Micasense Meluncurkan RedEdge-P dan Altum-PT: Kamera Multispectral Canggih untuk Pertanian Perkebunan dan Penelitian Tanaman

Kamera Multispectral Terbaru MicaSense

MicaSense telah meluncurkan dua kamera multispectral baru, RedEdge-P dan Altum-PT, yang mengintegrasikan teknologi panchromatic yang digunakan oleh satelit untuk meningkatkan resolusi foto jarak jauh, untuk meningkatkan secara signifikan resolusi gambar dan efisiensi operasional survey dan pemetaan drone multispectral.

 kamera-multispectral-micasense-thermal-band.png
Thermal band kamera multispectral MicaSense

Sebuah Era Baru untuk Survey Mapping dengan Multispectral Drone

kamera-multispectral-micasense-rededge-p.png
MicaSense RedEdge-P

Dibangun di atas Micasense RedEdge-M, pemimpin kategori untuk sensor multispectral five bands, dua produk baru ini menawarkan pilihan yang lebih luas untuk aplikasi tingkat lanjut dalam pertanian perkebunan dan ilmu tanaman:

MicaSense RedEdge-P memanfaatkan sensor RGB panchromatic resolusi tinggi, yang digunakan untuk mempertajam pita sensor multispectral, secara signifikan meningkatkan resolusi spasial. (Lebih dari 2x resolusi RedEdge-M, mencapai resolusi hingga ke tingkat daun yang sebelumnya tidak dapat dicapai dari ketinggian 120m).

kamera-multispectral-micasense-altum-pt.png
MicaSense Altum-PT

Altum-PT melangkah lebih jauh lagi, mengintegrasikan sensor thermal radiometrik resolusi tinggi (digunakan untuk aplikasi pemetaan air, irigasi dan panas) bersama dengan panchromatic band RGB resolusi tinggi, dan lima pita multispectral yang digabungkan, menjadikan Altum-PT sebagai all-in one  RGB, Multispectral, dan Thermal imagery dengan resolusi luar biasa tinggi untuk mendukung aplikasi apa pun, termasuk: ilmu tanah, irigasi, penghitungan tanaman, fenotip, analisis kesehatan tanaman, dan bahkan pemetaan RGB resolusi tinggi.

Kedua kamera menggunakan CFexpress, teknologi pengambilan dan penyimpanan data terbaru, yang memungkinkan kecepatan pengambilan gambar 3x lipat dengan Field of View yang besar, memungkinkan drone terbang lebih rendah dan lebih cepat untuk penerbangan survey dan pemetaan yang lebih efisien dengan resolusi lebih tinggi.

kamera-multispectral-micasense-dji-m300-rtk.png
DJI Skyport dan kamera multispectral MicaSense

Pemrosesan keluaran data akan diaktifkan melalui platform perangkat lunak pilihan, termasuk Pix4D, Agisoft, ArcGIS, dan software lain. Kamera multispectral MicaSense RedEdge-P dan Altum-PT juga dapat diintegrasikan dengan DJI M300 Skyport yang membuat plug-and-play dengan drone seri matrice DJI M300 terbaru, yang digunakan oleh banyak perusahaan perkebunan di seluruh Indonesia.

Spesifikasi MicaSense RedEdge-P dan Altum-PT

spesifikasi-kamera-multispectral-micasense-rededge-altum-pt-.png
Perbandingan spesifikasi kamera multispectral MicaSense

Dilihat dari tabel diatas, kamera multispectral MicaSense memiliki perbandingan fitur pada masing-masing spesifikasinya.

Artikel ini akan menyoroti perbedaan fitur atau spesifikasi antara MicaSense RedEdge-P dan MicaSense Altum-PT.

Aspek perbandingan pertama adalah dari GSD, ketika kamera multispectral tersebut digunakan di atas ketinggian 120m. MicaSense RedEdge-P GSD nya mencapai 4cm/pixel. Sementara Altum-PT, GSD nya mencapai 2.49cm/pixel. Selain itu, MicaSense RedEdge-P memiliki resolusi sensor panchromatic 5.1MP, sementara Altum-PT punya resolusi sensor panchromatic sebesar 12.4MP, menghasilkan resolusi foto lebih tinggi tanpa menggunakan lensa besar di setiap multispectral bands nya, serta mengurangi volume data yang diambil.

Thermal Sensor

 kamera-multispectral-hasil-data-micasense.png
Identifikasi tanaman dengan MicaSense

Dari keempat kamera, hanya MicaSense Altum-PT yang memiliki sensor thermal. Sensor thermalnya merupakan Flir Boson, 320, 33.5cm/pixel.MicaSense RedEdge-P memiliki storage CFexpress card, sama seperti Altum-PT.

Penyimpanan dengan CFexpress memudahkan pengguna dilapangan untuk pergantian serta lebih cepat dibandingkan SD Card atau storage device USB. Teknologi imenghasilkan capture rate yang cepat untuk penerbangan yang lebih efisien di ketinggian rendah, mengurangi waktu transfer. MicaSense RedEdge-P memiliki berat 350g, sementara Altum-PT memiliki berat 460g.

Output Data

Output data yang dihasilkan dari kamera multispectral MicaSense, kiri (RGB) kanan (false color composite)

Solusi dari kamera multisepctral MicaSense ini menawarkan cara yang mulus untuk menangkap tidak hanya pita spektral standar namun juga pada resolusi spasial yang membawanya selangkah lebih maju. Dengan pencitraan pankromatik resolusi tinggi, RedEdge-P memungkinkan output RGB dan multispectral resolusi lebih tinggi dengan resolusi 2cm saat terbang pada ketinggian 60m.

MicaSense Altum-PT menangkap data multispectral, termal, dan pankromatik yang disinkronkan untuk output yang selaras dengan pixel pada resolusi yang sangat tinggi. Penangkapan pita ini terjadi secara bersamaan, menghilangkan kebutuhan untuk penyelarasan data saat melakukan post-processing.

About Halo Robotics

Halo Robotics adalah perusahaan distributor drone dan juga sebagai penyedia layanan drone komersial terbesar di Indonesia. Berdomisili di Jakarta, Halo Robotics menawarkan solusi drone di setiap industri termasuk Pertambangan, Minyak & Gas, Kelistrikan, Pertanian, Konstruksi, Keamanan dan Keselamatan Publik. Bekerja sama dengan para pemimpin teknologi dunia sebagai distributor resmi serta sebagai penyedia jasa resmi di Indonesia, Halo Robotics berkomitmen untuk menawarkan solusi drone secara lengkap serta layanan yang profesional dan yang lengkap bagi banyak industri di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut terkait kamera multispectral MicaSense.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Survey Tradisional VS Drone Survey DJI Enterprise, Mana yang Lebih Efisien?
Kamera Multispectral MicaSense: Manfaat Kalibrasi Radiometric untuk Tanaman Pertanian
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories