Integrasi Drone DJI Phantom 4 RTK dan Software Pemetaan PIXDmapper untuk Pertanian Presisi

Integrasi DJI Phantom 4 RTK dan PIX4Dmapper pada Pertanian

drone-dji-phantom-4-rtk-survey-mapping-scaled.jpg
Penggunaan drone DJI Phantom 4 RTK

Drone DJI Phantom 4 RTK dan software pemetaan PIX4Dmapper memberikan lebih banyak info ke petani sebelum membuat keputusan, berikut penjelasannya.

Akibatnya, dampak keputusan bisa dibuat lebih efektif, akhirnya menunjukkan bahwa tanaman dirawat dengan lebih baik yang meningkatkan siklus produktivitas hasil panen. Drone memasuki siklus pertanian sebagai bagian dari siklus keputusan yang terlihat dalam gambar disamping.

Survey

Drone akan digunakan untuk mengumpulkan data tentang situs. Data yang dikumpulkan diimpor ke PIX4Dfields atau PIX4Dmapper.

Software ini dengan cepat memproses data secara offline, dan memberikan hasil di mana anomali dapat disorot dengan indeks vegetasi dan dibagikan melalui share ke PIX4Dcloud.

Interpretasi

Setelah data diproses, petani dan penyedia layanan dapat menganalisis data, dengan melihat faktor-faktor seperti menggunakan pembelajaran mesin dan AI untuk penghitungan tanaman, deteksi baris tanaman, dan pengelolaan gulma.

dji-phantom-4-rtk-pertanain-pix4dmapper.png
Crop cycle PIX4Dmapper

Identifikasi area stress atau status umum tanaman yang dipengaruhi oleh hama, penyakit, kekurangan nutrisi, hewan atau cuaca. Topografi tanah untuk Identifikasi daerah rawan banjir, ketinggian, karakteristik tanah, dll.

Tentukan batas bidang temukan dan buat catatan bidang bidang. Merencanakan operasi yang ditargetkan atau pemetaan tingkat variabel untuk memiliki rencana perawatan khusus untuk penggunaan sumber daya minimal untuk memotong biaya dan perawatan.

Membuat Keputusan

Petani dan ahli agronomi kemudian dapat memutuskan cara terbaik untuk menggunakan informasi yang telah diberikan kepada mereka.

Mereka dapat merencanakan aplikasi pestisida lokal pada tanaman atau plot percobaan mereka, teknik irigasi baru, dan menyimpan data mereka sebagai catatan pekerjaan yang telah dilakukan, keberhasilan, dan peningkatan yang terjadi.

Penggunaan teknologi drone DJI Phantom 4 RTK dan PIX4Dmapper dapat mewujudkan pertanian presisi.

Pengambilan Tindakan

Setelah keputusan dibuat, yang tersisa hanyalah mengambil tindakan. Penanam/petani dapat mengunggah peta resep ke mesin pertanian presisi yang kompatibel untuk aplikasi spesifik lokasi, menggunakan penentuan posisi GPS atau alternatif yang lebih akurat seperti RTK untuk memberlakukan rencana perawatan atau teknik aplikasi baru.

Drone DJI seperti Phantom 4 RTK sudah disediakan untuk pemetaan RTK (Real-Time Kinematic) adalah teknik yang digunakan untuk memastikan akurasi posisi yang lebih tinggi dengan memberikan koreksi untuk kesalahan umum.

Membuat Perbedaan untuk Sektor Agriculture: Analisa NDVI

dji-phantom-4-rtk-pix4dfields
Analisa NDVI pertanian dengan software PIX4D

Pengamatan pertanian tidak lepas dari segi cahaya. Cahaya yang dapat kita lihat disekitar kita hanyalah bagian dari spektrum yang lebih luas, di mana terdapat panjang gelombang berbeda yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Bagaimana objek di sekitar kita berinteraksi dengan cahaya itu memengaruhi cara kita melihatnya, seperti cara tanaman memantulkan cahaya hijau, maka mata kita akan melihat tanaman itu sebagai warna hijau.

Setiap hal memiliki tanda spektral tertentu, yang merupakan kumpulan panjang gelombang yang diserap, ditransmisikan, dan dipantulkan. Tanda ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk perubahan objek itu sendiri. Dalam hal ini, tanaman.

Jika Anda dapat melihat tanda tangan ini dan menganalisis perubahan atau penyimpangan dari ketentuan yang anda, Anda dapat mengetahui tentang kesehatan tanaman bahkan sebelum Anda melihat apa pun pada tanaman tersebut.

Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan analisa indeks vegetasi tanaman. NDVI adalah gabungan reflektansi cahaya permukaan yang diukur pada setidaknya dua panjang gelombang yang menyoroti hal tertentu dari tanaman.

Indeks vegetasi dihitung sesuai dengan sifat reflektansi vegetasi. Ini dilakukan dengan pencitraan multispektral. Anda dapat menggunakan indeks vegetasi untuk menyelidiki beberapa fitur tentang tanaman, termasuk tahap siklus pertumbuhannya, tingkat stres air, atau bahkan kekurangan nutrisi. Software PIX4D bahkan bisa melakukan lebih dari itu. Drone sekarang dapat membawa kamera multispcktral yang menangkap semua data yang diperlukan untuk menghasilkan peta indeks vegetasi ladang, memberi petani tingkat pemahaman yang tak tertandingi tentang tanaman mereka. Ada beberapa indeks berbeda yang dapat mereka gunakan untuk mendapatkan berbagai jenis informasi.

Mengapa Drone DJI dan Software PIX4D membawa Perbedaan untuk Agriculture?

drone-dji-ndvi-pix4dmapper.png
Output analisa lahan pertanian dengan software PIX4D

Drone sekarang dapat membawa kamera multispectral yang menangkap semua data yang diperlukan untuk menghasilkan peta indeks vegetasi ladang, memberi petani tingkat pemahaman yang tak tertandingi tentang tanaman mereka. Ada beberapa indeks berbeda yang dapat mereka gunakan untuk mendapatkan berbagai jenis informasi.

Visible Atmospherically Resistant Index (VARI) VARI bekerja dengan gambar RGB, bukan alternatif inframerah. Sederhananya, ini mendeteksi berapa banyak tanaman hijau yang ada dan dapat membantu mendeteksi stres tanaman dan melihat sensitivitas klorofil untuk memberikan wawasan tentang tingkat nitrogen dalam daun, yang membantu menginformasikan bagaimana petani menerapkan pupuk.

Optimasi Penyebaran Bibit Tanaman

drone-dji-pix4dmapper-untuk-pertanian.png
Analisa area penanaman dengan PIX4Dmapper

Survey tanah merupakan bagian penting dari pertanian. Ini dapat mengungkapkan sifat tanah dan membantu merencanakan pertanian dan perawatan tanaman yang dioptimalkan. Peternakan ini menggunakan drone dan photogrammetry untuk menganalisis tanah, membandingkannya dengan peta hasil yang ada, dan membuat rencana pengelolaan untuk pembibitan.

Integrasi antara drone DJI Phantom 4 RTK dan software PIX4Dmapper, sebagai contoh, mampu memberikan perubahan nyata yang signifikan untuk pertanian, seperti tanaman jagung. Pengguna ingin mengoptimalkan tingkat pembibitan pada area 500Ha.

Pengguna juga ingin menganalisis bagaimana pH tanah, salinitas, dan perubahan tekstur membantu petani merencanakan pembibitan tanaman yang optimal – lahan dapat memiliki kondisi tanah yang bervariasi, seperti yang terlihat pada gambar di sebelah kanan.

Pada akhirnya integrasi kedua teknologi ini menghasilkan beberapa hal yang dirasakan nyata oleh pengguna itu sendiri:

• Mampu mengumpulkan data sesuai permintaan
• Hasil yang dapat ditindaklanjuti dalam penggunaan dari penggunaan pertama perangkat lunak
• Pertanian presisi digunakan untuk meningkatkan tingkat penyemaian

Pelajari lebih lanjut terkait drone DJI dan software PIX4D.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

This article is a translation, original article can be found on: Drones in Agriculture, seeing Beyond the Surface.

Emlid Reach RS+ untuk Survey Mapping Akurat ke Tingkat Sentimeter
Drone Software Inspeksi Elios 2 Inspector 3.0 untuk Heavy Industry
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories