Kamera MicaSense RedEdge: Tutorial Post-Processing dengan PIX4Dmapper

Post Processing Gambar dari MicaSense RedEdge

Panduan post-processing dari MicaSense RedEdge ke PIX4Dmapper yang sederhana untuk membantu pengguna mengolah hasil pengambilan data.

micasense-rededge-multispectral-camera
Hasil gambar multispectral MicaSense RedEdge

Impor Data

Pencitraan yang digunakan setelah diambil dengan kamera multispectral MicaSense akan dikenali secara otomatis karena berada di database PIX4Dmapper.

Hal yang pertama dilakukan untuk membuat proyek baru adalah:

  • Impor semua gambar untuk setiap band, sebaiknya klik “Add Directory” bukan “Add Picture” untuk memastikan semua file ditambahkan secara bersamaan.
  • Jika sudah berhasil, maka kemunculan pita atau band warnanya adalah blue, green, red, NIR-Infrared, dan NIR pada RedEdge, sementara pada Altum akan muncul blue, green red, NIR-Infrared dan LWIR.
  • Di jendela edit camera model, pastkikan mode rana global dipilih, lalu lalukan template pemrosesan multispectral.

Pemrosesan Radiometric dan Kalibrasi

micasense-rededge-kalibrasi-radiometric-dengan-pix4dmapper.png
Proses kalibrasi radiometric

Dalam menu bar, klik proses lalu pilih processing options atau opsi pemrosesan. Tunggu sampai muncul, pengguna bisa memilih DSM, orthomosaics atau Indeks.

Pilih tab indeks calculator. Di bawah menu post processing dan kalibrasi radiometrik, pengguna dapat memilih opsi tersebut. Pada bagian no correction, tidak ada koreksi radiometrik. Pada menu camera only, koreksi diterapkan untuk parameter tertulis metadata EXIF ​, pada kamera (vinyet, arus gelap, ISO, dll…), masih akan menggunakan gambar panel kalibrasi.

Tahapan Berikutnya

micasense-rededge-opsi-pemrosesan.pn
Opsi pemrosesan data dari MicaSense RedEdge ke PIX4Dmapper

Pada bagian camera and sun i rradiance, koreksi akan diterapkan untuk parameter kamera dari titik di atas serta untuk informasi penyinaran matahari yang tertulis dalam tag EXIF ​​XMP.Camera.Irradiance. Gunakan opsi ini untuk memasukkan data dari DLS Anda.

Pada bagian camera, sun irradance dan sun angle, koreksi akan diterapkan untuk memperhitungkan posisi matahari, serta informasi kamera dan data penyinaran.

Opsi ini hanya boleh dipilih untuk penerbangan yang dilakukan dalam kondisi langit yang bervariasi. Hal yang penting harus dilakukan adalah, karena pencitra termal di Altum sudah dikalibrasi secara radiometrik, Anda harus memilih jenis koreksi “No Correction” untuk pita LWIR.

Kamera yang digunakan dapat ditampilkan. Pengguna dapat mengkalibrasi sensor untuk melakukan penyesuaian iluminasi untuk mendapatkan nilai reflektansi yang lebih akurat.

Jika ada lebih dari satu model kamera dalam proyek, semua kamera akan terdaftar di bagian Pemrosesan dan Kalibrasi Radiometrik. Kami menyarankan untuk juga menavigasi ke DSM dan Orthomosaic, dan centang “Raster DSM” dan “Orthomosaic” sehingga Anda akan memiliki output tambahan untuk digunakan. Ini opsional, tetapi bisa sangat berguna untuk analisis tambahan.

Menggunakan Panel Kalibrasi

micasense-rededge-kalibrasi-radiometric.png
Kalibrasi radiometric MicaSense RedEdge

Tombol Kalibrasi MicaSense RedEdge memungkinkan pengguna untuk memperhitungkan informasi dari gambar dengan target kalibrasi radiometrik jika target tersebut digunakan selama proyek.

Untuk mendapatkan nilai reflektansi panel anda, dimana Jika Anda memiliki reflection panel MicaSense RedEdge, Anda bisa mendapatkan nilai pantulan untuk panel Anda dengan mengisi formulir ini. Prosedur ini perlu dilakukan untuk masing-masing dari lima pita, dengan nilai “albedo” yang sesuai disediakan untuk setiap pita. Harap perhatikan urutan pita (Blue, Green, Red, NIR, NIR Infrared) dan pastikan Anda memasukkan nilai yang sesuai untuk setiap pita. Setelah mengklik kalibrasi untuk model kamera, pop-up kalibrasi radiometrik akan muncul.

Jika target kalibrasi radiometrik digunakan, pastikan data diperhitungkan dengan memastikan simbol dalamp post-processing ditandai centang hijau. Di Nama File, tombol telusuri, buka pop-up, pilih gambar kalibrasi radiometrik.

Pop-up ini memungkinkan pengguna untuk memilih gambar di mana target kalibrasi radiometrik muncul. Saat gambar diramban, pengguna dapat menggambar wilayah pada gambar yang akan menentukan kalibrasi radiometrik. Tombol reset, mengatur ulang area yang digambar oleh pengguna. Gunakan tombol kiri mouse untuk menggambar tiga titik pertama, lalu gambar titik terakhir dengan tombol kanan mouse.

Pemrosesan Gambar

Penting untuk Diperhatikan.

Nilai albedo berkisar 0,0 dan 1,0

Setelah mengonfigurasi Pix4D untuk menggunakan data kalibrasi yang dikumpulkan dari MicaSense RedEdge, Anda dapat melanjutkan memproses kumpulan data Anda. Anda perlu membuat peta reflektansi. Untuk detail terbaru tentang pemrosesan, silakan lihat basis pengetahuan Pix4D. Jika ingin memproses dari Atlas, yang perlu diperhatikan adalah saat ini data yang dikumpulkan dari MicaSense Altum tidak kompatibel dengan Atlas.

Menggabungkan Peta Reflektansi

Peta reflektansi menghasilkan GeoTIFF untuk setiap band dari kamera MicaSense RedEdge. Untuk menggabungkan ini menjadi satu gambar multi-band, Anda dapat mengunggah data ke Atlas dan mengunduh GeoTIFF, atau menggunakan software eksternal seperti:

  • GDAL’s gdalbuildvrt via the command line
  • QGIS Virtual Raster Builder

Menggunakan gdalbuildvrt

Program GDAL ini membangun VRT (Virtual Dataset) yang merupakan mosaik dari daftar input dataset GDAL. Menggunakan baris perintah, navigasikan ke folder output Pix4D Anda yang berisi ubin peta reflektansi. (…\project_name\4_index\reflectance\tiles).

Apabila menggunakan kamera multispectral MicaSense RedEdge-MX, terdapat 5 bands, maka anda harus melakukan builds untuk 5 file sebelum lanjut ke tahap pemrosesan.

gdalbuildvrt blue.vrt *blue_*.tif 
gdalbuildvrt green.vrt *green_*.tif 
gdalbuildvrt red.vrt *_red_*.tif 
gdalbuildvrt rededge.vrt *"red edge"_*.tif 
gdalbuildvrt nir.vrt *nir_*.tif 

Kemudian, yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan merge kelima bands tersebut menjadi seperti yang ada dibawah ini:

gdalbuildvrt -separate reflectance.vrt blue.vrt green.vrt red.vrt rededge.vrt nir.vrt 

Setelah Anda menggabungkan semua file .vrt untuk membuat .vrt berlapis-lapis (jika Anda menggunakan kode kami, itu akan menjadi reflectance.vrt), Anda sekarang dapat membukanya di perangkat lunak GIS apa pun (seperti QGIS) untuk analisis.

Menggunakan QGIS Virtual Raster Builder

Notes yang harus diperhatikan:

Metode ini tidak membuat raster baru. Ini adalah cara untuk mengatur raster yang ada ke dalam satu katalog untuk akses dan visualisasi yang mudah.

Muat GeoTIFFs untuk setiap band ke dalam Panel Layers (drag and drop atau Layer > Add layer > Add raster layer…)

  • Pastikan masing-masing geoTIFF pita berada dalam urutan yang benar dengan menyeret dan menjatuhkan
  • Urutan yang benar: Biru, Hijau, Merah, Tepi merah, NIR
  • Untuk kumpulan data 10-band, urutan yang benar adalah Blue-444, Green-531, Red-650, NIR-Infrared 705, NIR -740
  • Pilih (hidupkan) semua geoTIFF
micasense-rededge-QGIS-raster.jpg
QGIS Raster builder

Buka Virtual Raster Builder dari bilah menu QGIS: Raster > Miscellaneous > Build Virtual Raster (Katalog)…

Dialog Virtual Raster Builder akan terbuka (lihat di bawah).

  • Karena semua geoTIFF diaktifkan di QGIS, pilih opsi untuk menggunakan lapisan raster yang terlihat untuk input.
  • Pilih lokasi file output untuk file raster virtual.
  • Untuk membuat raster virtual dengan semua pita diskrit dalam satu file, pilih opsi “separate”.
  • File output akan dimuat secara otomatis ke QGIS kecuali kotak ini tidak dipilih.
  • Tekan OK untuk membuat raster virtual.
micasense-rededge-built-virtual-raster.jp
Build virtual raster MicaSense ke PIX4Dmapper

Raster virtual baru ditambahkan ke Panel Lapisan di QGIS. Sekarang kita dapat melanjutkan untuk mengedit properti layer agar ditampilkan dengan benar.

Dari Layers Panel, klik kanan pada layer raster virtual baru dan pilih Properties. Di dalam Layer Properties, navigasikan ke tab “Style”. Pastikan Anda berada di opsi “Warna multiband”.

Menggunakan menu drop-down untuk setiap pita, Anda akan melihat bahwa lapisan ini sekarang berisi 5 pita. Ubah pita Merah menjadi “Band 3”, pita Hijau menjadi “Band 2”, dan pita Biru menjadi “Band 1”.

Untuk data 10-band (dari sistem Dual Cam), Anda dapat mengubah band Merah ke “Band 6”, band Hijau ke “Band 4”, dan band Biru ke “Band 1”. Ikuti langkah-langkah lainnya seperti biasa.

Sekarang, salin nilai “Min” terkecil dan tempel ke kotak nilai “Min” lainnya. Kemudian salin nilai “Maks” terbesar dan tempel ke kotak nilai “Maks” lainnya. Contoh di atas kemudian akan terlihat seperti contoh di bawah ini. Langkah ini tidak perlu, tetapi merentangkan nilai-nilai ini umumnya membantu menciptakan gambar yang lebih menyenangkan secara visual bagi mata manusia.

micasense-rededge-band-rendering-ke-pix4dmapper.jpg
Properti layer dari MicaSense RedEdge ke PIX4Dmapper

Pelajari solusi kamera multispectral MicaSense RedEdge dan software pemetaan PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Uji DJI Matrice 300 RTK, Zenmuse P1 dan PIX4Dmapper untuk Survey Infrastruktur
Fakta Menarik tentang Drone Pertanian DJI Agras
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories