Drone Software Inspeksi Elios 2 Inspector 3.0 untuk Heavy Industry

Drone Software Inspeksi Confined Spaces Elios 2 dan Inspector 3.0

flyability-elios-2-drone-inspeksi-confined-spaces
10.000 lumens cahaya Elios 2

Drone software inspeksi di heavy industry seperti Flyability Elios 2 dan software deteksi anomali Inspector 3.0 menghasilkan banyak keuntungan.

Heavy industry merupakan industri yang banyak menyokong pertumbuhan ekonomi, salah satu yang termasuk kedalam heavy industry adalah semen.

Semen sendiri merupakan komponen yang cukup banyak digunakan untuk kegiatan konstruksi. Menurut data, setiap tahunya hampir 15% semen terkandung didalam beton. Namun, tidak dapat dipungkiri, bahwa pekerja di industri ini punya risiko tinggi terhadap kecelakaan kerja.

Karena termasuk kedalam pekerjaan yang dilakukan di confined spaces atau area terbatas, menurut biro statistik tenaga kerja, setidaknya ada 1.030 orang meninggal dalam kurun waktu 2011-2018 karena kecelakaan kerja di pabrik semen.

Drone software inspeksi Flyability Elios 2 dan software Inspector 3.0 kemudian mulai dirapatkan oleh banyak perusahaan di heavy industry untuk meminimalisir kecelakaan kerja dan menghasilkan keuntungan lain bagi perusahaan. Untuk alasan ini, drone dalam ruangan ideal untuk inspektur yang perlu mengakses ruang terbatas untuk melakukan inspeksi internal dan mengumpulkan data visual pada aset seperti siklon, silo, unit penyimpanan, atau aset industri lainnya.

Bagaimana Efektifitas Value yang Diberikan jika Dibandingkan dengan Inspeksi Konvensional?

flyability-elios-2-aset-heavy-industry-drone-inspeks
Aset heavy industry berbahaya diinspeksi secara tradisional

Pendekatan tradisional untuk memeriksa aset semen ini mengharuskan inspektur untuk secara fisik membuat dirinya ada didalama aset tersebut.

Pekerja juga harus bergerak dengan membawa senter dan kamera lalu merekam data visual yang mencerminkan kondisi internal aset dan mencari cacat seperti korosi, karat, lubang, pola retak di dinding, kondisi dinding, atap dan lubang di dalam silo, penilaian kondisi struktural dari struktur silo.

Jika asetnya besar, seperti yang biasa terjadi, inspektur mungkin harus menggunakan scafholding atau rope access dan melihat setiap default.

Kekurangan ini melibatkan sejumlah besar biaya serta banyak downtime (hingga 20 jam untuk mendirikan dan melepas scafolding). Selain itu, untuk alasan keamanan, diperlukan setidaknya 3-4 pengamat, beberapa di lapangan dan yang lain harus berada di sisi lain aset yang diinsepksi.

Selain itu, beberapa aset berdiri atau terdapat di area yang sulit atau tidak mungkin dijangkau. Oleh karena itu, daerah-daerah ini tidak diperiksa. Inspeksi tradisional sangat berbahaya bagi inspektur, mahal dan melibatkan banyak downtime.

Value yang Diberikan Flyability Elios 2 dan Inspector 3.0 untuk Perusahaan

flyability-elios-2-hasil-software-inspector-3.0.jpg
Hasil deteksi anomali aset dengan Inspector 3.0 software

Drone software inspeksi dengan Flyability Elios 2 membutuhkan lebih sedikit persiapan. Baik tali maupun scafolding tidak boleh dipasang karena pengawas tidak harus memasuki aset. Pekerja juga tidak perlu pakai peralatan keselamatan dan inspeksi khusus.

Untuk pemeriksaan dengan drone software inspeksi Flyability Elios 2 hanya ada jalur penerbangan, pemeriksaan yang harus disiapkan (pernyataan metode, penilaian risiko, dll), range extender yang akan dipasang jika diperlukan dan drone yang akan diterbangkan serta data visual yang akan dikumpulkan.

Apalagi, sebagian besar waktu, izin kerja masih perlu diminta. Namun mereka lebih cepat didapat karena tidak ada manusia yang harus memasuki aset. Pekerja hanya perlu memasuki aset dan mengerjakan scafolding jika inspektur menemukan cacat yang memerlukan perawatan. Dan, berkat data visual yang dikumpulkan oleh drone dalam ruangan, waktu mereka di dalam aset akan sangat berkurang karena mereka akan tahu persis di mana harus bekerja begitu berada di dalam. Memeriksa dengan Flyability Elios 2 hemat biaya.

Karena tidak diperlukan scafolding, kedua teknologi ini menghemat ratusan hingga miliaran rupiah biaya ispeksi bagi perusahaan termasuk mengurangi downtime. Hal ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengambil data inspeksi visual hingga 50%.

flyability-elios-2-drone-inspeksi-konstruksi-heavy-industry
Penggunaan Flyability Elios 2 di area indoor

Selain itu, drone software inspeksi dalam ruangan memungkinkan pemeriksaan dengan cepat, yang memberikan informasi penting bagi administrator pabrik, memberi mereka data real time tentang kondisi aset untuk menginformasikan keputusan produksi mereka.

Dengan Inspector 3.0, mudah untuk menentukan lokasi yang tepat dari cacat pada aset dibandingkan dengan inspeksi tradisional.

Selain itu, kualitas data visual secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan kamera dan lampu yang digunakan untuk inspeksi tradisional.

Pemeriksaan dengan Elios 2 memungkinkan pemeriksaan dilakukan dalam skenario yang tidak dapat diakses manusia, sekaligus menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja dan mengurangi downtime.

Silahkan hubungi tim kami untuk mendapatkan solusi inspeksi di heavy industry dengan Elios 2.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Integrasi Drone DJI Phantom 4 RTK dan Software Pemetaan PIXDmapper untuk Pertanian Presisi
7 Tips Terbang Drone DJI Enterprise untuk Pemula dari Pilot Profesional
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories