Point Clouds: Cara Pemakaiannya Drone LIDAR

Drone LIDAR DJI Enterprise

drone-lidar-dji-zenmuse-l1-scaled.jpg
Hasil drone LIDAR DJI Enterprise untuk rekonstruksi kecelakaan

Drone LIDAR punya cara kerja yang unik. Hal ini juga berlaku pada drone DJI Enterprise, dimana penggunaanya akan bermanfaat pada lintas industri, berikut penjelasannya.

Drone LIDAR bermanfaat untuk membuat permodelan 3D suatu objek secara detil.

Penggunaanya banyak diterapkan diberbagai aktivitas operasional, mulai dari survey, rekonstruksi kecelakaan, mapping bahkan pertanian. Teknologi nya dinilai sebagai cara efektif untuk menyelesaikan pekerjaan yang berisiko tinggi. Permodelan pointcloud dari drone LIDAR harus menghasilkan point clouds yang akurat, detail dan elemen penting dalam pembuatan permodelan 3D yang membuat rekonstruksi digital ruang dan struktur fisik.

Dengan mempelajari lebih lanjut tentang point cloud dalam pemakaian drone LIDAR terutama saat menggunakan drone dari DJI Enterprise, pengguna dapat membuat keputusan tepat untuk mengerjakan pekerjaan dengan memotong waktu pengambilan data sebanyak-banyaknya.

Definisi dan Perspektif Point Clouds

Sebelumnya, mungkin istilah point clouds masih awam untuk kebanyakan orang.

Untuk itu, kami akan mencoba sedikit menjelaskan definisi point clouds dan perspektifnya.

Point clouds adalah kumpulan data point yang dipetakan dalam ruangan 3 dimensi. Setiap pointnya memiliki nilai X, Y dan Z sendiri-sendiri sesuai dengan posisinya. Beberapa point clouds dapat memiliki resolusi yang sangat tinggi, untuk menunjukkan dengan tepat hasilnya dalam 3D modelling.

Titik-titik tersebut jika disatukan akan menunjukkan model permukaan objek dan fitur medan dalam suatu area, yang memungkinkan surveyor atau inspektur untuk membuat peta dan model 3D yang sangat akurat dari area tersebut. Perlu diingat, bahwa point clouds sendiri bukanlah peta. Anda memerlukan kumpulan data lain selain hanya point clouds untuk mengidentifikasi elevasi, agar dapat membuat permodelan 3D secara lengkap.

Untuk menghasilkan point clouds ini, anda memerlukan peralatan yang tepat dan perspektif baru dari area target yang dikumpulkan lewat aerial survey. Dengan menerbangkan drone di atas area objek yang dikehendaki, dengan mudah pengguna dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan tentang ketinggian dan topografi.

Drone canggih yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi cahaya dan jangkauan (LIDAR) dapat membangun point cloud dalam satu lintasan. Drone yang menggunakan sistem kamera photogrammetry dapat merakit point cloud sebagai salah satu output dari citra 3D yang dihasilkan. Umumnya, drone LIDAR jika penggunaan dan cara pakainya benar maka akan dapat menghasilkan gambaran rinci dari area secara akurat.

Bagaimana Point Clouds Bekerja membuat 3D Modelling?

Ilustrasi drone DJI P4RTK melakukan scanning objek

Bagaimana tepatnya proses pembuatan point cloud bekerja?

Meskipun detail pastinya bergantung pada drone yang dilengkapi dengan sensor LIDAR atau peralatan photogrammetry, prosedurnya tetap sama.

Ketika anda menerbangkan drone di atas area, dengan muatan sensor LIDAR drone akan melakukan scanning area. Informasi point clouds kemudian dirangkai menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk software pemrosesan point clouds seperti DJI Terra.

Untuk mendapatkan hasil 3D pointcloud, perangkat lunak akan menambahkan konteks ke sejumlah besar titik yang terdeteksi oleh pulsa laser atau menghasilkan titik berdasarkan kumpulan foto yang diambil dari berbagai sudut. Ini tergantung pada apakah Anda menyukai LiDAR dan photogrammetry dan pada gilirannya akan ditentukan oleh jenis survei atau pemetaan yang Anda lakukan.

Perbedaan Point Clouds LIDAR vs Point Clouds Photogrammetry

Dua metode utama untuk membuat point cloud dari data drone adalah LIDAR dan photogrammetry. Masing-masing memiliki kasus penggunaan yang ideal. Perusahaan yang sering memetakan area kompleks, seperti vegetasi mungkin akan lebih efisien jika menggunakan LIDAR. Sementara itu, bisnis yang berurusan dengan garis pandang yang jelas dapat menggunakan photogrammetry sebagai solusi biaya yang lebih rendah. Hanya saja, keputusanya tidak dapat direduksi menjadi 1 atau 2 masalah. Membandingkan teknologi secara berdampingan adalah solusi yang berguna untuk melengkapi drone LIDAR dan photogrammetry.

LIDAR

 drone-lidar-dji-enterprise-zenmuse-l1-output.gif
Output scanning DJI Zenmuse L1

Pemindaian LIDAR sering melibatkan laser pulse yang dipantulkan kembali ke sensor. Dengan menggunakan pengukuran inersia dan data penentuan posisi satelit, sensor drone LIDAR dapat menentukan dengan tepat point clouds itu sendiri.

Poin yang dikumpulkan menjadi point cloud LiDAR saat dirakit oleh software khusus sebagai metode pemindaian dengan akurasi tinggi, meskipun perlu dicocokkan dengan data lain untuk menambahkan lebih banyak detail ke peta, termasuk warna.

LIDAR sangat bagus untuk memetakan item yang terlalu kecil untuk dideteksi oleh metode lain. Misalnya, jika anda perlu memetakan kabel tipis atau saluran listrik sebagai bagian dari point cloud, Anda dapat melakukannya dengan mengumpulkan data LIDAR. Teknologi ini juga bekerja dalam kondisi cahaya rendah dan dapat mencapai tanah melalui lapisan dedaunan.

Selain itu, karena point clouds LIDAR adalah pengukuran langsung, ukuran filenya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan foto resolusi tinggi yang digunakan untuk photogrammetry. Ini berarti bahwa post-processing data LiDAR lebih cepat daripada mengekstraksi point clouds dari model photogrammetry. Hal ini menjadi faktor utama bagi pelanggan yang memprioritaskan efisiensi atau yang memiliki misi sensitif waktu.

Karena software LIDAR berbasis clouds kurang umum dibandingkan dengan alat photogrammetry, proses sebenarnya untuk kompilasi data mentah menjadi point clouds mungkin memerlukan operator di lokasi dengan pelatihan teknis. Biayanya juga mungkin lebih tinggi, termasuk kebutuhan akan drone yang lebih kuat untuk membawa sensor khusus LIDAR itu sendiri.

Photogrammetry

Photogrammetry merakit proyeksi data dari foto. Teknologi ini menjadi pendekatan yang terjangkau dan mudah untuk survey dan pemetaan, dan software yang diperlukan untuk bekerja dengan data photogrammetry tersedia melalui model berbasis cloud yang sederhana.

Menggunakan photogrammetry lebih. Anda dapat memutuskan seberapa cepat menerbangkan drone, tergantung pada tingkat detail yang diperlukan untuk point clouds 3D yang anda hasilkan untuk proyek yang sedang dikerjakan.

Tergantung pada tingkat detail yang Anda pilih dan ukuran area yang anda survey, kamera drone akan mengambil ratusan atau ribuan foto. Gambar-gambar ini memiliki warna dan, selain menjadi point clouds 3D, dapat dirangkai menjadi peta atau model 3D.

Karena photogrammetry didasarkan pada fotografi, Anda memerlukan sumber cahaya agar dapat berfungsi, baik alami maupun buatan. Dengan demikian, metode yang mudah digunakan secara umum dapat menutupi ketidaknyamanan dalam mencari kondisi yang tepat dan menutupi kekurangan hasilnya. Hambatan masuk yang relatif rendah dapat menjadikan ini metode pertama yang bagus untuk perusahaan yang baru mulai membuat awan titik 3D atau model data lainnya.

Aplikasi Point Clouds di Berbagai Sektor

drone-lidar-inspeksi-sutet.jpeg
Point clouds untuk inspeksi SUTET

Setelah anda membuat point clouds 3D, seperti yang dijelaskan pada bagian awal. Drone LIDAR dan photogrammetry yang memberikan output point clouds sendiri memberikan banyak manfaat untuk berbagai industri.

  • Inspeksi SUTET: Point clouds LIDAR dapat dimanfaatkan untuk melakukan inspeksi powerlines atau transmission lines.
  • Infrastruktur: Survey untuk infrastruktur utilitas baru lebih sederhana dan lebih cepat ketika tim memiliki akses ke drone dan mampu membuat awan titik 3D dari area yang dimaksud. Ini bisa sangat berguna untuk aset seperti saluran listrik yang dibangun di daerah terpencil di mana tim akan kesulitan menavigasi dengan berjalan kaki.
  • Konstruksi minyak dan gas: Mirip dengan inspeksi SUTET, kilang minyak dan gas seringkali membutuhkan informasi 3D yang akurat tentang area yang luas, berpotensi di lokasi terpencil. Ini adalah skenario lain di mana drone terbukti lebih efektif daripada tim survei berbasis darat.
  • Survey tanah: Klien yang tertarik untuk mendapatkan peta topografi area yang terperinci dengan cepat dapat memperoleh manfaat dari awan titik 3D yang dihasilkan melalui penggunaan drone. Kombinasi survei cepat untuk area yang luas dan akurasi tingkat tinggi sangat ideal untuk survey.
  • Kehutanan: LiDAR dapat menembus dedaunan lebat dan menyediakan data permukaan yang tidak dapat diselesaikan dengan photogrammetry.
  • Setelah Anda menentukan kasus penggunaan yang baik untuk cloud titik 3D yang akurat, Anda hanya perlu menemukan drone dan muatan pengumpulan informasi yang tepat untuk anda.

Rekomendasi Drone LIDAR DJI Enterprise

Jenis drone apa yang akan diterbangkan tim Anda pada tugas pembuatan cloud point berikutnya, dan sensor apa yang akan dilengkapi? Saat bekerja dengan drone LIDAR DJI Enterprise, Anda memiliki beberapa opsi, termasuk:

  • Hardware drone: Pilihan drone ditentukan oleh misi penerbangan dan kondisi kerja. DJI Matrice 300 RTK adalah pilihan yang baik untuk generasi point clouds 3D cloud titik 3D. Drone Ini dapat beroperasi dalam berbagai kondisi lingkungan dan memberikan waktu penerbangan 55 menit sambil melengkapi paket sensor pilihan Anda.
  • LIDAR Payload : Zenmuse L1 adalah payload drone LIDAR pertama yang tersedia melalui DJI, dan daftar fiturnya sangat mengesankan. Solusi ini memungkinkan pemetaan 240.000 point clouds per detik dengan pengembalian tunggal atau hingga 480.000 point clouds per detik dengan tiga pengembalian. Kamera RGB terintegrasi memungkinkan output pointc clouds warna asli, dan point clouds LiveView di DJI Pilot memungkinkan Anda memverifikasi apakah pengumpulan data berjalan dengan benar.
  • Photogrammetry payload: Untuk pengguna yang lebih menyukai photogrammetry, DJI menawarkan Zenmuse P1. Sistem ini dapat mengambil foto setiap 0,7 detik untuk membangun model yang akurat dan terperinci dengan cepat untuk dikonversi menjadi awan titik 3D.

Pelajari lebih lanjut solusi drone LIDAR DJI.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Aplikasi Utama Pemetaan Multispectral untuk Pertanian
Update Software Pemetaan PIX4Dsurvey: Pengukuran Volume Lebih Akurat
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories