Aplikasi Utama Pemetaan Multispectral untuk Pertanian

Pemetaan Multispectral

kamera-multispectral-micasense-output.png
Output pemetaan multispectral

Pemetaan multispectral banyak dipakai untuk pertanian, bagaimana cara kerja dan seperti apa drone VTOL yang mendukung kinerja kamera multispectral?

Memanfaatkan pemetaan dengan kamera multispectral pada VTOL atau drone yang tepat pada pertanian bukanlah hal baru. Ahli agronomi, petani dan profesional kehutanan dan peneliti lingkungan sudah banyak menggunakan pemetaan multispectral untuk mengatasi batasan dalam pemetaan pertanian.

Drone dengan kamera multispectral mengatasi semua batasan yang ada, sehingga revolusi drone pertanian perlu dikembangkan secara maksimal. Memang, revolusi teknologi membawa industri pertanian ke tingkat yang sama sekali baru, karena data yang dikumpulkan dengan cepat sekarang dapat dimasukkan ke dalam drone atau VTOL secara otomatis untuk menurunkan biaya irigasi dan aplikasi pupuk dan pestisida. Demikian juga, sektor kehutanan dan lingkungan dipengaruhi oleh data massal yang sangat rinci ini di wilayah daratan atau laut yang luas.

Saat perubahan iklim menyebabkan perubahan cepat di zona penanaman, ketersediaan air, dan hama, drone muncul sebagai alat dinamis untuk memberi semua orang pandangan komprehensif tentang apa yang terjadi dan cara untuk menyesuaikan taktik. Namun, sebelum menggunakan kamera multispectral kehabisan dan mendapatkan kamera multispektral , penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana semua ini bekerja sehingga kita bisa mendapatkan peralatan yang tepat untuk ROI drone multispektral terbaik dalam jangka panjang.

Bagaimana Cara Kerja Kamera Multispectral?

kamera-multispectral-workflow.png
Cara kerja kamera multispectral

Spektrum elektromagnetik janya sebagian kecil yang terlihat oleh mata manusia. Ketika kita melihat sesuatu, apa yang dapat kita lihat adalah spektrum warna yang dipantulkan dari merah, hijau, dan biru (RGB) yang kita tafsirkan sebagai kombinasi warna pelangi berdasarkan panjang gelombangnya. Kamera RGB menyaring panjang gelombang untuk informasi yang dapat kita lihat. Kamera multispectral dilengkapi dengan lensa dan filter yang mengambil panjang gelombang di luar spektrum yang terlihat ke arah panjang gelombang inframerah.

Mengapa ini penting untuk menganalisis tanaman dan tanah? Tanaman dan tanah menyerap dan memantulkan panjang gelombang dari sinar matahari tergantung pada isinya. Misalnya, ketika tanaman sehat dan terlibat dalam fotosintesis, ia akan menyerap banyak cahaya merah dan biru dan memantulkan lebih banyak cahaya hijau dan inframerah.

Ketika Anda melihat tanaman (hijau) yang kaya klorofil, Anda melihat panjang gelombang cahaya yang dipantulkan tanaman, bukan yang diserapnya (biru dan merah). Produksi klorofil di daun menghasilkan banyak pantulan cahaya inframerah, tetapi kita tidak dapat melihat ini. Sensor multispectral dapat merekam ini sehingga kami bisa. Ini berguna, karena sinyal pantulan inframerah yang berkurang menurunkan produksi klorofil sebelum kita melihatnya dengan mata telanjang, sehingga kita dapat secara proaktif melacak kesehatan tanaman melalui drone sensor kamera multispectral.

kamera-multispectral-terbaik-micasense.jpg
Kamera multispectral MicaSense diintegrasi dengan DJI M300

Para peneliti dan ahli agronomi telah bekerja dengan data multispektral selama beberapa dekade, dan mereka telah mengatur rasio reflektansi ke dalam indeks yang digunakan untuk menganalisis tanaman dan mendeteksi apa pun mulai dari tekanan irigasi hingga serangan hama hingga gulma.

Beberapa indeks umum adalah Ratio Vegetation Index (“RVI”) dan Normalized Difference Vegetation Index (“NDVI”), yang merupakan indeks paling umum dalam penginderaan jauh.

Karena cahaya merah dan inframerah berada tepat di sebelah satu sama lain pada spektrum, dan mereka diperlakukan dengan cara yang berlawanan pada tanaman yang sehat, zona tepat di antara keduanya disebut tepi merah. MicaSense menjadikan sensor yang mengambil pita ini sebagai alat deteksi dini yang kuat untuk stres tanaman. Indeks Normalized Difference Red Edge (“NDRE”) adalah alat analisis yang kuat untuk membaca pita ini dan mendeteksi perubahan pada tanaman pada tahap paling awal.

3 Jenis Resolusi yang Penting

  • Resolusi spasial adalah di mana informasi multispektral UAV bersinar, karena mengacu pada kerapatan piksel, resolusi, dan akurasi data. Ini adalah pembeda utama ketika membandingkan data spektral di kedua metode penangkapan, karena resolusi data satelit tetap sekitar satu meter, sementara UAV dapat mengambil detail hingga satu sentimeter.
  • Resolusi temporal menyiratkan seberapa sering informasi multispektral direkam pada area yang sama. Dengan drone, resolusi ini dapat ditingkatkan ke tingkat apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan manajemen.
  • Resolusi multispectral menyoroti berapa banyak spektrum yang ditangkap dengan sensor tertentu untuk mencapai keluaran yang berbeda untuk analisis.

Apa Keuntungan Pemetaan Multispectral untuk Pertanian?

 kamera-multispectral-input-pertanian-kesuburan-tanah-dengan-drone-dji-dan-sensor-micasense.jpg
Identifikasi kesehatan tanaman dengan kamera multispectral


Pertanian pada dasarnya dekat dengan tanah. Namun, bahkan dengan revolusi industri, terjadi perubahan signifkan mulai dari aktivitas pertanian yang tadinya dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan traktor, menjadi menggunakan drone atau VTOL yang dapat digunakan bersama dengan kamera multispectral.

Meskipun Anda masih harus turun ke lapangan, terbang di atas tanaman dengan drone dan kamera multispectral yang baik menghasilkan peta yang kaya dengan data dalam bentuk informasi spectral yang menghemat banyak waktu (untuk memeriksa setiap tanaman dengan berjalan kaki atau dengan traktor) dan mengecek sumber daya (kebocoran air, atau penggunaan pestisida dan pupuk yang salah).

Di sini kita akan membahas secara khusus beberapa cara utama agar data drone yang anda kumpulkan dapat menghemat waktu dan uang jauh melampaui investasi dalam peralatan dan pelatihan.

Pemetaan Kesehatan Vegetasi/Pemantauan Tanaman

kamera-multispectral-micasense-untuk-pertanain.png
Pemantauan tanaman

Secara kasat mata, mungkin tanaman pertanian anda dalam keadaaan baik-baik saja. Tidak ada taanman yang stress dan sepertinya anda akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Padahal, ada 1 hal yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia untuk memantau kondisi kesehatan tanaman, yaitu memanfaatkan kamera multispectral.

Kamera multisepctral tersebut dapat mengevaluasi keadaan vegetasi anda yang sebenarnya. Dengan memanfaatkan NIR, kamera multispectral MicaSense akan menginterpretasikan tingkat klorofil pada masing-masing tanaman untuk mengetahui keadaan vegetasi yang sebenarnya.

Anda dapat menginterpretasikan tingkat klorofil pada masing-masing tanaman dan membandingkannya dari waktu ke waktu untuk merespons dan mengelola lingkungan untuk hasil terbaik. Anda dapat mengambil tindakan pencegahan selama tahap awal serangan hama, serangan penyakit, atau kekurangan nutrisi. Dan Anda dapat melacak kemajuan pendekatan Anda dengan pemetaan drone multispectral yang bisa diperbarui secara berkala.

Deteksi Penyakit dan Gulma Tanaman

kamera-multispectral-untuk-identifikasi-chlorophyl-map.png
Kondisi kesehatan tanaman

Seperti dibahas di atas, tanda-tanda pertama penyakit dan stres tanaman terkait terlihat melalui analisis data multispectral. NIR, khususnya, memanfaatkan identifikasi awal dari perubahan produksi klorofil. Anda dapat menganalisis data untuk perubahan pada pita ini dan menilai bagian dari pangkasan di mana mereka mungkin muncul.

Jika penyakit adalah penyebabnya, anda dapat mengambil tindakan cepat dan mencegah penyebarannya, menghemat uang untuk menanam kembali area yang lebih luas dan kehilangan hasil.

Irigasi/Pengelolaan Air

Air sangat berharga, terutama di bidang pertanian. Sementara di iklim kering, irigasi sangat penting, di beberapa tanaman sebenarnya penting untuk menekankan tanaman ke tingkat yang terkendali. Dengan data drone multispektral, Anda dapat melihat bagaimana tanaman merespons jumlah air yang tersedia untuk mereka di seluruh bidang tertentu. Multispektral, ditambah RGB resolusi tinggi dan informasi termal—tersedia melalui payload MicaSense Altum, misalnya—memungkinkan penilaian tingkat granular tentang cara mengelola irigasi dan menghemat air dengan tepat. Pengembalian hasil investasi karena tanaman yang sehat, biaya air yang lebih sedikit bila tidak diperlukan dan identifikasi kebocoran yang mahal.

Deteksi Hama

kamera-multispectral-identifikasi-hama-micasense-rededge-drone-dji-enterprise.jpg
Deteksi hama lewat kamera multispectral

Seperti halnya dengan deteksi penyakit, hama sering meninggalkan jejak aktivitas yang khas. Ketika indikasi ini terlihat lebih awal melalui data multispektral, Anda dapat menghemat banyak uang dan waktu melalui aplikasi pestisida yang ditargetkan, yang mencegah penyebarannya secara efisien. Sebagai fitur umum dari perubahan iklim, data drone multispectral juga dapat membantu melacak kerusakan dari spesies invasif dengan tepat.

Deteksi Gulma

Gulma juga tumbuhan. Tetapi mereka memiliki pola pantulan cahaya yang berbeda dari tanaman yang mereka kunjungi. Sehingga data multispektral dapat mengisolasinya dengan mudah. Sangat penting untuk menghilangkan gulma segera setelah mereka mulai tumbuh sehingga mereka tidak menyedot nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang. Selain itu, gulma menyediakan rumah bagi hama dan penyakit, jadi yang terbaik adalah menyingkirkannya dengan cepat. Mengatakan ini, aplikasi herbisida mahal dan sebaiknya dijaga seminimal mungkin. Jadi, data yang akurat membantu menargetkan aplikasi di mana mereka berada dan melindungi lingkungan.

Kepadatan Pohon

Hal ini menjadi perhatian besar dalam kehutanan, karena tegakan pohon dengan kerapatan yang lebih tinggi dapat membuat beberapa individu kurang dapat mengambil nutrisi. Mereka kemudian bisa mati kembali/kering. Dan ini bisa membuat hutan rentan terhadap kebakaran hutan.

Data multispectral dapat digunakan sebagai dasar analisis NDVI wilayah untuk menentukan biomassa dan kerapatan hutan. Ini adalah peningkatan besar atas metode terestrial yang mengasumsikan area yang dipelajari akan menyerupai hutan lainnya.

Fitur Apa yang Meningkatkan ROI Pemetaan Multispectral?

 kamera-multispectral-drone-vtol-fox-tech-scaled.jpg
Drone VTOL Fox Tech Long

Seperti halnya industri apapun, peralatan yang andal menghemat lebih banyak uang daripada biayanya dalam jangka panjang. Tidak hanya dalam hal biaya perbaikan minimum, tetapi juga dalam hal penghematan waktu saat menangkap data dengan sempurna untuk pertama kalinya, setiap misi. Keandalan sangat berkaitan dengan desain.

Jika Anda memiliki sebidang tanah kecil, di mana Anda hanya memerlukan drone multispectral DJI multirotor untuk mengambil data resolusi yang baik, lepas landas dan mendarat cukup tepat sehingga, jika angin tidak menjadi faktor, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan.

Di dunia fixed wing, Anda dapat mencakup lebih banyak area per penerbangan; namun, keandalan dapat dipengaruhi oleh cara mereka mendarat. Pendaratan VTOL seperti SHARK dan Fox Tech Long yang sempurna adalah tujuan untuk meningkatkan tabrakan yang terkontrol, di tanah datar agar berhasil. Jika Anda bekerja di tegakan pohon yang tinggi atau medan yang berat, atau jika lahan Anda dibatasi dengan ketat, Anda berisiko merusak drone dan sekitarnya jika Anda mencoba menggunakannya.

Drone sayap tetap juga membatasi kualitas muatan yang dapat mereka bawa karena mereka tidak boleh terlalu berat saat mendarat. Kejutan akan merusak muatan.

Pelajari lebih lanjut kamera multispectral dan VTOL lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

5 Manfaat Drone Pemetaan DJI untuk Pertambangan
Point Clouds: Cara Pemakaiannya Drone LIDAR
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories