10 FAQ dan Jawaban Flyability Elios 2 untuk Industri Minyak dan Gas

FAQ terkait Flyability Elios 2 untuk Minyak dan Gas

Menerbangkan drone Flyability Elios 2 di sektor minyak dan gas tidaklah mudah, namun menguasai FAQ nya dapat membantu pengoperasian drone tersebut.

flyability-elios-2-drone-untuk-minyak-dan-gas-scaled.jpg
Penggunaan Elios 2

1. Apa Kegunaan Utama Elios 2?

Elios 2 digunakan dalam segala kondisi, saat gelap, berdebu, berasap atau bahkan saat ada rintangan dan pantulan permukaan.

Elios 2 sering digunakan untuk pemeriksaan tangki, cerobong asap/cerobong asap, FCC dan unit cocker di berbagai lingkungan Minyak & Gas seperti rig, FPSO, atau kilang. Bahkan di Indonesia, Pertamina menggunakan confined space drone Flyability Elios 2 untuk mengefisiensikan alur kerja dari yang sudah ada sebelumnya. Penggunaan Flyability Elios 2 untuk sektor minyak dan gas banyak membawa efisiensi untuk sektor tersebut.

2. Seberapa Jauh Bisa Menerbangkannya?

Dimungkinkan untuk melakukan inspeksi jarak jauh di luar garis pandang, menembus dinding, dan melewati rintangan dengan Elios 2. Lebih dari 150m pada aset diluar tangki dari jarak awal operator melakukan akuisisi data. Untuk tangki, bisa puluhan meter jauhnya.

3. Apa yang Terjadi jika Saya Kehilangan Sinyal? Apakah Bisa Menggunakan Range Extender untuk Industri Minyak dan Gas?

flyability-elios-2-inspeksi-tangki-pressure-vessel
Contoh penggunaan Elios 2 di area indoor

Di ruangan yang tertutup, sinyal yang merambat dibatasi oleh geometri tempat untuk memeriksa dan mengoperasikan drone dari jarak jauh menjadi sulit.

Namun, dalam stockpile baja, perambatan sinyal sangat bagus.
Karena aset dari industri minyak dan gas bisa meyerap daya sinyal, dalam industri minyak, gas dan kimia, range extender memiliki nilai tambah yang luar biasa.

Untuk itu, penggunaan range extender pada drone Flyability Elios 2 dinilai bagus untuk sektor minyak dan gas

Dengan ditempatkan di area stockpile, pilot dapat dengan mudah mengontrol drone dari luar tanpa mengurangi jangkauan penerbangan drone.

4 Berapa Ukuran Cacat Terkecil yang Bisa Saya Temukan?

 flyability-elios-2-inspeksi-tangki.jpg
Elios 2 melihat aset dari dekat

Dengan Flyability Elios 2, Anda dapat mengambil gambar dengan Ground Sampling Distance 0,18 mm/piksel, Elios 2 dapat melihat cacat yang lebarnya beberapa milimeter.

Dengan akurasi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan cacat seperti pola retak kecil di dinding atau lubang di dalam silo.

Tidak hanya itu, penggunaan Flyability Elios 2 juga menurunkan risiko kecelakaan kerja pada inspector, karena pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh, sementara pengguna tetap dapat melihat anomali aset hingga ke celah yang terkecil dari berbagai sisi.

5. Apakah Debu di Stockpile Menjadi Masalah Serius pada Elios 2?

Jika melakukan inspeksi pada area berdebu, tentu visibilitas penerbangan menjadi akan terbatas. Tapi semua bisa diatur oleh pilot drone termasuk tips merawat Flyability Elios 2 agar bisa digunakan untuk operasional jangka panjang.

 flyability-Elios-2.jpg
Elios 2 terbang di area indoor

6. Bagaimana Cara Membersihkan Flyability Elios 2?

Dalam industri minyak, gas dan bahan kimia, beberapa hal diperlukan untuk melakukan pembersihan drone yang tepat. Pertama, perlu untuk menghilangkan residu berbahaya dari drone.

Penggunaan isopropanol (dengan sikat gigi atau kaki) atau zat serupa lainnya dapat digunakan, namun perlu kehati-hatian agar tidak merusak komponen yang ada pada aset yang diinspeksi, terutama pada sektor minyak dan gas, memerlukan kehati-hatian ekstra saat melakukan inspkesi.

Alkohol isopropanol dapat digunakan untuk membersihkan kandang dan permukaan robot apa pun, gunakan sikat gigi untuk menjangkau tempat-tempat sempit. Perhatikan sistem pencahayaan onboard (alkohol isopropanol akan mengeringkan perlindungan leds.

Jadi, Anda harus menghindari menggunakannya pada lampu dari drone). Jika debu atau kotoran lain menumpuk di permukaan LED, itu akan mengurangi kapasitas pencahayaan Elios 2. Setelah setiap pemeriksaan, penting untuk meniup semua debu. Berikan perhatian khusus pada motor. Debu atau partikel lain dapat merusak motor jika dibiarkan menumpuk di dalamnya.

7. Apa Output dari Proof of Concept (POC)

 flyability-elios-2.png
Inspeksi jarak dekat dengan Elios 2

Elios 2 telah terbukti menjadi alat yang sangat berguna untuk inspeksi tangki dan tumpukan. Tanpa membeli drone, prospek dapat melihat seperti apa hasil inspeksi yang dilakukan oleh Flyability Elios 2.

Selama POC kami tidak melakukan inspeksi penuh tetapi kami menunjukkan hasil/data seperti apa yang bisa Anda dapatkan dari inspeksi dengan baik pilot dan Elios 2. POC sendiri penting karena bermanfaat untuk memperpanjang umur aset, sehingga bisa dipakai dalam waktu yang lama.

8 Apakah Anda Membutuhkan Cahaya Ekstra di Dalam Tangki?

Sistem pencahayaan Elios 2 membawa 10.000 lumen cahaya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, Elios 2 memberikan jumlah pencahayaan yang tepat apakah Anda perlu melihat gambaran besar atau celah terkecil. Saat pencahayaan tambahan diperlukan untuk mendapatkan detail lebih lanjut dan kualitas gambar yang lebih tinggi selama pengambilan data jarak dekat, Elios 2 membawa sumber cahaya jarak dekat tambahan yang memberikan cahaya langsung ke objek yang diamati.

flyability-elios-2-drone-inspeksi-CVI.jpg
Operator menggunakan drone Elios

9. Berapa Besar Estimasi Penurunan Biaya Menggunakan Flyability Elios 2

Dalam beberapa kasus, Elios 2 berhasil mengurangi biaya inspeksi hingga 96%. Ini mengurangi biaya setidaknya 50%.

Hal ini disebabkan pengurangan downtime yang drastis, karena peralatan seperti tali, scaffolding, dan peralatan keselamatan sudah tidak diperlukan lagi.

Selain itu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan berkurang dan pemrosesan data lebih cepat.

Hasilnya adalah pengurangan drastis dalam biaya inspeksi untuk banyak aset di industri minyak dan gas dengan Flyability Elios 2.

10. Bagian Apa yang Perlu Diganti Setelah Penerbangan?

Baling-baling harus diganti setiap 10 jam penerbangan untuk memastikan umur panjang drone. Mesin harus diganti setiap 25 jam penerbangan. Jika terjadi kecelakaan, pentagon harus diubah.

Mengapa motor perlu diganti setelah 25 jam? Apakah sama di tangki dan cerobong asap atau haruskah saya menggantinya lagi? Motor harus diganti setiap 25 jam dan baling-baling setiap 10 jam untuk memastikan keamanan dan keandalan. Meskipun merupakan lingkungan yang berisiko (bertumpuk dengan jelaga), jika perawatan dilakukan dengan benar dan drone dibersihkan setelah setiap pemeriksaan, mesin juga harus diganti setiap 25 jam penerbangan.

to learn more about Elios 2, contact our team!

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Manfaat Drone DJI Enterprise untuk Polisi, Pemadam Kebakaran dan Tim SAR
Manfaat Flyability Elios 2 untuk Industri Pembangkit Listrik
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories