7 Fungsi Drone Inspeksi Flyability Elios 2 untuk Industri Minyak dan Gas

Drone Inspeksi Flyability Elios 2

drone-inspeksi-tangki-flyability-elios-2-scaled.jpg
Flyability Elios 2 untuk inspeksi tangki

Drone inspeksi Flyability Elios 2, banyak digunakan oleh industri minyak dan gas untuk menyelesaikan pekerjaan atau operasional, berikut 7 fungsinya.

Untuk inspeksi eksternal, profesional minyak dan gas telah menggunakan drone luar ruangan untuk mengumpulkan data visual yang mencerminkan kondisi aset secara realtime. Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari pekerja dari bahaya yang mengancam saat melakukan inspeksi.

Dan baru-baru ini, mereka telah menggunakan drone inspeksi diluar ruangan untuk mendeteksi kebocoran gas, sehingga dapat mengidentifikasi di mana ada kebocoran yang ada dan jenis serta jumlah gas yang bocor.

Proses inspeksi luar ruangan ini dinilai menyulitkan industri dan kurang memberikan efek signifikan dalam bantuan operasional di industri tersebut. Untuk inspeksi internal, drone inspeksi dalam ruangan seperti Flyability Elios 2 telah membantu inspektur yang bekerja di bidang minyak dan gas untuk mengumpulkan data visual di dalam aset yang memerlukan inspeksi berkala.

Sinergi Drone Inspeksi Elios 2 dengan Manusia

drone-inspeksi-elios-2-inspeksi-indoor-scaled.jpg
Inspeksi aset dengan Elios 2

Inspektur yang bekerja di industri minyak dan gas telah menyadari manfaat signifikan dari penggunaan drone dalam inspeksi mereka selama beberapa tahun sekarang.

Pendekatan tradisional untuk memeriksa aset-aset ini akan membutuhkan inspektur untuk masuk melakukan inspeksi kedalam lalu, memaparkannya pada semua potensi bahaya yang datang ketika masuk ke confined spaces.

Dengan menggunakan senter dan kamera pada drone inspeksi Elios 2, inspektur dapat menelusuri data visual dan merekam aset dan mencari kemungkinan kekurangan yang mungkin memerlukan pemeriksaan atau pemeliharaan lebih lanjut.

Dalam banyak kasus, inspektur harus berdiri di atas scafolding atau menggunakan tali untuk melakukan inspeksi internal, tentu ini sangat berbahaya sekali jika dilakukan, sehingga dengan melibatkan sinergi drone inspeksi Elios 2, inspektur akan lebih aman dan mudah mengumpulkan data aset tanpa harus berhadapan pada risiko berbahaya.

Sinergi yang positif antara confined space drone inspeksi Elios 2 dan manusia bantu pengguna untuk menghilangkan kebutuhan inspektur untuk masuk kedalamnya dan mengumpulkan data visual, sehingga membuat inspeksi lebih aman dan lebih murah.

Bagi industri minyak dan gas sendiri, terdapat 7 fungsi drone inspeksi Elios 2 bagi industri minyak dan gas, berikut penjelasannya.

1. Keamananan

drone-inspeksi-tangki-minyak-elios-2-scaled.jpg
Pekerja lebih aman melakukan inspeksi dengan Elios 2

Inspektur yang melakukan inspeksi internal di industri minyak dan gas seringkali harus masuk ke tangki yang sempit, sehingga mereka memerlukan bantuan scafolding dan rope access, padahal 2 metode ini sangat berbahaya. Drone inspeksi Elios 2 dapat bersinergi dengan baik bersama pekerja di industri minyak dan gas agar menjaga pekerja tetap aman tanpa mengesampingkan akurasi hasil gambar yang diperoleh.

Elios 2 secara signifikan mengurangi kebutuhan inspektur untuk menghadapi bahaya ini.

Dengan mengirimkan drone ke dalam aset, inspektur dapat mengumpulkan data visual dari jarak jauh sambil berdiri dengan aman di luar, meningkatkan keamanan inspeksi secara keseluruhan dengan menghilangkan bahaya yang tercantum di atas. 

Selanjutnya, jika personel pemeliharaan perlu memasuki aset untuk mengatasi kekurangan yang ditemukan selama inspeksi, waktu mereka di dalamnya akan berkurang.Berkat data visual yang dikumpulkan oleh drone, mereka akan tahu persis di mana harus bekerja begitu berada di dalam. Dan jika perancah diperlukan, mereka akan tahu di mana harus meletakkannya.

2. Penghematan Biaya untuk Perusahaan

drone-inspeksi-flyability-elios-2-isnpeksi-minyak-dan-gas.png
Inspeksi aset MIGAS dengan Elios 2 menghemat banyak biaya

Di depot minyak yang disebutkan di atas, biaya inspeksi berkurang 96% menggunakan Elios 2. Perusahaan dapat menghemat biaya inspeksi hingga miliaran rupiah.

Sebagai contoh, salah satu perusahaan di sektor MIGAS berhasil mengurangi downtime, pada saat menginspeksi 2 tangki berukuran besar, hingga miliaran rupiah dalam sekali inspeksi.

Jika menggunakan Elios 2, pengguna bisa menghilangkan kebutuhan terhadap scafolding. Ini menunjukkan penghematan yang signifikan, karena biaya bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mendirikan dan membongkar scafolding tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3. Membuka Akses Inspeksi Lebih Luas

drone-inspeksi-elios-2-untuk-ruang-terbatas.png
Akses ke seluruh tangki bisa dijelajahi dengan Elios 2

Drone Elios 2 dapat dengan mudah mengakses ruang yang sempit dan terbatas dan mengumpulkan data visual yang mencerminkan kondisi di sana.

Karena dikelilingi oleh sangkar pelindung dan dirancang agar tahan benturan, Elios 2 saat penggunaanya menabrkan sesuatu, maka drone tersebut tidak rusak, namun bisa langsung digunakan oleh penggunanya untuk melanjutkan aktivitas penerbangan.

Selain itu, Elios 2 juga dapat berputar sehingga membantu pengguna untuk mengambil gambar atau video kondisi aset dari berbagai sisi, sehingga mendapatkan titik pandang yang jelas untuk melihat anomali pada aset. Akses yang tidak terbatas ini berdampak besar pada penghematan dan keamanan operasi minyak dan gas. Inspektur biasanya harus melubangi unit terlebih dahulu. Tetapi drone Elios 2 dapat menghilangkan kebutuhan inspektur untuk masuk ke aset yang ingin diinspeksi.

4. Proses Lokalisasi Data yang Detil

drone-inspeksi-software-anomali-aset-flyability-inspector-3.0.jpeg
Post processing Flyability Inspector 3.0

Jika pada umumnya proses inspeksi tidak bisa mengetahui letak lokasi anomali aset secara detil, solusi drone Elios 2 dan Flyability Inspector 3.0 justru memberikan kemudahan lokalisasi data untuk pengguna menggali informasi penting lainnya.

Flyability Inspector 3.0 adalah software Flyability yang dibuat khusus untuk profesional inspeksi, yang bisa bersinergi dengan inspektur untuk menunjukkan dengan tepat lokasi cacat yang ditemukan dalam rekaman inspeksi mereka sehingga mereka dapat kembali ke sana saat ingin melakukan inspeksi selanjutnya atau membaginya dengan petugas lain untuk proses pemeliharaan.

5. Mengurangi Downtimes

Drone inspeksi Elios 2 secara signifikan dapat mengurangi waktu penyelesaian inspeksi dan menghilangkan kebutuhan untuk membangun scafolding, sehingga perusahaan tidak harus menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk melakukan persiapan inspeksi, aset bisa langsung diinspeksi secara aman dengan Elios 2.

Selama inspeksi tangki minyak, inspektur dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk inspeksi dari dua minggu menjadi hanya empat jam menggunakan Elios 2. Dengan demikian, perusahaan dapat menghilangkan idle time secara signifikan, dan menyelesaikan total inspeksi dalam waktu 2 jam.

6. Peningkatan Frekuensi Inspeksi

Karena drone dalam ruangan dapat dengan cepat mengumpulkan data visual di dalam aset yang sulit diakses , seperti tangki penyimpanan. Drone Elios 2 dapat digunakan untuk pemeriksaan cepat.

Elios 2 secara cepat dan teratur mampu mendapatkan data visual tentang kondisi aset, agar dapat menghasilkan prosedur pemeliharaan yang lebih baik secara keseluruhan, yang pada akhirnya menghasilkan pengurangan tidak hanya idle time, tetapi juga waktu henti tidak terjadwal, yang mungkin terjadi karena peralatan yang sedang rusak.

7. Hasilkan Data Visual Beresolusi Tinggi

Inspektur di industri minyak dan gas menggunakan Elios 2 untuk mendapatkan data visual berkualitas tinggi yang menunjukkan detail kecil di dalam aset yang mereka periksa.

Elios 2 dari Flyability menyediakan video beresolusi 4K dengan kemampuan menghasilkan gambar berkualitas tinggi, bersama dengan stabilisasi dan fitur pencahayaan unik untuk memungkinkan pilot mengetahui detail penting dalam gambar inspeksi yang mereka tangkap, lalu meningkatkan kualitas data visual yang mereka kumpulkan.

Pelajari lebih lanjut solusi drone inspeksi lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

‎PIX4Dcatch: Aplikasi untuk Drone Pemetaan Mengumpulkan Data Terestrial
Perbedaan Emlid NTRIP Caster dan NTRIP Service
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories