Panduan Drone Pemetaan Akurat DJI Enterprise dan Base Station Emlid

Drone Pemetaan Akurat DJI Enterprise

Drone pemetaan akurat DJI Enterprise dan Base Station Emlid sudah mendapat pengakuan dari pakar pemetaan, berikut panduan lengkapnya.

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone -pemetaan-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-ppk-ilustrasi-gcp.jpg
Ilustrasi GCP dengan menggunakan CD

Salah satu poin kunci dalam drone pemetaan akurat DJI Enterprise dan Base Station Emlid adalah akurasi. Memiliki peta yang akurat sangat penting untuk analisis lebih lanjut dan untuk proyeksi. Namun, sebelum kita melanjutkan untuk memecahkan pertanyaan akurasi, mari kita lihat sekilas mekanisme kerja pemetaan drone DJI Enterprise.

Secara sederhana, kita dapat melihat melalui gambar ilustrasi GCP disamping ini. Drone dilengkapi kamera yang diposisikan secara vertikal di permukaannya. Kemudian, anda merencanakan penerbangan yang didukung software khusus, sehingga drone dapat mencakup seluruh area kerja.

Kamera drone on-board kemudian melakukan pengambilan gambar selama misi. Beberapa foto dari setiap fitur diambil, akan menghasilkan gambar berbeda, tergantung dari seberapa sering Anda mengaturnya. Tujuannya untuk menghasilkan peta orthomosaic sesudahnya.

Peta orthomosaic adalah semacam teka-teki, yang dibuat dari foto-foto detail dan akurat dari area yang dijahit bersama dan dikoreksi secara geometris. Sisanya terletak pada post-processing. Tampaknya cukup mudah, bukan? Satu-satunya pertanyaan adalah, bagaimana cara menggabungkan foto-foto tersebut secara akurat relatif terhadap permukaan bumi dan objek-objek dalam foto? Di sinilah ground control point akan membantu.

Mulai Set-Up untuk Melakukan Pemetaan dengan Drone

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-ppk-dji-emlid-reach-rs2-pix4d.jpg
Solusi komplit untuk pemetaan drone DJI Enterprise

Berikut peralatan hardware dan software yang dibutuhkan untuk hasilkan drone pemetaan akurat dengan DJI Enterprise dan base station Emlid.

  • Drone DJI Mavic 2 series
  • Stasiun pangkalan: Emlid RS 2 dengan tripod
  • Emlid RS+ pada tiang survei untuk menandai GCP 
  • 8 GCP, dicat dengan titik putih terang di tengah warna orange atau hijau X, dengan jarak sekitar 3 cm di antara warna. 
  • 2 pos pemeriksaan yang terbuat dari tulangan dan laptop untuk memproses foto

Sementara itu, software yang diperlukan diantaranya:

  • Ground Station Pro untuk mengontrol penerbangan drone (Perangkat lunak gratis untuk iOS)
  • Agisoft Metashape profesional untuk menandai semua GCP, menyesuaikan perataan sedang, dan memproses cloud padat sedang
  • Global Mapper untuk menerjemahkan data ke sistem koordinat yang berbeda jika diperlukan 
drone-untuk-pemetaan-ppk-drone0thermal-dji-mavic-2-enterprise-advanced
Drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Anda dapat menemukan alternatif di hampir setiap kasus, tetapi komponen dasar penyiapan tetap sama: drone, unit dasar dan penjelajah, GCP, laptop, dan satu set perangkat lunak untuk pasca-proses data.

Jika anda masih bingung untuk mengetahui pemetaan drone DJI Enterprise yang terbaik, anda bisa mencoba untuk melibatkan drone DJI Mavic 2 Enterprise Advanced dan drone DJI Phantom 4 RTK untuk setiap proyek survey dan mapping yang dilakukan.

Tahapan Pemetaan: Melakukan Area Outdoor

Mari kita lihat bagaimana pemetaan bekerja dalam kehidupan nyata menggunakan kasus yang telah kami sebutkan di atas. Keakuratan data pemetaan dengan drone DJI Enterprise dan Base Station Emlid sangat penting bagi seluruh surveyor bukan?

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-ppk-bagaimana-gcp-berpengaruh-untuk-pemetaan.png
Berikut adalah GCP dan pos pemeriksaan yang digunakan dalam survey

Tujuan dari survei dengan drone pemetaan akurat drone DJI Enterprise dan Base Station Emlid ini adalah untuk mengetahui jumlah pasti banyaknya batu yang dikeluarkan dari lubang.

Semuanya dimulai dengan GCP. Dalam hal ini, lokasi proyek tersebut tidak sepenuhnya punya bidangdatar, sehingga beberapa dari 8 GCP terletak di ketinggian untuk menandainya.

Pengguna memakai drone pemetaan akurat DJI Enterprise dan Base Station Emlid Reach RS2 sebagai basisnya dan mengumpulkan GCP dengan rover Reach RS+, lalu memposisikan tiang di tengah-tengah GCP, ia berhasil merekam koordinat yang akurat dari semua 8 GCP dan 2 pos pemeriksaan untuk pemrosesan data.

Mengatur Penerbangan Drone

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-cara-kerja-overlap.jpg
Gambaran foto yang overlap

Mengatur ketinggian penerbangan yang lebih tinggi memungkinkan pengguna untuk menangkap lebih banyak dalam satu gambar, sehingga membuat gambar semakin mudah dikaitkan antara satu gambar dengan gambar lainnya. Selain itu banyaknya jumlah gambar akan menunjukkan seberapa banyak foto yang saling overlap dalam pasca-pemrosesan. 

Meningkatkan gambar yang overlap dibagian samping membantu Anda menangkap lebih banyak fitur yang cocok dan mengaitkan gambar dengan presisi yang lebih tinggi. Namun, hal itu akan mengurangi area pemetaan yang ingin anda lakukan dalam satu misi drone untuk pemetaan PPK.

Memang, dengan meningkatkan gambar overlap atau yang saling tumpang tindih dibagian depan membuat kamera Anda mengambil foto lebih cepat, tetapi pada titik tertentu, saat menggunakan drone pemetaan akurat PPK, Anda akan menghadapi keterbatasan dalam menggunakan teknologi tersebut. Dalam hal ini, pengaturannya adalah 80% front overlap, 70% side overlap. Luas keseluruhan pemetaan sekitar 0,0582 km2. Ketinggian terbang adalah 73,2 m.

Perekaman dan Anotasi GCP

Ketika semua GCP dicatat dan ditandai, dan rute drone sudah siap, saatnya untuk mengumpulkan data. Dalam kasus khusus ini, drone pemetaan akurat untuk PPK DJI Mavic 2 series memiliki rolling shutter pada kameranya, yang berarti dapat mengubah bentuk objek bergerak. Namun, pengguna kami menemukan solusi – membuat Mavic Pro 2 berhenti di setiap titik jalan yang dilalui saat pemetaan.

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-ppk-data-lokasi-kamera-dan-gambar-yang-overlap.png
Data laporan hasil survey

Setelah penerbangan yang direncanakan, Anda dapat melakukan penerbangan manual untuk menangkap beberapa poin yang rumit sekalipun.

Misalnya, dalam kasus ini, penerbangan manual mengumpulkan beberapa bidikan sekitar 45 derajat di sekeliling area survei untuk mendapatkan cakupan yang lebih baik.

Selanjutnya, Anda bekerja dengan post-processing data drone dengan software profesional. Dalam hal ini, software yang digunakan adalah Agisoft Metashape profesional untuk menganalisis foto. Software ini dapat menghitung pointclouds atau koordinat pada permukaan objek.

Pointclouds yang padat biasanya digunakan untuk membuat model 3D atau peta dilokasi proyek. Setelah Anda menyelesaikan post-processing, Anda akan mendapatkan peta lapangan yang akurat dengan akurasi < 2,5 cm.

Tips dan Trik agar Pemetaan drone DJI Enterprise dan Base Station Emlid Berhasil

pemetaan-drone-dji-enterprise-rtk gnss base station emlid reach rs 2 base station terbaik
Emlid Reach RS2 Base Station


Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, akurasi adalah salah satu perhatian utama bagi surveyor. Berikut adalah beberapa tips dan trik pemetaan drone pemetaan akurat DJI Enterprise dan base station Emlid yang berhasil dari profesional untuk meningkatkan akurasi data anda dan menghindari kesalahan lainnya.

pemetaan-drone-dji-enterprise-drone-untuk-pemetaan-ppk-3d-mapping
Interpretasi 3D Modelling lokasi survey

  • Menggunakan Bipod untuk Survey Pole: Ini adalah tip yang cukup umum, tetapi itu tidak membuatnya kurang berguna. Sentuhan sekecil apa pun pada tiang survey dapat menyebabkan rover bergerak saat merekam koordinat titik. Lebih baik menggunakan bipod untuk memastikan rover tetap diam saat merekam titik.
  • Luangkan 5-10 Detik Saat Mengumpulkan Poin: Saat Anda merekam koordinat GCP Anda, tunggu selama 5-10 detik pada titik tersebut sebelum mengumpulkannya. Receiver akan memberikan solusi perbaikan yang dapat diandalkan, tetapi terkadang ketika ada pohon atau rintangan lain yang menghalangi pandangan, lebih baik untuk memastikan bahwa solusi perbaikan diperbarui secara akurat. Setelah beberapa detik, tekan “kumpulkan” dan lanjutkan ke GCP berikutnya.
  • Tempatkan GCP dengan benar: Saat menandai GCP Anda, coba buat semua tanda dengan ukuran dan bentuk yang sama. Dengan begitu, lebih mudah untuk memastikan Anda menandai bagian center dan menempatkan tiang survei di tempat yang sama setiap saat.
  • Menandai pusat GCP: Sekali lagi, ini adalah hal penting. Saat pemetaan drone DJI Enterprise terbang di ketinggian yang lebih rendah, lebih mudah untuk mendeteksi pusat itik kontrol dan menandainya dengan koordinat yang diketahui. Namun, jika anda tidak fokus, hal ini dapat dengan mudah menyebabkan kesalahan di angka 3-4 cm.
  • Menyetel jumlah GCP yang tepat: GCP pada pemetaan drone DJI Enterprise harus tersebar secara merata, biasanya dalam drone untuk pemetaan PPK, GCP diprediksi 50–100 m, dengan minimal 5, di setiap sudut situs dan di area tengah. Kepadatan GCP tergantung pada relief permukaan. Jika ada perubahan besar pada elevasi dalam rentang 50–100 m, tetapkan GCP lebih sering untuk memastikan perubahan elevasi diperhitungkan.Selama aman untuk diakses, tempatkan GCP di titik terendah dan tertinggi dari situs yang disurvei.

  • Pelajari produk EMLID, dan drone DJI Enterprise lainnya.

    Questions? Please let us know how we can help. 
    Connect further with us by filling the contact form below, or at:
    Email: [email protected]
    WhatsApp: +62811-8549-888

    This article is a translation, with courtesy from Emlid. The original article can be found here: Breaking Down the Drone Mapping: A Step by Step Guide

    Panduan Pemetaan PPK dengan Alat Ukur GPS Base Station Emlid
    Cara Hubungkan Survey Base Station Emlid ke Aplikasi ReachView 3
    Close
    Close My Cart

    Close
    Navigation
    Categories