LEARNING CENTER
Beranda » Blog » Kelebihan Drone Terbaik Inspeksi DJI M300 RTK VS M210 RTK

Kelebihan Drone Terbaik Inspeksi DJI M300 RTK VS M210 RTK

Rekomendasi Drone Terbaik Inspeksi DJI

Drone terbaik inspeksi DJI M300 RTK dan DJI M210 diciptakan untuk kebutuhan pemeliharaan aset Industri, bagaimana kelebihan keduanya?

Watch the video to learn more about DJI M300 RTK!


Drone terbaik inspeksi DJI M300 RTK dan DJI M210 diciptakan sebagai drone paling inovatif karena kualitasnya untuk menjamin keamanan inspeksi aset saat drone tersebut diterbangkan, sehingga keberadaanya dinyatakan oleh para praktisi di sektor minyak, gas serta heavy Industries sebagai platform inspeksi yang kredibel dan dapat diandalkan dalam penggunaanya.

drone-inspeksi-sutet-objek-radiasi-elktromagnetik-tinggi-dji-m300-rtk-zenmuse-l1
DJI M300 RTK

Ketika DJI meluncurkan seri drone Matrice 200 tiga tahun lalu, platform udara ini dinobatkan sebagai tanda bagi era baru bagi pasar drone komersial.

DJI melakukan peluncurkan kembali drone terbaik inspeksi Matrice 200 V2 sebagai pengembangan dari versi Matrice 200 untuk solusi inspeksi menggunakan drone.

Tiga tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 2020, DJI bersama dengan partner resmi mereka yaitu Halo Robotics, kembali meluncurkan generasi drone Matrice 300 RTK di Indonesia sebagai platform udara yang revolusioner, karena dilengkapi dengan fitur-fitur A.I dan memiliki prinsip kerja untuk keamanan penerbangan drone inspeksi berstandar internasional.

Berikut akan dijelaskan di dalam artikel ini mengenai perbedaan antara drone terbaik inspeksi DJI seri M210 dengan M300 RTK, agar inspektor dapat segera memaksimalkan efisiensi operasional iuntuk nspeksi aset.

Model Drone dan Durasi Terbang

Drone inspeksi DJI M210 (kiri) dan DJI M300 RTK (kanan)

Drone terbaik inspeksi DJI M210 memiliki baling baling berjumlah empat yang terletak di bagian atas. Sementara drone inspeksi DJI M300 RTK mempunyai 4 baling-baling yang berada di posisi bawah.

Kemampuan drone untuk terbang lebih lama dibutuhkan saat menginspeksi area yang lebih luas, oleh karena itu M300 RTK dapat menjadi solusi bagi para Inspektor yang ingin melakukan inspeksi aset di area yang besar. Durasi terbang drone terbaik inspeksi M300 RTK mencapai 55 menit tanpa menggunakan payload (gimbal tambahan). Sementara itu, pendahulunya yakni M210 RTK memiliki durasi terbang setengah jam (30 menit).

Kebutuhan Inspeksi

drone-inspeksi-terbaik-dji-payload-drone-thermal-dji-zenmuse-h20t
Inspeksi dengan drone DJI M300 RTK

Dengan kemampuan untuk mengkonfigurasi gimbal yang menghadap ke atas, drone terbaik inspeksi M210 RTK mampu memvisualisasikan secara lengkap konstruksi jembatan dari udara (aerial inspection) dengan mudah.

Drone inspeksi DJI M300 RTK diberikan tambahan pembaharuan oleh DJI,untuk melakukan penelusuran pada berbagai tipe aset, tidak hanya konstruksi jembatan, drone ini akan membantu Inspektor untuk melakukan inspeksi menara telekomunikasi secara aman dan akan dilakukan dengan lebih cepat.

Jika anda menginginkan efisiensi yang lebih maksimal, ada baiknya jika anda menggunakan drone DJI M300 RTK, apalagi jika inspeksi di area yang luas, sehingga pekerjaan anda lebih cepat selesai.

Sensor Pendeteksi Hambatan

Sensor DJI M300 RTK

Dilengkapi dengan fitur 6 directional sensing, Drone M300 RTK mampu mendeteksi hambatan terbang dari segala arah sekaligus menciptakan keamanan terbang secara maksimal saat Inspektor melakukan inspeksi aset di wilayah yang sempit.

Sementara itu, pendahulunya yakni M210 RTK hanya dilengkapi dengan 4 directional sensing, sehingga tidak dapat melihat berbagai hambatan terbang dari segala arah.

Keunggulan yang dimiliki oleh drone inspeksi DJI M300 RTK tersebut akan membantu operator untuk dapat menerbangkan drone secara aman. Hal Ini dikarenakan, pengguna dapat melihat secara jelas dari berbagai sisi adanya obstacle yang dapat berbahaya dan menimbulkan tabrakan besar bagi drone inspeksi DJI M300 RTK.

Artificial Intelligence (“A.I”)

A.I DJI M300 RTK

Matrice 300 RTK dilengkapi dengan AI Spot Check pada Primary Flight Display, sehingga secara otomatis akan dapat mengenali gambar yang sama. Fitur ini cocok digunakan oleh Inspektor untuk mengetahui perkembangan dari maintenance atau pemeliharaan aset secara rutin yang belum dapat ditemui pada M210 RTK.

Selain itu, drone tersebut juga dilengkapi dengan fitur Smart Tracking yang akan membantu Inspektor dalam menginspeksi aset pada jarak yang jauh.

Sertifikat

drone-inspeksi-dji-m300-rtk-Splash-testing-IPX4-of-the-M300-RTK.gif
Uji ketahanan air DJI M300 RTK

Drone M210 RTK sudah mendapatkan sertifikat IP43, sehingga pesawat tanpa awak tersebut akan tetap beroperasi secara optimal meskipun Inspektor sedang melakukan inspeksi di area yang rentan terkena air.

Sementara itu, versi terbarunya yakni M300 RTK sudah memperoleh sertifikat IP45, sehingga drone tersebut laik digunakan saat melakukan inspeksi di suatu area meskipun cuaca sedang gerimis atau inspeksi aset dilakukan pada wilayah yang rentan berdebu.

Payload

drone-inspeksi-payload-zenmuse-h20-color-palletes-drone-thermal-dji-zenmuse-h20t
Tampilan thermal DJI Zenmuse H20T

Zenmuse H20 dan Series H20T juga diluncurkan oleh DJI bersama Halo Robotics secara online bersamaan dengan drone M300 RTK. Payload tersebut dapat terintegrasi dengan pesawat tanpa awak M300 RTK untuk membantu Inspektor meningkatkan efisiensi pekerjaan Inspeksi aset yang sulit dan berisiko tinggi.

Series H20T dilengkapi dengan kamera thermal untuk merekam objek yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Zenmuse series dilengkapi dengan Night Scene, sehingga akan tetap menghasilkan visibilitas gambar yang lebih jelas ketika Inspeksi dilakukan pada malam hari atau saat kondisi pencahayaan sedang rendah.

Secara keseluruhan, pengembangan drone inspeksi DJI versi M210, yaitu M300 RTK dapat membantu  Inspektor dalam melakukan inspeksi aset secara maksimal lebih aman, dikarenakan drone tersebut sudah mengadopsi standar keamanan berdasarkan fitur penerbangan internasional dan dilengkapi dengan banyak fitur kecerdasan buatan, sehingga efisiensi operasional dari segi biaya, pengerahan man power juga waktu dapat di potong semaksimal mungkin.

Pelajari lebih lanjut tentang solusi DJI Enterprise.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: enterprise@halorobotics.com
WhatsApp: +62811-8549-888

Post Related

Welcome to Halo Robotics

Button WA Blog