Cara Mengunakan Drone Semprot DJI Agras T30 untuk Pembibitan Jagung

Drone Semprot Pertanian DJI Agras T30

Drone semprot pertanian DJI Agras T30 cocok digunakan petani menggunakan drone tersebut untuk memaksimalkan pembibitan, berikut implementasinya.

drone-pertanian-dji-drone-khusus-pertanian-spreading-system-30-dji-agras-t30.png
DJI Agras T30

Jagung adalah ramuan tahunan dari keluarga rumput. Dibandingkan dengan tanaman biji-bijian tradisional seperti beras dan gandum, tanaman ini toleran terhadap kekeringan, tanah dingin dan tidak subur, dan memiliki kemampuan beradaptasi lingkungan yang sangat baik.

Sebagai tanaman biji-bijian dengan hasil tinggi, jagung merupakan sumber makanan penting untuk peternakan, pembiakan, dan akuakultur, serta bahan baku yang sangat diperlukan untuk industri makanan, industri medis dan kesehatan, industri ringan, dan bahan kimia industri.

drone khusus pertanian untuk jagung DJI Agras t30
Tanaman jagung yang dijadikan objek penelitian

Di indonesia, budidaya jagung dilakukan di berbagai daerah asal menunjang iklim pertumbuhan jagung sebaik mungkin. Diluar negeri, penanaman jagung di asia khususnya di china terkonsentrasi di timur laut, utara dan barat daya, membentuk sabuk tanam jagung miring yang memanjang dari timur laut ke barat daya.

Untuk membantu meningkatkan operasi aplikasi udara untuk jagung, artikel ini akan membuat pertimbangan analisis umum untuk berbagai tahap pertumbuhan jagung dengan teknologi drone khusus pertanian DJI Agras T30.

Drone semprot DJI Agras T30 tersebut akan membantu petani untuk menyederhanakan alur kerja operasional mereka dari mula tahap perencanaan penanaman hingga pembibitan dan pemeliharaan dari tanaman jagung agar menjadi tanaman yang kuat dari serangan hama dan maksimal dari bentuknya, sehingga dapat meningkatkan harga jual dan grade tanaman tersebut.

Penyiangan pada Tahap Pembibitan

drone-khusus-pertanian-jagung-dji-agras-t30
Drone DJI Agras T30

Dari munculnya bibit hingga tahap penyambungan, diferensiasi akar, daun dan batang jagung mengisi diri mereka sendiri dengan cahaya yang cukup, hujan dan pemupukan tepat waktu. Pada tahap pembibitan, lebih diperhatikan untuk memeriksa apakah bibit jagung muncul secara konsisten dan apakah batang dan cabangnya kuat, untuk meletakkan dasar yang kokoh untuk hasil yang baik.
 
Pada tahap ini, drone semprot untuk sektor pertanian DJI Agras T30 digunakan dalam operasi penyiangan dan pembibitan sekaligus mengendalikan rumput tahunan dan abadi dan gulma berdaun lebar dengan nicosulfuron, atrazine dan rimsulfuro.

drone-khusus-pertanian-bibit-jagung.png
Bibit tanaman jagung

Diperlukan waktu 2~6 jam agar herbisida pasca-tumbuh diserap setelah aplikasi. Efektivitas pengendalian gulma sangat erat kaitannya dengan suhu dan kelembaban.

Ketika diterapkan pada suhu tinggi dan kelembaban relatif rendah, tetesan akan menguap lebih cepat di udara dan di daun, menghasilkan efektivitas pengendalian gulma yang buruk. Selain itu, fitotoksisitas dapat dengan mudah terjadi pada suhu tinggi, sehingga disarankan untuk menggunakan herbisida pada pagi dan sore hari.

drone-khusus-pertanian-dji-agras-t30-lakukan-pen
Penyemprotan gulma jagung


Periode paling aman untuk pengaplikasian nikosulfuron pasca-munculnya adalah tahap ketika sudah mulai tumbuh 3-5 daun, dan fitotoksisitas mudah terjadi sebelum tahap 2 daun atau setelah tahap 6 daun.

Sethoxydim adalah herbisida yang digunakan sebelum tanaman tumbuh dan pasca tanaman tumbuh sebagai transportasi selektif, yang terutama diserap oleh sistem akar, dan sedikit oleh batang dan daun.

Mudah hanyut ke dalam tanah yang dalam oleh air hujan, dapat menekan gulma yang mengakar. Sangat mudah menyebabkan fitotoksisitas, yang akan bertahan untuk waktu yang sangat lama.
 
Sangat penting untuk dicatat bahwa baik nikosulfuron dan atrazin relatif aman untuk jagung, tetapi berbahaya bagi tanaman lain.

Kedelai, beras, gandum, kapas, sayuran, dan pohon persik semuanya sensitif terhadapnya, jadi perhatikan arah angin dan kecepatan angin selama operasi untuk menghindari fitotoksisitas yang disebabkan oleh tetesan yang melayang. Disarankan untuk menggunakan nozel seri XR110015VS untuk meningkatkan ukuran tetesan dengan benar dan menambahkan aditif ke aplikasi udara untuk mengurangi jarak melayang tetesan.

Penerapan Chlormequat

drone-khusus-pertanian-jagung.png
Penyemprotan chlormequat

Jagung adalah tanaman bertangkai tinggi dengan tinggi normal hingga 3 meter, dan rentan rebah jika hujan berkepanjangan dan angin kencang, yang mengakibatkan penurunan hasil atau bahkan gagal panen total.

Untuk mencegah jagung menjadi miring, aplikasi chlormequat digunakan lebih dan lebih luas di samping langkah-langkah agronomi seperti meningkatkan manajemen budidaya.

Chlormequat menghambat biosintesis giberelin di tanaman untuk mengontrol pertumbuhan jagung ya kuruns agar menghasilkan tangkai yang kokoh, sistem akar yang berkembang dengan baik dan dapat berdiri dengan kuat.

Manajemen Hama yang Terintegrasi

drone-khusus-pertanian-hama-jagung.png
Hama tanaman Tagung

Hama lepidopter seperti penggerek jagung, walker dan ulat grayak, serta hama mulut penghisap penusuk dan penghisap seperti thrips, laba-laba merah dan kutu daun dapat ditemukan pada jagung selama musim tanam.

Karena walker dan ulat grayak adalah hama yang terlalu banyak makan, mereka harus dikendalikan sebelum tahap ke-3. Jika tidak dicegah sejak dini dan disemprot dengan drone semprot untuk sektor pertanian DJI Agras T30, wabah dapat terjadi, yang mengakibatkan kerugian besar. Petani merasakan manfaat yang besar setelah menggunakan drone semprot pertanian DJI Agras T30, dari segi kemudahan dan kepraktisan penggunan drone pertanian DJI tersebut.

Bagaimana, setelah membaca artikel aplikasi pembibitan jagung dengan drone semprot pertanian DJI Agras T30, apakah anda tertarik untuk mencobanya sendiri dilahan pertanian anda?

Pelajari lebih lanjut tentang drone semprot DJI Agriculture.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Pengembangan Fitur Software Program Drone Pertanian Pix4Dfields 1.10
5 Kelebihan Kamera MicaSense Multispectral untuk Sektor Forestry
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories