Bagaimana Akurasi Mapping Drone dan Survey DJI Phantom 4 RTK?

Akurasi Mapping Drone DJI Phantom 4 RTK

Akurasi mapping drone DJI Phantom 4 RTK diuji untuk memenuhi persyaratan sebagai drone yang layak untuk survey dan pemetaan, bagaimana hasilnya?

akurasi drone dji phantom 4 rtk
DJI Phantom 4 RTK

Sebuah studi baru telah membuktikan keakuratan mapping drone DJI Phantom 4 RTK menunjukkan bahwa ia dapat memenuhi persyaratan tingkat survei TANPA harus melalui proses yang melelahkan untuk meletakkan seluruh beban Ground Control Point (“GCP”).

Hasil pengujian mapping drone menunjukkan bagaimana drone pemetaan generasi berikutnya dapat memberikan akurasi vertikal relatif 2cm dan akurasi horizontal relatif 1,20cm.

Proses Pengetesan Akurasi

Untuk menguji akurasi mapping drone DJI Phantom 4 RTK, tim membuat sistem titik kontrol untuk survei bangunan atap. Kemudian, 30+ penerbangan dicatat – masing-masing mengeksplorasi efek ketinggian penerbangan, banyaknya gambar yang tumpang tindih, dan jumlah gambar – yang diproses menggunakan software pemetaan.

Proses pengujian dari akurasi drone DJI Phantom 4 RTK mulai dilakukan, tim dilapangan hanya menggunakan sedikit effort untuk memperoleh hasil pemetaan yang akurat.

akurasi drone DJI Phantom 4 rtk drone pemetaan paling akurat


Kumpulan data yang dikumpulkan dengan mapping drone ini kemudian digunakan untuk menghitung akurasi horizontal dan vertikal dari titik yang diukur, bersama dengan akurasi pengukuran linier.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, hasil akurasi dari mapping drone DJI Phantom 4 RTK pada akhirnya banyak yang merekomendasikan penggunaan Phantom 4 RTK untuk membuat peta yang akurat untuk pengukuran jarak dari satu titik pemetaan ke titik lainnya. Anda tidak hanya bisa mendapatkan hasil yang akurat, tetapi dalam banyak kasus menggunakan Phantom 4 RTK untuk survei akan mengurangi biaya yang terkait dengan metode tradisional.


Hasil Akurasi Drone DJI Phantom 4 RTK Secara Detil

mapping-drone-dji-phantom-4-rtk
Aplikasi DJI Phantom 4 RTK

P4 RTK akurasi akurasi vertikal 2cm dan akurasi horizontal relatif 1,2cm. Masing-masing dari empat pos ditandai dan diukur dengan unit GPS Trimble.

Dengan mapping drone Phantom 4 RTK, akurasi horizontal relatif 1,20 cm tercapai. Dengan Phantom 4 Pro dan GCP, akurasi horizontal relatif 0,90cm. Studi menunjukkan bahwa Phantom 4 RTK dapat mencapai akurasi vertikal relatif 2cm, dan akurasi horizontal relatif 1,20cm saat diterbangkan pada 100 kaki (33m).

Penting juga untuk dicatat bahwa pengukuran akurasi untuk Phantom 4 RTK dilakukan menggunakan anotasi dengan alat pengukuran. GSD untuk peta yang dihasilkan rata-rata 0,4 inci/px.

Bagaimana Efisiensinya dari Pemetaan Tradisional?

Pasti para pengguna survey tradisional bertanya-tanya, bagaimana efisiensi dari hasil akurasi drone DJI Phantom 4 RTK yang dihasilkan jika dibandingkan dengan aktivitas survey secara tradisional.

Saat ini, perusahaan hanya dapat mencapai akurasi horizontal relatif di bawah 3cm menggunakan metode survei tradisional. Padahal hasil akurasi mapping drone DJI Phantom 4 RTK akan mempermudah hidup mereka, untuk melakukan survei, penawaran, operasi penilaian yang akurat, dan mengelola proyek skala besar dengan mudah. Sebagian besar peta tingkat survei secara tradisional memberikan akurasi sub-3cm dalam arah XY, dan akurasi sekitar 9cm dalam arah Z.

akurasi drone DJI Phantom 4 rtk
Drone DJI P4RTK untuk konstruksi

Metode pemetaan tradisional melibatkan penggunaan ground control point, yang didefinisikan sebagai titik di permukaan bumi yang memiliki lokasi referensi geografis yang diketahui.

Dengan menggunakan GCP bersama dengan data aerial photogrammetry, pengguna dapat mencapai hasil akurasi mapping drone DJI Phantom 4 RTK yang mencengangkan. Pengguna dapat mencapai akurasi tingkat sentimeter dengan menyematkan banyak point pada aerial mapping. Meskipun akurat, GCP cenderung melewati proses panjang yang memakan waktu – seringkali membutuhkan waktu lebih lama daripada menerbangkan drone itu sendiri.

Ketika GPS pertama kali digunakan untuk survei pada tahun 1980-an, satu-satunya cara untuk mendapatkan pemosisian sub-sentimeter dengan GPS adalah melalui pasca-pemrosesan dengan GCP, yang dapat memakan waktu berhari-hari untuk menangkap secara akurat, sementara itu, hasil akurasi drone DJI Phantom 4 RTK cukup untuk memperoleh data survey dengan hasil yang teliti dan detail, dibandingkan survey tradisional

Pada awal 1990-an, teknologi Real Time Kinematic (“RTK”) diperkenalkan, dan memungkinkan surveyor untuk mendapatkan penentuan posisi tingkat sentimeter secara real-time, tanpa memerlukan pasca-pemrosesan.

Untuk memproses data RTK dengan drone, anda memerlukan RTK Base Station dan RTK Rover, dalam hal ini, Phantom 4 RTK.

akurasi drone dji phantom 4 rtk
Pemetaan dengan drone DJI P4RTK

Untuk penentuan posisi relatif, metode yang umum digunakan dalam survei adalah teknik ‘Stop and Go’.

Pemrosesan RTK, di sisi lain, tidak memerlukan pemrosesan pasca untuk mendapatkan pemosisian yang akurat.

Sebuah radio di penerima referensi – baik local base station akan menyiarkan posisinya ke rover secara real time. Hal ini memungkinkan untuk survei di lapangan dan menghilangkan kebutuhan untuk memeriksa kualitas pengukuran selama pasca pemrosesan data.



RTK atau PPK, Mana yang Harus Didahulukan?

akurasi Drone DJI Phantom 4 rtk perbandingan rtk ppk
Drone survey RTK DJI P4RT


Survei PPK (“Post Processed Kinematic”) mirip dengan survei RTK, tetapi posisinya tidak dikoreksi secara real time. Biasanya melibatkan penempatan stasiun pangkalan stasioner di atas titik kontrol yang diketahui, atau monumen untuk memungkinkan geolokasi. Data GPS kemudian dikumpulkan secara bersamaan oleh base station dan drone saat terbang.

Data tersebut kemudian diunduh dari base station, dan rover (drone), dan diproses lebih lanjut menggunakan perangkat lunak GPS. Gambar-gambar ini kemudian dapat diunggah ke software pemetaan untuk diproses lebih lanjut.

Survei PPK (“Post Processed Kinematic”) mirip dengan survei RTK, tetapi posisinya tidak dikoreksi secara real time. Biasanya melibatkan penempatan base station stasioner di atas titik kontrol yang diketahui, atau bangunan tertentu yang punya bentuk seperti monumen untuk memungkinkan geolokasi. Data GPS kemudian dikumpulkan secara bersamaan oleh base station dan drone saat terbang.

Saat memilih antara metode RTK atau PPK, Anda perlu membuat pilihan antara produktivitas dan akurasi citra yang dihasilkan. Alur kerja RTK dapat menjadi cara yang sangat cepat untuk mendapatkan citra yang akurat tetapi bergantung pada koneksi waktu nyata untuk menghasilkan peta yang akurat.

Solusi PPK membutuhkan lebih banyak waktu untuk disiapkan, tetapi bergantung pada data cadangan sinyalnya untuk memastikan akurasi posisi penerbangan.

Segera hubungi tim kami untuk memperoleh produk drone DJI Enterprise lainnya!

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Program Mapping Drone Software Pertanian DJI dan Pix4Dmapper
5 Perbedaan Drone Terbaik Survey: DJI Phantom 4 DJI Phantom 4 RTK
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories