Kamera Multispectral MicaSense Bantu Petani Monitoring Pupuk Tanaman Padi

Kamera Multispectral MicaSense

kamera-multispectral-pertanian-micasense-hasil-ndvi.jpg
Pencitraan multispectral pada tanaman pertanian

Kamera multispectral MicaSense digunakan untuk mengukur dan monitoring pupuk tanaman padi, bagaimana hasilnya?

Mengontrol dan monitoring pupuk tanamanurea yang diberikan pada tanaman padi termasuk kedalam variabel input yang sulit diukur dan paling banyak menggerus biaya penanaman padi, untuk itu efisiensi dan efektifitas dalam pemberiannya dimonitoring oleh petani dengan menggunakan sensor multispectral MicaSense RedEdge agar memberikan informasi yang tepat sehingga dapat memaksimalkan kesehatan tanaman padi yang ditanam.

Proses Pengumpulan Data di Lapangan

kamera-multispectral-micasense-rededge-pertanian-modern.jpg
Kamera multispectral MicaSense RedEdge-MX

Untuk pengumpulan data di lapangan yang melibatkan tanaman padi, pengguna dapat menyelesaikan 6 penerbangan berbeda untuk menangkap data yang dikalibrasi menggunakan sistem sensor RedEdge mereka.

Selama proses pengumpulan data, kamera multispectral MicaSense yang dipasangkan ke drone langsung terbang mengitari area penanaman padi dan melakukan akuisisi data dan scanning untuk melihat kondisi tanaman secara realtime.

Kalibrasi yang dihasilkan, memungkinkan pengguna untuk membandingkan pengambilan data berbeda yang secara otomatis mengkompensasi efek kondisi sinar matahari pada setiap datanya.

Hasil dan Pembahasan

kamera-multispectral-hasil-sensor-micasense-rededge-pada-tanaman.jpg
Peta NDVI berwarna merah menandakan padi yang kurang sehat

Data yang dikumpulkan dari salah satu penerbangan ditampilkan lewat data disamping. Penerbangan secara komprehensif ini dilakukan 2 minggu setelah pupuk urea diaplikasikan. Sebelumnya, pengguna yakin bahwa pupuk urea yang digunakan sudah presisi.

Namun, setelah melihat output yang diberikan oleh kamera multispectral MicaSense RedEdge, NDVI yang dihasilkan dapat menunjukkan bahwa pemberian pupuk urea setelah 2 minggu kurang presisi, sehingga masih menghasilkan tanaman padi yang kurang sehat (pada sensor yang berwarna merah), meskipun masih ada kemungkinan sensor merah berasal dari tanaman yang sudah tua, sehingga dilakukan analisa NDRE lanjutan untuk membuktikan kebenarannya.

Peta NDRE untuk tanggal di hari pengamatan yang sama menunjukkan bahwa aplikasi urea yang tidak seragam terlihat jelas di lahan padi, setelah sebelumnya pengguna kurang percaya hanya dari analisa peta NDVI, Keyakinan pengguna pun bertambah setelah melihat hasil peta NDRE.

Tampaknya tidak ada masalah saat analisis lapangan menggunakan peta NDVI, indeks vegetasi yang biasa digunakan untuk menilai tanaman. Selain beberapa area masalah yang diketahui di sudut lapangan, peta NDVI tidak menunjukkan area yang menjadi perhatian setelah aplikasi urea. Namun, setelah ditinjau lebih lanjut dengan menggunakan peta NDRE, ternyata ada masalah, dimana persebaran pupuk urea yang sudah didistribusikan tidak menyebar secara merata.

Mengapa Peta NDVI Tidak dapat Menunjukan Variabilitas?

kamera-multispectral-aplikasi-nitrogen-tanaman.png
Hasil identiifkasi nitgrogen padi

Hal ini dikarenakan, aplikasi nitrogen belum mempengaruhi pertumbuhan dan biomassa tanaman, dan nilai NDVI berkorelasi dengan jumlah biomassa atau tajuk daun tanaman.

Sebagai efek yang lebih langsung dari kesalahan aplikasi nitrogen, kandungan klorofil di daun menurun di daerah yang terkena pupuk. Untuk itu, peta NDRE merupakan indikator tepat untuk mengetahui tingkat klorofil yang jauh lebih baik daripada NDVI.

Setelah memperoleh informasi bahwa penyebaran pupuk urea kurang merata, pengguna kemudian memutuskan untuk secara kontinyu menggunakan multispectral kamera multispectral MicaSense RedEdge menjelang musim panen padi.

Pengguna memanfaatkan data yang sudah dikalibrasi oleh kamera multispectral RedEdge dan dianalisis untuk melacak perubahan pada tanaman dari waktu ke waktu, memantau nilai NDVI dan NDRE untuk area yang mengalami peningkatan jumlah nitrogen paling rendah, karena sebelumnya aplikasi urea yang tidak seragam di awal musim.

Bagaimana Outcome nya?

kamera-multispectral-hasil-micasense-rededge-untuk-tanaman.jpg
Tanaman rusak berhasil terlihat dari pencitraan multispectral

Hasilnya menunjukkan bahwa indeks vegetasi tingkat lanjut seperti NDRE diaktifkan dengan menggunakan sensor multispectral yang dapat mendeteksi aplikasi urea yang jumlahnya tidak seragam jauh lebih awal daripada menggunakan peta NDVI.

Dalam kasus ini. Pengguna berhasil mencegah kegagalan panen akibat kesalahan aplikasi pupuk urea yang lebih besar, karena sudah melakukan pemantauan 2 bulan sebelumnya. Meskipun demikian, bukan berarti peta NDVI tidak bisa digunakan. Peta NDVI dapat menunjukkan skala variabilitas kesehatan tanaman.

Pada tahap pertumbuhan ini, NDVI merupakan indikator yang baik untuk keseluruhan biomassa, dan juga hasil panen padi. Perbedaan aplikasi urea yang dideteksi oleh NDRE di awal musim menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kinerja tanaman. Pencitraan Multispectral tingkat lanjut memberikan informasi berharga yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan tindakan korektif lebih awal sebelum kerugian finansial akibat gagal panen yang lebih besar terjadi.

Pelajari lebih lanjut tentang pencitraan multispectral MICASENSE.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

5 Jenis Data yang Bisa Dikumpulkan dengan Drone Inspeksi Elios 2
5 Keunggulan Kamera dan Software Multispectral Sektor Pertanian
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories