Rekomendasi Kamera VTOL Survey Pemetaan Kawasan Industri Trinity F90+

Kamera VTOL Survey Pemetaan Trinity F90+

vtol-survey-trinity-f90-pemetaan-industri
VTOL survey Trinity F90+ untuk pemetaan kawasan industri

Penggunaan kamera VTOL survey Trinity F90+ untuk pemetaan berbeda di setiap industri, berikut rekomendasinya agar hasil pemetaan jadi lebih maksimal.

Trinity F90+ adalah drone VTOL yang punya kapabilitas tinggi untuk pemetaan kawasan industri. Salah satu alasanya adalah karena VTOL survey tersebut memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah VTOL survey tersebut dapat dipasangkan pada banyak kamera yang dapat menambah fungsinya.

Dan hebatnya, sensor-sensor tersebut di buat khusus untuk VTOL survey ini, sehingga sangat kompatibel untuk drone trinity f90+ dan Aplikasi Mission Planner QBase.

Aapa saja pilihan kamera yang bisa digunakan pada VTOL survey Trinity F90+, dan bagaimana fungsinya?

Kamera Sony UMC-R10C

vtol-survey-pemetaan-industri-terbaik-trinity-f90.png
Sony UMC-R10C

Payload kamera VTOL survey Sony UMC-R10C ini biasa digunakan pada Trinity F90+. Payload tersebut dilengkapi dengan kamera beresolusi 20.1 megapixel dan sensor RGB.

Selain itu payload kamera tersebut dapat digunakan untuk orthophoto dan DEM serta pembuatan pointclouds dan pembuatan 3D modelling, GSD 2.66cm/px dan 2.1cm/px setiap terbang di ketinggian 100m. Pilihan lensa yang dapat digunakan adalah lenasa 16mm dan 20mm.

Kamera Sony UMC-R10C 20.1MP digunakan untuk melakukan pemetaan menggunakan VTOL survey Trinity F90+.Pengambilan data dapat dapat dilakukan bahkan dalam kondisi cahaya rendah berkat sensor gambar APS-C yang besar. Rana global memungkinkan kita untuk menangkap gambar tanpa membuat efek yang tidak diinginkan.

Informasi sampel data yang dikumpulkan VTOL survey Trinity F90+ dengan kamera Sony UMC-R10C

Berkat bentuknya yang kecil, kamera tersebut dapat dikombinasikan dengan sensor lain dalam drone dengan sistem double payload yang memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan lebih banyak data dalam waktu yang lebih singkat.

Kamera Sony RX1R II

vtol-survey-kamera-sony-RX1RII.png
Sony RX1R II

Resolusi kamera Sony RX1R II adalah 42.4 Megapixel, dilengkapi dengan RGB Sensor yang juga dapat digunakan pada Trinity F90+ UAV. Kamera tersebut dapat digunakan untuk pembuatan orthophoto dan DEM, pembuatan pointclouds dan 3D modelling dengan GSD 1.29cm/px setiap terbang di ketinggian 100m.

Berkat sensor CMOS 35 mm dengan resolusi 42,4 megapiksel, Sony RX1RII sangat ideal untuk pemetaan yang membutuhkan hasil resolusi tinggi, terutama di bidang DEM dan orthophoto plus pointcloud beresolusi tinggi yang dapat dengan mudah diambil oleh Sony RX1RII.

Keunggulan dari kamera Sony RX1R II ini dapat membantu pengguna untuk menghasilkan GSD dalam kisaran 1,29cm/px pada ketinggian terbang 100m.

Luar biasa bukan?

Hasil LIDAR yang dibuat dengan Sony RX1R II) dan visualisasi posisi gambar diambil dengan kamera Sony RX1R II

Contoh, payload Sony RX1R II ini dapat digunakan untuk pembuatan DSM dengan teknologi LIDAR. Ilustrasi gambar yang dihasilkan juga akurat untuk membantu pengguna di sektor pemetaan. Selain itu, VTOL survey Trinity F90+ juga aman digunakan dan menjamin pendaratan yang mulus dengan durasi pemakaian yang lama.

Sementara itu, dari segi akses data, pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan data yang sudah dikumpulkan. Akses ke data yang direkam tidak rumit melalui slot kartu eksternal. Jika solusi penyimpanan yang lebih canggih diperlukan, kompartemen muatan dari Trinity F90+ menyediakan ruang yang cukup untuk opsi ini.

Qube 240 LIDAR

 vtol-survey-pemetaan-trinity-f90-qube-240-lidar.png
Qube 240 LIDAR

Payload Qube 240 adalah pemindai LiDAR tingkat geomatik untuk VTOL survey Trinity F90+ dan tahan hingga 60 menit waktu penerbangan. Kamera Ini ditawarkan sebagai solusi lengkap, semua dicakup dengan paket software lainnya.

Sensor Light Ranging and Detection (“LiDAR”), sebagian diperdagangkan sebagai teknologi kunci masa depan untuk kemampuan VTOL survey terbang secara otonom, yang juga merupakan pilihan pertama untuk tugas survey yang sangat produktif.

Hingga saat ini, payload LiDAR hampir tidak terjangkau oleh industri karena harganya yang mahal, namun Qube 240 LIDAR menawarkan LIDAR scanning yang dapat diintegrasikan pada kompartemen lain dengan harga yang lebih masuk akal, tanpa harus mengorbankan kualitas data.

vtol-survey-lidar-payload-qube-240-trinity-f90-hasil-digital-terrain
Visualisasi hasil permodelan terrain dengan kamera LIDAR Qube 240

LIDAR Qube 240 punya spesifikasi unik yang dapat menghasilkan key data unik, diantaranya:

  • Panjang gelombang: 905 nm
  • Ketinggian maksimum: 140 m AGL
  • Presisi: 1,8-2,5 cm
  • Akurasi: <3 cm
  • Field of view: 70 °
  • 240.000 tembakan laser per detik
  • Kepadatan pointcloud @100m: 50-100 poin/m²
  • Teknologi multi-echo: hingga 3 gema per tembakan
  • Applanix POSPacTM UAV, GNSS, dan perangkat lunak INS untuk PPK
  • Perangkat lunak pemrosesan data Qube 240 untuk menghasilkan file LAS setingkat data survey.

MicaSense Altum

vtol-survey-payload-drone-micasense-altum
MicaSense Altum

MicaSense Altum mengintegrasikan kamera termal radiometrik beresolusi tinggi, menghasilkan citra termal, multispektral dalam satu penerbangan.

Selain itu, MicaSense Altum memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • 5 pita spektral dan sensor inframerah termal
  • Data RGB dengan ketinggian 4.31cm/px @100m
  • Data multispectral + lapisan termal untuk analisis yang ditingkatkan
  • 1 penerbangan => ortofoto (6 band, DEM dan point cloud
  • Berbagai indeks untuk stres tanaman dan analisis kesehatan

Payload MicaSense Altum akan terkalibrasi dan sensor DLS2 tersedia secara terpisah.
MicaSense Altum membutuhkan sensor cahaya (DLS2). Sensor ini harus dipasang di bagian atas bodi utama VTOL survey Trinity F90+.

 vtol-survey-tanaman-pertanian-micasense-altum.jpeg
Hasil pemetaan indeks kesehatan tanaman dengan MicaSense Altum

Kebutuhan terhadap survey dan pemetaan di sektor pertanian belakangan ini sedang meningkat drastis. Tujuan dari keterlibatan payload MicaSense Altum untuk sektor pertanian adalah agar penggunanya bisa melihat secara langsung kondisi kesehatan tanaman secara realtime.

Mengetahui kondisi tanaman pertanian dengan payload MicaSense Altum berarti penggunanya dapat meminimalisir kerugian hasil panen, karena kondisi tanaman yang kurang nutrisi, tanaman yang kurang klorofil bahkan kerapatan saluran irigasi termasuk kebocoran nya dapat dilihat secara akurat.

Payload MicaSense Altum memiliki sensor untuk menangkap pencitraan thermal dan multispectral yang selaras dalam satu penerbangan, meskipun hanya menggunakan 1 payload saja.

Sensor multispectral nya juga memiliki resolusi tinggi untuk permodelan digital terrain lebih akurat, sehingga pengguna akan mendapatkan citra kesehatan tanaman yang mendetail (5,2 cm GSD) dan DSM secara detil.

MicaSense RedEdge-MX

vtol-survey-kamera-multispectral-pertanian-micasense-rededge-mx.png
MicaSense RedEdge-MX

RedEdge-MX adalah sensor multispektral profesional yang kokoh dan tahan lama. Ini menangkap pita spektral yang diperlukan untuk indeks kesehatan tanaman dasar dan pita tambahan yang diperlukan untuk analitik tingkat lanjut.

Sensor ini harus dipasang di bagian atas bodi utama VTOL survey, seperti drone VTOL Trinity F90+.

Kelima pita spektral beresolusi tinggi dari MicaSense RedEdge-MX dapat dikalibrasi untuk pengukuran yang presisi

MicaSense RedEdge punya body yang terbuat dari alumunium untuk daya tahan dan kinerja yang lebih baik dalam suhu yang lebih tinggi. Pencitra rana globalnya tidak diperlukan gimbal dan tidak ada bagian yang bergerak.

Ukuran yang ringkas memungkinkan integrasi dengan berbagai macam drone. Akses penuh ke raw data; output dapat dihasilkan dengan menggunakan berbagai platform pemrosesan dan analisis.

Pelajari lebih lanjut solusi pemetaan QUANTUM SYSTEMS lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

DJI Enterprise: Manfaat dan Rekomendasi Drone untuk Tim SAR
Drone DJI M300 dan Phantom 4 RTK Inspeksi Otomatis Pipa dan Jembatan
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories