‎PIX4Dcatch: Aplikasi untuk Drone Pemetaan Mengumpulkan Data Terestrial

Aplikasi Drone Pemetaan PIX4Dcatch

drone-pemetaan-pix4dcatch-scaled.jpg
Software Pix4DCatch

Aplikasi drone pemetaan PIX4Dcatch mendapatkan upgrade terbaru 3D modelling aset lewat kinerja LIDAR dan photogrammetry, berikut penjelasannya.

Mungkin sebagai pengguna software atau drone pemetaan, pengguna pernah bertanya apakah ada suatu software yang dapat memecahkan masalah permodelan 3D secara detil?

PIXDcatch diciptakan untuk dapat mengumpulkan data terestrial dengan mengukur berbagai jenis gambar, meskipun gambar diambil dengan drone. Praktik inilah yang disebut dengan photogrammetry, dimana software drone pemetaan tersebut akan mempermudah sektor konstruksi, public safety hingga pertanian, untuk membantu memecahkan tantangan kompleks melalui analisis model 3D atau peta 2D.

Menggabungkan Photogrammetry dan LIDAR untuk Pembuatan 3D Modelling

Hasil pembuatan 3D modelling aset dengan Pix4DCatch

PIX4Dcatch adalah aplikasi perangkat seluler yang menggunakan kamera ponsel atau perangkat tablet untuk mengumpulkan data objek.

PIXDcatch ini memiliki feedback berupa hasil yang memungkinkan anda melihat area yang anda tangkap saat anda bergerak, sehingga anda bisa melihat bagian yang belum lengkap.

Apalagi, sekarang ini IPhone terbaru sekarang menyertakan sensor LiDAR (deteksi cahaya dan jangkauan).

Teknologi Laser LIDAR digunakan untuk mengukur jarak berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan berkas cahaya untuk kembali ke sensor setelah memantul dari objek di sekitar suatu area. Update PIX4Dcatch membantu pengguna untuk mendeteksi berapa banyak pengumpulan data yang masih diperlukan. Perangkat Android juga menyertakan fungsi terkait, sensor Time of Flight (“ToF”) untuk tujuan serupa.

Dengan PIX4Dcatch anda dapat mencapai cakupan objek yang lengkap


Data LIDAR tidak hanya membantu memandu pengguna selama pengambilan data, tetapi juga membantu mengisi area rendah yang tidak dapat direkonstruksi oleh photogrammetry saja. Photogrammetry dapat membutuhkan lebih banyak waktu dan data untuk permukaan yang homogen. Untuk itu, teknologi LIDAR diciptakan untuk mengisi kekosongan celah tersebut. Kedua teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana LIDAR lebih cepat menghasilkan data output, tetapi photogrammetry memiliki hasil yang lebih akurat dan cakupan yang lebih luas.

Sekarang, pengguna tidak harus memilih antara menggunakan LiDAR dan data photogrammetry. Dan mereka dapat memanfaatkan kekuatan keduanya dengan PIXDcatch. Bahkan tanpa sensor LIDAR atau ToF, PIX4Dcatch masih memberdayakan pengguna untuk membuat 3D modelling dari gadget anda. Aplikasi drone pemetaan ini dapat mengambil gambar. Alur kerjanya mirip dengan photogrammetry klasik yang berjalan di iOS versi 13.4 atau Android mulai dari versi 9.

Dapatkan Permodelan 3D Akurat dengan Rover viDoc RTK

drone-pemetaan-viDOC-RTK-rover-.png
viDoc RTK

PIX4Dcatch dapat dipasangkan dengan rover viDoc RTK untuk iPhone dan iPad yang menyediakan data geolokasi dengan akurasi kurang dari 5 sentimeter. Berarti, bahwa iPhone atau iPad dapat berubah dari perangkat biasa yang umumnya digunakan untuk komunikasi oleh konsumen menjadi alat survey genggam profesional.

PIX4Dcatch mudah digunakan oleh siapa saja. Teknologi software untuk drone pemetaan ini didesain dengan interface yang sederhana dikombinasikan dengan teknologi modern seperti LIDAR dan ToF, untuk pembuatan 3D modelling aset dan memberikan peningkatan akurasi, dan output siap untuk penggunaan profesional.

Tidak hanya itu, PIX4Dcatch adalah software yang fleksibel, digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia dalam berbagai industri, untuk memindai objek dan membuat digital twin dari aset tersebut agar mereka bisa mendapatkan model 3D kelas profesional dari perangkat seluler konsumen.

PIXDcatch untuk Pengumpulan Wawasan tentang 3D Modelling Aset

Pengguna software untuk drone pemetaan PIXDcatch dapat secara otomatis mengunggah proyek ke platform PIX4Dcloud. Ukur jarak, hitung volume, tambahkan anotasi, jalankan inspeksi virtual, atau bagikan hasilnya dengan pemangku kepentingan melalui PIX4DCloud, sepenuhnya secara online.

Atau, pemrosesan juga dimungkinkan dengan PIXDmapper dan PIXDmatic. Yang pertama dari jenisnya, pembaruan terbaru dari PIXDmatic 1.19 berarti bahwa pengguna dapat menggabungkan pointcloud LIDAR dan photogrammetry. Itu berarti anda dapat memilih apakah akan menggunakan pointcloud dengan density yang dalam, atau keduanya.

Pelajari lebih lanjut software pemetaan drone lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from Pix4D. The original article can be found here: PIX4Dcatch: Why You should be Using it for Site Scanning

Integrasi Kamera Multispectral MicaSense ke Drone Inspeksi DJI M300 RTK
7 Fungsi Drone Inspeksi Flyability Elios 2 untuk Industri Minyak dan Gas
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories