Panduan Inspeksi dengan Drone DJI Enterprise

Inspeksi dengan Drone DJI Enterprise

Inspeksi untuk lintas industri menggunakan drone DJI Enterprise menurunkan risiko kecelakaan kerja, berikut panduan lengkapnya. Fungsi drone sendiri jauh lebih luas bukan hanya untuk mengambil gambar, namun juga membantu sektor industri mulai dari pertanian hingga pertambangan.

Untuk mewujudkan efisiensi yang maksimal serta keamanan dalam penggunaanya, operator drone di berbagai sektor dapat melengkapi pengetahuan dengan panduan menggunakan drone inspeksi dalam artikel ini.

1. Drone Inspeksi untuk AEC

drone-dji-enterprise-dji-phantom-4-rtk.jpg
Penggunan DJI P4RTK di konstruksi

Inspeksi drone di semua sektor ini memiliki persyaratan yang sama dalam hal akurasi dan efisiensi waktu dalam survey mapping tanah dan bangunan mendeteksi kemungkinan bahaya di seluruh lokasi konstruksi, sehingga perusahaan bisa menghindari kesalahan yang merugikan sekaligus melindungi warga sipil di daerah sekitarnya.

Drone dapat membantu membangun pemodelan informasi (BIM) melalui peta 3D, penimbunan material, serta memantau keamanan dalam inspeksi atap dan menciptakan alternatif yang layak untuk penilaian properti meskipun ada pembatasan akses COVID 19.

2. Drone Inspeksi Industri Kimia, Minyak dan Gas

drone-dji-enterprise-mavic-2-enterprise-advanced-thermal-output
Output data thermal dengan drone DJI M2EA

Dalam hal keselamatan, industri minyak dan gas mungkin merupakan sektor yang lebih diuntungkan dari inspeksi drone. Dalam studi kasus di kilang dan pabrik kimia yang membentang seluas 2.300 hektar lingkunganya sangat tidak bersahabat bagi manusia, yang mengandung unit penyulingan minyak mentah, dan operasi lain untuk produksi hidrokarbon.

Drone mengurangi masalah dan memotong biaya yang tidak masuk akal. Secara khusus, inspeksi drone terhadap lokasi bahan kimia dapat mencegah dan mempercepat intervensi jika terjadi kebocoran berbahaya yang menimbulkan risiko serius.

3. Drone Inspeksi Tambang

drone-dji-enterprise-underground-mining.jpg
Aplikasi drone DJI M300 RTK untuk tambang bawah tanah

Pemeliharaan sangat penting untuk menjaga agar lokasi penambangan tetap berjalan dan bebas dari potensi bahaya bagi kesehatan penambang.

Inspeksi drone membentuk kembali industri pertambangan dengan kemampuan untuk mendapatkan data penting tanpa harus mematikan mesin.

Manfaat inspeksi drone untuk tambang bawah menghasilkan informasi volumetrik berkualitas tinggi dengan jutaan titik pengukuran operasi yang efisien di area yang luas tanpa kehadiran manusia; perencanaan penerbangan otomatis menghasilkan lebih sedikit kesalahan manusia dan operasional.

4. Drone Inspeksi Public Safety

drone-dji-enterprise-mavic-2-enterprise-advanced-for-public-safety
DJI Mavic 2 Enterprise Advanced untuk keamanan publik

Meskipun wajar untuk memikirkan pencarian dan Penyelamatan ketika kita berbicara tentang drone untuk operasi penyelamatan, inspeksi drone merupakan kegiatan yang dapat mengefisiensikan kinerja petugas dilapangan saat bekerja.

Beberapa misi telah terbukti sangat berharga bagi petugas keselamatan publik dalam memeriksa pegunungan yang tidak dapat diakses yang berisiko ledakan gas atau dalam penyelidikan pasca-kebakaran untuk mengumpulkan gambar lebih efisien. Untuk itulah, jika menggunakan drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced, Harga yang dibayarkan seimbang dengan spesifikasi dari drone DJI tersebut.

Kelebihan Menggunakan Drone DJI Enterprise untuk Inspeksi

drone-dji-enterprise-mavic-2-enterprise-advanced
Penggunaan drone DJI M2EA di berbagai sektor

Jawaban singkat untuk teka-teki ini adalah bahwa sementara tim inspeksi drone internal terdengar seperti proposisi yang menarik, undang-undang yang mengatur drone terus berkembang sehingga menyulitkan karyawan untuk mengikuti atau bahkan fokus pada pekerjaan.

Perusahaan membutuhkan keyakinan dalam mengetahui semua operasi akan berjalan lancar.

Fokus utama tim inspeksi drone yang dialihdayakan adalah pada operasi drone dan undang-undang serta menjaga peralatan tetap terpelihara dengan baik dan up to date dengan firmware terbaru.

Dengan drone DJI Enterprise, pengguna punya pengalaman bekerja di lingkungan yang menantang untuk portofolio perusahaan, namun untuk sektor security, penggunaan drone dapat dimanfaatkan untuk operasional patroli di berbagai tempat. Dalam kasus minyak dan gas, hampir semua personel ditugaskan ke platform atau instalasi tertentu. Mengingat efisiensi yang dicapai dengan teknologi, aset individu tidak memerlukan inspeksi drone yang konstan, sehingga tidak ada insentif bagi karyawan untuk mengikuti pelatihan.

Namun, memilih departemen inspeksi drone internal memang menawarkan beberapa keuntungan penting selain biaya tambahan yang jelas. Tim terpusat dapat menangani pertanyaan atau masalah yang tidak terduga lebih cepat sambil juga berhubungan dengan departemen lain, membuat komunikasi dan alur kerja lebih efisien daripada harus bergantung pada penyedia pihak ketiga.

Hasil Data yang Bisa Dikumpulkan dengan Drone Inspeksi DJI Enterprise

drone-dji-m300-rtk-untuk-aec
Aplikasi DJI M300 RTK di sektor AEC

Jumlah data dan wawasan yang dapat ditawarkan oleh inspeksi drone sangat berharga.

Penggunaan drone di sektor pertanian dalam hal inspeksi atau pengamatan dapat mengidentifikasi kesehatan tanaman, hasil panen, mengidentifikasi kerusakan akibat cuaca seperti banjir atau angin kencang, menganalisa tanah dan nutrisi didalamnya, memetakan GPS untuk perencanaan pertanian presisi. Sementara dari AEC, penggunaan drone DJI Enterprise dapat menghasilkan permodelan 2D dan 3D yang kompatibel dengan software GIS dan peta orthomosaic dari lokasi konstruksi, pencitraan thermal untuk identifikasi potensi kerusakan yang ada.

drone-dji-m300-rtk
Aplikasi drone DJI M300 RTK plus H20T

Dari sektor kimia, minyak dan gas, drone dapat digunakan sebagai alat yang menghasilkan pencitraan thermal dan visual untuk mengidentifikasi potensi kebocoran dan vegetasi invasif yang ada, termasuk identifikasi payload detektor gas pada fasilitas dan struktur vertikal 2D dan 3D, menyelesaikan pemeriksaan rutin atas aset distribusi dan transmisi pada sektor telekomunikasi seperti powerlines atau telecom infrastructure, mengupulkan data visual dan termal gardu induk dan identifikasi potensi kerusakan, inspeksi boiler, pembacaan suhu secara realtime.

Untuk sektor tambang, penggunaan drone dapat membantu petugas memantau inventaris, analisa elevasi, pengukuran volumetrik dan permodelan 3D. Sementara pada sektor public safety, penggunaan drone dapat dilakukan untuk menilai kerusakan dan perencanaan intervensi cepat pemetaan untuk keperluan pengambilan keputusan.

Rekomendasi Drone dan Payload DJI Enterprise untuk Inspeksi

DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

drone-dji-mavic-2-enterprise-advanced-untuk-inspeksi
Kelengkapan DJI M2EA

Dirancang untuk meningkatkan alur kerja bagi pelanggan yang menggunakan drone untuk operasi kritis dan kompleks. Kamera termal dan visual resolusi tinggi, zoom digital hingga 32× dan mampu akurasi pemosisian tingkat sentimeter dengan modul RTK.

Tambahan menarik lainnya untuk pasar inspeksi drone adalah Mavic 2 Enterprise Advanced. Ukurannya yang kecil membuatnya ringan dan portable untuk dimiliki. Selain itu, drone ini dilengkapi dengan sensor visual dan termal ganda membuatnya cocok untuk berbagai misi inspeksi, sementara modul RTK-nya meningkatkan akurasi untuk inspeksi otomatis.

DJI Matrice 300 RTK

drone-dji-m300-rtk-untuk-inspeksi.jpg
DJI M300 RTK dan payload pendukung

Sebuah platform yang menetapkan standar baru untuk drone industri dengan menggabungkan kecerdasan dengan kinerja tinggi dan keandalan yang tak tertandingi.

Drone DJI M300 RTK Ini mengintegrasikan fitur penerbangan modern, kemampuan AI canggih, 6 Directional Sensing and Positioning System, sistem manajemen kesehatan drone, dan waktu penerbangan 55 menit.

Drone DJI M300 RTK dirancang khusus untuk menghadapi tantangan yang terkait dengan sektor-sektor yang dipertimbangkan dalam artikel ini seperti lingkungan yang keras dan interferensi elektromagnetik, berkat IP 45. Oleh karena itu, dengan memasangkannya pada RTK base station telah sangat membantu dalam menangani interferensi elektromagnetik.

DJI Zenmuse H20T dan DJI Terra

drone-dji-enterprise-aplikasi-dji-zenmuse-h20-series.jpg
Aplikasi DJI Zenmuse H20

DJI Terra adalah perangkat lunak pemetaan all-in-one yang mudah digunakan yang kompatibel dengan Phantom 4 RTK, membantu para profesional industri seperti surveyor merencanakan, memproses dan menganalisis data udara. Dengan update terbaru September 2020, pemrosesan data DJI Terra kini 400% lebih efisien selain itu Phantom 4 RTK hanya dengan menggunakan RAM 1GB.

Sementara payload drone DJI Zenmuse H20T dapat digunakan untuk inspeksi memantau suhu objek atau aset dari jarak jauh secara realtime tanpa pekerja tidak perlu melakukan pengecekan jarak dekat.

Pelajari lebih lanjut drone inspeksi DJI Enterprise lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Tips Maintenance Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced
Pentingnya Akurasi dan Ketepatan Survey Mapping dengan Emlid Base Station
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories