Drone DJI M300 dan Phantom 4 RTK Inspeksi Otomatis Pipa dan Jembatan

Aplikasi Drone DJI Enterprise untuk Inspeksi Pipa dan Jembatan secara Otomatis

drone-dji-enterprise-phantom-4-rtk-inspeksi-pipa-jembatan
Drone DJI Phantom 4 RTK melakukan inspeksi pipa gantung

Drone DJI Enterprise M300 dan Phantom 4 RTK mengurangi potensi bahaya dengan melakukan inspeksi pipa dan jembatan secara otomatis, bagaimana aksinya?

Perusahaan yang dikenal dengan bisnis di jaringan pipa minyak dan gas Ptermasuk penyulingan dan petrokiia terbesar di asia punya tujuan untuk mengirimkan minyak mentah mentah ke kilangnya setiap hari. Operasional tersebut membuat perusahaan telah menciptakan jaringan pipa yang canggih serta jembatan gantung pipa yang menjaga agar minyak mentah tetap mengalir 24/7. Untuk memastikan sistem nya terintegrasi dengan baik, dibutuhkan alat inspeksi agar tidak menaruh pekerja di bahaya setiap harinya untuk memeriksa jaringan pipa dan jembatan gantung yang rumit ini.

drone-inspeksi-dji-m300-rtk-lakukan-inspeksi-jembatan-gantung
Inspeksi jembatan gantung dengan drone DJI M300 RTK

Salah satu insinyur inspeksi tersebut sebelumnya selalu bertanya pada timnya bagaimana hasil inspeksis etiap struktur dengan memanjat jembatan gantung untuk mengetahui kesalahan dan keadaan aset tersebut secara visual.

Selain itu, dia juga akan menggunakan peralatan canggih berbasis darat untuk memeriksa pipa jembatan, las, sambungan, klem, paku keling, girder, rangka, penyangga beton, kabel penyangga jembatan, dan beberapa lainnya.

Sebelum menggunakan drone inspeksi DJI Enterprise, proses inspeksi seara tradisional ini sangat memakan waktu dan tenaga, proses ini diperlukan karena jembatan dapat mengalami korosi, retak, geser, patah, bocor, delaminasi, susu dan akibat buruk lainnya yang disebabkan oleh perubahan suhu atau cuaca yang dapat terjadi secara mendadak. Dengan begitu banyak potensi bahaya yang dapat mempengaruhi jembatan gantung, memeriksa struktur yang sering kali jauh ini adalah tugas yang sangat menantang, untuk sedikitnya. Tidak hanya melelahkan dan memakan waktu, tetapi juga berbahaya, mahal, dan membutuhkan peralatan. Selain itum yang lebih penting lagi, inspeksi manual membatasi kemampuan seorang insinyur untuk membuat perbandingan dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Bagaimana Keadaan Aset yang menjadi Aset untuk Inspeksi?

drone-inspeksi-jembatan-gantung-di-area-kompleks.jpeg
Kondisi lokasi aset yang berbahaya jika diinspeksi secara tradisional

Pada gambar disamping, kita dapat melihat bahwa kondisi jembatan gantung dan jalur pipa tersebut terletak di lokasi aset yang sangat kompleks, serta berbahaya jika inspeksi dilakukan dengan metode konvensional.

Tidak hanya itu, jika melakukan metode inspeksi secara tradisional, keadaan akan menjadi lebih buruk ketika inspeksi dilakukan saat musim hujan. Selama musim hujan, jalan mungkin tersapu atau medan mungkin terhalang oleh puing-puing. Selain itu, tanah longsor dapat terjadi, jembatan dapat rusak karena naiknya air banjir, dan satwa liar teritorial mungkin ada. Ini tidak hanya membuat pekerjaan para insinyur jauh lebih sulit tetapi juga menempatkan seluruh sistem dalam risiko jika jembatan dan pipa tidak dapat diperiksa dengan benar.

Mempersiapkan petugas untuk Inspeksi

drone-inspeksi-pipa-dji-m300-rtk-inspeksi-tradisional.jpeg
Metode inspeksi jembatan tradisional

Pada tahun 2020, perusahaan bermitra dengan DJI untuk membuat satuan tugas bersama yang dirancang untuk mengeksplorasi kelayakan penggunaan drone untuk memeriksa jaringan pipa gantung yang melintang panjang seperti jembatan.

Sebelumnya, perusahaan sudah memikirkan rencana matang-matang untuk menggunakan drone dalam rangka menginspeksi pipa dan jembatan. Sebelum menggunakan drone, perusahaan menggunakan metode inspeksi jembatan gantung secara tradisional seperti yang ada pada gambar disamping. Setelah memperhitungkan biaya yang sesuai dengan budget perusahaan, perusahaan memutuskan untuk menggunakan drone DJI Enterprise M300 RTK dan Phantom 4 RTK untuk melanjutkan misi inspeksi dengan metode yang lebih modern.

Proses inspeksi menggunakan drone DJI M300 RTK dan Phantom 4 RTK membantu perusahaan untuk melihat keadaan kondisi jembatan dan pipa gantung secara real time. Hasil nyata yang dirasakan oleh perusahaan pertama kali setelah menggunakan drone DJI tersebut adalah metode inspeksi jembatan dengan cara yang lebih modern, sangat efisien dan hemat biaya.

Drone tidak hanya lebih aman dan akurat, tetapi para insinyur juga dapat menggunakannya untuk memeriksa infrastruktur minyak dan gas lebih sering, yang dapat memperpanjang umur aset yang mahal ini.

Proses Inspeksi Jembatan secara Otomatis

 drone-dji-m300-rtk-inspeksi-jembatan-secara-otomatis-scaled.jpg
Proses inspeksi jembatan secara otomatis dengan DJI M300 RTK

Drone inspeksi DJI menggunakan Matrice 300 RTK dan Phantom 4 RTK untuk menguji efektivitas drone tersebut di lapangan.

Dalam satu kali menjalankan misi penerbangan, drone DJI tersebut dapat langsung diterbangkan dengan lancar diatas aset tersebut dengan aman.

Setelah awalnya memetakan jembatan dari langit dengan P4 RTK dan WayPoint, tugas pertama tim dilapangan adalah memutuskan dengan tepat bagian mana dari jembatan yang perlu diperiksa oleh drone. Seperti yang dapat anda bayangkan, jembatan gantung memiliki banyak bagian yang sangat penting untuk kelangsungan keseluruhan struktur.

Hasil waypoints inspeksi jembatan setelah data diproses DJI Terra

Selanjutnya, tim menentukan rute yang paling optimal untuk diambil dengan menggunakan drone DJI saat terbang di sekitar jembatan.

Proses penentuan tersebut dilakukan dengan menggunakan DJI Terra sebelum mengunggah gambar yang dikumpulkan oleh penerbangan drone DJI Phantom 4 RTK lalu membangun model 3D jembatan yang dilewati oleh pipa gantung.

Saat melihat model di komputer mereka, tim kemudian mengubah jalur penerbangan, titik arah, posisi gimbal-pitch, dan pengaturan zoom kamera untuk memastikan bahwa setiap aspek penting dari jembatan diperhitungkan. Selain itu, DJI Terra memiliki fitur yang memungkinkan para insinyur menjalankan simulasi jalur penerbangan di komputer mereka untuk memeriksa ulang bahwa tidak ada detail yang terlewatkan. Dengan memungkinkan para insinyur untuk menyesuaikan jalur penerbangan dari komputer mereka sendiri, DJI Terra meningkatkan efisiensi misi secara keseluruhan.

 drone-inspeksi-pipa-gantung-dji-m300-rtk-proses-.gif
Proses penerbangan DJI M300 RTK untuk inspeksi pipa secara otomatis

Di lokasi, pilot drone awalnya menerbangkan drone DJI M300 RTK di sekitar jembatan untuk menguji jalur penerbangan dan menyesuaikan titik penerbangan.

Setelah titik arah ditentukan secara akurat akan diatur di sepanjang area utama jembatan, insinyur dengan pelatihan drone yang sangat sedikit dapat dengan mudah menerbangkan drone menggunakan jalur penerbangan yang telah direncanakan sebelumnya. Dan setelah memilih jalur yang telah diatur sebelumnya ini, para insinyur dapat duduk santai sementara drone terbang sendiri ke setiap titik jalan dan secara otomatis mengambil foto jembatan dengan tepat.

 drone-inspeksi-dji-m300-rtk-solusi-inspeksi-scaled.jpg
DJI M300 RTK

Karena desain jembatan gantung yang rumit dengan kabel, kabel dan titik rapat lainnya, drone yang digunakan harus memiliki sensor penghindar rintangan bawaan, seperti drone DJI M300 RTK.

Lebih penting lagi, dengan kamera zoom yang kuat seperti Zenmuse H20, drone jarang perlu terbang di dekat rintangan apa pun.

Setelah data penerbangan direkam, para insinyur menggunakan gambar resolusi tinggi yang diambil oleh UAV untuk menganalisis dan membandingkan foto berdasarkan pengukuran linier, luas, dan volumetrik. Saat memeriksa setiap foto secara mendetail untuk menunjukkan dan menyoroti area masalah, para insinyur menambahkan anotasi dan label ke peta dan pengukuran yang meningkatkan pelaporan dan komunikasi.

Untuk memastikan tidak ada kebutuhan yang terlewat, mereka menjalankan lebih banyak simulasi penerbangan dan mengubah pengaturan jalur penerbangan dan titik arah lebih jauh. Setelah selesai, tim membiarkan algoritma A.I drone secara otomatis membandingkan gambar secara realtime berdasarkan data yang diambil selama penerbangan dan mengkalibrasi sudut pemotretan terbaik. Segera setelah semuanya dikonfirmasi, drone kemudian dapat secara otomatis menerbangkan misinya dan mengambil foto terbaik tanpa memerlukan pilot drone ahli.

Hasil Inspeksi Jembatan dan Jalur Pipa

 drone-inspeksi-potret-anomali-aset-yang-berhasil-dicapture-dengan-drone-dji-m300-rtk.jpeg
Hasil anomali pada aset yang terlihat dari penerbangan drone DJI

Setelah memeriksa data yang direkam dan mengubah jalur penerbangan sekali lagi, para insinyur kemudian kembali ke jembatan gantung, meluncurkan drone DJI M300 RTK, dan menjalankan jalur penerbangan yang telah diprogram sebelumnya yang mencakup 190 waypoint dan berbagai pengaturan kamera dan gimbal.

Untuk memeriksa hasil kedua bahkan ketiga kalinya, tim mengoperasikan drone dengan menjalankan jalur penerbangan yang telah diprogram beberapa kali untuk menguji keandalan, akurasi, dan pengulangan.

Setelah semua data beresolusi tinggi diambil di lokasi, tim kembali ke kantor mereka untuk membandingkan dan menganalisis data. Akibatnya, para insinyur inspeksi menemukan bahwa gambar yang dikumpulkan oleh Matrice 300 RTK dan Zenmuse H20 sangat akurat dan memutuskan bahwa menggunakan drone untuk memeriksa jembatan gantung pipa tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga hemat biaya dan jauh lebih aman.

 drone-inspeksi-capture-anomali-aset-dengan-drone-dji-m300-rtk-dan-dji-phantom-4-rtk.gif
Proses capture aset dengan drone DJI M300 RTK

Karena tes drone sangat sukses, insinyur dapat meningkatkan tingkat inspeksi jembatan gantung mereka dari setahun sekali menjadi sebulan sekali.

Tingkat inspeksi yang meningkat ini dapat menghasilkan pengukuran yang lebih akurat dan membantu insinyur lebih cepat menemukan kesalahan dalam sistem pipa minyak, sehingga memperpanjang umur jaringan dan menjaga minyak mentah tetap mengalir.

Setelah drone DJI M300 RTK mengudara, pilot dapat merekam jalur penerbangannya menggunakan fitur perekaman misi langsung drone saat dalam mode penerbangan cerdas. Alat yang sangat efektif dari DJI Enterprise ini memungkinkan pilot untuk merekam detail rumit penerbangan mereka serta mengatur sudut kamera, pengaturan zoom, dan orientasi gimbal di setiap titik jalan yang diplot, dan kemudian menyimpan data itu di kartu memori drone. Selain itu, pilot dapat dengan mudah menggunakan layar sentuh pengontrol untuk mengetuk item yang ditargetkan dengan cepat untuk mengatur titik jalan, menyesuaikan pengaturan titik jalan, atau menyorot area yang diminati.

Hasilnya, drone menghasilkan pembingkaian foto yang konsisten dan mencapai hasil yang lebih baik. Yang terbaik dari semuanya, setelah jalur penerbangan ditetapkan, inspektur hanya perlu memulai rencana penerbangan yang telah direkam sebelumnya dan drone akan secara otomatis melakukan manuver rekaman yang sama persis berulang kali. Hal ini memastikan bahwa sebuah jembatan dapat diperiksa dengan cara yang persis sama setiap saat, sehingga memungkinkan para insinyur untuk dengan mudah membandingkan dan membedakan gambar saat ini dengan gambar dari misi sebelumnya. Ini secara efektif menyoroti masalah potensial dan menciptakan perpustakaan gambar historis dari setiap komponen penting dari setiap jembatan.

Pelajari lebih lanjut drone DJI Enterprise lainnya.

Questions? Please let us know how we can help. 
Connect further with us by filling the contact form below, or at:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62811-8549-888

Rekomendasi Kamera VTOL Survey Pemetaan Kawasan Industri Trinity F90+
3 Faktor Akurasi Survey dan Mapping Drone DJI Enterprise
Close
Close My Cart

Close
Navigation
Categories