Peran Drone Pertanian DJI untuk Mewujudkan Pertanian Presisi

drone-pertanian-dji-agras-t30.jpeg
Aplikasi drone DJI di pertanian

Drone Pertanian DJI

Untuk mewujudkan pertanian presisi, teknologi drone pertanian DJI turut bekerjasama dengan petani setempat, apa saja peran yang diberikan?

Definisi Pertanian Presisi

Antara drone dan pertanian, saat ini bukanlah praktek yang tak lazim. Penggunaan drone di sektor tersebut membuat petani bisa bersinergi dengan sistem yang ada.

Pada prakteknya, pertanian presisi punya cara unik untuk mencapai output pertanian maksimal dengan metode yang diperbaharui.

Bagaimana Drone Pertanian DJI Memungkinkan Pertanian Presisi?

Ada banyak kasus penggunaan drone dalam pertanian presisi, terutama ketika mempertimbangkan bahwa drone dapat memenuhi banyak peran. Dari pemetaan udara yang lebih sering dan akurat hingga penyemprotan bahan kimia secara hati-hati, drone pertanian memiliki beberapa cara untuk menjadi alat pertanian presisi yang membangun efisiensi di sektor tersebut.

drone-pertanain-dji-agras-t30-model
Penyemprotan tanaman dengan drone DJI

Pencitraan Udara yang Akurat untuk Pertanian Presisi

Drone adalah alat pertanian presisi yang berguna untuk pemetaan dan pencitraan, bahkan jika dibandingkan dengan teknologi potensial lainnya untuk pekerjaan itu, seperti citra satelit. Penjelasan terkait efektivitas penggunaan drone pertanian DJI vs pencitraan satelit ini akan dibuktikan pada paragraf selanjutnya.

Efektivitasnya dibandingkan dengan Pencitraan Satelit

drone-pertanian-penyemprotan-dji-agras-t30.jpg
Operator menggunakan DJI Agras T30

Mengapa drone lebih baik daripada satelit sebagai sistem pengumpulan data? Filosofi yang tepat adalah, drone pertanian DJI akan berada dekat dengan tanaman, sementara pencitraan satelit tidak demikian. Selain itu melakukan aktivitas pertanian dengan pencitraan satelit juga terbilang mahal, sementara drone punya nilai investasi yang seimbang untuk jangka panjang.

Selain itu, kecepatan pengiriman hasil data atau laporan setelah penyemprotan tanaman atau distribusi pupuk dan benih dengan drone pertanian DJI juga bisa dikumpulkan dengan segera.

Resolusi spasial yang dihasilkan dengan drone dengan modul RTK mencapai level akurasi hingga ke tingkat sentimeter. Drone pertanian DJI Agras T30 juga menggunakan 3D model dan point clouds, sementara pencitraan satelit tidak menyediakan fitur tersebut.

drone-pertanian-penyemprotan-tanaman-dji-agras-t30-
Daya semprot DJI Agras T30

Sebuah citra satelit, tidak peduli seberapa canggih kamera tersebut, tetap berasal dari orbit. Drone yang terbang di atas lapangan memberikan kedekatan yang jauh lebih besar, dan oleh karena itu resolusi gambar yang dihasilkan juga maksimal.

Selain itu, ketika seorang petani menggunakan citra satelit, gambar tersebut mungkin hanya bisa dilihat hingga jangka waktu tertentu, sementara drone pertanian DJI Agras dapat memberikan lebih banyak informasi terkini, memungkinkan ketepatan yang lebih baik mengenai pupuk dan pestisida apa yang dibutuhkan.

Pencitraan Multispectral

drone-pertanian-dji-phantom-4-multispectral-pertanian-presisi.jpeg
DJI Phantom 4 Multispectral

Saat dilengkapi dengan sensor canggih, drone dapat memberikan pencitraan multispectral, memberikan detail yang lebih besar kepada pengguna tentang bagaimana hasil panen tertentu.

Kamera ini menangkap lebih banyak informasi daripada kamera standar, termasuk pada pita inframerah-dekat. Menggunakan cahaya yang tidak terlihat oleh mata telanjang, kamera ini dapat membantu petani membuat peta kekeringan yang lebih akurat dan benar-benar memberikan tanaman perhatian yang mereka butuhkan.

Peta multispectral bukan satu-satunya jenis citra udara yang lebih baik jika diambil dengan drone. Drone DJI Phantom 4 Multispectral dapat membantu petani melakukan pengambilan gambar dalam format merah-hijau-biru (RGB) dapat menunjukkan kepada petani bagaimana kemajuan pertumbuhan tanaman. Untuk tujuan pertanian presisi, drone mengambil foto-foto ini daripada satelit. Resolusi per pixel yang jauh lebih besar, memberikan gambaran status tanaman yang lebih akurat, memungkinkan strategi pertanian presisi yang lebih disesuaikan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Penyemprotan Presisi dan Penyemaian dari udara melalui Drone Pertanian DJI Agras

drone-pertanian-dji-agras-t30-t10-
DJI Agras T10 dan DJI Agras T30

Drone dapat berfungsi sebagai platform yang punya manfaat spesifik untuk petani, sehingga mereka juga dapat mengambil bagian yang lebih langsung dalam pertanian presisi. Kemampuan drone untuk mengikuti rencana penerbangan yang cermat di atas lapangan memungkinkannya untuk melakukan tugas penyemaian atau penyemprotan, juga.

Beberapa sistem penyebaran serbaguna dapat memenuhi berbagai peran, memungkinkan petani menyemai ladang mereka, menanam kembali rumput padang rumput atau menyebarkan bahan kimia di area yang dipilih secara tepat.

Drone saat ini sangat serbaguna dan efisien dari perspektif kekuatan yang dimilikinya. Sebagai contoh, misalnya jika drone penyemprot pertanian bertenaga baterai dapat menerima payload penuh dalam hitungan menit daripada jam, memungkinkan petani untuk mendapatkan waktu yang lebih produktif dari aset ini dalam sehari.

daya-tahan-drone-pertanian-dji-agras-t10-dji-agras-t30-scaled.jpg
Daya tahan drone DJI Agras

Pengguna juga dapat menjalankan penyemprotan dan penyemaian drone sepanjang waktu dapat secara efektif menambah jam kerja yang lebih bermanfaat, dan upaya manual yang diperlukan untuk mengoperasikan pesawat ini sangat rendah.

Penggunaan drone dalam aplikasi pertanian presisi bahan kimia seperti pestisida merupakan perkembangan penting bagi masa depan pertanian. Menggunakan bahan-bahan ini dalam jumlah yang lebih kecil, dapat mendukung kepatuhan terhadap peraturan yang menyerukan pengurangan pestisida dan lebih efisien.

Spesifikasi Minimal yang harus dimiliki Drone Pertanian

drone-pertanian-propeller-dji-agras-t30
Kekuatan drone DJI Agras T30

Di masa lalu, drone mungkin gagal memenuhi harapan pengguna, karena model awal memiliki otomatisasi yang rendah dan tidak memiliki kemampuan sensor untuk benar-benar memberikan data yang dibutuhkan petani untuk pertanian presisi.

Sekarang, dengan model dan payload drone pertanian baru dari produsen peralatan dirancang dengan mempertimbangkan kasus pada masing-masing area bertani. Jika ingin drone dengan pencitraan multispectral, DJI P4M dapat menangkap citra RGB standar dan Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) secara bersamaan untuk memberikan informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang area bidang tertentu.

 drone-pertanian-pencitraan-multispectral-dji-phantom-4-multispectral.jpg
Hasil pencitraan multispectral DJI P4M

Kameranya mendukung akurasi tingkat sentimeter, dan drone dapat diprogram dan diposisikan bahkan di area tanpa koneksi internet yang kuat menggunakan stasiun pemosisian geografis seluler.

Jika ingin mencari spraying drone pertanain, DJI Agras T10 dan T30 efektif untuk mengikuti berbagai bentuk penyiraman di bermacam kontur pertanian, sehingga bahan kimia yang digunakan untuk penyemprotan menjadi lebih terarah.

Drone yang dikembangkan khusus untuk pertanian seperti Agras T30 mampu terbang secara otonom di banyak lingkungan pertanian yang berbeda, bernavigasi melalui radar omnidirectional. Selain perangkat lunak yang efektif dan sistem penerbangan yang andal, drone ini membawa sistem penyemprotan dan penyebaran yang dioptimalkan untuk aplikasi bahan kimia yang tepat atau bahkan distribusi benih.

drone-pertanian-hasil-penyemprotan-dji-agras-t30.jpeg
Platform pertanian DJI Agras T30

Rangkaian perangkat lunak GPS: Meskipun wajar untuk memikirkan perangkat keras dan muatan saat merancang strategi pertanian presisi berbasis drone, ada sisi yang kurang glamor tetapi sama pentingnya dari operasi ini: perangkat lunak yang mengatur data dan membantu petani menerapkannya secara praktis menggunakan. Misalnya, sistem informasi geografis (SIG) seperti perangkat lunak pemetaan DJI Terra dapat merakit model bidang 2D dan 3D yang akurat. Saat dilapisi dengan indeks vegetasi NDVI, petani dapat membuat peta resep untuk operasi drone penyemprot otomatis.

Menggunakan manajemen tugas dan sistem manajemen perangkat yang andal sangat penting bagi operator drone yang terlibat dalam pertanian presisi.

Saat menggunakan platform perangkat lunak yang dirancang untuk pertanian, petani bisa langsung mendapatkan nilai lebih dari operasi drone mereka, menggunakan alur kerja yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan mereka alih-alih harus menyesuaikan fungsionalitas. Manajemen perangkat bukan hanya landasan pertanian presisi saat ini, tetapi juga akan menjadi pilar operasi otomatis yang lebih berat yang akan datang ketika lebih banyak operator drone diberikan kemampuan untuk bekerja dengan BVLOS.

Bagaimana Masa Depan Drone sebagai Teknologi Pertanian Presisi?

drone-pertanian-training-drone-dji-agras-inti-plasma.jpeg
Training drone DJI Agras T30 untuk petani

Seperti banyak penggunaan drone, seperti pengiriman jarak jauh, salah satu hambatan utama untuk meningkatkan operasi pertanian adalah peraturan, bukan teknis. Drone memiliki kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengoperasikan BVLOS, sehingga pelonggaran aturan penerbangan dapat memungkinkan petani untuk mencakup lebih banyak area secara otomatis.

Ceritanya mirip untuk taktik lain seperti swarming, yang merupakan pengoperasian beberapa kendaraan oleh satu operator. Pengabaian biasanya diberikan kepada operator untuk menggunakan fitur ini di satu area. Satu operator telah diberikan kemampuan untuk menggunakan formasi penyemprotan tiga drone pertanain DJI Perusahaan memandang ini sebagai peluang untuk mengatasi krisis tenaga kerja, membantu setiap operator menjangkau lebih banyak area per jam daripada yang bisa mereka lakukan sebelumnya.

Karena drone menjadi lebih umum di lingkungan pertanian, mereka dapat melakukan banyak tugas untuk membantu petani mengoptimalkan cara mereka mengelola tanaman mereka dan banyak lagi. Bahkan sebelum penanaman dimulai, petani dapat membuat peta kontur 3D melalui GIS, yang memungkinkan mereka menempatkan tanaman secara lebih strategis. Drone pertanian DJI membantu petani membuat perkiraan hasil panen untuk tujuan asuransi, sementara juga menilai status irigasi dan kelembaban tanah dari setiap bagian ladang.

Petani dengan peternak bahkan dapat melacak posisi ternak mereka menggunakan kamera berbasis drone. Dengan menemukan lebih banyak kegunaan drone di sekitar properti, pemilik ini dapat mengembalikan investasi adopsi teknologi pertanian presisi mereka dengan cepat. Apakah pertanian sangat terfokus pada satu tanaman atau beragam dalam operasinya, drone adalah bagian dari teknologi yang berpotensi berguna.

Pelajari lebih lanjut drone pertanian DJI Agriculture lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Pentingnya Akurasi dan Ketepatan Survey Mapping dengan Emlid Base Station
PIX4DFields: Software Analisa Kerugian Panen dan Asuransi Tanaman
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories