersebut mudah kita temukan di rak supermarket. Tapi monocropping datang dengan risiko, dan pisang berada di bawah ancaman. Saat ini, wabah baru penyakit Panama yang disebabkan oleh strain Tropical Race 4 (TR4) mengancam produksi varietas pisang Cavendish.

Tanaman Pisang yang Stress = Penurunan Hasil Panen

software-pemetaan-lahan-pertanian-pix4d-panen-pisang.jpg
Lahan pisang seluas 20ha yang dijadikan objek penelitian

Umumnya, tanaman pisang dapat tumbuh sehat jika tanaman tersebut tidak stress. Stress pada setiap tanaman, tidak hanya pada tanaman pisang bisa mengakibatkan menurunnya jumlah pisang yang dipanan, atas dasar inilah tanaman pisang perlu dimonitoring kesehatannya secara rutin dari waktu kewaktu.

Belum lagi, keterbatasan petani atau pelaku usaha pertanian dilapangan sebagai manusia biasa sulit bagi mereka untuk menyeragamkan kualitas tanaman pisang yang ditanam secara masif dalam skala besar, sehingga diperlukan software pemetaan lahan pertanian PIX4D fields untuk mempermudah hidup merek dalam monitoring tanaman pisang dan meningkatkan produktivitasnya saat musim panen tiba.

software-pemetaan-lahan-pertanian-pix4dfields-pisang
Tanaman pisang cavendish yang ingin ditingkatkan produktivitasnya


Tidak hanya itu, masih terdapat isu penting komoditas pisang. Sulit bagi petani untuk menjelajahi lahan luas, sehingga kemungkinan besar kesalahan dalam identifikasi tanaman yang stress sangat tinggi. Masalah ini terjadi secara real dilapangan. Jika sudah begini, sektor pertanian akan terlambat menangani tanaman pisang yang stress. Dalam pengujian dilapangan, drone DJI Phantom 4 RTK dan software pemetaan pertanian PIX4D fields diperbantukan untuk analízis tanaman pisang dan membantu petani membuat alur kerja pemantauan yang lebih efisien.

software-pemetaan-lahan-pertanian-pix4d-penyakit-pisang.jpg
Penyakit tanaman pisang berhasil diidentifikasi dengan software Pix4Dfields

Selain itu, dalam produksi pisang, perhatian utama adalah jika tanaman mengalami stres karena kekurangan air. Kualitas buah menurun dengan stres yang lebih besar, mengakibatkan penurunan kadar gula (diukur dengan derajat Brix).

Derajat Brix, biasanya disingkat menjadi “Brix”, adalah skala pengukuran untuk padatan terlarut dalam cairan. Dalam jus buah dan sayuran, padatan terlarut sebagian besar adalah gula, dan pengukuran Brix mendekati kandungan gula sampel. Tingkat Brix yang lebih tinggi berarti gula yang lebih tinggi dan rasa yang lebih baik. Buah pisang dengan kualitas terbaik adalah yang mencapai 16 derajat Brix.

Syarat yang berbeda dalam hal ekspor buah pisang adalah buah tersebut harus menghasilkan kualitas buah yang layak ekspor, atau grade A. Solusi yang biasa dilakukan adalah meningkatkan input seperti air dan nutrisi – yang semuanya memerlukan biaya. Alasan inilah yang membuat pelaku usaha pertanian dan perkebunan beralih ke pemetaan drone dan menerapkan teknik pertanian presisi untuk meningkatkan produksi pisang, dengan harga yang lebih rendah.

Bagaimana Hasilnya?

Dengan peta yang dibuat dengan software pemetaan pertanian PIXD fields, pengguna juga dapat mengidentifikasi tempat di mana masalah ini terjadi dan membuat keputusan yang ditargetkan untuk meratakan atau membuat saluran air, atau menerapkan penyemprotan fungsida dan pestisida yang lebih banyak.

drone-software-pemetaan-pix4dfields-hasil-monitoring-tanaman-pisang
Hasil pemetaan Pix4Dfields menunjukkan masalah irigasi di lahan pisang

Lahan pertanian pisang seluas 20.6 hektar berhasil dipetakan dengan baik oleh drone DJI Phantom 4 series dan software pemetaan pertanian Pix4Dfields di ketinggian 60 meter dengan waktu rata-rata penerbangan 30menit. Dari hasil penerbangan tersebut, software pemetaan pertanian Pix4Dfields berhasil mengolah 1770 gambar multispectral dan 885 gambar RGB.

Gambar yang diproses di Pix4Dfields membuat representasi udara dari tanaman pisang-orthomosaic, dan peta indeks untuk lebih menyoroti area masalah. Waktu total yang dibutuhkan, dari mulai melakukan penerbangan dengan drone, mengumpulkan data, memproses gambar, membuat pemetaan dan menafsirkan hasil pemetaan kurang dari 24jam.

Di daerah yang ditandai pada peta, kita dapat melihat populasi pisang yang lebih rendah karena genangan air, serta tanaman yang tidak mencapai ukuran potensi penuhnya karena kekurangan air. Pisang di daerah tersebut berkurang ukurannya (defisit 15-20% dari panjang yang dibutuhkan) dan tingkat buah Brix lebih rendah karena kurangnya fotosintesis.

Akhirnya, setelah seluruh pekerjaan selesai, drone dan software pemetaan pertanian PIX4D fields mampu mengidentifikasi titik-titik tekanan air terbesar dan mengambil tindakan yang ditargetkan dengan menggunakan teknik pertanian presisi. Petani juga dapat memasang irigasi atau menggali saluran air, sesuai kebutuhan lokasi, berpotensi meningkatkan tidak hanya tanaman ini tetapi juga musim yang akan datang.

Dengan mengetahui di mana menyalakan irigasi secara tepat sasaran, sangat menghemat penggunaan air, energi, dan biaya. Dengan memiliki praktik yang baik untuk mengidentifikasi area yang kemungkinan mengalami tekanan air dan menerapkan tindakan korektif yang diperlukan di area ini, diharapkan kami dapat meningkatkan produksi sebesar 30% setiap tahun.

Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba produk PIX4D fields tersebut?

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Pix4D. The original article can be found here: How Precision Agriculture Helps Increase Productivity

Alat Survey Mapping Stockpile DJI Phantom 4 RTK dan Emlid Reach RS+
Tips Hasilkan Orthomosaics dengan Drone Survey dan Software Pix4D
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories