Perbandingan Software Drone Pemetaan Pix4Dmapper dan Agisoft MetaShape

Software Drone Pemetaan

Software drone pemetaan Pix4Dmapper dan Agisoft MetaShape banyak digunakan oleh surveyor, bagaimana perbedaan diantara keduanya?

software-drone-pemetaan-pix4dmapper- dan-Agisoft-MetaShape
Interface software pemetaan Pix4D

Software drone pemetaan menjadi bagian penting dalam aktivitas pembuatan orthomosaics atau 2D modelling, banyak pilihan untuk melakukannya, agar tidak ragu memilih, perlu pemahaman lebih dalam terkait software drone pemetaan Pix4Dmapper, dan Agisoft MetaShape.

Agisoft MetaShape VS Pix4Dmapper

Agar adil, sebagai pengguna kami akan mengalihdayakan proses pengambilan data sampel hingga ke pemrosesan gambar oleh perusahaan eksternal, agar secara jujur bisa membandingkan kedua software tersebut dengan menggunakan software drone pemetaan Pix4Dmapper dan Agisoft MetShape.

drone-pemetaan-mapping-software-pix4dmapper
Pix4D mapping software

Sebelum mengarah pada perbadingan hasilnya, terlebih dahulu kami akan menjelaskan platform yang digunakan untuk melakukan aktivitas survey dan mapping tersebut.

Pada operasional kali ini, kami menggunakan drone DJI Phantom 4 Pro, dengan number of shot sebanyak 349, ground level 40m dari ketinggian saat drone lepas landas, lap rate; overlap 80%, side wrap 75% dari nilai yang direncanakan.


Pemrosesan gambar dilakukan secara normal dengan melakukan pembuatan 3D modelling, pointclouds, data elevasi digital dan 2D modelling tanpa melakukan penyesuaian Pemrosesan seperti MTP. Pemrosesan gambar dilakukan pada kecepatan tinggi untuk mereduksi ukuran file.

Pelajari produk PIX4D lainnya disini!

Hasil dari orthomosaics dengan Pix4Dmapper (kiri) dan Agisoft MetaShape (kanan)

Jika kita lihat sekilas terlihat sama secara keseluruhan. Akan tetapi, jika kita perhatikan dengan lebih teliti, kita dapat melihat bahwa ada distorsi saat membuat orthomosaics, seperti yang ditunjukkan pada area yang dilingkari dengan warna merah (penampil dengan menggunakan software GIS).

Pembuatan 3D Pointclouds dengan Agisoft MetaShape

Dari hasil pembuatan 3D pointclouds, menunjukkan terdapat titik, dimana perbedaan dalam algoritma permrosesan paling terlihat dari segi smoothing dan alignment yang dilakukan selama proses restorasi 3D modelling dengan metashape. Ada sedikit penghilangan, tetapi bentuknya cenderung membulat dan terlihat outputnya. Berdasarkan hasil dari capture ketiga gambar diatas, terdapat saluran drainage dibagian tengah. Akan tetapi, pengguna tidak dapat melihatnya, karena MetaShape kurang halus dan tidak direproduksi dengan baik untuk bagian tepian.

Pembuatan 3D modelling dengan Pix4Dmapper

Untuk melakukan pemrosesan gambar dengan software drone pemetaan seperti Pix4Dmapper pengguna dapat melihat dengan jelas pointclouds pembentuk objek. Selain itu, software Pix4Dmapper juga mudah untuk dioperasikan. Pengguna hanya membutuhkan pengetahuan dasar mengenai fotografi dan memahami tips khusus berkaitan dengan software tersebut. Untuk pengguna yang membeli software tersebut dari Halo Robotics, kami memberikan konsultasi secara mendalam agar dapat menjelaskan tidak hanya prosedur dasar mengenai pemrosesan gambar dengan Pix4Dmapper, tetapi juga ide dasar tentang fotografi.

Konsultasikan solusi software survey dan mapping dengan produk PIX4D yang tepat untuk anda dengan tim kami.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, with courtesy from GEO4D. The original article and source material can be found here: Comparison of Pix4Dmapper and MetaShape

21 Aplikasi Drone LIDAR dan Autonomy Payload untuk Underground Mining
Drone Software Inspeksi Aset Heavy Industry Flyability Inspector 3.0
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories