Kamera Multispectral MicaSense: Manfaat Kalibrasi Radiometric untuk Tanaman Pertanian

Manfaat Kamera Multispectral MicaSense untuk Pertanian

kamera-multispectral-micasense-untuk-pertanian
Output kamera multispectral MicaSense

Kamera multispectral MicaSense mementingkan akurasi kalibrasi radiometric untuk kualitas data tanaman pertanian yang diambil, seperti apa manfaatnya?

Menghasilkan akurasi radiometrik yang maksimal adalah tujuan mengapa kamaera multispectral MicaSense diciptakan, berdampak pada kualitas kalibrasi pada data tanaman pertanian yang diambil. Kalibrasi radiometrik adalah metode untuk merubah atau mengkonversi nilai data citra asli hasil unduhan dari DN (nilai digital) ke nilai reflektan (ρ) dan/atau radian (L) ToA (Top of Atmospheric).

Mengapa Kalibrasi Radiometric Penting?

kamera-multispectral-micasense-kalibrasi-radiometrik.jpg
Cara kerja kalibrasi radiometric MicaSense

Kamera multispectral dual camera system MicaSense dilengkapi dengan sistem output daya yang disukai untuk memaksimalkan data multispectral yang terkalibrasi lewat data capture yang diambil dengan drone, menghasilkan korelasi yang kuat dengan data yang diambil diatas permukaan tanah, termasuk hasil hasil akhir.

Jika pada umumnya anda melakukan penerbangan dengan drone memiliki keterbatasan untuk melakukan penerbangan yang tidak bisa dilakukan sepanjang musim, membuat anda menghilangkan nilai yang dapat diperoleh dari kurva pertumbuhan tanaman yang akurat. Dengan dual camera system MicaSense, pengguna dapat membuka kunci perspektif dari uji plot dan perlakuan yang berbeda.

Perbedaan Kalibrasi Radiometrik dan Non Kalibrasi

kamera-multispectral-micasense-perbandingan-rgb-non-kalibrasi-dan-kalibrasi-multispectral.png
RGB tidak terkalibrasi vs kalibrasi multispectral

Kalibrasi radiometrik adalah bagian penting dari pemrosesan citra multispektral, seperti citra yang dihasilkan sensor MicaSense.

Kalibrasi radiometrik memperhitungkan pengukuran arah (seperti posisi sensor dan matahari), pengukuran radiasi (menggunakan alat seperti sensor cahaya atau panel reflektansi), serta data perolehan dan eksposur dari kamera. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini memungkinkan konversi angka digital mentah (dari citra mentah), ke sensor atau radiasi, dan kemudian ke nilai reflektansi permukaan.

Menggunakan alur kerja radiometrik memungkinkan pengumpulan data pantulan berulang pada penerbangan, tanggal, dan kondisi cuaca yang berbeda. Namun, untuk hasil terbaik, Anda harus mengikuti praktik terbaik untuk terbang. Misalnya, waktu terbaik untuk terbang adalah sekitar tengah hari, membantu menghindari bayangan, yang memengaruhi pemantulan dan mencegah analisis yang akurat.

kamera-multispectral-indeks-vegetasi-micasense.png
Perbandingan indeks vegetasi

Dalam satu studi, kalibrasi radiometrik penuh menghasilkan rata-rata 19,6% perubahan nilai indeks vegetatif, menunjukkan pentingnya mengetahui radiasi matahari yang sebenarnya selama penerbangan. Ketika diamati menggunakan kamera MicaSense.

Selain itu, ketika melihat metrik plot yang diturunkan dari gambar untuk penerbangan berulang dalam rangkaian waktu, variabilitas eksperimental berkurang secara dramatis dengan kalibrasi radiometrik dibandingkan dengan yang tidak dikalibrasi (pengurangan varians (66,8%).

Selain melihat output gambar spasial, analisis gambar menunjukkan perbedaan profil penuaan tanaman dalam menanggapi tingkat nitrogen yang berbeda.

kamera-multispectral-micasense-analisa-multispectral-dengan-kalibrasi-radiometrik.png
Hasil analisa tanaman pertanian

Panel atas menunjukkan grafik yang mewakili nilai dari indeks vegetatif umum yang berasal dari kamera multispectral RedEdge-MX (NDVI dan NDRE) dimana sekarang disempurnakan dengan kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dan MicaSense Altum-PT. Panel bawah menunjukkan nilai dari indeks turunan RGB (VARI dan GLI).

Garis divergen adalah dimana perbedaan ditangkap antara perlakuan nitrogen tereduksi dan perlakuan nitrogen normal. Sekali lagi, data multispeCtral yang dikalibrasi secara akurat menangkap dampak defisiensi nitrogen sedangkan RGB tidak.

Ketika datang ke penelitian di fenotipe throughput tinggi dan pemuliaan tanaman secara umum, deteksi perbedaan halus sedini mungkin dalam hibrida dan perawatan memberikan keuntungan.

Pelajari cara kerja kamera multispectral MicaSense lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Micasense Meluncurkan RedEdge-P dan Altum-PT: Kamera Multispectral Canggih untuk Pertanian Perkebunan dan Penelitian Tanaman
Tips Maintenance Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories