8 FAQ dan Jawaban Tentang Emlid Base Station

FAQ terkait Emlid Base Station

emlid-base-station-aplikasi-emlid-reach-rs2-scaled.jpg
Penggunaan Emlid Reach RS2

Seringkali pengguna bertanya mengenai Emlid base station saat survey dan mapping, artikel ini merangkum seluruh FAQ dan jawabannya secara lengkap.

Anda selalu memiliki pertanyaan saat memulai sesuatu yang benar-benar baru, terutama saat mengetahui cara kerja GNSS. Jenis akurasi apa yang kita butuhkan?

Mengapa ketinggian yang kita ukur tidak sesuai dengan yang ada di Google Maps? Bagaimana mengatur receviers, dan apakah mereka bahkan memberikan data yang akurat?

Tidak heran ini tampaknya terlalu membingungkan untuk memulai. Jangan khawatir Halo Robotics dan Emlid siap untuk membantu anda memberikan pengetahuan terkait Emlid base station lewat artikel ini.

Untuk merangkum banyak pertanyaan terkait Emlid base station, kami akan menjawabnya dalam 8 FAQ dalam penjelasan lengkap dibawah ini.

Unboxing Emlid Reach RS2 dan M2


Untuk mengetahui seperti apa spesifikasi dari Emlid base station tipe Reach RS2 dan M2, anda bisa langsung menoton video YouTube diatas ini.

Sekarang, kita akan masuk ke inti dari artikel ini, yaitu memberikan bocoran 8 FAQ atau pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Emlid base station, beserta dengan penjelasan selengkapnya.

1. Bisakah Menggunakan rover Emlid Reach RS+ dengan basis Reach RS2?

Tidak ada batasan teknis dalam menggunakan basis multi-band dan rover single-band. Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan dua Reach RS+ dalam hal kinerja.

Jika Anda ingin memiliki solusi multi-band, Anda memerlukan dua receiver multi-band. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan jumlah pita frekuensi yang dibawa ke alur kerja Anda, tonton video kami:

Memiliki Reach RS2 sebagai basis yang diatur dengan Reach RS+ sebagai rover akan berfungsi seolah-olah kedua receiver yang anda miliki adalah dari jenis single-band.

2. Apakah Memerlukan Akurasi Absolut atau Relatif untuk Project?

Jika ini pertanyaan anda, sebetulnya hal tersebut tergantung dari anda sendiri dan tujuan kenapa anda melakukan proyek tersebut. Untuk beberapa proyek dengan spesifikasi tertentu, anda tentu memerlukan akurasi untuk mengetahui informasi penting dari project yang sedang anda kerjakan dengan Emlid base station.

 emlid-base-station-akurasi-relatif-dan-absolut-gnss-receiver.jpeg
Akurasi relatif dan absolut

Namun, jika ternyata anda hanya ingin mengukur jarak antara beberapa titik, sebaiknya menggunakan akurasi relatif.

Yang anda perlukan adalah untuk menempelkan titik terukur anda ke koordinat global .

Dalam kasus seperti itu, akurasi absolut adalah yang anda cari. Inilah cara anda membaginya berdasarkan tugas.


3. Akankah Satu Receiver Cukup untuk Penentuan Posisi yang Tepat?

emlid-base-station-gnss-receiver-terbaik.jpg
Emlid Reach RS2 base station

Jawaban ini adalah tergantung pada jenis project anda sendiri.

Apakah memerlukan pengukuran yang akurat secara real-time (jadi Anda bekerja dalam mode RTK) atau memproses hasilnya nanti (dengan PPP).

RTK/PPK selalu menyiratkan penggunaan stasiun referensi. Untuk penentuan posisi yang tepat hingga ke tingkat sentimeter, Anda memerlukan acuan akurasi untuk mengumpulkan poin, dan sumber koreksi. Sekarang ada dua opsi yang dapat Anda pilih: mengatur rover dengan base station atau membuatnya menerima koreksi dari layanan NTRIP. Bagaimanapun, untuk penentuan posisi yang tepat, satu rover saja tidak cukup.

Satu receiver dapat digunakan saat anda mencatat data mentah untuk PPP. Opsi yang dapat Anda gunakan adalah dengan Emlid base station Reach RS2. Proses export data dan pengiriman log RINEX ke layanan PPP, dan tunggu hingga mengirimkan posisi tepat dari titik awal pengukuran. Tips ini berguna ketika Anda tidak memiliki base station atau NTRIP yang tersedia di dekatnya.

4. Akankah Receiver Anda Memberikan Akurasi Tingkat Sentimeter?

Ya tentu saja. Hal ini karena satelit mencakup seluruh dunia. Tidak ada bedanya di negara mana anda tinggal, receiver akan tetap menerima sinyal dari satelit. Negara anda mungkin tidak memiliki jaringan NTRIP tetapi sinyal satelit tersedia di belahan dunia mana pun.

5. Ketinggian dalam Pengukuran Saya Berbeda dari Google Maps. Saya pernah membacanya karena Ellipsoidal Height? Apa Artinya?

emlid-base-station-perbedaan-tipe-ketinggian.jpeg
Perbedaan ketinggian

Pertama-tama, ingatlah bahwa Google Maps sangat mendekati, dan data di sana mungkin jauh dari akurat.

Kedua, ada perbedaan ketinggian yang digunakan untuk pengukuran geoid, ortometrik, dan ellipsoidal.

Lihat gambar dan tempat yang tidak cocok. Ketinggian ini mungkin berbeda satu sama lain. Itulah mengapa penting bagi pengguna survey dan mapping atau pengguna Emlid base station lainnya untuk memeriksa terlebih dahulu jenis ketinggian yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek anda.

6. Saya Melakukan Pemetaan dengan Drone dan perlu Menempatkan GCP. Bagaimana cara menentukan di mana tepatnya GCP?

Ground Control Points (GCPs) adalah titik referensi yang Anda letakkan di lapangan dan survei sebelum misi pemetaan drone. Titik-titik ini digunakan untuk menjahit gambar yang diambil drone dengan lebih akurat.

Berikut adalah video tutorial tentang cara menempatkan GCP lihat untuk mendapatkan ide yang lebih baik:

Ada beberapa aturan umum yang dapat Anda gunakan saat menempatkan GCP.

Pertama-tama, akan lebih masuk akal untuk mendistribusikan titik secara merata di tanah.

Anda akan menginginkannya di setiap sudut dan di tengah situs yang disurvei. Jika aman, tempatkan GCP pada titik tertinggi dan Anda akan menginginkannya di setiap sudut dan di tengah situs yang disurvei. Jika aman, tempatkan GCP pada titik tertinggi dan terendah, tandai ketinggian dan perubahan landscape.

7. Apakah Mungkin Menggunakan satu Base Station untuk Beberapa Rover?

 emlid-base-station-dji-phantom-4-rtk-scaled.jpg
Integrasi base station Emlid Reach RS2+DJI Phantom 4 RTK

Tidak ada batasan teknis untuk menggunakan banyak penjelajah dengan satu pangkalan. Anda dapat menghubungkan rover sebanyak yang Anda butuhkan.

Namun, jumlah koneksi rover bergantung pada cara Anda mengirimkan koreksi. Jika Anda menggunakan LoRa, maka tidak ada batasan.

Jika Anda menggunakan NTRIP, maka itu tergantung pada ketentuan penggunaan penyedia. Beberapa dari mereka memungkinkan pengiriman koreksi hanya ke satu rover pada satu waktu.

Apakah base station harus stasioner atau dapatkah ditempatkan di platform yang bergerak? Penerima jangkauan memerlukan basis stasioner untuk melakukan pengukuran yang akurat. Yang tidak berarti Anda tidak dapat memindahkan basis di sekitar situs survei Anda.

Pastikan saja saat Anda melakukannya, rover Anda tidak menggunakannya untuk koreksi. Jeda pengumpulan data rover, pindahkan pangkalan ke titik lain yang diketahui, dan lanjutkan dengan survey RTK.

8. Apakah Base Station harus Stationer atau Dapatkah ditempatkan di Platform yang Bergerak?

emlid-base-station-drone-survey-mapping-dji-phantom-4-rtk-scaled.jpg
Proses penggunaan Emlid Reach RS2

Penerima jangkauan memerlukan basis stasioner untuk melakukan pengukuran yang akurat. Yang tidak berarti Anda tidak dapat memindahkan basis di sekitar situs survei Anda.

Pastikan saja saat Anda melakukannya, rover Anda tidak menggunakannya untuk koreksi. Jeda pengumpulan data rover, pindahkan pangkalan ke titik lain yang diketahui, dan lanjutkan dengan survei RTK.

Tidak hanya dari segi base station, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Emlid ReachView 3 memiliki cara kerja unik dengan berbagai keunggulan yang bantu pengguna survey dan mapping mengerjakan proyek lebih mudah. Aplikasi ini,mendukung ribuan sistem koordinat yang dibangun secara detil, menjadikanya sebagai aplikasi survey dan mapping yang bekerja dengan lebih cepat, lebih akurat, lebih mudah digunakan dan dapat diunduh pada gadget dengan OS iOS ataupun Android.

Pelajari lebih lanjut mengenai solusi survey mapping lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: Answering Your Questions About GNSS and Reach

Anti Drone: Panduan Lengkap
Perbandingan Kamera Multispectral MicaSense RedEdge-P dan RedEdge-MX
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories