Sniffer4D Multi Gas Detection Sensor untuk Inspeksi Pipa Gas

Inspeksi Pipa Gas dengan Sniffer 4D

inspeksi-pipa-gas-sniffer-4d-
Inspeksi pipa gas dengan Sniffer4D

Implementasi inspeksi pipa gas pada perusahaan petrokimia dengan multi gas detection sensor Sniffer4D.

Melakukan inspeksi pipa gas pada perusahaan petrokimia, merupakan bagian penting dari pekerjaan keselamatan mereka, berikut implementasi inspeksi menggunakan Sniffer 4D sebagai multi gas detection sensor. Untuk melakukan inspeksi rutin pada pipa minyak dan gas untuk mencegah kebocoran.

Namun, karena distribusi pipa yang luas dan kompleks, ada banyak batasan pada metode inspeksi manual tradisional. Kerugiannya termasuk beban kerja yang berat, biaya tenaga kerja yang tinggi, efisiensi yang rendah, risiko keselamatan personel, batas waktu pemeriksaan dan kesulitan dalam pengendalian kualitas, untuk itu diperlukan alat inspeksi yang sesuai untuk melakukannya.

Proses inspeksi pipa gas dengan Sniffer4D

Berfokus pada kesulitan utama ketika melakukan inspeksi secara manual, alat inspeksi Sniffer4D bekerja dengan mengintegrasikan multi gas detection sensor dan sudah mendapatkan Pepringkat XP2, dan kompatibel dengan drone DJI Matrice 300 RTK atau DJI M300 RTK untuk membantu perusahaan melakukan inspeksi pipa minyak dan inspeksi pipa gas dengan mudah.

inspeksi-pipa-gas-sniffer4d-dji-matrice-300-rtk.png
Sniffer4D dipasang pada drone DJI Matrice 300 RTK

Produsen alat inspeksi pipa gas Soarability mengirimkan satu set sistem deteksi gas Sniffer4D yang dipasang di drone DJI Matrice 300 RTK ke salah satu lembaga pengawasan kualitas pipa minyak dan gas untuk efisiensi alur kerja inspeksi mereka.

Di lokasi kru inspeksi mengoperasikan drone untuk lepas landas dengan Sniffer4D dan memindai area dalam jarak 3 meter di atas jaringan pipa minyak dan gas. Sementara itu, mereka memperhatikan konsentrasi metane dan VOC serta perubahan gradien yang ditampilkan dalam software Sniffer4D Mapper.

inspeksi-pipa-gas-perubahan-gas-sniffer-4d.png
Proses perubahan dengan Software Sniffer4D Mapper

Inspeksi pipa gas dengan Sniffer4D menampilkan proses perubahan dinamis dari konsentrasi gas secara realtime.

Gambar diatas menunjukkan peta grid konsentrasi 2D yang dihasilkan dari software Sniffer4D Mapper secara realtime.

Hasil tersebut menunjukkan 3 area dimana konsentrasi VOC secara signifikan lebih tinggi. Hasil ini juga menunjukkan bahwa Sniffer4D cepat mendeteksi 3 area utama untuk efisiensi pemeriksaan objek.

inspeksi-pipa-gas-konsetrasi-sniffer4d-mapper-
Peta yang menunjukkan 3 area konsentrasi VOC tinggi

Dalam peta jaringan distribusi 2D VOC, ada tiga area di mana konsentrasi VOC secara signifikan lebih tinggi dari latar belakang.

Metode penggunaan drone seperti DJI Matrice 300 RTK untuk memeriksa dan mempersempit area sebelum melakukan inspeksi manual, membantu meningkatkan efisiensi dan kecepatan respons inspeksi ketika petugas sedang berada dilapangan.

Keeunggulan ini membawa dampak positif sebagai wujud peningkatan kesadaran situasional dan laporan realtime.

Keuntungan Utama dari Sistem Deteksi Gas Sniffer4D yang Dipasang di Drone

Kasus inspeksi pipa telah menunjukkan banyak keuntungan dari sistem deteksi gas Sniffer4D yang dipasang di drone dibandingkan dengan metode inspeksi manual tradisional. Dengan menggabungkan dengan inspeksi manual, ini dapat secara dramatis meningkatkan kualitas dan efisiensi inspeksi pipa:

 inspeksi-pipa-gas-snifferd4-dji-m300-rtk.png
Sniffer4D yang dipasang pada DJI M300 RTK

Pertama, dapat menembus keterbatasan medan dan faktor lainnya, memilih jalur dan arah pemindaian secara fleksibel, mendeteksi tempat yang sulit dijangkau dan mencakup area inspeksi dalam jangkauan yang lebih luas.

Kedua, menyediakan waktu persiapan yang singkat dan kecepatan cepat untuk memulai, juga dapat menghemat waktu dan biaya tenaga kerja, mengurangi risiko keselamatan dan membantu menemukan, menyelidiki, dan menangani keadaan darurat tepat waktu.

Saat peta satelit usang atau buram, Sniffer4D Mapper mendukung pengimporan ortofoto resolusi tinggi, sehingga pengguna dapat mengaitkan distribusi gas dengan gambar objek darat terbaru dan lebih khas.

inspeksi-pipa-gas-sniffer-4d-hasil.png
Impor gambar resolusi tinggi dengan Sniffer4D Mapper

Ketiga, sistem deteksi gas Sniffer4D yang dipasang di drone secara langsung menangkap gambar, video, dan distribusi konsentrasi gas di sekitar saluran pipa, kemudian mengirimkan informasi tersebut ke kru inspeksi, kru manajemen, dan pakar teknis yang jauh dari lokasi, mempermudah mereka mengambil keputusan.

Keempat, Sniffer4D Mapper dapat menghasilkan laporan misi tepat setelah misi selesai. Laporan berisi informasi penting seperti waktu deteksi, konsentrasi maksimum grid/titik tunggal, garis lintang dan garis bujur yang sesuai, juga dilampirkan dengan peta distribusi konsentrasi intuitif.

Semua laporan tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk pelaporan dan verifikasi manual lebih lanjut, tetapi juga secara teratur disortir dan dibandingkan untuk membuktikan keefektifan penanganan bahaya.

Kelima, Sniffer4D Mapper dapat mengimpor ortofoto pabrik, jika peta satelit resolusi rendah gagal menampilkan semua detail kawasan industri, dan lapisan peta Satelit+HD Orthophoto+peta distribusi Gas dapat membantu pengguna melokalisasi lokasi secara akurat masalah.

Pelajari lebih lanjut mengenai Sniffer4D dan drone DJI M300 RTK.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

PIX4Dinspect: Software Lengkap untuk Inspeksi Tower Telekomunikasi
Cara Integrasi Emlid M2/M2+ GNSS Module dengan Kamera Multispectral MicaSense
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories