3 Rekomendasi Drone Pemetaan RTK-PPK dan Survey DJI

Drone Pemetaan DJI Terbaik

drone-dji-terbaik-akurasi-drone-DJI-Phantom-4-rtk
Salah satu drone yang akurat untuk survey dan mapping, DJI Phantom 4 RTK


Drone pemetaan DJI untuk RTK-PPK survey & mapping punya akurasi untuk memberikan rasa aman surveyor dalam melakukanpemetaan, berikut rekomendasinya.

Kebanyakan pertanyaan saat menggunakan drone pemetaan DJI adalah seberapa akurat hasil dari pemetaan dengan drone pemetaan DJI terbaik untuk survey dan mapping? Pengguna tentu ingin hasil yang maksimal dalam hal akurasi yang dihasilkan.

Dengan drone pemetaan yang memiliki modul RTK, surveyor dan jenis pilot drone perusahaan lainnya dapat mengharapkan akurasi pemosisian bahkan hingga ke tingkat sentimeter dengan setiap penerbangaSistem ini menunjukkan peningkatan yang nyata dari data satelit itu sendiri dan dapat membantu memastikan anda memiliki informasi akurat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Apa Kaitannya dengan RTK?

drone-dji-terbaik-survey-mapping-dji-phantom-4-rtk
Hasil survey dan mapping dengan drone DJI

Real-Time Kinematics, atau disingkat RTK, adalah teknik khusus untuk penentuan posisi satelit yang dapat menghasilkan hasil yang akurat hingga sentimeter, menjadikannya alat yang sangat berharga bagi surveyor di seluruh dunia. Metode ini melibatkan pengukuran data satelit terhadap stasiun bumi untuk mendapatkan informasi real-time yang tepat.

Bagian-bagian penting dari teknik RTK meliputi:

  • Base Station: Agar berfungsi dengan baik, drone RTK harus tetap terhubung secara konstan dengan stasiun pangkalan.
  • Penerima RTK: Perangkat ini adalah bagian dari perangkat keras drone dan mengirimkan sinyal ke pengontrol dan satelit.
  • Controller: Pengontrol jarak jauh drone Anda mengirimkan sinyal untuk menggerakkan drone dan menampilkan perubahan koordinat.
  • Data satelit: Faktor ini masih merupakan bagian penting dari sistem RTK mana pun. Namun, daripada hanya berkomunikasi dengan penerima drone, informasi juga diuji terhadap stasiun pangkalan, yang menetapkan akurasi posisi.

Klik untuk membaca rekomendasi base station terbaik untuk survey dan mapping.

Jadi, Apa Keuntungannya Jika Kita Memakai Drone DJI Terbaik yang Support RTK-PPK untuk Survey dan Mapping?

Data drone pemetaan DJI terbaik dengan RTK jauh lebih unggul daripada data satelit sendiri karena dapat digunakan untuk mengoreksi ketidakakuratan dan ketidaksesuaian, memastikan informasi dibuat sedekat mungkin dengan kenyataan.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi koordinat satelit, termasuk cuaca tambahan, gedung-gedung tinggi, gunung, dan masalah lainnya. Ini disebut “penundaan troposfer.” Sistem RTK dari drone pemetaan DJI mengisi celah ini dengan data real-time dari base station dan drone.

drone-dji-terbaik-rtk-modul-dji-mavic-2-enterprise-advanced.png
Modul RTK DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Manfaat utama dari sistem RTK meliputi:

  • Peningkatan akurasi: Ini yang besar. Jika dibandingkan dengan data satelit saja, sistem RTK menawarkan akurasi pemosisian yang jauh lebih hingga tingkat sentimeter.
  • Koreksi waktu secara realtime: Sementara teknologi penyesuaian lainnya seperti PPK (lebih lanjut tentang itu di bawah) mengoreksi data miring dan mengisi celah setelah penerbangan selesai, koreksi RTK memperbaiki kesalahan secara otomatis. Ini berarti bahwa data yang anda lihat selama penerbangan adalah kredibel.
  • Lebih sedikit ground control point: Ground control point adalah titik yang ditetapkan di tanah dengan koordinat yang diketahui yang dapat digunakan untuk mengatur ulang data GPS. Meletakkan dan mengukur titik-titik ini bisa memakan waktu. Namun, dengan RTK, stasiun pangkalan membuat GCP dapat diperdebatkan, sehingga Anda dapat menyelesaikan proyek dengan lebih sedikit kerumitan.
  • Perbedaan antara drone serupa dengan drone tanpa RTK dimulai. Dalam satu studi baru-baru ini, DJI bersama timnya membandingkan Phantom 4 RTK dan Phantom 4 Pro (edisi konsumen yang tidak memiliki penerima RTK built-in) pada lebih dari 30 penerbangan berbeda dengan sistem kontrol point untuk survei bangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa drone berkemampuan RTK menghitung akurasi horizontal dan vertikal dari titik yang diukur lebih baik, serta akurasi pengukuran linier.

Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Drone yang Support RTK dan PPK?

drone-khusus-pemetaan-orthomosaic.jpg
Orthomosaics dengan drone DJI

Sementara teknologi RTK merupakan langkah maju yang besar dari penggunaan data satelit saja (terutama jika tidak dikoreksi dengan titik kontrol tanah), namun memiliki beberapa keterbatasan.

Misalnya, jika drone anda kehilangan koneksi dengan pengontrol atau satelit, maka transmisi data waktu nyata tidak dapat dilakukan.

Beberapa pekerjaan, terutama yang lebih lama di medan yang menantang, mempersulit atau bahkan tidak mungkin mempertahankan transmisi data yang stabil.

Akibatnya, sistem RTK bukan satu-satunya cara surveyor dan profesional drone lainnya mengoreksi koordinat satelit dan memastikan akurasi. Metode lain disebut “kinematika pasca-pemrosesan,” atau disingkat PPK. Meskipun sering dibicarakan bersama, penting untuk dicatat bahwa teknologi RTK dan PPK sebenarnya sangat berbeda.

drone-dji-terbaik-phantom-4-rtk-melakukan-akuisisi-data-aplikasi-dilapangan
Phantom 4 RTK melakukan pengambilan data

PPK pada dasarnya membutuhkan peralatan yang sama dengan RTK tetapi dijalankan dengan alur kerja yang sama sekali berbeda. Tidak seperti RTK, alur kerja PPK berarti Anda tidak memerlukan koreksi waktu nyata.

Sebaliknya, sistem drone menyimpan data di dalam drone, dan perhitungannya menggabungkan data pesawat dan data stasiun pangkalan, menghasilkan hasil dalam software PPK di komputer.

Data dibuat dengan koordinat geotag dari unit GPS on-board. Sementara itu, base station anda, juga akan melacak informasi posisi drone. Angka-angka ini kemudian dapat dibandingkan satu sama lain setelah penerbangan selesai.

Meskipun tidak mendapatkan kenyamanan koreksi saat terbang, sistem PPK memerlukan lebih sedikit transmisi dan dengan demikian dapat menyelesaikan pekerjaan bahkan dengan penerimaan sinyal jaringan yang buruk atau penghalang lainnya. Untuk memaksimalkan potensi dan menutupi keterbatasan setiap metode, banyak solusi drone perusahaan papan atas menggunakan teknologi RTK dan PPK untuk memastikan pemosisian yang paling akurat.

Layanan Cloud PPK untuk drone DJI terbaik, jadi, Phantom 4 RTK, misalnya, dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pada remote kontrol drone, selain aplikasi perencanaan penerbangan DJI GS RTK. Pengaturan ini juga berarti anda dapat menyesuaikan drone pemetaan DJI Phantom 4 RTK dengan alur kerja yang paling masuk akal untuk pekerjaan tersebut.

Jadi, Rekomendasi Drone DJI Terbaik apa yang Tepat untuk RTK-PPK Survey dan Mapping?

Setelah memahami bagaimana peran penting drone pemetaan DJI untuk RTK-PPK survey dan mapping, berikut kami sampaikan rekomendasi drone yang tepat untuk implementasi survey dan mapping dilapangan.

DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

drone-inspeksi-dan-public-safety-dji-mavic-2-enterprise-advanced-scaled.jpg
DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Data RTK jauh lebih unggul daripada data satelit sendiri karena dapat digunakan untuk mengoreksi ketidakakuratan dan ketidaksesuaian, memastikan informasi dibuat sedekat mungkin dengan kenyataan.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi koordinat satelit, termasuk cuaca yang kurang mendukung, gedung-gedung tinggi, gunung, dan masalah lainnya. Ini disebut “penundaan troposfer.” Sistem RTK mengisi celah ini dengan menghasilkan data real-time dari base station dan drone.

Alat yang ringkas dan dapat dilipat ini dilengkapi dengan sensor ganda 48MP internal dengan resolusi termal 640×512 px. Modul RTK yang dapat dilampirkan memungkinkan drone ini menerbangkan misi inspeksi berulang yang presisi. Dengan waktu penerbangan hingga 31 menit, drone terbaik DJI ini adalah solusi real untuk survey da mapping.

DJI Phantom 4 RTK

drone-terbaik-dji-phantom-4-rtk
Penggunaan DJI Phantom 4 RTK

Drone pemetaan dan survei di tingkat pemula yang sempurna ada di sini. Keunggulan dari drone DJI terbaik ini berada pada modul RTK yang dimilikinya. Drone ini menawarkan akurasi pemosisian horizontal 1 cm+1 ppm, akurasi pemosisian vertikal 1,5 cm + 1 ppm, dan akurasi horizontal absolut dari model fotogrametri dalam jarak 5 cm.

Drone juga menyimpan data observasi satelit untuk digunakan untuk PPK dengan layanan Cloud DJI PPK.

Salah satu drone DJI terbaik ini punya banyak pengguna di dunia, alasannya adalah drone tersebut dapat mendukung survey dan mapping di berbagai sektor terutama sektor konstruksi untuk perencanaan pembangunan.

DJI Matrice 300 RTK

drone-inspeksi-terbaik-dji-payload-drone-thermal-dji-zenmuse-h20t
Drone DJI M300 RTK

Drone pemetaan DJI terbaik berikutnya untuk RTK-PPK survey dan mapping adalah DJI M300 RTK.

Drone pemetaan DJI terbaik ini menonjolkan sistem pemosisian RTK canggihnya dengan kemampuan A.I tingkat lanjut dan pemosisian penginderaan enam arah.

Selain itu, drone pemetaan DJI terbaik tersebut juga mempunyai waktu penerbangan maksimum 55 menit, baterai hot-swappable, dan pengoperasian yang cocok di berbagai kondisi dan suhu pengoperasian manapun, menjadikanya sebagai drone tangguh yang siap digunakan secara komprehensif untuk mendukung survey dan inspeksi di lingkungan yang kompleks pada berbagai operasi bisnis.

Jadi, drone DJI terbaik mana yang akan anda gunakan?

Pelajari lebih lanjut tentang solusi SURVEY & MAPPING menggunakan drone DJI Enterprise.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Perbandingan Fitur Drone Tanihub 4.0 DJI Agras T10, T20, T30
Pengembangan Fitur Software Program Drone Pertanian Pix4Dfields 1.10
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories