Drone Pemetaan DJI dan Software DJI Terra untuk Pembuatan Foto Udara

Pembuatan foto udara dengan jauh lebih mudah jika kita dapat memahami tutorial pembuatan orthomosaic menggunakan drone pemetaan DJI berikut ini.

Foto Udara dengan Drone Pemetaan DJI

foto udara dengan drone dji
Aerial Photography dengan Drone DJI


Salah satu cara untuk memastikan kualitas gambar dan menghilangkan banyak tantangan yang datang dengan perspektif gambar ketika menggunakan drone pemetaan adalah dengan mengambil gambar orthomosaic dari sebuah situs. Teknik ini dapat digunakan untuk membuat peta yang sangat detail. Namun, mengingat kendala biaya, mereka benar-benar terbaik hanya untuk pekerjaan tertentu. 

Baca terus untuk mengetahui bagaimana pemetaan orthomosaic dapat digunakan untuk membantu pengguna meningkatkan hasil gambar terbaik untuk survey drone.

Definisi Foto Udara/Orthomosaic

definisi foto udara orthomosaic
Orthomosaic dari pandangan drone DJI


Gambar orthomosaic pada software dan drone pemetaan juga kadang-kadang dikenal sebagai orthoimage, orthophoto, atau orthophotography, adalah gambar udara beresolusi tinggi yang diambil oleh UAV. Ketika digabungkan dengan software khusus yang disebut dengan orthorektifikasi, dimana gambar-gambar ini dapat digunakan untuk membuat peta yang sangat detail dan bebas distorsi serta meningkatkan visibilitas detil yang mungkin tidak terlihat menggunakan teknik photogrammetry yang lebih umum. Orthorektifikasi menghilangkan perspektif dari setiap gambar individu untuk menciptakan konsistensi di seluruh peta sambil menjaga tingkat detail yang sama dari gambar asli.

foto udara ortohomosaics dji terra
Foto udara yang diproses dengan DJI Terra


Citra orthorectified berbeda dari foto udara standar dalam cara memvisualisasikan perspektif. Ortofoto dikoreksi untuk perspektif, kemiringan kamera, dan distorsi lensa. Dengan melakukannya, berarti bahwa foto ini dapat diskalakan secara akurat dari satu gambar ke gambar lain, untuk membuat pengukuran survei yang kredibel sesuai dengan jarak sebenarnya.

hasil foto udara vs aerial photography dengan drone dji
Hasil foto udara dengan drone DJI dan DJI Terra vs aerial photography


Bisakah anda lihat perbedaan dari gambar diatas? Lebih jelas dan lebih luas hasil yang diperoleh dengan drone dan DJI Terra bukan? Meskipun demikian, anda masih perlu menggunakan teknik survei tanah drone standar seperti titik kontrol tanah dan menghitung GSD.

Mengubah Gambar Orthomosaic jadi Peta Orthomosaic

membuat gambar foto udara orthomosaic jadi orthomosaic map dengan drone dpi


Penting untuk dicatat, bahwa satu gambar ortofoto akan tampak terdistorsi dan tidak menghasikan manfaat yang anda harapkan. Setiap foto udara diambil dari perspektif yang sedikit berbeda dan tidak memiliki nilai tersendiri. Sebaliknya, koleksi gambar harus di orthorektifikasi bersama — dengan sudut kamera yang berbeda dan perubahan topografi yang diperhitungkan dan dikoreksi — untuk membuat satu peta yang konsisten. Salah satu cara termudah untuk memastikan konsistensi ini adalah dengan menggunakan software yang akan mengotomatiskan jalur penerbangan drone pengguna dan payload yang dapat mengambil foto pada waktu dan sudut yang tepat.

Selain menggunakan jalur penerbangan otomatis, anda akan memerlukan perangkat lunak pemetaan drone dengan kemampuan orthomosaic, seperti DJI Terra. Dengan software DJI Terra, pengguna dapat menghasilkan orthomosaic 2D dari area yang ditentukan secara real-time — menjadikannya software yang ideal untuk proyek yang sensitif terhadap waktu. Program ini juga melakukan rekonstruksi 2D yang cepat dan akurat. Kemampuan lainnya termasuk pemetaan dan rekonstruksi 3D, pemrosesan LiDAR, dan analisis data lanjutan.\

Gambar Foto Udara dalam Drone Survey

perbedaan normal foto vs foto udara dengan drone
Tampilan orthomosaic

Peta orthomosaic dengan drone pemetaan menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan foto udara biasa — namun, gambar berkualitas super tinggi mungkin tidak diperlukan untuk setiap pekerjaan survei, terutama mengingat titik harga yang berpotensi lebih tinggi.

Peta orthomosaic sangat berharga bagi surveyor karena tidak memiliki distorsi dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perspektif. Mereka juga mudah diubah menjadi aset 3D interaktif.

foto udara dengan drone djiboutienne vs citra satelit
Gambar normal vs orthomosaic

Untuk lokasi kerja yang membutuhkan peta yang dapat diskalakan dengan detail yang konsisten di seluruh, opsi orthomosaic tidak ada bandingannya.

Pemetaan orthomosaic memang memiliki kekurangan, untuk itu drone pemetaan DJI menghapus kekurangan foto udara dengan mudah. Kekurangan dari pemetaan orthomosaics diantaranya gaya pemodelan membutuhkan lebih banyak gambar close-up, mengharuskan Anda menerbangkan drone Anda lebih dekat ke tanah. Ini mungkin memakan waktu lebih lama daripada metode lain.

Selain itu, jenis detail gambar yang merupakan ciri khas pemetaan orthomosaic terkadang tidak diperlukan. Misalnya, jika pengguna hanya mencoba menentukan batas sebidang tanah atau hanya membutuhkan pencitraan rinci dari area tertentu, peta orthomosaic mungkin akan menawarkan sangat sedikit.

Pemetaan orthomosaic dengan drone pemetaan memang memiliki kekurangan, diantaranya gaya pemodelan membutuhkan lebih banyak gambar close-up, mengharuskan Anda menerbangkan drone Anda lebih dekat ke tanah. Ini mungkin memakan waktu lebih lama daripada metode lain. Selain itu, jenis detail gambar yang merupakan ciri khas pemetaan orthomosaic terkadang tidak diperlukan. Misalnya, jika pengguna hanya mencoba menentukan batas sebidang tanah atau hanya membutuhkan pencitraan rinci dari area tertentu, peta orthomosaic mungkin akan menawarkan sangat sedikit.

Kegunaan Lain Foto Udara dengan Drone Pemetaan DJI

  • Pertanian: Mengambil beberapa orthoimages dari waktu ke waktu dapat memungkinkan petani untuk melihat pola bagaimana tanaman mereka tumbuh dari waktu ke waktu. Ini sangat penting untuk memantau kesehatan tanaman.
  • Penegakan hukum: Petugas polisi dan pemadam kebakaran menggunakan pemetaan UAV untuk memetakan area sibuk dan TKP. Dengan tingkat detail yang lebih tinggi, peta orto mungkin dapat menangkap detail penting yang seharusnya terlewatkan.
  • Real Estate: Peta properti orthomosaic dapat diubah menjadi tur virtual interaktif. Fitur ini sangat penting selama puncak pandemi COVID-19 ketika tur properti secara langsung dibatasi.
  • Konservasi lingkungan: Konservasionis dapat memanfaatkan foto orthomosaic untuk melihat hewan yang terancam punah dalam parameter lahan yang ditetapkan atau menangkap perubahan dari waktu ke waktu.

Klik untuk mempelajari produk drone DJI ENTERPRISE.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Software Pemetaan DJI Terra untuk Rekonstruksi Kecelakaan
7 Aplikasi Drone Pemetaan Akurat DJI Phantom 4 RTK di Lintas Industri
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories