Perbandingan Kamera Multispectral MicaSense RedEdge-P dan RedEdge-MX

Kamera Multispectral MicaSense RedEdge-P vs RedEdge-MX

kamera-multispectral-rededge-mx-dan-rededge-p-scaled.jpg
RedEdge MX (atas) RedEdge-P (bawah)

Terdapat 2 kamera multispectral, MicaSense RedEdge-P vs RedEdge-MX yang berguna untuk analisa tanaman pertanian, bagaimana perbandingan fiturnya?

MicaSense RedEdge-MX, diluncurkan oleh MicaSensese sebagai sensor multispsectral profesional yang kokoh, dan tahan lama untuk pertanian untuk diintegrasikan dengan drone pemetaan terkait. Pada saat peluncurannya, MicaSense RedEdge-MX menjadi salah satu yang paling populer dan paling fleksibel di pasar.

Sementara itu, RedEdge-P mengalami peningkatan dan pengembangan fitur yang drastis dari RedEdge-MX. Kamer multispectral MicaSense RedEdge-MX dilengkapi dengan sensor multispectral berkualitas tinggi untuk analisa kanopi tanaman sepanjang musim secara komprehensif di areal yang lebih luas.

MicaSense RedEdge-P dilengkapi dengan sensor pankromatik sebagai solusi ideal pengumpulan data objek pertanian lewat penajaman citra multispectral yang menghasilkan resolusi spasial lebih tinggi dari MicaSense RedEdge-MX. Kecepatan dari kamera multispectral tersebut untuk pengambilan gambar objek juga telah digandakan menjadi 2 gambar per detik, kemudian gambar akan disimpan dalam memori penyimpanan CFexpress.

Bagaimana Perbedaan Fitur diantara Keduanya?

kamera-multispectral-micasense-rededge-mx-dan-micasense-rededge-p-scaled.jpg
Perbandingan data yang dikumpulkan RedEdge-P dan RedEdge-MX


Setelah mempelajari overview diantara kedua kamera multispectral MicaSense RedEdge MX dan RedEdge-P, masih banyak perbandingan fitur diantara kedua kamera tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Dimensi

Kamera multispectral MicaSense RedEdge-MX memiliki dimensi sekitar 231.9 gram. Berat ini termasuk DLS2 dan kabel yang ada didalamnya. Dari segi dimensi, berukiuran 8.7cm x 5.9cm x 4.54cm.

Sementara itu, kamera multispectral MicaSense RedEdge-P memiliki berat 300 gram. Berat ini sudah termasuk dengan DLS2. Selain itu, dari segi dimensi, RedEdge-P punya dimensi 8.2cm x 6.2 cm x 5.4 cm.

External dan Power Input

Kamera MicaSense RedEdge-MX memiliki external power 4.2 V – 15.8 V. Sementara untuk MicaSense RedEdge-P adalah 7.0 V – 25.2 V. Sementara itu, power input RedEdge-MX adalah 4.0/8.0W (nominal, peak), sementara RedEdge-P punya power input 5.5/7.0/10W (standby, average, peak).

Resolusi Kamera dan RGB Output

kamera-multispectral-pertanian-rededge-mx-rededge-p
Bentuk RedEdge-MX dan RedEdge-P

MicaSense RedEdge-P punya resolusi spasial 2x lebih tinggi dari MicaSense RedEdge-MX dan dapat menangkap citra multispectral dan citra RGB dengan resolusi tinggi yang dikalibrasi dengan field of view yang dioptimalkan serta dilengkapi dengan kecepatan pengambilan untuk penerbangan yang lebih efisien.

MicaSense RedEdge-MX punya resolusi kamera 3.6 MP (global shutter, aligned with all bands).

Sementara kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dilengkapi dengan resolusi kamera 5.1 MP (global shutter, selaras dengan semua bands) dengan pasca-pemrosesan yang sesuai.

Sementara itu, dari segi resolusi sensor, MicaSense RedEdge-MX punya resolusi 1280 x 960 (1.2 MP per EO band). Versi terbarunya yaitu MicaSense RedEdge-P punya resolusi sensor 1456 x 1088 (1.6MP per MS band, 2464 x 2056 (5.1MP panchromatic band).

Dari segi capture rate, kamera multispectral RedEdge-MX punya 1 capture rate per detik pada semua band nya dengan RAW 12-bit. Sedangkan versi RedEdge-P sendiri memiliki capture rate 3x per detik dengan RAW DNG.

Ground Sample Distance dan Hasil yang Diperoleh

Pengambilan gambar dengan RedEdge-MX (kiri) dan RedEdge-P (kanan)

Jika gambar diambil menggunakan kamera multispectral RedEdge-MX, hasil yang diperoleh terlihat buram. Sementara itu, jika gambar diambil dari ketinggian 120m dengan MicaSense RedEdge-P, hasil yang diperoleh sangat jelas. Peningkatan kecepatan dalam capture objek ini merupakan kabar baik bagi penggunanya, sehingga pengguna dapat memasang kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dan menerbangkan fixed-wing drone berkecepatan tinggi pada area luas dengan ketinggian yang lebih rendah sambil mempertahankan integritas data yang diambil.

Kecepatan kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dalam mengambil gambar objek menunjukkan bahwa proses pengumpulan data menjadi lebih efisien untuk peneliti pertanian yang ingin menerbangkan drone di ketinggian rendah, namun tetap bisa menghasilkan resolusi yang maksimal.

Profesional pertanian akan menyukai platform ini, karena penggunaannya yang sederhana dan dapat diintegrasikan pada drone seperti DJI M300 RTK agar semakin handal dan efisien untuk menangkap data RGB dan multispektral yang dikalibrasi secara radiometrik.

Field of View dan Storage

Kamera multispectral MicaSense RedEdge-MX memiliki 47° HFOV (multispectral). Sementara itu, untuk kamera multispectral RedEdge-P punya 50° HFOV x 38° VFOV (MS) 44° HFOV x 38° VFOV (PAN). Storage dari MicaSense RedEdge-MX adalah SD card. Sementara untuk RedEdge-P menggunakan memori penyimpanan CFExpress.

Bagaimana, anda lebih tertarik untuk menggunakan MicaSense RedEdge-MX atau RedEdge-P?

Pelajari lebih jauh tentang kamera multispectral MicaSense.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

8 FAQ dan Jawaban Tentang Emlid Base Station
Tutorial Menempatkan GCP agar Akurat dengan Emlid Base Station
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories