Update Terbaru Software Emlid ReachView 3: Pengumpulan Data RTK jadi Lebih Mudah

Emlid ReachView 3, Fitur Terbaru Apa yang Dimiliki?

mlid-reachview-3-mobile-apps-scaled.jpg
Emlid ReachView 3

Emlid ReachView 3 saat ini sudah dilengkapi dengan update fitur terbaru yang bisa diunduh di App Store dan Google Play, apa saja updatenya?

Selama beberapa bulan terakhir, ribuan pengguna sudah mengambil bagian dalam pengujian versi beta dan memberi pihak Emlid banyak sekali feedback yang berharga untuk perbaikan fitur pada mobile apps tersebut.

Untuk mewujudkan kemudahan dan penyederhanakan pengumpulan data RTK, ReachView 3 saat ini sudah diperbaharui dengan beberapa fitur yang disarankan oleh pengguna, sehingga dapat bekerja dengan baik pada seluruh receiver Emlid.

Sistem Koordinat On-Board

Update sistem koordinat on-board

ReachView 3 punya perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan versi pendahulunya, yaitu Emlid ReachView 2. Emlid ReachView 3 bukanlah aplikasi web, melainkan dua aplikasi asli, yang dibuat khusus untuk pengguna yang melakukan kegiatan survey dan mapping lewat gadget Android dan iOS milik mereka.

Setelah melewati sekian waktu pengujian aplikasi versi beta di android maupun iOS, akhirnya versi Emlid ReachView 3 ini bisa keluar dari versi betanya dan semakin membuat pengguna semakin mudah untuk mengumpulkan data RTK.

Dukungan sistem koordinat pada Emlid ReachView 3 akhirnya hadir. Pembaharuan fitur ini meliputi lebih dari seribu sistem koordinat yang tersedia. Pengguna yang menggunakan mobile apps ini di gadget android atau iOS mereka tidak perlu lagi software pihak ketiga untuk melakukan transformasi koordinat.

Emlid ReachView3 bisa langsung digunakan untuk melakukan survey RTK. Pemilihan didasarkan pada pendaftar EPSG dan IGN dan mendukung ribuan sistem koordinat yang berbeda di seluruh dunia. Dengan demikian, pengguna ReachView 3 diberbagai negara bisa menentukan koordinat data yang diambil menjadi semakin akurat.

Selain itu, ReachView 3 memiliki dukungan bawaan untuk transformasi grid dan geoid. Pilih sistem koordinat yang sesuai, dan aplikasi akan meminta anda untuk mengunduh semua file tambahan yang diperlukan. Saat ini, aplikasi Emlid ReachView 3 sudah mendukung EGM2008 dan banyak lagi datum vertikal lokal di seluruh dunia.

Setelah melewati waktu yang cukup lama dengan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya upgrade firmware Emlid ReachView 3 bisa seperti sekarang.

Sistem koordinat on-board pada Emlid ReachView 3 ini menjadi prioritas utama, karena keberadaaanya dapa bekerja dalam sistem koordinat yang berbeda. Pemilihan didasarkan pada pendaftar EPSG dan IGN dan mendukung ribuan sistem koordinat yang berbeda di seluruh dunia.

Menarik bukan?

Emlid ReachView 3 geoid download

Transformasi grid dan geoid yang didapatkan oleh Emlid ReachView 3 ini juga luar biasa.

Dengan dukungan sistem koordinat yang ada dapat mendukung untuk unit pengukuran yang berbeda. Pengaturan ketinggian tiang dan jarak pengintaian akan bekerja secara otomatis dalam satuan feet atau meter, tergantung pada sistem koordinat proyek yang sedang anda kerjakan.

ReachView 3 memiliki dukungan bawaan untuk transformasi grid dan geoid. Sebagai pengguna, anda dapat melakukan action yang cukup sederhana dan mudah dimengerti untuk memilih kode sistem koordinat yang sesuai.

Setelah itu, aplikasi Emlid ReachView 3 secara otomatis akan meminta anda agar dapat mengunduh semua file-file tambahan penting yang anda butuhkan.

Setelah pembaharuan ini, pihak Emlid akan terus tetap memerhatikan banyak feedback kembali dan akan merealisasikan setiap feedback yang dirasa akan mempermudah pengguna kedalam pembaharuan selanjutnya secara konsisten.

Bagaimana Cara Migrasi Data dari ReachView 2 ke ReachView 3?

Untuk pengguna yang sudah terlebih dahulu mencoba bahkan menggunakan mobile aplikasi Emlid ReachView 2 namun ingin melakukan migrasi data ke Emlid ReachView 3, anda tidak perlu khawatir proses migrasinya akan berlangsung sulit.

Dalam panduan singkat ini, kami akan menjelaskan proses migrasi data nya secara mudah.

Jika anda menggunakan ReachView 2 selama beberapa waktu, Anda mungkin terganggu dengan transfer data ke aplikasi baru. Jangan khawatir, prosesnya mudah, dan kami menyediakannya untuk Anda.
Anda mungkin memiliki setumpuk proyek survei di dalam aplikasi ReachView 2. Anda dapat memindahkannya ke ReachView 3 baru dalam beberapa langkah. Prosesnya serupa untuk perangkat Reach RS+ dan Reach RS2.

Pertama, Anda perlu mengekspor proyek Anda dari aplikasi lama menggunakannya . Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ketuk nama receiver anda di tab “receivers” dan alihkan ke reach panel
  2. Buka “survey”  tabs, pilih eksport dan pilih CSV. Pengunduhan akan dimulai secara otomatis.
  3. Ketuk download untuk mengonfirmasi. Jika anda sedang mengerjakan proyek yang besar, anda mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih untuk diproses.

Interface Baru untuk Penanganan Proyek Kompleks

Pengerjaan proyek skala besar Emlid ReachView 3

Anda dapat mengandalkan aplikasi ini saat mengelola proyek dengan ribuan poin di mana saja. Interface terbaru aplikasi Emlid ReachView 3 memungkinkan navigasi yang mulus di dalam aplikasi, tidak peduli seberapa rumit proyek yang sedang anda kerjakan.

Bahkan, sekarang ini lebih nyaman digunakan daripada versi sebelumnya yaitu Emlid ReachView 2. Untuk proses pengumpulan data, bahkan aplikasi ini dapat menambahkan rata-rata waktu, penamaan otomatis dan deskripsi.

Alat pengumpulan poin dan pengintaian sekarang bahkan lebih nyaman digunakan daripada sebelumnya. Untuk pengumpulan poin, kami telah menambahkan bidang rata-rata waktu, penamaan otomatis, dan deskripsi.

Dalam melakukan ekspor data proyek yang sedang anda kerjakan, anda perlu memerhatikan satu hal jika anda melakukan pekerjaanya lewat android. Dengan menggunakan software Emlid tersebut, ekspor data yang sudah akan lakukan setelah selesai akan masuk ke folder unduhan.

Sementara itu, jika anda menggunakan software Emlid tersebut menggunakan iOS, anda harus memilih cara lain jika ingin menyimpan data proyek anda.

Jika anda menggunakannya di Android, ekspor akan dilakukan ke folder download. Sedangkan untuk iOS, Anda harus memilih cara Anda ingin menyimpan proyek Anda.

Kemudian Anda harus kembali ke ReachView 3 dan mengimpor file. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka tab survey dan ketuk tombol +
  2. Masukkan nama, penulis, dan deskripsi proyek anda (jika diperlukan). Harap pastikan bahwa anda telah memilih WGS84 sebagai sistem koordinat dan tinggi Ellipsoidal sebagai datum vertikal.
  3. Ketuk simpan.
  4. Ketuk panah di bagian bawah aplikasi untuk membuka dasbor proyek.
  5. Ketuk Impor, pilih format CSV, lalu ketuk pilih file.
  6. Pilih file yang Anda unduh.

Penyimpanan Data Survey di Perangkat Seluler Anda

Pengisian point map Emlid ReachView 3

Semua data survei sekarang disimpan di perangkat seluler yang Anda gunakan, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja tanpa terhubung ke receiver Anda.

Impor dan ekspor data yang dikumpulkan menggunakan Dropbox, Drive, Mail, atau aplikasi berbagi file lainnya di ponsel Anda. Ekspor CSV sudah tersedia dengan lebih banyak opsi yang juga akan segera hadir.

Selama melakukan proses pengumpulan point-point data pada Emlid ReachView 3, saat ini anda akan segera bisa memindahkan map secara bebas.

Yang harus anda lakukan hanyalah menggunakan opsi “Zoom in” dan “Zoom out” serta “Fit to map” untuk penilaian survey dengan lebih cepat.

Selain itu, kami telah mengerjakan ulang konfigurasi ketinggian antena dalam pengaturan proyek. Cukup masukkan tinggi tiang—selebihnya akan dilakukan oleh ReachView 3. Aplikasi akan secara otomatis memperhitungkan tinggi adaptor ulir dan jarak ke titik referensi antena penerima.

Selain itu, pembaharuan dari software tersebut juga membawa banyak perubahan dari versi sebelumnya, secara singkat dijabarkan dibawah ini:

Sistem koordinat dengan pencarian berdasarkan nama dan kode.

  1. 6 bahasa: Inggris, jerman, italia, rusia, spanyol, dan turki.
  2. Penampilan data yang sudah dikumpulkan untuk proyek yang didesain ulang menghasilkan mapping yang indah dengan animasi yang halus.
  3. Sekarang proyek disimpan langsung di perangkat seluler, bukan di Reach itu sendiri, sehingga memungkinkan untuk bekerja dengan proyek tanpa mengaktifkan Reach.
  4. Fitur pengumpulan poin dan pengintaian.
  5. Impor dan ekspor dalam CSV.

Kemudahan Koneksi, Konfigurasi dan Input Pengisian Koreksi

Emlid ReachView 3 koneksi otomatis

Mengakses Jangkauan dengan aplikasi baru menjadi lebih mudah. Kami telah menghilangkan langkah-langkah rumit untuk memindai receiver yang tersedia dan menghubungkannya. Setelah penerima dan perangkat seluler berada di jaringan yang sama, ReachView 3 secara otomatis menghubungkannya. Jika ada lebih dari satu penerima, ReachView 3 akan menampilkannya dalam daftar.

Dengan ReachView 3, status bar dapat terlihat secara global. Status solusi penerima, pengisian daya baterai, jumlah satelit yang terlihat, jenis koneksi Internet, semua informasi akan tersedia di seluruh aplikasi.

Simpan semua akun untuk layanan NTRIP di satu tempat dan beralih di antara mereka dengan mudah, tidak peduli berapa banyak dari mereka yang Anda miliki.

Semua kredensial disimpan di dalam ReachView 3. Anda dapat mengatur pengaturan input koreksi yang sama untuk beberapa unit Jangkauan setelah hanya memasukkan kredensial sekali.

Emlid Caster adalah cara mudah dan gratis untuk meneruskan koreksi antar receiver Anda melalui Internet.

Sebagai pengguna, anda dapat menghubungkan satu pangkalan dan hingga lima penjelajah di tempat mana pun di dunia—Emlid Caster tersedia di seluruh dunia.

Emlid Caster mengimplementasikan protokol NTRIP, jadi seharusnya bekerja tidak hanya dengan penerima Jangkauan tetapi juga perangkat berkemampuan NTRIP lainnya.

Sebagai contoh, kami telah mengujinya dengan DJI Phantom 4 RTK dan Reach RS2 sebagai base station dan bekerja dengan lancar. Berbeda dengan pekerjaan berat di lapangan, menghubungkan perangkat Reach dengan Emlid Caster cukup mudah.

Selain itu, NTRIP Caster memungkinkan anda bekerja dengan garis dasar besar di perbukitan yang sering menghalangi sinyal radio.

Pelajari lebih lanjut mengenai aplikasi Emlid ReachView 3.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: The New ReachView 3 Simplifies RTK Data Collection

Perbedaan Emlid NTRIP Caster dan NTRIP Service
MicaSense RedEdge-P: Kamera Multispectral Resolusi Tinggi untuk Penelitian Pertanian
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories