Tips agar Kamera Multispectral MicaSense Hasilkan Data Output Maksimal

Kamera Multispectral MicaSense

Kamera multispectral MicaSense memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan data output yang luar biasa secara mudah, berikut tipsnya.

teknologi multispectral micasense result
Data output dari sensor multispectral MicaSense

Sebelum melakukan akuisisi atau pengambilan data dengan kamera multispectral dilapangan, sebaiknya pengguna berhenti dan menyediakan waktu untuk membaca artikel ini, karena artikel ini menawarkan beberapa panduan dasar untuk memberikan hasil terbaik mencakup topik-topik berikut:

  • Perencanaan misi penerbangan untuk ketepatan overlap
  • Waktu yang tepat mengambil data dengan shadow minimal
  • Cara pakai dan kalibrasi panel reflektansi secara tepat
  • Efek kondisi cahaya sekitar dan pengaruhnya terhadap data

Perencanaan Misi Penerbangan

teknologi-multispectral-micasense-mission-planning.png
Mission planning drone dengan MicaSense

Data yang baik dimulai dengan perencanaan misi yang baik. Area yang akan diambil harus lebih besar dari bidang yang diinginkan sehingga ada data yang cukup sampai ke tepi bidang.

Siapkan survei grid menggunakan utilitas perencanaan misi sistem anda. Satu jalur penerbangan tambahan harus dikonfigurasi di kedua sisi lapangan. Pastikan juga ada ruang yang cukup di ujung setiap jalur penerbangan agar pesawat dapat menyelaraskan kembali untuk lintasan berikutnya. Ini sangat penting untuk platform drone

Saat merencakan misi penerbangan, tentunya pengguna ingin agar overlap yang dihasilkan berhasil terdistirbusi secara tepat.

Saat menyiapkan misi, perhatikan jarak antara trek, sidelap, dan jarak antara tangkapan berturut-turut, frontlap. Keduanya harus dikonfigurasi untuk menghasilkan overlap sebesar75%.

Dengan overlap 75%, yang kami maksud adalah bahwa saat drone berada di sepanjang jalur penerbangan, setiap gambar overlap sama dengan yang sebelumnya sebesar 75%, baik di arah depan maupun arah samping di jalur paralel.

Flight and Camera Parameters

 teknologi-multispectral-micasense-rededge.png
Flight parameters sebelum pakai MicaSense RedEdge

Gunakan utilitas perencanaan misi sistem Anda untuk menyiapkan rencana penerbangan dengan tumpang tindih 75%. Sangat penting bahwa perencana misi yang digunakan mendukung parameter khusus kamera anda.

Meskipun metode spesifik akan bervariasi tergantung pada sistem Anda, pastikan anda memilih kamera multispectral MicaSense RedEdge-M/MX, RedEdge, atau Altum sebagai jenis kamera, dan pastikan untuk mengkonfigurasi mode overlap kamera.

Jika menggunakan Atlas Flight, tidak perlu mengatur parameter apa pun karena sudah dikonfigurasi untuk kedua kamera. Jika tidak, parameter kamera tersedia di basis pengetahuan kami untuk RedEdge-M/MX, RedEdge, dan Altum.

Parameter diatur untuk kamera yang diposisikan secara horizontal (lanskap), jadi jika kamera diposisikan secara vertikal (potret) dalam integrasi anda, Anda perlu membalikkan spesifikasi lebar dan tinggi.

Anda dapat memeriksa apakah perencana misi yang dijalankan sudah memiliki parameter yang benar untuk sensor dengan membandingkannya dengan contoh rencana penerbangan di bawah ini, yang diatur untuk ketinggian 122 meter dan tumpang tindih 75%.

Jika anda membuat rencana penerbangan yang sama, jarak putaran depan harus 20 meter dan jarak lintasan harus 26,6 meter. Jika Anda ragu tentang pengaturan misi Anda, silakan merujuk ke Basis Pengetahuan MicaSense atau hubungi kami.

Kecepatan dan Ketinggian Drone

 teknologi-multispectral-micasense-overlap-multispectral-micasense.png
Parameter sampel penerbangan drone

Perlu diingat bahwa putaran depan di sepanjang arah penerbangan juga tergantung pada kecepatan terbang dan ketinggian di atas tanah.

Teknologi kamera multispectral MicaSense dapat menangkap gambar dengan cepat, secepat satu detik. Namun, ada kombinasi ketinggian terbang dan kecepatan terbang yang tidak akan menghasilkan front lap yang tepat. Seperti yang ditunjukkan grafik ini, kecepatan yang lebih lambat harus digunakan pada ketinggian penerbangan yang lebih rendah.

Overlap yang tepat sangat penting untuk kualitas data yang baik. Jika tidak mencukupi, output cenderung memiliki cacat seperti artefak bernoda atau kesalahan dalam penyelarasan gambar. 

Saat anda membuat misi penerbangan dengan teknologi multispectral MicaSense, jika bidang yang akan dipetakan membutuhkan lebih dari satu penerbangan untuk menutupi sepenuhnya, penerbangan harus saling tumpang tindih setidaknya pada minimal 1 lintasan. 

teknologi-multispectral-micasense-hasil-overlap
Hasil overlap yang buruk

Saat menyiapkan misi penerbangan di atas bidang yang memiliki barisan yang ditanam ke arah tertentu, jalur penerbangan harus diorientasikan sedemikian rupa sehingga tegak lurus terhadap barisan jika memungkinkan. Keunggulan dari menggunakan teknologi kamera multispectral MicaSense Ini akan memberikan output data yang konsisten.

Saat mencitrakan pohon atau tanaman tinggi, ketinggian objek tertinggi harus digunakan untuk perencanaan penerbangan penting untuk mempertimbangkan ketinggian kanopi hutan saat menghitung banyaknya gambar yang overlap.

Waktu yang Tepat untuk Mengambil Gambar

kamera-multispectral-micasense-waktu-terbaik-untuk-ambil-gambar-multispectral.jpg
Arah yang tepat untuk akuisisi data

Waktu hari untuk menangkap data juga penting. Penerbangan harus dilakukan dalam waktu dua setengah jam sebelum peralihan titik matahari mencapai titik sentral. siang matahari setempat.

Dengan melakukan ini, output tidak mengalami bayangan yang dalam, yang secara signifikan dapat mempengaruhi hasil multispektral. Bayangan tidak hanya mencatat beberapa nilai vegetasi juga dapat mempengaruhi indeks vegetasi di atas area yang atau bahkan sebagian tetapi ternaungi.

Pengguna harus menghindari sunspots, mengapa?

 teknologi-multispectral-micasense-sunspots.png
Contoh gambar yang terkena sunspots

Satu-satunya pengecualian untuk terbang pada siang hari adalah jika anda terbang dalam kondisi yang sangat cerah di mana, jika matahari berada tepat di atas kepala, itu akan menghasilkan sunspots yang terang dalam data yang anda ambil. Dalam kasus seperti ini, kami merekomendasikan terbang saat matahari berada pada sudut yang lebih rendah untuk hasil terbaik.

Panel Refleksi Kalibrasi

 teknologi-multispectral-micasense-cara-menerbangkan-drone

Untuk membuat output reflektansi, gambar panel reflektansi yang dikalibrasi harus diambil segera sebelum dan segera setelah setiap penerbangan.

Hal ini berlaku bahkan jika satu bidang tercakup dalam beberapa penerbangan – yaitu, selalu ambil gambar panel sebelum dan sesudah setiap penerbangan untuk bidang itu.

Sebelum mengambil panel, pastikan kamera memiliki sinyal GPS yang baik sehingga gambar panel akan berisi informasi lokasi dan waktu yang sesuai. Panel harus diletakkan dipermukaan yang rata serta jauh dari benda yang dapat mempengaruhi cahaya penyinaran.

Berdirilah di depan panel sebelum mengambil gambar dengan kamera multispectral MicaSense, sehingga matahari berada di belakang anda. Kemudian ambil langkah besar ke kiri atau ke kanan. Pegang drone setinggi dada dan arahkan kamera sedemikian rupa sehingga panel berada di tengah bidang pandang dan tidak ada bayangan pada panel. Kamera harus berada tepat di atas panel jika memungkinkan, atau sedikit diimbangi untuk mencegah adanya bayangan.

Bayangan pada panel akan membatalkan pembacaan kompensasi reflektansi. Juga, jika cahaya dipantulkan ke objek lain dan kemudian ke panel, pembacaannya menjadi tidak akurat. Dalam contoh ini, cahaya yang dipantulkan dari pakaian orang yang memegang pesawat dan kemudian direfleksikan langsung ke panel.

Saat mengambil gambar panel menggunakan teknologi kamera multispectral MicaSense, gunakan tombol capture di interface WiFi kamera atau tekan tombol fisik di bagian depan kamera. Mode pemicu eksternal, mode timer, atau mode overlap pada kamera multispsectral MicaSense tidak boleh digunakan untuk pengambilan panel. Mode ini akan menyebabkan saturasi gambar panel.

Pastikan sensor cahaya memiliki pandangan penuh terhadap matahari. Jangan tutupi sensor cahaya saat mengambil tangkapan panel dengan kamera multispectral MicaSense, karena hal ini dapat menyebabkan kalibrasi reflektansi yang salah dalam perangkat lunak pengolah gambar.

Mode Pengambilan Gambar Teknologi Multispectral MicaSense

teknologi-multispectral-micasense-qr-code.png
Mode QR

Cara terbaik untuk menangkap panel pantulan adalah melalui deteksi panel secara otomatis/mode QR. Gambar disamping menunjukkan bagaimana mode QR dapat menjadi acuan bagi para pengguna untuk mengakuisisi data dengan teknologi kamera multispectral MicaSense.

Hal yang terpenting adalah, setiap pengguna harus memastikan bahwa panel tersebut setidaknya berhasil memenuhi paling minimal setidaknya sepertiga dari lebar gambar, dan kode QR serta label nomor seri terlihat di gambar.

Kondisi Cahaya Sekitar

teknologi-multispectral-micasense-mode-qr
Kamera multispectral MicaSense

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam melakukan pengambilan gambar dengan teknologi kamera multispesctral MicaSense adalah dengan memerhatikan kondisi cahaya sekitar.

Untuk mengumpulkan hasil reflektansi saat menggunakan teknologi multispectral MicaSense, kondisi cahaya pada saat penangkapan harus konsisten di seluruh satu penerbangan.

Hari-hari cerah yang cerah serta hari-hari dimana kondisi Sedang mendung ringan dan ketentuan dimana saat pengambilan data dengan teknologi kamera multispectral MicaSense ada pada kondisi cahaya yang konsisten adalah kondisi terbaik untuk mengambil data. Hindari pengambilan data di hari ketika kondisi berawan hanya sebágian.

teknologi-multispectral-micasense-pengambilan-data-saat-cuaca-berawan.png
Kondisi data yang diambil ketika cuaca sedang kurang mendukung

Data yang diambil dengan teknologi kamera multispectral MicaSense dalam kondisi berawan, di mana matahari sebagian atau seluruhnya dikaburkan untuk sebagian penerbangan, akan mengalami anomali seperti yang ditunjukkan pada gambar disamping ini :

Keakuratan nilai reflektansi untuk data yang ditangkap dalam kondisi ini dipertanyakan. Selain itu, cacat ini tidak hanya mempengaruhi citra warna tetapi juga dapat mempengaruhi indeks vegetasi. Jika pengambilan data pada hari berawan sebagian tidak dapat dihindari, pastikan bahwa setidaknya satu gambar panel reflektansi diambil dalam kondisi cerah.

Variabilitas Fitur

teknologi-multispectral-micasense-figur-objek.png
Contoh figur objekt saat akuisisi data

Menyertakan fitur unik dan variabilitas dalam tangkapan anda membantu meningkatkan akurasi dari output mosaik, meskipun mungkin tidak layak untuk menempatkan fitur unik di mana pun di seluruh bidang, ada tindakan positif lain yang dapat anda lakukan.

Salah satu cara sederhana untuk memasukkan variabilitas dalam data anda adalah dengan membuat lintasan ekstra di luar bidang anda, seperti yang diuraikan di bagian overlap pada bagian tepi area dengan banyak figur seperti jalan, struktur, mobil, dan lain-lain, termasuk bagian ujung area yang diambil datanya.

Titik Terendah Penerbangan

Sangat penting untuk memastikan bahwa kamera mengarah ke titik nadir (lurus ke bawah) atau sedekat mungkin ke titik nadir (bahkan jika Anda terbang di atas medan yang miring). Rana global sensor memungkinkan penerbangan tanpa payload. Jika Anda tidak menggunakan gimbal, pastikan untuk memperhitungkan kemiringan pesawat saat terbang ke depan dan sesuaikan posisi kamera, teknologi kamera multispectral MicaSense dapat melakukan lengkap dengan kit nya dapat melakukan hal tersebut dengan baik.

Kemiringan Medan

teknologi-multispectral-micasense-pengaruh-kemiringan-medan.png
Acuan kemiringan medan untuk akuisisi data

Jika anda terbang di atas medan yang miring (seperti kebun anggur), pertahankan ketinggian yang relatif konstan terhadap lereng/tanah, dan terbang tegak lurus ke lapangan.

Jika “mengikuti medan” tidak memungkinkan, bagi lapangan menjadi beberapa penerbangan, pilih ketinggian di atas elevasi tertinggi. Juga, pilih waktu dalam sehari untuk meminimalkan bayangan (ini mungkin berbeda dari siang hari).

Bagaimana, mudah kan untuk dilakukan? Kami percaya teknologi kamera multispectral MicaSense akan memudahkan aktivitas anda dalam melakukan pengambilan data.

Pelajari lebih lanjut mengenai kamera multispectral MICASENSE.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Fitur Lengkap Drone Security Brinc LEMUR S
DJI Terra Electricity: Software Drone untuk SUTET dan Aset Industri
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories