LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Drone untuk Inspeksi Confined Space Elios 2 untuk Public Safety

Drone untuk Inspeksi Confined Space Elios 2 untuk Public Safety

Drone untuk Inspeksi Confined Space Elios 2

Drone untuk inspeksi confined space Elios 2 digunakan oleh sektor public safety untuk analisa dampak kerusakannya. Bagaimana aksinya?

Watch more features about Elios 2, click here!

confined space drone terbaik Elios 2 sektor public safety
Confined space drone Elios 2

Tim eksplorasi digital pemadam kebakaran memiliki salah satu armada robot terbesar di dunia untuk memadamkan api, yang mereka gunakan untuk mentaga agar keselamatan pekerjanya tetap terjaga, drone untuk inspeksi confined space Elios 2 dilibatkan untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi operasional dalam pemadaman api kebakaran.

pemadam kebakaran dan confined space drone Elios 2
Elios 2 terbang kedalam confined space


Drone untuk inspeksi confined space Elios 2 tersebut membantu disebut tim eksplorasi digital, dan membantu pekerjaan pemadam kebakaran pada kebakaran sedang dan besar. Rata-rata, personel dari unit tersebut menerbangkan beberapa bentuk drone untuk membantu operasi pemadam kebakaran setidaknya sekali setiap tiga hari.

Peralatan tim meliputi:

  • Elios 2
  • Dua DJI Matrice 300 RTK
  • DJI Mavic Enterprise yang dilengkapi dengan kamera termal
  • Drone bawah air
  • Sebuah kapal tak berawak kecil dengan sonar
  • Perangkat pengukuran untuk membaca pengukuran jarak jauh
  • Robot yang dilengkapi dengan beberapa jenis sensor dan kamera, serta alat pemadam api
Confined space drone Elios 2


Semua peralatan ini disimpan dalam dua van yang tetap siaga, siap digunakan kapan saja. Van tidak hanya berfungsi sebagai gudang untuk drone dan peralatan lainnya, tetapi juga sebagai basis operasionalnya saat berada di lapangan.

Dari van, anggota unit dapat menyiarkan langsung data visual yang dikumpulkan dronenya, menggabungkan data tersebut dengan rekaman kamera tubuh langsung untuk menentukan di mana api masih menyala, atau jika sebuah bangunan terlihat dalam bahaya runtuh karena kerusakan akibat kebakaran.

software untuk melihat anomali di berbagas sektor flyability inspector 3.0
Analisa anomali dengan software Flyability Inspector 3.0


Tim pemadam kebakaran telah mengembangkan platform softwarenya sendiri untuk berbagi semua data yang disiarkan langsung oleh drone, kamera tubuh, dan peralatan lainnya.

Tidak hanya drone untuk inspeksi confined space Elios 2, banyak software seperti Flyability Inspector 3.0 yang digunakan untuk memungkinkan mereka yang memimpin tim eksplorasi digital untuk memilih data visual yang ingin mereka bagikan dengan mereka yang secara aktif memerangi api, beralih di antara streaming langsung dari kamera yang berbeda untuk mengarahkan perhatian petugas pemadam kebakaran ke informasi terpenting untuk upaya mereka.

confined space drone Elios 2 untuk pemadaman api saat peristiwa kebakaran
Proses Elios 2 masuk kedalam aset


Tim eksplorasi digital brigade juga mengembangkan software yang akan menggunakan A.I untuk secara otomatis menganalisis streaming langsung dari semua drone, termasuk drone untuk inspeksi Elios 2, dan peralatan lainnya, dan memberikan wawasan waktu nyata tentang di mana korban kebakaran atau bahan hazmat dapat ditemukan atau di mana lebih banyak perhatian mungkin diperlukan untuk memadamkan api.

Setelah selesai, alat tersebut berpotensi membantu petugas pemadam kebakaran mengetahui dengan tepat ke mana mereka harus pergi untuk menyelamatkan nyawa, dan seberapa aman kondisinya setelah mereka tiba di sana.

Bagaimana Proses Evakuasi setelah Peristiwa Kebakaran Dilakukan dengan Confined Space Drone Elios 2?

hasil gambar aset dari pemadam kebakaran dengan elios 2
Foto yang diambil oleh Tim Eksplorasi Digital menggunakan Elios 2 di dalam gedung yang terbakar


Tidak hanya berhasil mengambil foto dari jarak dekat sesam setelah peristiwa kebakaran terjadi dan berhasil dipadamkan dengan lebih cepat, petugas juga berhasil mendapatkan data visual dan termal dengan drone untuk inspeksi Elios 2 yang digunakan untuk

  • Pengkajian risiko terhadap orang dan bangunan di sekitar selama kebakaran
  • Pembuatan ikhtisar dari seluruh insiden untuk menginformasikan upaya yang harus dilakukan di lapangan.
  • Proses pencarian korban yang membutuhkan pertolongan.
  • Membuat metode penentuan keselamatan bagi petugas pemadam kebakaran mengenai boleh atau tidaknya mereka memasuki gedung, kapal, atau area untuk memadamkan api.
  • Identifikasi titik api yang masih ada dalam kebakaran yang mungkin tampak padam dengan mata telanjang (menggunakan data termal).
  • Proses identifikasi dan penyelidikan penyebab kebakaran setelah api padam.

Bagaimana Hasilnya?

kamera visual dan thermal confined space drone Elios 2 untuk padamkan kebakaran
Kamera Elios 2


380.000 orang bekerja di pelabuhan dan pelabuhan setiap hari, dan area yang dicakup pelabuhan sangat besar, mencakup total 720 kilometer persegi (444 mil persegi).

Salah satu lokasi utama di mana pemadam kebakaran Rotterdam memadamkan api adalah pelabuhan Rotterdam, yang merupakan pelabuhan terbesar di Eropa.

Shell mengoperasikan kilang minyak terbesar di Eropa di Rotterdam. Setiap tahun ribuan kapal kontainer melewati pelabuhan yang membawa tangki besar berisi minyak, serta bahan kimia dan bahan mudah menguap lainnya.

Tangki besar yang dibawa oleh kapal kontainer memiliki peluang tinggi untuk terbakar, dan kebakaran tangki ini adalah salah satu jenis kebakaran paling berisiko yang harus dilawan oleh Brigade Pemadam Kebakaran Rotterdam.

Kebakaran ini juga merupakan salah satu alasan brigade memiliki armada drone yang begitu besar, karena mereka adalah alat penting untuk respons petugas pemadam kebakaran yang efisien dan aman terhadap kebakaran tank di pelabuhan.

inspeksi tangki dengan confined space drone Elios 2
Elios 2 juga bisa digunakan pada aset berdiameter kecil


Dengan menggunakan kombinasi drone akuatik, drone luar ruangan, dan drone dalam ruangan, petugas pemadam kebakaran dapat dengan cepat memperoleh kesadaran situasional yang ditingkatkan tentang tank terdekat yang juga dapat terbakar, pihak tetangga yang dapat terancam oleh kebakaran, dan tank menembak itu sendiri.

Testimoni dan Kesimpulan

Setelah misi pertama itu, Heinecke menambahkan drone untuk inspeksi confined spaceElios 2 ke armadanya di van tim eksplorasi digital sehingga dapat dikerahkan dengan cepat untuk operasi pemadam kebakaran di masa mendatang.

“Saya sedang mencari drone dalam ruangan, dan menemukan bahwa Elios 2 adalah satu-satunya drone yang dapat membantu saya melakukan apa yang perlu saya lakukan. Drone untuk inspeksi confined space Elios 2 berhasil 100% untuk mempercepat pengecekan. ”

– Robbert Heinecke, Pemimpin Tim Eksplorasi Digital Pemadam Kebakaran Rotterdam-

Brigade sekarang secara teratur menggunakan drone untuk inspeksi confined space Elios 2 beberapa kali dalam setahun untuk memadamkan kebakaran dalam berbagai skenario dalam ruangan, termasuk:

  • Tangki dalam kapal
  • Interior gudang
  • Pipa
  • Terowongan
  • Cerobong

Pelajari solusi lengkap inspeksi confined space dengan drone dari FLYABILITY.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

Post Related

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog