MicaSense RedEdge-P: Kamera Multispectral Resolusi Tinggi untuk Penelitian Pertanian

Kamera Multispectral MicaSense RedEdge-P

kamera-multispectral-pertanian-micasense-rededge-pkamera-multispectral-pertanian-micasense-rededge-p.png
MicaSense RedEdge-P

Kamera multispectral resolusi tinggi MicaSense RedEdge-P diluncurkan dengan sensor pankromatik akuisisi data sektor pertanian, berikut fitur-fiturnya.

MicaSense, sebagai pengembang sensor multispectral berkualitas tinggi meluncurkan kamera multispectral RedEdge-P untuk analisa kanopi tanaman sepanjang musim secara komprehensif di areal yang lebih luas.

MicaSense RedEdge-P dilengkapi dengan sensor pankromatik sebagai solusi ideal pengumpulan data objek pertanian lewat penajaman citra multispectral yang menghasilkan resolusi spasial lebih tinggi dari MicaSense RedEdge-MX. Kecepatan dari kamera multispectral tersebut untuk pengambilan gambar objek juga telah digandakan menjadi 2 gambar per detik, kemudian gambar akan disimpan dalam memori penyimpanan CFexpress. 

Bagaimana Perbedaanya dengan Kamera Multispectral MicaSense Lain?

Kiri (komposit diambil dengan RedEdge- MX RGB dari ketinggian 120 m diatas permukaan tanah), kanan (komposit RGB diambil dengan RedEdge-P)

Peningkatan kecepatan dalam capture objek ini merupakan kabar baik bagi penggunanya, sehingga pengguna dapat memasang kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dan menerbangkan fixed-wing drone berkecepatan tinggi pada area luas dengan ketinggian yang lebih rendah sambil mempertahankan integritas data yang diambil.

Kecepatan kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dalam mengambil gambar objek menunjukkan bahwa proses pengumpulan data menjadi lebih efisien untuk peneliti pertanian yang ingin menerbangkan drone di ketinggian rendah, namun tetap bisa menghasilkan resolusi yang maksimal.

kamera-multispectral-micasense-rededge-p-dji-m300-rtk-scaled.jpg
DJI M300 RTK Skyport dan Kamera multispectral MicaSense RedEdge-P

Selain itu, kamera multispectral MicaSense RedEdge-P juga memiliki keunggulan lain dalam hal integrasi dengan drone. Kamera multispectral tersebut dapat diintegrasikan dengan opsi DJI M300 Skyport yang membuatnya plug-and-play dengan drone seri matrice terbaru DJI M300. 

Keunggulan ini banyak digunakan untuk survei udara di bidang pertanian, sementara di Indonesia, kombinasi antara DJI M300 Skyport, MicaSense RedEdge-P dan drone DJI M300 RTK tersebut saat ini dapat digunakan oleh banyak perusahaan pertanian perkebunan di seluruh Indonesia.

Key Features MicaSense RedEdge-P

Kamera MicaSense RedEdge memiliki beberapa fitur kunci, diantaranya sebagai berikut:

  • Megapixel: Sensor pankromatik 5,1 MP, ditambah lima pita spektral sebesar 1.6 megapixel 1,6 MP
  • Pan-sharpened resolution: 2cm/piksel pada 60m; 4cm/piksel pada 120m
  • Capture rate: 2 gambar per detik
  • Berat: sekitar 300g
  • Standar penyimpanan baru yang memungkinkan lebih dari dua kali capture gambar per detik dan waktu penyelesaian langsung serta proses pemasangan kartu dengan cepat
  • Pengambilan simultan hingga enam pita, memungkinkannya menghasilkan output resolusi tinggi seperti RGB, indeks kekuatan tanaman (NDVI, NDRE, dll), dan sensor pankromatik
  • Solusi ini kompatibel dengan berbagai drone. Perencanaan penerbangan dan pemrosesan data dapat dilakukan dengan alat standar industri.

Perbandingan Data yang Diambil dengan MicaSense RedEdge-P vs RGB

Gambar kiri (komposit RGB dari RedEdge-P, 2cm/piksel). Kanan (RGB dari DJI X4S, 1,6cm/pixel)

Kamera MicaSense RedEdge-P menghasilkan resolusi gambar 2x lebih tinggi dibandingkan pendahulunya yaitu MicaSense RedEdge-MX, dimana dengan bidang pandang yang sama, MicaSense RedEdge-P menghasilkan gambar yang lebih detail pada ketinggian 120m.

RedEdge-P menggunakan optik yang dibuat khusus dan sensor gambar untuk penggunaan komersial yang digabungkan dengan filter yang dapat digunakan untuk kebutuhan ilmiah seperti penelitian pertanian. Selain itu, kamera ini diciptakan dengan proses kalibrasi yang ketat untuk menghasilkan output gambar berkualitas tinggi.

Dengan kamera multispectral MicaSense RedEdge-P, pengguna akan mendapatkan manfaat dari sensor yang memungkinkan untuk melakukan kalkulasi tanaman secara efektif dan analisis multispectral tanaman pertanian. Demikian pula untuk penggunaan skala komersial, di sektor kehutanan juga akan mendapat manfaat dari pengumpulan data yang akurat untuk analisis tingkat lanjut dengan lebih efisien, dibandingkan dengan hanya menganalisis petak-petak lahan yang luas untuk membuat keputusan pengelolaan kehutanan dengan metode konvensional.

Pelajari lebih lanjut tentang kamera multispectral MicaSense.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Update Terbaru Software Emlid ReachView 3: Pengumpulan Data RTK jadi Lebih Mudah
Update Software Photogrammetry PIX4Dmatic: Memproses 10.000 Gambar secara Akurat
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories