Integrasi Kamera Multispectral MicaSense ke Drone Inspeksi DJI M300 RTK

Kamera Multispectral MicaSense dan Drone Inspeksi DJI M300 RTK

kamera-multispectral-micasense-rededge-drone-inspeksi-dji-m300-rtk-scaled.jpg
Integrasi kamera multispectral MicaSense ke DJI M300 RTK

Kamera multispectral MicaSense bisa diintegrasikan ke drone DJI M300 RTK untuk membantu inspeksi aset, bagaimana caranya? berikut penjelasannya.

Sebagai kamera multispectral, MicaSense RedEdge juga bisa digunakan untuk membantu drone DJI M300 RTK untuk operasional perusahaan.

Tentunya, hal ini bisa dilakukan ketika pengguna berhasil mengintegrasikan kedua platform tersebut.

Berikut tahapan yang bisa dilakukan oleh pengguna dalam mengintegrasikan kamera multispectral MicaSense, baik yang versi RedEdge ataupun yang versi Altum ke drone inspeksi DJI M300 RTK.

Ok, kita akan langsung membahas tahap pertama dalam proses integrasi kamera multispectral MicaSense ke drone inspeksi DJI M300 RTK.

Pemasangan Kamera Multispectral MicaSense RedEdge dan DLS2 ke DJI M300 RTK

kamera-multispectral-micasense-rededge.png
MicaSense RedEdge-MX

Kita harus memahami terlebih dahulu petunjuk cepatnya sebelum memasang kamera multispectral tersebut ke drone inspeksi DJI M300 RTK.

Sebelum memulai, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan, beberapa diantaranya adalah anda harus memastikan bahwa permukaan yang menjadi tempat bagi anda untuk memasang kamera multispectral bersih.

Selanjutnya, anda bisa menemukan dudukan serat karbonnya, lalu sejajarkan dengan lubang pemasangan dibagia bawah unit DLS2. Pastikan port konektor DLS 2

Sebelum memulai, disarankan agar anda memiliki permukaan kerja yang bersih di mana Anda tidak akan mudah kehilangan jejak sekrup atau ring kecil yang penting untuk merakit kit ini.

Untuk memastikan bahwa anda sudah tepat melakukannya, anda bisa melihat hasilnya pada gambar disamping.

Pasang Loctite ke sekrup M2 X 5mm (Jumlah 2) yang disediakan dan pasang unit DLS 2 di atas pelat serat karbon menggunakan kunci M2 (Jumlah 2). Pastikan port konektor DLS2 diarahkan ke “tab” plat pemasangan.

Temukan dua sekrup tutup kepala soket M3 x 6 mm, ring pengunci M3, dan Quick Mount Gen Adaptor. Dengan menggunakan lubang sekrup counterbore, pasang dudukan ke bagian belakang RedEdge-MX. Pastikan port kamera 8-pin mount terletak di sisi yang sama dengan port “PWR/TRG” kamera.

Hubungkan kabel Quick Mount Gen.2 RedEdge-MX yang disediakan ke port RedEdge-MX “PWR/TRG” dan “DLS”.
Adaptor Quick Mount Gen 2 terpasang ke RedEdge-MX

Sekarang anda dapat memasang rakitan ke drone DJI M300 RTK itu sendiri. Tempatkan dudukan yang telah dirakit di atas M300 RTK ke arah drone Perhatikan bahwa permukaannya tidak rata, jadi anda harus menggunakan spacer yang sesuai.

kamera-multispectral-micasense-rededge-mounted-drone-dji-m300-rtk.png
Pemasangan DLS-2 yang tepat pada drone DJI M300 RTK

Tempatkan spacer 3mm langsung di antara bodi drone DJI M300 RTK dan pelat pemasangan bawah yang terletak di setiap lubang pemasangan. Terapkan Loctite ke sekrup M3 x 8mm (Jumlah 2), dan gunakan untuk mengamankan bagian belakang plat pemasangan bawah ke drone.

Ulangi langkah yang sama untuk pemasangan bagian depan pelat bawah. Kali ini, kami menggunakan spacer 6mm dan sekrup M3 x 10mm (Jumlah 2) dengan Loctite.

Gunakan ikatan zip yang disertakan untuk memastikan bahwa kabel DLS2 dirutekan dengan rapi dan diamankan ke konektor gimbal di bagian bawah drone. Alat pemotong harus digunakan untuk memotong plastik berlebih dari ikatan.

Pastikan kabel dan ikatan resleting tidak menghalangi kamera atau sensor apa pun yang mengelilingi drone.

Sebelum penerbangan dilakukan, selalu pastikan untuk memeriksa DLS2 dan komponen terpasang lainnya agar selalu dalam keadaan aman. Sekrup dan pengikat kabel dapat mengendur seiring waktu karena angin dan getaran selama penerbangan. Threadlocker Loctite yang disertakan membantu menghindari hal ini, tetapi tidak mudah. Kami tidak akan bosan untuk selalu mengingatkan anda untuk melakukan pemeriksaan keselamatan sebelum penerbangan!.

Bagaimana dengan Kamera Multispectral MicaSense Altum?

kamera-multispectral-micasense-altum
Quick Mount Gen. 2 yang terhubung sepenuhnya

Temukan dua sekrup tutup kepala soket M3 x 8 mm, ring kunci M3, dan Adaptor Quick Mount Gen 2.

Dengan menggunakan lubang sekrup counterbore, pasang dudukan ke bagian belakang Altum. Pastikan port kamera 8-pin yang ditemukan di Quick Mount terletak di sisi yang sama dengan port “HOST” kamera.

Sambungkan kabel Quick Mount Altum Gen. 2 yang disediakan ke port “HOST” yang ada di kamera Altum dan port Power/Trigger dan Komunikasi yang ada di Quick Mount.

Memasang MicaSense Altum dan DLS 2 ke DJI M300 RTK

Setelah dirakit, Quick Mount Gen. 2 dapat dengan cepat dan mudah dipasang atau dilepas dari Matrice. Daya disediakan oleh DJI Matrice 300 RTK melalui Quick Mount Gen 2.

Pasang Quick Mount Gen 2 yang sudah dirakit (dalam keadaan sudah terhubung ke MicaSense Altum) ke DJI Matrice 300 RTK menggunakan mekanisme kunci DJI pada drone. Colokan kabel DLS 2 dari port DLS 2 ke port “6-pin DLS” Quick Mount Gen. 2.

Saat dipasang, kamera akan sedikit dimiringkan ke depan untuk mengimbangi kemiringan pesawat saat terbang.Kegagalan mengamankan kabel longgar dengan benar dapat menyebabkan gangguan pada baling-baling pesawat dan dapat merusak kamera, drone, atau keduanya, jadi pastikan bahwa anda sudah melakukan pemasangannya dengan benar.

Penggunaan PSDK dan Pembaharuan Skyport

kamera-multispectral-drone-inspeksi-dji-m300-rtk-flight-mission.jpg
DJI M300 RTK stabil untuk inspeksi aset

Jika anda menggunakan integrasi Skyport (PSDK), Anda perlu memperbarui firmware di Skyport anda alias payload menggunakan kabel USB yang terpasang ke M300, dan akun DJI Enterprise.

Anda harus meminta fitur perusahaan ke akun DJI Anda yang sudah ada untuk melakukan ini.

Update Firmware

Pastikan anda memiliki firmware terbaru untuk drone DJI M300 RTK, DJI Smart Controller, dan stasiun RTK Anda (seperti DJI D-RTK 2).

Anda akan memerlukan DJI Assistant 2 untuk Matrice dan kabel USB untuk menyambungkan drone ke komputer Anda.

 kamera-multispectral-dji-m300-rtk-uji-coba-terbang
Operator melakukan penerbangan drone DJI M300 RTK

Perencanaan Penerbangan

Dengan M300, hanya Pilot DJI di DJI Smart Controller yang dapat memerintahkan dan merencanakan penerbangan. Perencana Misi pihak ketiga (seperti Atlas Flight) tidak kompatibel.

Anda dapat mengunggah file KML, dan menyimpan misi yang anda buat dengan DJI Pilot. Anda dapat membuat kamera khusus di DJI Pilot. Anda harus memasukkan parameter kamera khusus untuk sensor Anda. Perhatikan bahwa sistem kamera ganda memiliki parameter yang sama dengan kamera multispectral MicaSense RedEdge-MX.

Jika Anda menggunakan integrasi Skyport, Anda dapat memicu kamera melalui drone dengan DJI Pilot. Jika menggunakan Dual Downward Gimbal, harus dipasang ke Gimbal 1. Anda dapat menggunakan parameter yang sama seperti di atas.

Jika Anda ingin memicu beberapa kamera sekaligus (misalnya, edisi DJI Zenmuse H20 dan MicaSense Altum Skyport), drone hanya dapat memicu salah satunya per misi. Anda perlu menggunakan opsi pemicu otomatis seperti mode Tumpang tindih atau mode Timer dengan kamera multispectral MicaSense. Lihat informasi lebih lanjut tentang mode pemicu di panduan pengguna.

Jika Anda menggunakan opsi pemicu otomatis seperti mode overalp (yang diperlukan untuk kamera non-Skyport MicaSense, seperti Altum mandiri, RedEdge-MX, dan Sistem Kamera Ganda), pastikan untuk menyetel Ketinggian target di U.I web MicaSense sama ketinggian yang Anda terapkan untuk penerbangan di DJI Pilot.

Jika Anda ingin memastikan penerbangan pemetaan Anda dapat dicapai, periksa kalkulator penerbangan MicaSense. Sebelum lepas landas, periksa halaman status di UI web untuk memastikan Anda memiliki waktu, dan informasi lokasi. Lihat panduan pengguna untuk lebih jelasnya.

Kalibrasi magnetometer DLS 2 sesering mungkin, atau jika Anda telah melepas DLS 2. Koordinat yang dikoreksi RTK dari M300 RTK kompatibel dengan sensor Skyport pada firmware yang diperbarui.

Pelajari lebih lanjut solusi inspeksi dengan drone DJI Enterprise dan kamera multispectral MicaSense.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Cara Menggunakan RTK dengan Drone DJI M300 dan Kamera Multispectral Micasense
‎PIX4Dcatch: Aplikasi untuk Drone Pemetaan Mengumpulkan Data Terestrial
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories