Perbedaan Emlid NTRIP Caster dan NTRIP Service

Emlid NTRIP Caster dan NTRIP Service

Emlid NTRIP

Emlid NTRIP Caster dan NTRIP Service adalah protokol untuk mengalirkan koreksi dari base station ke rover, bagaimana perbedannya? Kedua teknologi ini sering digunakan oleh pengguna untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Ada dua jenis layanan yang membawa “NTRIP” dalam namanya: NTRIP Caster dan NTRIP Service. Mereka mungkin terdengar serupa, tetapi mereka sama sekali berbeda, dan yang Anda gunakan tergantung pada tugas survey dan mapping yang dilakukan.

Selama peluncurannya, banyak sekali pertanyaan yang ditimbulkan mengenai perbedaan diantara NTRIP Caster dan NTRIP Service atau layanan NTRIP pada umumnya. Artikel ini akan menjelaskan fungsi inti dari keduanya temasuk kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki oleh NTRIP Caster dan NTRIP Service.

NTRIP Caster: Bekerja dengan Base dan Rover Anda sendiri

emlid-rtk-gnss-ntrip-caster.png
Cara kerja NTRIP Caster

Emlid Caster berfungsi sebagai saluran yang memasok koreksi melalui Internet. Fungsi inti NTRIP Caster adalah menerima data RTK dari basis anda dan meneruskannya ke rover.

Teknologi ini adalah cara sempurna untuk bekerja bagi mereka yang memiliki base station sendiri.

Pengguna dapat mengatur basis permanen pada titik yang diketahui dan bekerja secara independen dengan beberapa rover.

Untuk menunjang atau mengakomodir kebutuhan survey mapping anda harus memiliki semua perangkat yang berkemampuan RTK, termasuk drone yang anda gunakan.

Koneksi NTRIP Cater ke Emlid Reach RS2

emlid-rtk-gnss-ntrip-caster-emlid-reach-rs2.png
Emlid Reach RS2

Tidak hanya itu, perangkat yang anda gunakan juga harus memiliki koneksi internet.

Keunggulan ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna tanpa ada biaya langganan, dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna Emlid di seluruh dunia.

Banyak dari pengguna merasa mendapatkan kemudahan saat menggunakan receiver Emlid Reach RS2 melalui NTRIP Caster.

Pengguna hanya perlu menempatkan GCP sebelum melakukan misi penerbangan, dimana jika digunakan bersama dengan drone berkemampuan RTK, kedua platform tersebut bahkan mampu menempatkan GCP saat melakukan survey di kawasan perairan.

Melakukan pekerjaan berat dilapangan dengan melibatkan NTRIP Caster dan Emlid Reach RS2 jadi lebih mudah. Selain itu, NTRIP Caster memungkinkan anda untuk bekerja lewat garis dasar jika melakukan survey dan mapping di area pegunungan yang seringkali sulit dilakukan karena terhalang sinyal radio.

Update Apa Saja yang Diterima Emlid Caster?

Sekarang setiap pengguna memiliki lima titik mount yang dihasilkan secara otomatis dan siap digunakan. Kami juga telah menambahkan kemampuan untuk menghubungkan hingga sepuluh penjelajah sekaligus. Ini akan menjadi fitur yang berguna bagi mereka yang memiliki banyak BTS atau banyak peralatan. Interface dari Emlid Caster yang sudah diperbaharui dapat memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setiap titik pemasangan dan mengubah kata sandi.

NTRIP Service: Bekerja dengan Rover yang Anda Miliki

emlid-rtk-gnss-ntrip-service-base-station.jpeg
Cara kerja NTRIP service

NTRIP Service memungkinkan pengguna untuk “menyewa” base station pihak ketiga.

Dalam hal ini, anda tidak memerlukan base station anda sendiri. Sebuah rover dan koneksi internet sudah cukup untuk membantu anda memulai melakukan survey.

Di luar itu, anda perlu berlangganan NTRIP Service. Biaya dan cakupan area tergantung pada penyedia layanan tertentu.

Selain itu, tidak ada cakupan global, sehingga anda harus mencari penyedia yang bekerja sama di negara anda.

Pelajari lebih lanjut solusi dari Emlid lewat Halo Robotics.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: NTRIP Caster vs. NTRIP Service: Which one to Choose?

.

7 Fungsi Drone Inspeksi Flyability Elios 2 untuk Industri Minyak dan Gas
Update Terbaru Software Emlid ReachView 3: Pengumpulan Data RTK jadi Lebih Mudah
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories