Manfaat dan 3 Rekomendasi Drone Pertanian Terbaik DJI Agriculture

Drone Pertanian DJI

Dulu,banyak ketidakpastian perhitungan pada pertanian konvensional, saat ini drone pertanian DJI memberikan manfaat pasti untuk efisiensi pertanian.

drone-pertanian-outdoor-dji-agras-t30-untuk-tanaman-sawi
Spraying drone DJI Agras T30

Ketidakpastian hasil serta output yang didapat dengan menggunakan metode bertani konvensional membuat pengusaha di sektor pertanian bahkan perkebunan tidak bisa melihat forecasting hasil secara nyata dan menghitung efisiensi input yang sudah dicapai.

Sekarang, setelah bertahun-tahun melakukan riset teknologi, akhirnya sektor pertanian dapat bernafas lega. Drone pertanian DJI menjadi cara inovatif untuk menjawab pertanyaan terkait ketidakpastian cara bertani di era modern.

Drone pertanian DJI Agriculture dapat digunakan untuk melakukan apa saja, mulai dari pertanian presisi, hingga menyebarkan pengendalian gulma atau pupuk secara efisien, hingga mengoptimalkan pengelolaan lapangan. Hasilnya termasuk pengurangan biaya operasi, peningkatan kualitas tanaman, dan peningkatan tingkat hasil. Seperti apa rekomendasi drone tersebut dan bagaimana manfaatnya?

Penyemprotan Lahan Pertanian dengan Drone

drone-pertanian-outdoor-penyemprotan-tanaman-dji-agras-t30
Penyemprotan pestisida dengan drone pertanian DJI Agras T30

Melakukan penyemprotan lahan pertanian dengan drone DJI Agras dapat membantu pengguna menghemat input pertanian, seperti pupuk, herbisida, fungisida, pestisida, benih tanman dan lain sebagainya asal diameter nya tidak lebih besar dari nozzle dan spreader system DJI Agras.

Penerapan yang efisien di atas merupakan tantangan yang terus-menerus bagi setiap petani. Jika Anda menyemprotkan terlalu banyak konsentrat di satu tempat, anda akan mengeluarkan biaya tambahan dan berpotensi menurunkan kualitas produk Anda.

Konsentrasi yang terlalu rendah, bagaimanapun, dan Anda membiarkan tanaman anda rentan ditumbuhi rumput liar, kekurangan gizi, atau dimakan oleh serangga dan predator lainnya – berpotensi menurunkan tingkat hasil panen.

Namun, drone pertanian dan payload penyemprotan yang tepat dapat mendistribusikan bahan kimia secara merata dan efisien. Dari segi hasil, pengguna di sektor pertanian dapat menghasilkan peningkatan kualitas tanaman dan tingkat hasil yang lebih tinggi tanpa tenaga manual yang intens. Drone pertanian DJI dapat digunakan di hampir semua jenis tanaman, termasuk beras, gandum, jagung, pohon jeruk, kapas, dan banyak lagi.

Selain itu, drone pertanian DJI Agras T30 juga dirancang dengan spreader system 3.0 terbaik dikelasnya. Spreader system tersebut dirancang untuk dipasangkan dengan sempurna dengan drone pertanian DJI Anda. Spreader system ini menjadi alat yang sangat berharga untuk segala hal mulai dari penyemaian padi hingga pembibitan padang rumput hingga penyemaian minyak dan bahkan penyebaran pupuk.

Drone bantu Sektor Pertanian untuk Mengumpulkan Data Pertanian

drone-pertanian-hasil-rgb-dan-ndvi-tanaman-dengan-spraying-drone-dji-agras.png
Hasil RGB dan NDVI tanaman yang bisa dilihat dengan drone DJI

Drone pertanian juga dapat digunakan untuk memetakan area dan menciptakan wawasan atau insight baru bagi penggunanya, sehingga dapat menghilangkan dugaan dari sebagian besar proses yang sebelumnya tidak bisa diperhitungkan, melainkan hanya mengandalkan prakiraan semata.

Drone pertanian DJI yang mendukung pencitraan multispectral juga membawa konsep yang baru dan jelas untuk merekam kondisi tanaman bahkan melacak kontur tanah dan saluran irigasi yang mampet, termasuk diantaranya melacak distribusi pestisida dan herbisida juga pupuk pada tanaman. Drone pertanian DJI yang mendukung pencitraan multispectral dapat menangkap sensor cahaya baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat dalam rentang yang ditentukan. Dua jenis peta utama yang dapat dibuat dengan drone pertanian jenis ini meliputi:

  • Peta RGB: Peta-peta ini memungkinkan anda untuk melihat dengan tepat berapa banyak lahan yang harus ditanami tumbuhan hingga ke tingkat sentimeter dan membantu pemantauan tanaman selama periode waktu yang lama, membantu anda menyesuaikan treatment yang tepat untuk tanaman dari musim ke musim.
  • Peta NDVI: Normalized Difference Vegetation Index (“NDVI”) membawa wawasan peta RGB satu langkah lebih jauh. Peta menunjukkan jumlah cahaya inframerah yang dipantulkan di suatu daerah, yang merupakan indikator tanaman yang kekurangan gizi dan kekeringan. Menurut Go Intelligence, pengumpulan data semacam ini dapat digunakan untuk menemukan tanaman bermasalah sebanyak dua minggu sebelum tanda-tanda fisik muncul, menjadikannya alat yang berguna bagi petani yang mencoba memprediksi tingkat hasil mereka secara akurat.

DJI Agras T30

drone-pertanian-outdoor-dji-agras-t30
Operasional DJI Agras T30 cocok untuk tanaman pendek atau tinggi

Operasi pertanian saat ini terlihat sangat berbeda dari beberapa dekade yang lalu.

Teknologi baru telah memungkinkan para petani saat ini untuk mengoptimalkan operasional mereka dilapangan, mulai dari penyemprotan di lapangan hingga memantau siklus tumbuh dan kesehatan tanaman.

Sebagian besar dari transformasi itu dapat dikaitkan dengan drone. Dengan drone pertanian DJI Agras T30, petani bisa mendapatkan analisis data secara mendalam dan perencanaan misi yang efektif dilapangan.

Baik anda seorang petani mandiri atau pemimpin organisasi yang lebih besar, teknologi drone pertanian DJI Agras T30 dapat membantu anda mencapai target panen dan menghasilkan lebih banyak tanaman dengan sumber daya yang lebih sedikit, termasuk memaksimalkan input pertanian untuk penyemprotan tanaman yang efisien dan pemetaan lapangan.

Pelajari spesisikasi lengkap DJI Agras T30.

Phantom 4 Multispectral

drone-pertanian-kamera-multispectral-dji-phantom-4-multispectral.jpg
Drone pertanian multispectral DJI Phantom 4 Multispectral

Drone pertanian yang dilengkapi dengan kamera mutispectral seperti DJI Phantom 4 Multispectral didesain dengan mempertimbangkan sektor pertanian untuk mengefisiensikan alur kerja secara maksimal

Drone pertanian DJI ini dapat digunakan dengan memanfaatkan pencitraan multispectral untuk mendapatkan wawasan langsung tentang kesehatan tanaman yang sudah dilengkapi modul RTK.

Keunggulan dari drone dengan multispectral ini adalah petani dapat secara langsung menikmati monitoring lahan pertanian dan melihat bagaimana efisiensi distribusi pupuk dan pestisida yang sudah disemprotkan dengan DJI Agras kemudian mencatat progress dan ketepatan distribusinya. Di akhir masa panen pun, pengguna bisa melihat efisiensi yang dihasilkan serta bagaimana kualitas tanaman dengan drone tersebut.

Phantom 4 RTK

drone-pertanian-dji-phantom-4-rtk-untuk-pemetaan-lahan.png
Drone pertanian DJI Phantom 4 RTK

Sementara drone pertanian DJI Agras T30 dan T10 dirancang dengan mempertimbangkan ketepatan penyemprotan lapangan, drone pertanian DJI Phantom 4 RTK adalah alat yang sempurna untuk pemetaan lapangan.

Drone pertanian ini dapat membantu menghasilkan peta yang presisi berkat modul RTK yang terintegrasi langsung ke dalam drone. Pengguna pun dapat melihat koreksi pemosisian hingga ke tingkat sentimeter

Sistem TimeSync baru terus menyelaraskan pengontrol penerbangan, kamera, dan modul RTK untuk data pemosisian tetap yang dapat Anda percayai, menjadikan drone pertanian ini sebagai pelengkap sempurna untuk pekerjaan survei apa pun, dari pertanian hingga lokasi konstruksi.

Pelajari lebih lanjut solusi DJI Agriculture lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Anti Drone untuk Perlindungan Aset dari Terorisme dan Vandalisme
3 Rekomendasi Drone shield Anti Drone untuk Polisi dan Militer
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories