5 Perbedaan Drone Terbaik Survey: DJI Phantom 4 DJI Phantom 4 RTK

Seperti Apa Drone Terbaik Survey DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK?

Drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 dan DJI phantom 4 rtk fitur
Drone DJI P4RTK


Drone terbaik survey DJI Phantom 4 DJI Phantom 4 RTK punya banyak perbedaan fitur untuk kemudahan survey dan mapping, berikut ulasannya.

Meskipun mungkin terlihat serupa di luar, drone terbaik survey DJI Phantom 4 RTK telah didesain ulang untuk mencapai akurasi absolut tingkat survei dengan mengurangi GCP.

Drone terbaik survey DJI Phantom 4 RTK menggunakan modul RTK canggih yang dipasang langsung di atas frame untuk menyediakan data pemosisian secara realtime. Ok, mari kita langsung membahas perbedaan dari kedua drone tersebut agar anda tidak lagi bingung dalam menentukan drone mapping yang tepat.

Durasi Penerbangan

Drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 DJI Phantom 4 rtk durasi terbang
Scanning survey dengan DJI P4RTK

Drone terbaik survey DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK memiliki durasi terbang yang sedikit berbeda.

Drone terbaik survey DJI Phantom 4 RTK memiliki durasi terbang maksimal 28 menit. Hal ini berdasarkan data banyaknya pengujian yang sudah dilakukan dilapangan, rata-rata pengguna mampu mengoperasikan drone DJI Phantom 4 di waktu 28 menit.

Sementara itu, drone DJI Phantom 4 RTK memiliki durasi terbang maksimal 30 menit.

Tingkat Presisi Navigasi

Drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 rtk navigasi gcp
Penggunaan DJI P4RTK untuk konstruksi

Salah satu perubahan terbesar drone pemetaan paling akurat antara DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK adalah pengenalan sistem kontrol penerbangan DJI D-RTK.

Sistem visi komputer canggih ini menggunakan teknologi diferensial dinamis untuk memberikan pemosisian 3D yang sangat akurat. Sistem ini jauh lebih efisien dan akurat daripada barometer, kompas, dan sistem GPS yang dipasang sebagai standar pada Phantom 4 RTK.

Teknologi Pencitraan Lebih Presisi

drone pemetaan paling akurat dji phantom 4 dan phantom 4 rtk mapping.png
DJI P4RTK memiliki modul RTK

DJI Phantom 4 punya kemampuan yang kurang maksimal untuk mengambil video 4k dari subjek yang bergerak. Gambar seperti itu sering kali menghasilkan kekaburan rana bergulir yang disebabkan oleh keterbatasan rana elektronik yang digunakan untuk pengambilan video. Phantom 4 RTK memecahkan masalah ini dengan menggunakan rana mekanis untuk pengambilan gambar diam dan video.

DJI Phantom 4 dibekali dengan 4 sensor yang akan membuat maksimal hovering akurasi dan ketangguhan yang akan membuat nyaman pada saat mengudara. Sonar sistem yang ditambahakn juga membuat DJI Phantom 4 lebih stabil. Pada situasi yang ideal dengan gabungan dua teknologi tersebut akan mendapatkan hasil Vision Positioning System vertical hover akurasi +/- 0.1 m dan horizontal hover akurasi menjadi +/- 0.3 m.

Jarak pengambilan ground sample distance juga telah ditingkatkan. Sistem penginderaan CMOS 20 megapiksel 1 inci di Phantom 4 RTK dapat mencapai Ground Sample Distance (GSD) 2,74cm pada ketinggian 100m. Hal ini membawa peningkatan hingga 8% lebih tinggi dibandingkan dengan Drone DJI Phantom 4 yang memiliki GSD 2,95cm pada ketinggian yang sama. Hal ini memungkinkan operator untuk terbang pada ketinggian yang lebih tinggi, mengurangi jumlah gambar dan mengurangi waktu pemrosesan.

Drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK
Drone DJI P4 (kiri) dan DJI P4RTK (kanan)

Model Drone

Dari segi model drone, drone terbaik surveyDJI Phantom 4 tidak memiliki RTK dibagian atasnya.Sementara itu, drone terbaik survey DJI Phantom 4 RTK dilengkapi dengan RTK, yang berada di bagian atas body drone itu sendiri.

Perbedaan ini sangat mencolok, sehingga pengguna bisa mengenali perbedaan diantara drone DJI Phantom 4 RTK karena adanya RTK dengan mudah. Bagian pembedanya yang terlihat dengan jelas adalah modul RTK yang ada pada drone DJI Phantom 4 RTK namun tidak terdapat pada drone DJI Phantom 4.

5. Baterai dan Remote Control

Drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK dilengkapi dengan kapasitas baterai yang berbeda.

DJI Phantom 4 dilengkapi dengan kapasitas baterai 5.870Ah. Hal inilah yang membuat drone tersebut mampu melakukan survey dan pemetaan untuk pengambilan data selama 28 menit. memungkinkan untuk diterbangkan hingga setengah jam.

Sementara itu, drone survey mapping DJI Phantom 4 RTK dilengkapi dengan kapasitas baterai sebagai berikut:

  • Kapasitas: 5870 mAh
  • Voltage: 15.2 V
  • Tipe baterai: LiPo 4S
  • Berat Bersih: 468 g
  • Rentang Suhu Pengecasan: 41° to 104°F (5° to 40°C)
  • Max Charging Power: 160 W

Dari segi remote control pun drone pemetaan paling akurat dari DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK memiliki spesifikasi yang berbeda. Drone DJI Phantom 4 dibekali dengan remote contol dan live feed bergantung pada teknologi DJI Lightbridge yang menyuguhkan efektifitas kontrol hingga 5 KM (tanpa ada halangan atau interference).

Mana yang membuat anda lebih tertarik untuk mencobanya, diantara drone pemetaan paling akurat DJI Phantom 4 dan DJI Phantom 4 RTK? Untuk diketahui, Drone DJI Phantom 4 sudah berhenti diproduksi, sebagai upgrade yang berada ditengah-tengah DJI mengeluarkan drone DJI Phantom 4 Pro.

Pelajari lebih lanjut tentang drone DJI Enterprise.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Bagaimana Akurasi Mapping Drone dan Survey DJI Phantom 4 RTK?
RTK Base Station: Cara Kerja RTK dengan Emlid Reach RS2
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories