LEARNING CENTER
Beranda » Blog » 5 Kelebihan Kamera MicaSense Multispectral untuk Sektor Forestry

5 Kelebihan Kamera MicaSense Multispectral untuk Sektor Forestry

Kamera MicaSense

Kamera MicaSense multispectral memiliki 5 kelebihan, yang tidak hanya bisa dipakai untuk survey di sektor forestry, apa saja kelebihannya?

kamera-multispectral-micasense-rededge-scaled.jpg
Drone DJI Matrice dan sensor multispectral MicaSense

Survei kehutanan dengan kamera MicaSense dijadikan sebagai alternatif platform dengan biaya investasi yang rendah yang mampu menghasilkan output maksimal oleh agronomist untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kawasan hutan.

Tidak hanya itu, masih terdapat keunggulan lain dalam platform teknologi sensor multispectral tersebut yang akan dibahas secara detil didalam artikel ini.

Berikut akan dijelaskan 5 keunggulan menggunakan kamera MicaSense untuk pengelolaan kawasan hutan.

1. Cakupan Luasan Area yang di Survey

Jika pada umumnya ahli kehutanan membutuhkan sampel 10-20% untuk mengetahui kondisi lahan, drone dan kamera MicaSense hanya membutuhkan sedikit sampel untuk melihat kondisi hutan secara keseluruhan.Dengan mengambil sebanyak 5% sampel, kamera MicaSense sudah membantu agronomist untuk mengumpulkan data survey mewakili luas keseluruhan kawasan hutan.

Tidak hanya itu, survey kawasan hutan yang sebelumnya memerlukan biaya yang mahal hingga ratusan juta rupiah dengan menggunakan helikopter, dapat dipangkas hingga 80% dengan hanya menggunakan satu kamera multispectral yang dipasangkan pada drone.

2. Resolusi Gambar yang Lebih Jelas

 hasil-resolusi-sensor-multispectral-micasense.jpg
Hasil resolusi gambar dari sensor MicaSense

Secara historis, umumnya pengambilan data secara tradisional kurang mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk itu, sensor multispectral digunakan oleh agronomist karena mampu menghasilkan resolusi gambar yang detil dan jelas.

Keunggulan ini membantu mendapatkan resolusi spasial terbaik untuk analisa lanjutan setiap kegiatan survey kawasan hutan, serta melihat hal-hal lain seperti spesies hewan tertentu untuk mengetahui keseimbangan ekosistem hutan.

Keunggulan sensor multispectral dari MicaSense ini dibutuhkan untuk sektor kehutanan, agar dapat meminimalisir sumber daya yang ada. Sebagai contoh, misalnya perusahaan hanya memiliki sedikit biaya dan yang serta orang untuk survey kawasan hutan, agar lebih efisien dengan sensor MicaSense perusahaan dapat memperoleh hasil lebih jelas Menggunakan sedikit sumber daya.

3. Akurasi

contoh-identifikasi-ndvi-tumbuhan.jpg
Contoh analisa NDVI tanaman

Memetakan kawasan hutan dengan drone dan kamera multispectral MicaSense dapat memberikan peningkatan terhadap akurasi data saat melakukan survey.

Hal ini dikarenakan, kedua platform tersebut memberikan informasi kepada pengguna terkait dengan kesehatan seluruh pohon, bahkan melakukan kalkulasi algoritma pohon yang sangat akurat. Sebagai manfaat tambahan, menggunakan kedua platform tersebut dapat membuka potensi untuk melokalisasikan jalan logging ke alternatif yang tercepat.

4. Mengklasifikasikan Spesies sesuai Habitannya di Hutan

  pengklasifiksian-spesies-kawasan-hutan-dengan-sensor-multispectral-micasense.jpg
Bentuk pengklasifikasian spesies

Saat ini, biaya untuk mengklasifikasikan spesies di kawasan hutan masih termasuk dalam kategori yang mahal. Selain itu, cara pengambilan datanya juga cenderung kompleks.

Untuk menjawab kekurangan tersebut, algoritma sensor MicaSense altum menciptakan akurasi pencitraan sebesar 95%, sehingga platform  dengan harga yang kompetitif tersebut digunakan oleh agronomis untuk menghasilkan output yang maksimal.

Hal Ini diperlukan petugas atau pengguna saat menetapkan status konservasi, mengklasifikasikan spesies dikawasan hutan, mengelola pemanfaatan kawasan lindung, dan menciptakan habitat pemantauan dan restorasi untuk membuat forecasting pengelolaan hutan di masa mendatang.

5. Membuka Akses hingga ke Kawasan yang Tidak Bisa Dijangkau

Seperti yang diketahui oleh para pengelola kawasan hutan, kawasan hutan tidak hanya ada yang datar. Banyak kawasan hutan yang terdiri dari tanjakan curam, berlembah dan berada di area pegunungan, sehingga hanya sebagian kecil kendaraan yang bisa melintasi kawasan hutan. Sensor multispectral membawa kemudahan bagi para pengelola untuk melakukan survei di area yang sulit dijangkau.

Pelajari lebih lanjut tentang teknologi sensor MICASENSE lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog